Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir

Seiring perkembangan permainan video, kami juga memiliki cara untuk mengendalikannya. Pada hari-hari awal, hanya ada tombol (Pong), joystick dengan mungkin satu atau dua tombol (Asteroid), atau trackball (Marble Madness). Ini sebagian besar berada dalam arcade karena perangkat keras untuk menjalankan game terlalu mahal bagi pengguna rumahan. Namun, dengan munculnya konsol game seperti Atari 2600, permainan video dan bantalan untuk mengontrolnya berkembang ke arah yang sama sekali berbeda dari rekan-rekan arcade mereka.
Pengontrol saat ini memiliki satu atau dua joystick analog dan di mana saja dari 10 hingga 12 tombol, tidak termasuk yang disediakan untuk pengaturan dan menu.Lalu ada pengontrol pinggiran yang digunakan untuk jenis gim tertentu seperti roda balap dan tongkat terbang yang bahkan memiliki lebih banyak mode input.
Kepergian dari arcade telah secara drastis mengubah cara pemain mengontrol permainan. Di sini kita akan melihat beberapa gamepad dan pengontrol yang lebih berkesan untuk konsol dan PC selama empat dekade terakhir.

Atari Joystick

Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Atari 2600 dirilis pada tahun 1977. Meskipun bukan konsol pertama yang mencapai pasar dalam negeri, Atari 2600 dianggap sebagai yang meluncurkan perang konsol awal. Joystick sederhana yang ditunjuk sebagai Atari CX10 dikirimkan bersama sistem. Setahun kemudian controller sedikit dimodifikasi (CX40) untuk membuatnya lebih mudah dan lebih murah untuk diproduksi.
CX40 bisa dibilang pengontrol paling ikonik dalam daftar ini. Apa yang membuat joystick begitu berkesan adalah desainnya yang minimalis. Empat kontak digital di dalam housing menyediakan kontrol arah 8 arah sementara satu tombol menambahkan fungsi multiguna tergantung pada game apa yang sedang dimainkan. Ini berfungsi sebagai tombol api untuk game seperti Asteroid atau Missile Command. Dalam permainan Pitfall, itu dieksekusi melompat; untuk Breakout dan Pong, itu meluncurkan bola; dan untuk Pac-Man, itu hanya digunakan untuk memulai permainan.
CX40 menjadi sangat populer sehingga banyak sistem lain dan komputer awal menyertakan port joystick Atari 2600 dalam desain mereka. Namun, dengan munculnya mouse dengan komputer Macintosh awal, CX40 tidak disukai sebagai pilihan input yang disukai untuk PC. Meskipun akhirnya ditinggalkan untuk mekanisme kontrol yang lebih kompleks, Atari Joystick mengukuhkan diri sebagai salah satu pengendali paling ikonik dalam sejarah game.

Intellivision
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Intellivision dari Mattel adalah pesaing langsung Atari 2600. Keunggulan masing-masing diperdebatkan di antara penggemar kedua konsol. Secara obyektif, Intellivision memiliki grafik yang agak lebih baik, tetapi yang lebih penting, itu adalah pemikiran kedua konsol yang lebih maju. Ini terutama berlaku untuk pengontrolnya.

Multi-tombol disc controller Mattel dapat dianggap sebagai kakek dari gamepad multi-tombol saat ini, meskipun itu lebih mirip keypad keamanan rumah. Itu memiliki 12 tombol di wajahnya (0-9, masuk, dan jelas) dan dua tombol di kedua sisi. Tombol atas di kedua sisi secara elektronik sama, membuatnya ambidextrous untuk beberapa skema kontrol gim. Setiap game akan datang dengan overlay yang meluncur melalui slot di bagian atas keypad untuk memberikan tanda untuk tata letak kontrol. Di bawahnya ada disk yang berfungsi sebagai joystick. Tidak seperti joystick 8-arah Atari, gamepad Intellivision memungkinkan gerakan hingga 16 arah di beberapa permainan.
Hanya karena controller Mattel lebih berpikir ke depan daripada CX40 tidak berarti bahwa itu lebih unggul. Gamepad menderita beberapa kelemahan serius. Untuk satu, overlay cenderung tergelincir membuatnya bermasalah dalam judul tombol-mashing panik. Juga, disc menjadi sakit di ibu jari selama sesi permainan yang panjang. Selanjutnya, tombol samping kurang dimanfaatkan. Namun, itu adalah berkah tersembunyi karena tombol samping agak canggung untuk digunakan.Pengalaman keseluruhan sementara utilitarian, tidak terlalu memuaskan.


