10 Kualitas Kepemimpinan yang menjadi Pemimpin yang baik - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kualitas Kepemimpinan yang menjadi Pemimpin yang baik

Semua orang mendefinisikan kepemimpinan secara berbeda, tetapi saya sangat suka cara John C Maxwell mendefinisikan kepemimpinan, "Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalannya, berjalan di jalan, dan menunjukkan jalannya." Terlepas dari bagaimana Anda mendefinisikan seorang pemimpin, ia dapat membuktikannya. jadilah pembuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Seorang pemimpin yang baik memiliki visi futuristik dan tahu bagaimana mengubah idenya menjadi kisah sukses dunia nyata. Dalam artikel ini, kita melihat secara mendalam beberapa kualitas kepemimpinan penting yang memisahkan pemimpin yang baik dari yang buruk.

Berikut ini 10 Kualitas Kepemimpinan yang menjadi Pemimpin yang baik

Semua orang mendefinisikan kepemimpinan secara berbeda, tetapi saya sangat suka cara John C Maxwell mendefinisikan kepemimpinan, “ Seorang pemimpin adalah orang yang mengetahui jalannya, pergi ke jalan, dan menunjukkan jalan . ” Terlepas dari bagaimana Anda mendefinisikan seorang pemimpin, ia dapat membuktikan menjadi pembuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan . Seorang pemimpin yang baik memiliki visi futuristik dan tahu bagaimana mengubah idenya menjadi kisah sukses dunia nyata . Pada artikel ini, kita akan melihat beberapa kualitas kepemimpinan yang penting yang memisahkan pemimpin yang baik dari yang buruk.

1. Kejujuran dan Integritas
Presiden Amerika Serikat ke-34, Dwight.D.Eisenhower pernah berkata, “ Kualitas kepemimpinan tertinggi adalah integritas yang tidak perlu dipertanyakan lagi . Tanpa itu, tidak ada kesuksesan nyata yang mungkin, tidak peduli apakah itu di geng bagian, lapangan sepak bola, di tentara, atau di kantor. “ Kejujuran dan integritas dua bahan penting yang mana menjadi pemimpin yang baik . Bagaimana Anda bisa berharap pengikut Anda jujur ​​ketika Anda kurang memiliki kualitas ini sendiri ? Para pemimpin berhasil ketika mereka berpegang teguh pada nilai-nilai dan keyakinan inti mereka dan tanpa etika, ini tidak akan mungkin terjadi.

2. Keyakinan
Untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif , Anda harus cukup percaya diri untuk memastikan bahwa orang lain mengikuti perintah Anda . Jika Anda tidak yakin tentang keputusan dan kualitas Anda sendiri, maka bawahan Anda tidak akan pernah mengikuti Anda . Sebagai seorang pemimpin, Anda harus mengalir dengan percaya diri, menunjukkan kesombongan dan ketegasan untuk mendapatkan rasa hormat dari bawahan Anda . Ini tidak berarti bahwa Anda harus terlalu percaya diri, tetapi setidaknya Anda harus mencerminkan tingkat kepercayaan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pengikut Anda memercayai Anda sebagai pemimpin.

3. Menginspirasi Orang Lain
Mungkin pekerjaan yang paling sulit bagi seorang pemimpin adalah membujuk orang lain untuk mengikuti . Itu hanya mungkin jika Anda menginspirasi pengikut Anda dengan memberikan contoh yang baik . Ketika keadaan menjadi sulit, mereka memandang Anda dan melihat bagaimana Anda bereaksi terhadap situasi tersebut . Jika Anda menanganinya dengan baik, mereka akan mengikuti Anda . Sebagai seorang pemimpin, harus berpikir positif dan pendekatan positif ini harus terlihat melalui tindakan Anda . Tetap tenang di bawah tekanan dan pertahankan tingkat motivasi naik . Seperti yang dikatakan John Quincy Adams, “ Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan menjadi lebih banyak, Anda adalah seorang pemimpin . “ Jika Anda berhasil menginspirasi bawahan Anda, Anda dapat dengan mudah mengatasi setiap tantangan saat ini dan masa depan dengan mudah.

4. Komitmen dan Gairah
Tim Anda memandang Anda dan jika Anda ingin mereka memberikan semuanya, Anda harus bersemangat juga . Ketika rekan satu tim Anda melihat Anda membuat tangan Anda kotor, mereka juga akan memberikan pukulan terbaik mereka . Ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan rasa hormat dari bawahan Anda dan menanamkan energi baru dalam anggota tim Anda, yang membantu mereka untuk tampil lebih baik . Jika mereka merasa bahwa Anda tidak sepenuhnya berkomitmen atau kurang bersemangat, maka akan menjadi tugas berat bagi pemimpin untuk memotivasi pengikut Anda untuk mencapai tujuan.

