7 Cara Menjaga Tingkat Motivasi Anda Tetap Tinggi Bahkan Saat Anda Dikelilingi oleh Orang Beracun? - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjaga Tingkat Motivasi Anda Tetap Tinggi Bahkan Saat Anda Dikelilingi oleh Orang Beracun?

“ Ketika orang merusak impian Anda, meramalkan malapetaka Anda atau mengkritik Anda, ingat, mereka menceritakan kisah mereka kepada Anda, bukan milik Anda . ” —Cynthia Occelli


Bayangkan memasuki tempat kerja Anda di pagi hari dengan semangat tinggi, hanya untuk bertemu dengan rekan kerja yang berbahaya yang menyambut Anda dengan ucapan menyindir atau tatapan mengkritik . Apa yang akan dilakukannya terhadap tingkat motivasi Anda ? Cukup mengganggu, kita semua menghadapi situasi seperti itu di tempat kerja secara teratur . Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, kebanyakan dari kita tidak tahu bagaimana menghadapinya dan menjaga agar percikan kita tidak memudar . Dalam situasi seperti itu, menjadi sangat sulit untuk mempertahankan antusiasme Anda . Dalam artikel ini, Anda akan belajar tentang menjaga dagu Anda, bahkan ketika Anda dikotak oleh orang-orang jahat.

1. Bergairah dan Catat Tujuan Anda

Hal pertama yang pertama, Anda harus bersemangat dengan apa yang Anda lakukan . Richard Branson , CEO Virgin Group mengatakan, “ Kepercayaan yang penuh gairah pada tujuan bisnis dan pribadi Anda dapat membuat semua perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan . ” Ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai harapan Anda, pengabdian dan semangat Anda yang tak kenal lelah akan mendorong Anda menuju tujuan . Tulis sasaran Anda di selembar kertas agar tetap terlihat . Visualisasikan mereka dan terus mengingatkan diri sendiri tentang tujuan Anda dengan membacanya dengan keras . Ketika Anda membayangkan apa yang harus Anda lakukan, peta jalan muncul di mata pikiran Anda, memberi Anda gambaran tentang tonggak yang harus Anda menangkan untuk mencapai tujuan akhir . Ini akan membantu Anda tetap termotivasi bahkan ketika Anda dihadapkan dengan banyak kritik dan merasa sedih.

2. Jadikan Kesendirian sebagai Teman Anda

Orang beracun selalu mencari jendela untuk mengkritik Anda dan mereka tidak akan membiarkannya . Jika Anda mendapat kecaman, lebih baik untuk menjauh dan menghabiskan waktu tenang dengan diri sendiri . Terkadang lebih baik untuk keluar dari saat ini dan merenungkan masa lalu dan masa depan . Beri diri Anda waktu untuk berkumpul kembali dan biarkan gagasan mengalir secara alami kepada Anda . Siapa tahu Anda mungkin mendapatkan " Eureka" Anda saat, tepat ketika Anda berada dalam kondisi pikiran yang tenang.

3. Tetapkan Batas Saat Berbicara Ke Penentang

Kebanyakan orang akan menyarankan Anda untuk menghindari orang-orang beracun sebanyak mungkin tetapi kadang-kadang, itu menjadi tak terhindarkan . Bayangkan, jika salah satu anggota keluarga, teman, atau rekan kerja Anda yang duduk di sebelah Anda, memiliki semua karakteristik seorang kepribadian beracun. Bisakah Anda mengabaikannya dan berpura-pura tidak ada? Tidak, benar. Anda mungkin berpikir apa yang harus dilakukan? Mulailah dengan menetapkan batasan ketika Anda berbicara dengan siapa pun yang terkenal karena melakukan nitpicking . Setiap kali Anda merasakan gelombang toksisitas muncul, ganti topik pembicaraan . Bahkan ketika berbicara tentang pekerjaan, berhati-hatilah dengan apa yang Anda katakan karena mereka selalu mengawasi seperti elang.