Gamepad Super Nintendo

Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Sistem Hiburan Super Nintendo adalah tindak lanjut tahun 1990 ke NES. SNES meningkatkan desain kotak gamepad pertamanya dengan memberikan pengontrol baru, tepi ergonomis dan menambahkan empat tombol tambahan - dua di wajah ditambah tombol bahu kiri dan kanan.

Perubahan ini meningkatkan pesaing langsungnya, Sega Genesis. Sega kemudian akan memperkenalkan gamepad enam tombolnya sendiri. Namun, semua kancingnya ada di wajah melewatkan pemicu bahu, yang sekarang dianggap standar.
Dua tombol wajah tambahan pada gamepad SNES, berlabel X dan Y, ditempatkan masing-masing di atas dan di sebelah kiri tombol A dan B. Konfigurasi berbentuk berlian ini akan disalin oleh sebagian besar konsol utama termasuk PlayStation, Dreamcast, dan Xbox, dan bertahan melalui sistem generasi saat ini.

Sony PlayStation Controller

Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
PlayStation pertama diluncurkan pada tahun 1994 dan bersamaan dengan itu muncul permulaan gamepad yang lebih kompleks yang kami kenali hari ini. Pengendali PS asli memiliki 14 tombol; empat tombol arah, empat tombol aksi, empat tombol bahu, dan masing-masing untuk fungsi mulai dan pilih. Pengontrol ini nantinya akan menjadi DualShock di PlayStation 2.
Gamepad Sony akhirnya menambahkan stik analog ganda untuk kontrol gerakan dan kamera serta motor gemuruh untuk umpan balik haptic. Sementara Nintendo mengalahkan Sony untuk memukau dengan kedua fitur tersebut (lebih lanjut tentang itu berikutnya), penambahan joystick analog ganda memberi DualShock beberapa keuntungan yang mengubah cara kita bermain game di konsol.
Pertama, menambahkan tongkat untuk gerakan membebaskan tombol directional pad untuk keperluan lainnya. Sementara banyak permainan, terutama pada awalnya, menjadikan directional pad pilihan kedua untuk bergerak (orang menolak perubahan), tombol akhirnya digunakan untuk melakukan hal-hal lain seperti beralih antara senjata dan peralatan.
Lebih penting lagi, stik analog kanan hampir secara eksklusif digunakan untuk mengendalikan kamera pada penembak orang pertama dan ketiga. Ini mengubah cara jenis-jenis permainan ini dirancang dan dimainkan pada konsol dan meniru sejauh apa yang sudah dinikmati sebagian besar pemain PC selama bertahun-tahun, menggunakan keyboard dan mouse, dengan mouse menyediakan kemampuan untuk melihat-lihat.
Bagian "kejutan" dari DualShock adalah fitur gemuruh yang memberi pengembang cara untuk menambahkan getaran selama acara dalam game seperti ledakan atau untuk mensimulasikan mundurnya menembakkan pistol. Nintendo telah memperkenalkan getaran dengan pengontrol N64-nya, tetapi itu adalah fitur "dijual terpisah".

