Bagaimana Cara Seorang Pemimpin Menghadapi Sikap Introvert dan Ekstrovert Secara Efektif - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Seorang Pemimpin Menghadapi Sikap Introvert dan Ekstrovert Secara Efektif

Cara Efektif Bagi Pemimpin Menghadapi Sikap Introvert dan Ekstrovert

Dua Cara Menghadapi Sikap Introvert dan Ekstrovert

  1. Pertama, mereka mendengarkan semua orang, dan
  2. kedua, mereka banyak bertanya.
Bagaimana Cara Seorang Pemimpin Menghadapi Sikap Introvert dan Ekstrovert Secara Efektif
Bagaimana Cara Seorang Pemimpin Menghadapi Sikap Introvert dan Ekstrovert Secara Efektif

Kebiasaan pertama adalah umum di kalangan orang introvert . Sementara kebiasaan kedua dikaitkan dengan orang yang ekstrovert dengan blak-blakan. Seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang dapat menggabungkan sifat-sifat ataupun sikap introvert dan ekstrovert dan menerapkan kebiasaan-kebiasaan itu ketika situasi menuntutnya.

Sebagai seorang pemimpin, Anda pasti memiliki beberapa orang yang mudah bergaul dan ekspresif dan orang lain yang hanya ingin menyimpannya untuk diri mereka sendiri di tim Anda.

Keduanya ada di bawah sayap atau kepemimpinan Anda dan masing-masing memiliki keterampilan unik yang berkontribusi pada keberhasilan strategi Anda . Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk mengeluarkan ketrampilan uni yang terbaik dari mereka.

Tetapi pertama-tama, Anda harus memiliki wawasan tentang masing-masing tipe kepribadian sebelum Anda dapat memanfaatkan potensi sejati anggota Anda tersebut.

Di blog ini, kita akan melihat bagaimana menganalisis jenis karyawan/Bawahan Anda dan menyarankan cara untuk mengelola introvert dan ekstrovert di organisasi Anda.

Bagaimana cara mengetahui seseorang yang memiliki sikap ekstrovert?

  1. Mereka sangat santai dan orang merasa nyaman di sekitar mereka . 
  2. Setiap orang yang mereka temui menjadi teman atau klien. 
  3. Mereka tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mencari peran dan tanggung jawab yang menantang . 
  4. Mereka biasanya bekerja pada lebih dari lebih banyak proyek sekaligus. 
  5. Orang ekstrovert sulit untuk diabaikan . Mereka lebih suka melibatkan diri dalam setiap percakapan .
  6. Mereka menghidupkan percakapan.
  7. Memiliki kekuatan untuk mengarahkan bahkan percakapan yang paling tidak menguntungkan di jalan mereka.
  8. Mereka terikat secara emosional dengan orang atau klien yang dapat mengakibatkan komunikasi berlebihan dengan klien . 
Inilah sebabnya mengapa disarankan bagi Manajer untuk terus memeriksa ekstrovert dan memberi tahu mereka kapan waktu yang tepat untuk mengatakan 'tidak' tanpa membahayakan hubungan.

Apa Ciri Orang Yang Memiliki Kepribadian|Sikap Introvert

Sifat utama seorang introvert adalah mereka lebih suka bekerja dalam kesendirian . Jika mereka terganggu mereka akan marah. Mereka mungkin mengakui orang lain tetapi mereka jarang mengambil bagian dalam percakapan sosial mana pun .
  1. Introvert cenderung menghindari pertemuan selain pekerjaan.
  2. Mereka akan lebih suka menunggu
  3. Mereka tidak akan pernah melangkah sendiri.
  4. Introvert memiliki kekuatan konsentrasi
  5. Introvert gaya pemecahan masalah yang mengesankan.
  6. Ketika introvert menyelesaikan suatu pekerjaan, 
Sebenarnya riset itu diteliti dengan baik. Meskipun introvert mungkin tampak seperti ketidak cocokan untuk bisnis, introvert sebenarnya bagus untuk bisnis Anda . Berikut beberapa introvert yang sukses:

