6 Karakter Kepemimpinan yang Menginspirasi dari Barack Obama - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Karakter Kepemimpinan yang Menginspirasi dari Barack Obama

Barack Obama selalu menjadi pemimpin dalam arti sebenarnya. Bahkan sebelum menjadi yang ke- 44 Presiden AS dan memegang 2 masa jabatan di kantor, Obama adalah seorang politisi yang produktif dan dihormati oleh masyarakat Amerika terutama dari negara bagiannya di Illinois dan kota Chicago dari tempat ia terpilih sebagai Senator juga . Itu terlibat dan membantu masyarakat yang membuatnya menjadi tokoh publik dan kemudian seorang politisi yang dikenal di seluruh AS.


Memegang posisi yang paling kuat di dunia, sebagai presiden Amerika Serikat, bukanlah pencapaian yang kejam . Meskipun presiden mendapat dukungan dari kabinet, penasihat, dan asistennya, wajah publik selalu menjadi presiden dan dia menerima semua penghargaan untuk hal-hal positif bagi negara atau ekonomi . Dan, tentu saja, selalu dia yang menghadapi amarah dan kemarahan dari publik jika terjadi kecelakaan atau hal negatif apa pun yang terjadi di bidang politik atau ekonomi.
Barack Obama meningkatkan kualitas dan kebiasaan pemimpin yang efektif yang membuatnya menjadi negarawan dan pemimpin bereputasi tertinggi di seluruh dunia .Bahkan negara tidak memiliki hubungan persahabatan dengan USA sangat mengagumi Tuan Obama . Itu sebabnya saya memutuskan untuk mengedepankan 6 ciri kepemimpinan Barack Obama yang menjadikannya politisi yang sangat baik dan memimpin negara selama 8 tahun yang panjang. Keyakinan dan Ketekunan Obama selalu memiliki keyakinan kuat bahwa jika ada sesuatu yang benar dan jika Anda pikir Anda berada di jalur yang benar maka Anda dapat mempengaruhi orang lain juga dan menyampaikan pesan Anda . Ini akan memakan waktu tetapi akhirnya Anda akan berhasil.

Ketika dia mengambil sikap terhadap banyak masalah, seperti yang paling baru pada resolusi PBB tentang konflik Israel-Palestina, semua orang percaya bahwa dia memiliki poin yang valid dan dia tidak menganggap orang Amerika dan komunitas dunia begitu saja . Dia berbicara dengan logika dan tahu pekerjaannya dengan baik dalam mempengaruhi orang dan pemimpin lain sehingga sudut pandangnya bisa dimengerti.

1. Perubahan

Semua orang mulai berbicara tentang perubahan setelah kampanye Obama menjadi sukses . Itu menjadi kata buzz dan digunakan di seluruh papan oleh hampir setiap orang berbicara tentang beberapa transformasi, revolusi, dll . Kualitas ini dan cara Obama menggambarkannya hampir menjadi identik dengannya dan setiap kali seseorang berbicara tentang perubahan, nama Obama juga bergema.

Obama tidak menggunakan kata ganti untuk kampanyenya . Selama 8 tahun masa jabatannya sebagai presiden, ia berusaha meraih banyak hal dengan menerapkan a perubahan dalam setiap aspek menjalankan negara dan apa yang dia lakukan untuk orang-orang pada umumnya . Para pengkritiknya mungkin memiliki poin yang valid bahwa dia tidak memenuhi semua janjinya, tetapi dia saya kira sebagian besar dari Anda akan setuju bahwa dia melakukan apa yang ada dalam kekuasaannya sebagai rumah dan senat berada di kontrol Republik selama tahap-tahap selanjutnya dari nya masa jabatan kedua.

2 Sikap Kita Bukan Bukan Saya

Anda mungkin telah memperhatikan ketika Obama menyampaikan pidato, dia berbicara dengan orang pertama jamak "kita" daripada "Aku" . Ini agak mengganggu pada awalnya tetapi ketika Anda akan melihat lebih dekat, ini adalah cara yang cerdas dan cerdas untuk melibatkan penonton . Tindakan menggunakan kita bukan hanya politik murni seperti yang mungkin dipahami sebagian dari Anda, tetapi juga cara unik untuk membuat orang terlibat dalam percakapan dan kemudian membuat mereka percaya bahwa mereka benar-benar telah menyumbangkan sesuatu yang positif untuk suatu tujuan.

Ketika seseorang mengatakan kami telah melakukannya bersama-sama, semua orang yang mendengarkannya merasakan bagian dari proses walaupun dia tidak terlibat dalam langkah apa pun . Ini adalah bagian yang sangat penting dari menjadi seorang pemimpin, membuat semua orang di sekitar Anda terlibat dan memberi mereka kepemilikan proyek yang sukses, misalnya . Berkali-kali dalam pidatonya, Obama menggunakan "kita" dan membuat orang percaya bahwa orang-orang dari kota tertentu atau seluruh negara telah melakukan sesuatu yang bisa mereka banggakan.

