Ulas Suku Bentong Barru SulSel |Sistem, Asal Usul, Sejarah, Bahasa, Adat Perkawinan dan Sumber Penghasilan - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulas Suku Bentong Barru SulSel |Sistem, Asal Usul, Sejarah, Bahasa, Adat Perkawinan dan Sumber Penghasilan

Suku Bentong adalah salah satunya suku berasal dari SulSel (Sulawesi Selatan). Etnis ini menempati dusun Bulo-bulo, kecamatan Pujananting kabupaten Barru.

Suku ini termaksud suku yang terkucil dan terpencil, karena letaknya lumayan jauh dikota. Mereka lebih sukai mengelana di rimba semak sembari cari dan memburu untuk memenuhi keperluan hidup.

Sejarah Asal Usul Suku Bentong

Ada dua versi yang menerangkan mengenai asal mula suku Bentong yakni :

1. Menurut suku Bentong Sendiri

Mereka dulunya ialah turunan putra Raja Bone yang kawin dengan putri Raja Ternate.

2. Suku Bentong Menurut Orang Bugis

Menurut orang bugis, jika suku Bentong ini merupakan generasi campur dari orang Bugis dan Makassar karena ada keserupaan adat dan budaya suku Bentong dengan adat dan budaya suku Bugis dan suku Makassar.

Ulas Suku Bentong Barru SulSel |Sistem, Asal Usul, Sejarah, Bahasa, Adat Perkawinan dan Sumber Penghasilan
Ulas Suku Bentong Barru SulSel - Sistem, Asal Usul, Sejarah, Bahasa, Adat Perkawinan dan Sumber Penghasilan

Dulu suku Bentong sebagai bangsa nomaden, yang selalu cari permukiman baru, berpindah-pindah tempat sekalian buka kebun dengan skema tebang-tebas-bakar sekaligus buka permukiman yang bersifat sementara untuk memproduksi tanaman di kebun/ladang.

Bahasa Asli Suku Bentong

Nama dari suku Bentong didapat karena suku ini memakai bahasa yang lain dengan bahasa warga Barru yang merupakan komunitas Bugis.

Bahasa Bentong memakai kombinasi dari beberapa bahasa wilayah yang berada di Sulawesi selatan yakni Makassar, Konjo, Bugis dan Mandar. Makna kata Bentong sendiri bila dibahasa Indonesiakan adalah "cadel".

Pencarian / Sumber Penghasilan Suku Bentong

Mata pencarian dan sumber penghasilan suku Bentong yaitu dari hasil pertanian, nelayan dan memburu. Mereka buka ladang dekat rimba sekitar perkampungan dan menanam padi, kacang, jagung, kelapa dan beberapa macam sayur juga buah-buahan. Disamping bertani mereka juga memburu.

Adat perkawinan Suku Bentong

Adat perkawinan warga Bentong memiliki sifat endogamy. Yang maknanya perkawinan dilaksanakan antara beberapa orang satu barisan.

Mereka benar-benar menggenggam tegar ketentuan adat hingga tidak lakukan perkawinan dengan suku lain di luar barisan mereka. Tetapi ada peraturan tertentu untuk mereka yang ingin menikah di luar barisan.

Yakni jika ada seorang lelaki yang ingin kawin dengan wanita diluar kelompok suku mereka, karena itu pemuda itu harus kawin dengan wanita dari barisan mereka lebih dulu. Persyaratan perkawinan atau seperti mas kawin, berbentuk kebun atau kain.

Sesudah acara pernikahan mereka harus tinggal di dalam rumah kerabat istri atau kerabat suami lebih dulu sepanjang sekian tahun, baru mereka dibolehkan tinggal di dalam rumah sendiri.

Sistem Keyakinan dan Kepercayaan Suku Bentong

Sebagian besar warga suku Bentong beragama Islam. Ini bisa kelihatan dari tiap kebiasaan acara adat mereka, banyak terkandung elemen Islami. Saat sebelum beragama islam, warga Bentong berlandaskan sistem keyakinan animisme dengan penyembahan pada arwah leluhur dan beberapa benda yang dikeramatkan.

Mereka yakin jika penyembahan (arajang) akan datangkan keselamatan dan harus dilaksanakan untuk menghindar kutukan. Beberapa benda arajang, seperti keris, tombak, perisai, payung, dan lainnya, cuman dikeluarkan untuk dipuji di saat pengukuhan raja, perkawinan, musibah alam, dan kejadian-peristiwa yang lain dipandang penting.

Pantasa Vs Kepercyaan Suku Bentong

Disamping itu penyembahan dijalankan pada Pantansa. Pantansa ialah rumah-rumahan kecil warna kuning yang dipercayai sebagai simbol dewa.

Beragam upacara dilakukan khususnya di saat penebaran bibit padi dan waktu panen di kebun mereka. Upacara diketuai oleh pinati atau dukun sebagai mediator manusia dengan arwah leluhur.

Anda telah melihat dan membaca tentang Ulas Suku Bentong Barru SulSel |Sistem, Asal Usul, Sejarah, Bahasa, Adat Perkawinan dan Sumber Penghasilan, Semoga berguna dan bermanfaat. Terimakasih