5. Komunikator yang Baik
Sampai Anda dengan jelas mengomunikasikan visi Anda kepada tim Anda dan memberi tahu mereka strategi untuk mencapai tujuan, akan sangat sulit bagi Anda untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan . Sederhananya, jika Anda tidak dapat mengkomunikasikan pesan Anda secara efektif kepada tim Anda, Anda tidak akan pernah bisa menjadi pemimpin yang baik . Seorang komunikator yang baik bisa menjadi pemimpin yang baik . Kata-kata memiliki kekuatan untuk memotivasi orang dan membuat mereka melakukan hal yang tidak terpikirkan . Jika Anda menggunakannya secara efektif, Anda juga dapat mencapai hasil yang lebih baik.

6. Kemampuan Membuat Keputusan
Selain memiliki visi futuristik, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat pada waktu yang tepat . Keputusan yang diambil oleh para pemimpin memiliki dampak besar pada massa . Seorang pemimpin harus berpikir panjang dan keras sebelum mengambil keputusan, tetapi begitu keputusan diambil, bersiaplah . Meskipun, sebagian besar pemimpin mengambil keputusan sendiri, tetapi sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan para pemangku kepentingan utama sebelum mengambil keputusan . Bagaimanapun, merekalah yang akan mendapat manfaat atau menderita dari keputusan Anda.

7. Akuntabilitas
Ketika berbicara tentang pertanggungjawaban, Anda perlu mengikuti pendekatan yang disorot oleh Arnold H Glasow ketika dia berkata, " Seorang pemimpin yang baik hanya mengambil sedikit dari kesalahannya dan sedikit kurang dari bagiannya atas kredit . " Pastikan setiap bawahan Anda bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan . Jika mereka berhasil, beri mereka tepukan di punggung tetapi jika mereka berjuang, buat mereka menyadari kesalahan mereka dan bekerja bersama untuk meningkatkan . Meminta mereka bertanggung jawab atas tindakan mereka akan menciptakan rasa tanggung jawab di antara bawahan Anda dan mereka akan menjalankan bisnis dengan lebih serius.

8. Delegasi dan Pemberdayaan
Anda tidak dapat melakukan semuanya, benar . Penting bagi seorang pemimpin untuk fokus pada tanggung jawab utama sambil menyerahkan sisanya kepada orang lain .Maksud saya, memberdayakan pengikut Anda dan mendelegasikan tugas kepada mereka . Jika Anda terus mengatur mikro bawahan Anda, itu akan mengembangkan kurangnya kepercayaan dan yang lebih penting, Anda tidak akan dapat fokus pada hal-hal penting, sebagaimana seharusnya . Delegasikan tugas kepada bawahan Anda dan lihat bagaimana kinerjanya . Berikan mereka semua sumber daya dan dukungan yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan dan beri mereka kesempatan untuk memikul tanggung jawab.

9. Kreativitas dan Inovasi
Apa yang membedakan seorang pemimpin dari seorang pengikut ? Steve Jobs , visioner terhebat di zaman kita menjawab pertanyaan ini dengan cara ini, “ Inovasi membedakan antara seorang pemimpin dan seorang pengikut . ” Untuk maju di dunia yang bergerak cepat saat ini, seorang pemimpin harus kreatif dan inovatif pada saat yang bersamaan . Berpikir kreatif dan inovasi terus-menerus adalah apa yang membuat Anda dan tim Anda menonjol dari kerumunan . Berpikir di luar kotak untuk menghasilkan ide-ide unik dan mengubah ide-ide dan tujuan-tujuan itu menjadi kenyataan.

10. Empati
Terakhir, tetapi tentu saja tidak sedikit, adalah empati . Pemimpin harus mengembangkan empati dengan pengikut mereka . Sayangnya, sebagian besar pemimpin mengikuti gaya diktator dan mengabaikan empati sama sekali . Karena ini, mereka gagal membuat hubungan yang lebih dekat dengan pengikut mereka . Memahami masalah pengikut Anda dan merasakan kepedihan mereka adalah langkah pertama untuk menjadi pemimpin yang efektif . Bahkan itu tidak cukup sampai Anda bekerja keras dan memberikan pengikut Anda solusi yang cocok untuk masalah mereka.

Kesimpulan

Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus memiliki semua kualitas ini tetapi jika Anda kekurangan beberapa kualitas ini, maka Anda mungkin berjuang untuk membuat tanda di dunia kepemimpinan . Anda harus memberikan contoh yang baik untuk diikuti orang lain . Di situlah komitmen, semangat, empati, kejujuran, dan integritas Anda ikut berperan . Keahlian komunikasi yang baik dan kemampuan pengambilan keputusan juga memainkan peran penting dalam keberhasilan dan kegagalan seorang pemimpin . Terakhir, inovasi dan pemikiran kreatif, serta visi futuristik, adalah beberapa ciri utama yang dimiliki membuat seorang pemimpin lebih menonjol.