Nintendo Controller  64

Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Nintendo 64 dirilis dua tahun setelah PlayStation pertama, menyalin gamepad pesaingnya sampai batas tertentu. Pengontrol N64 10 tombol meniru genggaman pistol ganda dari konsol Sony. Namun, itu menambahkan pegangan ketiga di tengah yang memiliki jempol analog di bagian atas dan pemicu di bawah. Joystick analog ini akan menjadi standar di hampir setiap gamepad modern hingga saat ini. Jempol itu bukan satu-satunya yang akan dibawa N64.
Sementara sistem lain memiliki port untuk menyimpan permainan ke kartu memori, Nintendo menyertakan slot di bagian bawah pengontrol N64 daripada di konsol itu sendiri. Karena adopsi yang buruk, slot ini terbatas penggunaannya sampai Nintendo memperkenalkan "Rumble Pak" setahun setelah peluncuran N64. Rumble Pak menambahkan fitur getaran, yang nantinya akan dimasukkan oleh semua orang.
Desain tiga-ditangani agak kikuk karena mengharuskan pemain untuk beralih pegangan mereka tergantung pada apakah mereka menggunakan directional pad atau thumbstick membuatnya agak kontroversial. Namun, joystick analog dan Rumble Pak melanjutkan untuk secara langsung memengaruhi desain Sony dari DualShock pertama.

Gamepad pada PC

Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Sampai saat ini kami hanya menyebutkan gamepad konsol, tetapi untuk alasan yang baik. Selain beberapa tongkat kontrol penerbangan-simulator dan pengontrol niche lainnya, metode input yang lebih disukai untuk permainan PC adalah keyboard dan mouse. Namun, itu tidak berarti bahwa gamepad tidak pernah memiliki pasar di PC. Bahkan, ada beberapa pengendali hebat untuk PC, dan SideWinder dan Gravis PC GamePad mungkin yang paling berkesan.
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1996, SideWinder generasi pertama mengambil isyarat dari pengontrol PlayStation Sony dan genggaman pistol ganda.Perbedaan utama adalah penempatan tombol. Alih-alih memiliki empat tombol pemicu (atau bahu), ia memiliki dua tombol. Sebagai gantinya, Microsoft menambahkan dua tombol ekstra ke sisi kanan wajah gamepad. SideWinder tidak memiliki kontrol analog dan haptics (Force Feedback), tetapi seperti yang disebutkan, hal-hal itu tidak muncul sampai tahun berikutnya ketika Microsoft menambahkan fitur gemuruh ke SideWinder Force Feedback Pro, yang lebih merupakan tongkat terbang daripada gamepad.
Gravis PC GamePad keluar pada tahun 1991 dan merupakan gamepad pertama untuk PC IBM. Itu adalah pengontrol sederhana yang menyalin gamepad NES untuk sebagian besar. Namun, alih-alih memiliki dua tombol api, Gravis memiliki empat tombol. Yang menarik dari tombol tambahan ini adalah bahwa satu-satunya game yang mendukung keempat tombol tersebut adalah judul shareware Commander Keen 4: Secret of the Oracle. Tombol berlebihan tidak berguna di game lain sekalipun.Gravis memiliki tombol yang memberi mereka fungsi yang sama dengan tombol utama, tetapi dengan api otomatis.

Keyboard & Mouse
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Pada hari-hari awal PC gaming, gerakan dilakukan menggunakan tombol panah keyboard. Panah atas dan bawah bergerak maju dan mundur, sementara tombol kiri dan kanan berbelok ke arah masing-masing. Namun, dengan munculnya kamera tampilan bebas menggunakan mouse pada penembak orang pertama, muncul kebutuhan untuk memetakan kembali tombol gerakan. Sebagian besar game masih memetakan pergerakan ke panah secara default tetapi akan memungkinkan pemain untuk mengikat kontrol ke tombol yang mereka sukai.

