Kode Pengaturan Template
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Fungsi Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin Yang Lebih Baik Dan Kesimpulannya

Fungsi Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin

Beberapa tahun yang lalu ketika kita semua berkumpul untuk membahas masa depan teknologi dan bagaimana hal itu akan berdampak pada dunia di masa yang akan datang. Saya mengajukan pertanyaan ini sebagai inti dari diskusi kami, "Apa artinya menjadi pemimpin yang baik?" Dan seperti yang diharapkan, banyak yang merespons secara berbeda.

Saya menguraikan bahwa semua tongkat di lumpur orang masih berpegang teguh pada kepercayaan tradisional turun dari zaman nenek moyang mereka. "Kepemimpinan berarti memiliki visi yang luas," kata Henry. "Anda berbicara tentang kepemimpinan dan satu-satunya hal yang muncul di benak saya adalah memotivasi orang-orang yang bekerja untuk saya," kata Ashley, 28, pemilik butik dan ibu dua anak.

6 Fungsi Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin Yang Lebih Baik Dan Kesimpulannya
Gambar: 6 Fungsi Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin Yang Lebih Baik Dan Kesimpulannya


Kecerdasan Emosional Membantu Anda Menjadi Pemimpin yang Lebih Baik. Ada banyak tanggapan lain di mana audiensi yang lebih suci dari pada Anda ikut-ikutan, menghubungkan kepemimpinan yang luar biasa sebagai produk sampingan dari motivasi, visi, komunikasi, keberlanjutan, dll. Namun, tidak ada yang membahas unsur kecerdasan emosi. Sementara sebagian besar pemimpin masa depan berfokus pada keberlanjutan dan pengembangan soft skill, mereka jarang membahasnya. Karena itu, mari cari tahu bagaimana kecerdasan emosional dapat mengubah Anda menjadi pemimpin yang lebih baik.

Kecerdasan Emosional Membantu Anda Membangun Hubungan yang Kekal

Mengembangkan keterampilan orang dalam suatu organisasi adalah salah satu kemampuan paling penting yang dapat dikembangkan oleh seorang pemimpin. Jika Anda ingin berkomunikasi dengan karyawan atau pemangku kepentingan Anda secara efektif, kecerdasan emosional dapat membantu Anda membina hubungan abadi dengan mereka. Mengapa komunikasi sangat penting? Ini memanifestasikan unsur kesetiaan dan kepercayaan satu sama lain. Tidak ada yang mau mengikuti jejak Anda jika mereka tidak bisa mempercayai Anda.

Tetapi sebelum menjadi seorang pemimpin yang menginspirasi orang lain untuk percaya pada mereka, sangat penting bagi Anda untuk memercayai emosi Anda dan memoles insting Anda sendiri. Bagaimanapun, itu membuat perbedaan jika Anda dapat mengamati bagaimana orang lain memandang Anda. Berhubungan dengan individu-individu di berbagai tingkat emosional akan menciptakan penggemar yang setia mengikuti Anda; yang menjanjikan bahwa bisnis Anda akan menyentuh puncak kesuksesan.

Kecerdasan Emosional Membantu Anda Mengabaikan Masukan yang Berlebihan

Kebanyakan pemimpin berpendapat bahwa umpan balik yang efektif dapat membantu mereka memperluas kinerja bisnis mereka. Terlepas dari apakah umpan balik datang dari karyawan atau pelanggan, itu membantu pemimpin mempersiapkan diri dan proses mereka untuk mempertahankan keharmonisan profesional.

Pemimpin ingin mendengar kebenaran bahkan ketika mereka tidak tertarik dengan pesan tersebut. Mengabaikan umpan balik yang membangun itu penting, tetapi mengabaikan umpan balik yang benar-benar tidak perlu adalah sebuah seni. Para pemimpin yang dilengkapi dengan kecerdasan emosional tidak membiarkan umpan balik negatif mengaburkan penilaian atau fokus mereka.

Seorang pemimpin yang cerdas secara emosional tidak mudah tersinggung oleh pendapat orang lain tentang mereka. Jangan pernah jatuh ke dalam jebakan membual-diri atau menganggap diri Anda luar biasa hanya karena Anda kurang mendapat kritik negatif. Ada peluang besar bahwa orang tidak melakukannya karena takut. Biarkan mereka berbicara dan memberi tahu Anda tentang kekurangan Anda, itu dapat membantu Anda menjadi tidak hanya orang yang lebih baik tetapi juga seorang pemimpin yang luar biasa.

Kecerdasan Emosional Membantu Anda Bergaul dengan Beragam Grup

Saat ini, para pemimpin percaya bahwa bergaul dengan orang-orang yang serupa dengan mereka dapat membantu mereka mencapai maksud dan tujuan mereka. Sampai batas tertentu, saya bisa setuju dengan fakta; tapi, inilah sisi buruk dari mengelilingi dirimu dengan klonmu sendiri. Jika Anda tidak akan membiarkan orang-orang dengan pola pikir yang beragam masuk ke dalam lingkaran profesional Anda, Anda membuka peluang untuk tumbuh secara besar-besaran dalam bisnis.