  1. Bill Gates,
  2. Guy Kawasaki,
  3. Mark Zuckerberg ,
  4. Warren Buffett, dan
  5. Barak Obama.

Kesimpulan Introvert dan Ekstrovert

Introvert berinovasi sementara Extrovert hanya berbicara . Ada perdebatan yang berlangsung cukup lama . Apakah Introvert benar-benar lebih baik daripada Ekstrovert? Apa pun yang Anda simpulkan dengan debat, sebagai manajer proyek dan pemilik perusahaan, Anda perlu belajar cara berurusan dengan introvert & bagaimana cara berurusan dengan ekstrovert?

Ini hanyalah beberapa sifat umum dari introvert & ekstrovert . Kedua tipe kepribadian memiliki semua sifat tetapi beberapa sifat lain yang yang menciptakan sikap atau tipe kepribadian lain. Orang introvert menyukai kesendirian, sementara orang ekstrover senang bersama banyak orang.

Apa pun kondisinya, setiap karyawan berhak untuk menghargai mereka. Hargai sifat-sifat ekstrovert & ekstrovert yang telah Anda amati . Kadang-kadang tanpa memperhatikan Anda mungkin telah membuat kesalahan dalam menilai orang tersebut. Banyak introvert berpura-pura ekstrovert dalam situasi tertentu dan sebaliknya.

Saran Menghadapi Sikap Introvert dan Ekstrovert Secara Efektif

Berikut adalah beberapa saran yang dapat membantu Anda menangani jika sedang mengjadapi tipe kepribadian/Sikap Introvert dan Ekstrovert Secara Efektif:

  1. Orang introvert biasanya akan menjadwalkan beberapa jam pertama hari itu untuk merencanakan dan memilah-milah hari mereka. Yang terbaik adalah meninggalkan mereka sendirian saat mereka sedang merencanakan atau jika mereka memberi tanda 'jangan diganggu'.
  2. Seorang ekstrovert, di sisi lain, lebih memilih untuk mendapatkan energi dengan berbicara kepada orang-orang. Mereka merasa senang dengan memunculkan ide-ide yang membuat pikiran mereka segar. Anda dapat menjadwalkan sesi curah pendapat sepanjang hari.

Dalam sebuah pertemuan atau berbicara satu lawan satu dengan orang yang introvert, tindakan yang paling efektif adalah meminta orang tersebut secara langsung memberikan ide.

Orang introvert tidak akan menyarankan apa pun jika tidak ditanyakan langsung. Sementara dengan seorang ekstrovert, Anda dapat dengan mudah membuat dan mendiskusikan rencana secara detail. Menghargai dan mengakui ide-idenya dan bahkan jika ide mereka tidak pantas untuk dicoba, ada baiknya untuk tidak langsung menolak ide tersebut.

Seringkali sulit untuk dibuat introvert dan ekstrovert bekerja bersama. Tetapi disarankan untuk mempelajari kekuatan dari kedua tipe kepribadian dan tetap mempertimbangkan faktor-faktor tersebut ketika berhadapan dengan tipe spesifik.

“Kebanyakan penemu dan insinyur. mereka pemalu dan mereka hidup di kepala mereka". Mereka bekerja paling baik ketika mereka sendirian, dan dapat mengontrol desain penemuan. Saya akan memberi Anda beberapa saran yang mungkin sulit diambil: bekerja sendiri. Anda akan dapat merancang produk dan fitur revolusioner. " Steve Wozniak

Catatan:
Tidak baik dan tidak bijaksana untuk fokus hanya pada satu tipe kepribadian. Agar sebuah bisnis menjadi sukses, Anda perlu memiliki setiap sumber daya yang berguna yang dapat Anda kumpulkan dan pelajari bagaimana mengelola sumber daya itu dengan cara yang mereka nyatakan bakat dan keterampilan laten mereka. Ikuti tips yang disebutkan di atas untuk mendapatkan hasil instan saat berurusan dengan introvert dan ekstrovert di organisasi Anda.