3. Mengambil resiko

Ini adalah praktik umum bahwa banyak orang bermain aman ketika datang ke apa pun yang berkaitan dengan pekerjaan atau kehidupan profesional mereka . Mengambil risiko, bahkan risiko kecil, bukanlah secangkir teh setiap orang . Itulah alasan mengapa kebanyakan orang sukses adalah mereka yang mengambil risiko dalam hidup mereka dan keluar dengan penuh kemenangan . Tapi tentu tidak sesederhana itu . Dalam bukunya "The Audacity of Hope" Obama menyebutkan bahwa dia mengambil risiko besar dengan mencalonkan diri sebagai presiden, bahkan beberapa teman dan asistennya menyarankan sebaliknya karena dia sangat kehilangan pendahuluan untuk pemilihan presiden 2004.

Risiko politik mirip dengan risiko yang diambil dalam kehidupan nyata . Begitu banyak yang dipertaruhkan sehingga kadang-kadang orang menaruh seluruh kekayaan mereka atau apa pun yang mereka miliki dalam risiko, hanya untuk usaha bisnis, misalnya . Obama selalu mendesak orang di sekitarnya dan masyarakat umum tentang mengambil risiko, meskipun yang dihitung pada awalnya . Semakin banyak Anda tahu tentang Obama, semakin Anda akan cenderung mengambil risiko dalam kehidupan dan mendapatkan manfaat dari tindakan ini daripada gagal.

4. Seni Komunikasi

Seseorang tidak dapat menjadi seorang pemimpin sampai dan kecuali dia adalah seorang komunikator yang hebat . Dan itu tidak terbatas hanya menjadi pembicara yang hebat . Keterampilan mendengarkan, menulis, dan membaca juga penting karena hanya pendengar yang hebat yang bisa menjadi pembicara yang hebat . Tuan Obama adalah pemimpin par excellence karena dia tahu bagaimana berbicara dengan siapa pun, kelompok atau audiens tanpa memandang latar belakang, usia, ras, jenis kelamin, dll . Dan di situlah dia benar-benar layak menerima semua pujian karena menjadi orang yang sempurna yang telah menyempurnakan seni komunikasi.

Ketika Barack Obama mendapatkan Penghargaan Marketer of the Year pada tahun 2008 oleh Advertising Age, banyak orang terkejut dan beberapa bahkan mengangkat alis tetapi saya tahu pada waktu itu juga bahwa dia benar-benar layak menerima penghargaan itu . Seluruh kampanyenya adalah kasus klasik tentang bagaimana berkomunikasi dengan hampir setiap orang di AS yang memenuhi syarat untuk memilih, mendapatkan kepercayaan dirinya dan mengirimkan pesan secara jelas . Dan itu sebabnya dia bisa memenangkan pemilihan di tahun 2008 dan 2012.

6. Mengubah Ujung menjadi Awal Baru

Seorang pemimpin adalah orang yang tidak pernah puas dengan pekerjaannya sendiri dan selalu ingin mencapai lebih . Ambil contoh Barack Obama . Dengan sejumlah hal yang harus dilakukan dalam daftarnya, bagaimana ia mengubah akhir menjadi permulaan untuk proyek berikutnya puluhan kali? Di situlah keterampilan kepemimpinannya mulai berlaku dan membuat semua perbedaan . Biarkan saya memberi Anda sebuah contoh sehingga Anda dapat memahami hal ini dengan mudah.

Dengarkan atau saksikan 4-5 pidatonya dan dalam 1-2 pidatonya Anda pasti akan menemukan ungkapan "Ayo kembali bekerja" . Itulah caranya merayakan kemenangan dalam pertempuran atau hanya setelah meresmikan proyek baru . Dia melakukannya berulang kali dan memastikan semua orang mendengarkannya . Dia menggunakan reaksi dan sentimen publik yang positif untuk memulai proyek baru sehingga mode apung menjaga momentum berjalan dan membantu menyelesaikan tugas baru dengan mudah.

Kata terakhir

Dua masa jabatan Barack Obama telah berakhir sekarang tetapi warisannya akan berlanjut . Keenam sifat yang disebutkan di sini hanyalah gambaran singkat tentang bagaimana para pemimpin dapat membalikkan nasib suatu bangsa menjadi lebih baik dan memimpin mereka . Anda dapat menghubungkan sifat-sifat ini dengan pemimpin hebat mana pun dan jangan terkejut setelah Anda akan melihat sesuatu yang mirip dengan apa yang saya jelaskan di sini di blog ini.