Lengkap Tentang Suku Bungku Mulai Dari Sejarah, Sumber Penghasilan, Bahasa, Sistem, Organisasi, Kesenian, Budaya dan Filsafat - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap Tentang Suku Bungku Mulai Dari Sejarah, Sumber Penghasilan, Bahasa, Sistem, Organisasi, Kesenian, Budaya dan Filsafat

Suku Bungku sebagai etnis yang tinggal pada Kecamatan Bungku Sulawesi tengah (Sulteng). Warga Bungku tersebarkan di beberapa kecamatan Bungku utara, Bungku tengah dan Bungku Selatan. Warga Bungku menyebutkan dirinya sendiri sebagai Tobungku. Dulu orang Bungku dikenali sebagai salah satunya suku bangsa dari satu Kerajaan Maritim.

Ulasan Singkat Sejarah Suku Bungku

Dilihat dari sejarahnya nenek moyang suku Bungku datang dari wilayah Bugis. Suku Bungku masih berkerabat dengan suku Bugis karenanya sering diperhitungkan kalau ke dua suku ini mempunyai jalinan sejarah masa lampau dan asal mula yang sama. Karena Kebudayan orang Bungku memiliki keserupaan dengan budaya Bugis.

Lengkap Tentang Suku Bungku Mulai Dari Sejarah, Sumber Penghasilan, Bahasa, Sistem, Organisasi, Kesenian, Budaya dan Filsafat
Lengkap Tentang Suku Bungku Mulai Dari Sejarah, Sumber Penghasilan, Bahasa, Sistem, Organisasi, Kesenian, Budaya dan Filsafat

Bahasa Asli Bungku

Bahasa apa yang digunakan oleh suku bungku? dari informasi yang didapat bahasa yang dipakai Suku Bungku ialah bahasa Tobungku atau bahasa Bungku. Bahasa mereka terdiri jadi beberapa dialeg seperti Ta'a, Merui dan Lalaeo. Bahasa Bungku sempat dipandang seperti aksen bahasa Kaili, tapi menurut warga Bungku bahasa Bungku tidak termaksud dalam aksen bahasa Kaili, tapi sebuah bahasa tertentu sebagai induk bahasa di teritori timur Sulawesi. Dalam bahasa Bungku ada banyak kelas atau jenjang bahasa, yakni bahasa yang sangat lembut, lembut, sedang dan kasar.

Sistem Kepercayaan Bungku (Agama)

Sebagian besar orang Bungku beragama Islam Sufi yang patuh. Beberapa adat tradisi dan kesenian banyak terkandung elemen Islami. Dampak animisme pada suku Bungku sebelum masuknya Islam masih bisa kelihatan, seperti praktik perdukunan yang dalam bahasa bungku dikatakan "Sando"

Dulu warga Bungku pernah terkait jalinan dengan suku Bugis. Jalinan itu terjadi saat masuknya beberapa figur Islam Bugis ke warga suku Bungku.

Sistem Organisasi Bungku

Sistem organisasi rakyat Bungku terbagi dalam beberapa susunan, yakni:

  1. Warga raja (pau)
  2. Bangsawan (mokole)
  3. Rakyat biasa
  4. Budak (ata)

Untuk sistem kekeluargaan warga Bungku disebutkan tepoalu petutua'ia. ada sistem gotongroyong seperti, metatulungi, mefalo-falo dan mo'ala oleo.

Kesenian dan Budaya Suku Bungku

Kesenian dan budaya suku Bungku terkenal ialah:

  1. Seni beladiri silat (kuntaw dan manca)
  2. Seni tetabuhan (tatabua)
  3. Ndengu-ndengu
  4. Ganda
  5. Rabana

Filsafat Terknal Pada Masyarakat Bungku

Saat periode pemerintah kerajaan Bungku, ada 8 pesan filsafat sebagai pedoman warga bungku saat menjalankan sistem kehidupan:

  1. "baratantonga tompano pandeanto, tila mengkena pande motauanto" maknanya imbangkan ujung keterampilan kita, bahagi sama ujung keterampilan dan pengetahuan kita.
  2. sopan santun dalam bahasa Bungku dikenali dengan istilah Kona'adati,konalelu, dan kona atora maknanya berlagak laris sesuai bimbingan tradisi istiadat.
  3. kemandirian dalam bahasa Bungku sama dengan tumorampanta, tumadempanta atau lumakompanta maknanya hidup sendiri, mandiri atau jalan sendiri.
  4. patuh pada orangtua sebagai kewajiban seorang anak.
  5. disiplin dan jeli yang disebutkan katutu atau matutu,
  6. tanggung-jawab,
  7. kejujuran dalam bahasa Bungku disebutkan kamoleoa atau moleo.
  8. rasa dedikasi yang dikenali dengan safa montulungi yang diibaratkan dengan pongkokolaro.

Mata Pencaharian Suku Bungku / Sumber Pendapatan

Biasanya warga Bungku profesinya sebagai petani. Mereka menanam padi sawah dan berkebun dengan menanam beragam macam buah dan sayur. Disamping itu bertani tanaman keras seperti kelapa dan cocoa. Selain itu beberapa lagi profesinya sebagai pedagang dan sebagainya.

Sekian hari ini anda telah dan membaca tentang Lengkap Tentang Suku Bungku Mulai Dari Sejarah, Sumber Penghasilan, Bahasa, Sistem, Organisasi, Kesenian, Budaya dan Filsafat semoga dapat berguna dan bermanfaat, Terimakasih