The Non-Gamepads
Sejauh ini kita telah melihat pengontrol tradisional. Dengan kata lain, pengontrol yang menyerupai gamepad utama yang kami gunakan saat ini. Namun, ada seluruh dunia lain dari mekanisme input yang secara radikal berbeda dari metode konvensional. Ini adalah non-gamepad (atau pengontrol pinggiran).
Pengendali Batalyon Baja
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Kontroler Batalyon Baja dirancang khusus untuk game Capcom 2005 dengan nama yang sama. Pemain mengemudikan mechs raksasa yang disebut "tank vertikal" (VT). Dengan Steel Batalyon, Capcom secara ambisius ditetapkan untuk membuat simulasi mech yang paling realistis (dan rumit) yang pernah dibuat. Tujuan ini membutuhkan skema kontrol yang sama rumitnya.
Kontroler Batalyon Baja memiliki 40 tombol, dua tongkat kontrol, satu tongkat gigi / throttle, dan tiga pedal kaki. Sama seperti contoh dari sifat kompleks permainan, ketika memulai VT, pemain harus melalui urutan penekanan tombol pada panel kontrol untuk memulai berbagai sistem mekanisme.

Nintendo Zapper Lightgun

Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir

Kembali ke masa NES, kita memiliki Zapper. Berbentuk seperti pistol laser futuristik, Zapper adalah metode input yang sangat sederhana yang hanya terdiri dari tombol pemicu dan sensor cahaya pada laras.
Cara kerjanya adalah kapan pun pelatuknya ditarik, NES akan mem-flash layar hitam untuk satu frame. Pada frame berikutnya, target yang valid akan digambar di layar yang gelap. Sensor cahaya akan mendeteksi hit dengan mengukur level cahaya. Jika terdeteksi cahaya, SEN akan menentukan objek mana yang "terseret" pada durasi flash-nya.
Dua game yang kompatibel dengan Zapper yang paling populer adalah Duck Hunt, yang dibundel dengan konsol, dan Hogan's Alley. Sejumlah kecil lainnya dilepaskan, tetapi tidak pernah benar-benar tertangkap seperti Freedom Force dan To the Earth. Ada juga beberapa judul termasuk Petualangan Bayou Billy, The Lone Ranger, dan Operation Wolf yang memungkinkan penggunaan opsional Zapper. Ini tentu menandakan bagaimana Nintendo (sampai hari ini) telah menjadi salah satu pembuat konsol game yang paling inventif dan berani mengambil risiko ketika datang ke pengontrol.

Guitar Hero Controller
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Daftar Joystick |Game Controller Yang Paling Berkesan Dari 42 tahun Terakhir
Ketika Guitar Hero diluncurkan pada tahun 2005, itu menjadi hit instan. Musik berlisensi dari artis terkenal termasuk Pantera, Ratu Zaman Batu, Ozzy Osbourne, dan Blue Oyster Cult untuk beberapa nama, membuatnya populer untuk penggemar rock-and-roll dari segala usia, tetapi itu berbentuk gitar. controller yang benar-benar membuat orang bermain berbondong-bondong.
Pengendali yang dibundel adalah unit yang tampak dasar yang berbentuk seperti gitar kecil. Itu memiliki lima tombol di leher, tombol Mulai dan Pilih, saklar memetik yang dapat diaktifkan dengan gerakan naik atau turun dan lengan vibrato, pada tubuh utama. Gitar itu nirkabel dan datang dengan dongle yang dicolokkan ke port USB PS3. Menariknya, Xbox tidak memerlukan dongle karena gitar menggunakan nirkabel 2.4GHz yang sama sebagai pengontrolnya.
Permainan dan metode inputnya menjadi sangat populer sehingga menelurkan beberapa variasi pengontrol gitar. Ini juga meluncurkan sekuel dan pesaing yang disebut Rock Band yang menambahkan vokal, drum, synthesizer, dan instrumen lainnya ke dalam campuran. 
#game kontroller, #game Controller, #PUBG Mobile,#joystick, #alat main game