4. Konversi menjadi Motivator

Ini mungkin tampak seperti hal yang paling sulit untuk dilakukan, tetapi jika Anda berhasil, Anda tidak hanya menyelamatkan diri dari celaan lebih lanjut, tetapi juga mendatangkan berkah dari korban lainnya . Jika Anda yakin dengan kulit Anda, manfaatkan kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka salah . Misalnya Anda dapat melibatkan mereka dalam pertaruhan dengan hadiah terlampir . Jika Anda harus bersaing dengan harus menyelesaikan 30 tugas pada akhir minggu, dan penentang Anda yakin bahwa Anda akan ketinggalan, minta mereka untuk bertaruh . Jika Anda menang, musuh Anda harus membayar makan siang atau makan malam Anda, kata orang .Selain itu, Anda mendapatkan kesempatan untuk membuktikan kesalahan mereka dan memaksa mereka untuk fokus pada hal positif Anda . Jika kalah, Anda harus membalas, tetapi setidaknya itu akan mendorong Anda lebih keras untuk mencapai tujuan Anda . Menang-menang!

5. Jangan Membenarkan Orang Lain

Bill Gates menyimpulkannya dengan cemerlang ketika dia berkata, “ Jangan membandingkan dirimu dengan siapa pun di dunia ini . Jika Anda melakukannya, Anda menghina diri sendiri . ” Alih-alih menghabiskan waktu yang berharga dalam membandingkan diri Anda dengan orang lain dan membenarkan tindakan Anda, Anda harus fokus untuk menjadi yang pertama bagi diri Anda sendiri . Jauh di lubuk hati, Anda tahu apa yang Anda lakukan dan Anda mungkin menjadi orang terbaik untuk menilai diri sendiri . Anda dapat membungkam mereka sekali dan untuk semua, dengan menegaskan bagaimana Anda tidak merasa perlu menjawab kepada siapa pun kecuali diri Anda sendiri.

6. Gunakan Data sebagai Senjata

Data tidak berbohong . Tidak ada cara yang lebih baik untuk membungkam seorang pesimis daripada mengemukakan fakta-fakta dingin yang sulit di tangan mereka . Yang harus Anda lakukan adalah menggali lebih dalam untuk mengumpulkan data dan menyajikannya dalam bentuk yang mudah dicerna oleh siapa pun . Mereka tidak dapat menyangkal fakta dan angka yang sulit . Bahkan jika mereka melakukannya, mereka akan mendaratkan diri mereka ke air panas . Bahkan jika Anda tidak dapat meyakinkan mereka untuk berada di sisi Anda, ini akan meningkatkan kepercayaan diri Anda dan memberi Anda perasaan kemenangan batin yang akan membuat Anda tetap termotivasi . Dengan perangkat lunak manajemen tugas, mengekstraksi data yang bermanfaat tidak lagi menjadi masalah.

7. Kelilingi Diri Anda dengan Orang-Orang yang Mendukung

“Setiap awan memiliki garis perak . ” Anda mungkin telah mendengar pepatah ini berkali-kali tetapi apakah Anda tahu itu benar ? Tidak peduli seberapa parah situasinya, selalu ada beberapa hal positif yang dapat Anda ambil darinya . Demikian pula, Anda mungkin terjebak di tengah orang-orang beracun tetapi ada beberapa yang mendukung di laut juga . Yang harus Anda lakukan adalah mengidentifikasi orang-orang yang bahagia ini dan mulai menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka . Minta bantuan mereka ketika dibutuhkan dan mereka akan bersedia memberikan bantuan untuk mengeluarkan Anda dari acar.

Kesimpulan

“ Hidup adalah 10% apa yang terjadi pada Anda dan 90% bagaimana Anda bereaksi terhadapnya. ” Kutipan dari Charles R Swindoll ini dengan jelas menyoroti pentingnya reaksi Anda terhadap situasi sulit . Cara Anda menghadapi penentang akan terbukti menjadi pembuat perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan Anda. Dengan menggunakan beberapa taktik yang dibahas di atas, Anda dapat dengan mudah tetap termotivasi meskipun dikelilingi oleh orang-orang beracun.