Mungkin, Anda tidak suka mendengar pendapat orang lain dan itu benar-benar menurunkan motivasi Anda ketika seseorang bertentangan dengan pandangan Anda. Tentu saja bukan berarti mereka tidak mengikuti visi Anda dan benar-benar menentangnya. Kadang-kadang, orang tidak bicara, pengalaman mereka. Dan, bahkan jika Anda tidak menyukai pendapat yang berasal dari kolega atau pemangku kepentingan; pegang saja kudamu, jangan menghindarinya. Jangan jatuh ke dalam perangkap ego; kembangkan kecerdasan emosional untuk melihat melampaui ego Anda menuju solusi.

Kecerdasan Emosional Membantu Anda Memahami, Anda Di Bawah Pengamatan

Anda seorang pemimpin karena suatu alasan. Anda menginspirasi orang lain. jika seseorang memilih untuk bekerja di bawah kepemimpinan Anda, itu karena Anda mengilhami mereka untuk melakukannya. Tapi, inspirasi tidak datang tanpa biaya. Dan, biaya inspirasi adalah observasi. Dari karyawan yang bekerja untuk Anda hingga berbagai pemangku kepentingan eksternal, setiap individu lain ingin menjelajahi Anda masuk dan keluar.

Mulai dengan karyawan karena mereka selalu memperhatikan apa yang Anda lakukan ... mulai dari ketepatan waktu Anda di tempat kerja hingga memberikan penghargaan, bagi karyawan semuanya penting. Sebagian besar pemimpin percaya pada empati dan sering menempatkan diri pada posisi karyawan mereka. Mereka menjadi satu di klub dengan gugus tugas mereka. Tidak apa-apa untuk berperilaku seperti mereka tetapi pada akhirnya, Anda perlu memahami bahwa Anda adalah pemimpin mereka. Meskipun kecerdasan emosional dapat membantu Anda berkomunikasi dengan tenaga kerja Anda secara optimal, selalu disarankan agar Anda tetap berperan sebagai pemimpin. Jangan lupa, mereka membaca Anda.

Kecerdasan Emosional Membantu Anda Mengidentifikasi Diri Anda

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, kecerdasan emosional membantu Anda mencari diri Anda yang sebenarnya. Ini membantu Anda lebih memahami sisi positif dan negatif Anda. Selain itu, ketika Anda berkomunikasi dengan sekelompok individu pada tingkat emosional, mereka menjelaskan kepada Anda tentang diri Anda dengan cara yang jauh lebih baik daripada ketika Anda melakukan analisis diri.

Alih-alih berfokus pada kegiatan kecil yang mengambil sebagian besar energi Anda. Anda tentu tidak ingin mengalaminya dan dengan memahami diri sendiri lebih baik, Anda akan dapat menghindari detail kecil dan lebih fokus dalam menciptakan strategi yang menarik.

Kecerdasan Emosional Membantu Anda Menjadi Empath Yang Lebih Baik

Tidak setiap pemimpin menghibur karyawan seolah-olah mereka adalah bagian dari keluarga mereka, tetapi para pemimpin yang melakukannya, memastikan bahwa karyawan mereka terhubung dengan baik dengan mereka di semua tingkatan. Mengembangkan kecerdasan emosional, di mana seorang pemimpin dipaksa untuk memahami subyek mereka dengan menempatkan diri pada posisi mereka, membutuhkan keberanian, kesabaran, dan integritas.

Jika seorang pemimpin mampu memahami masalah-masalah tenaga kerjanya, ia dapat berinteraksi dengan mereka dengan cara yang lebih baik dan membantu mereka menyelesaikan pertanyaan mereka dengan lebih efisien. Para pemimpin dengan kesadaran sosial yang tinggi dan dorongan emosi yang sama-rata lebih sukses ketika harus beresonansi dengan pelanggan mereka dan memahami poin rasa sakit mereka. Bahkan, mereka selalu berada di ambang menghadirkan solusi yang berfokus pada orang.

Kesimpulan Fungsi Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin

Sebagian besar organisasi menahan diri dari membahas kecerdasan emosional dalam pengaturan profesional karena itu bukan sesuatu untuk dipelajari. Namun, mereka sering gagal menyadari bahwa kekuatan kecerdasan emosional jauh melebihi kekuatan banyak keterampilan lunak lain yang dapat Anda kembangkan. Seorang pemimpin yang mampu mengendalikan emosinya dapat melampaui semua rintangan lain dalam bisnis. Di atas disebutkan adalah beberapa taktik penting yang dapat Anda gunakan untuk menstabilkan diri Anda sebagai pemimpin yang cerdas secara emosional.

Posting Komentar untuk "6 Fungsi Kecerdasan Emosional Bagi Pemimpin Yang Lebih Baik Dan Kesimpulannya"