Suku Dampelas (Dampeles) Buol SulTeng |Sejarah, Budaya, Sistem dan Pencaharian - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suku Dampelas (Dampeles) Buol SulTeng |Sejarah, Budaya, Sistem dan Pencaharian

Mungkin sudah pada tahu tahu belum? apakah itu Suku Dampelas? bagaimana sejarah dan budayanya dan seperti apakah sistem kepercayaan dan adat istiadat Suku Dampelas?, yuk mari simak ulasan berikut:

Bagaimana Sejarah dan Budaya Suku Dampelas?

Suku Dampelas (Sulteng) "Sulawesi tengah", atau umum disebutkan Dampeles ialah etnis suku yang menempati kecamatan Dampeles Sojo kabupaten Buol dan kabupaten Toli-Toli di propinsi Sulawesi tengah.Suku ini populer karena mempunyai beberapa benda pusaka sakti dan bermanfaat untuk menghadapi musuh.

Suku Dampelas (Dampeles) Buol SulTeng |Sejarah, Budaya, Sistem dan Pencaharian
Suku Dampelas (Dampeles) Buol SulTeng |Sejarah, Budaya, Sistem dan Pencaharian

Menurut warga suku Dampelas, orang yang menggunakan beberapa benda pusaka itu bisa menjadi tahan dan tidak mempan pada guna-guna (santet) dan ilmu hitam yang lain.

Bagaimana Sistem Keyakinan Suku Dampelas?

Mayoritas warga Dampelas beragama Islam tetapi ada banyak pada mereka yang yakin dengan beberapa hal yang memiliki bau animisme, seperti memercayai makhluk gaib dan beberapa tempat sakral yang dipandang dapat memengaruhi kondisi hidup mereka.

Seperti Apa Tradisi istiadat Suku Dampelas?

Suku Dampelas mempunyai beberapa upacara tradisi, yakni:

  • Mogupas. Mogupas sebagai adat upacara kematian yang disebut gabungan di antara adat tradisionil dengan agama yang mereka anut, yakni upacara tradisi sebagai penghormatan paling akhir untuk orang yang wafat.
  • Moguto Bwuiyano dan Mobuso. Upacara tradisi untuk menyingkirkan endemi, pandemi ataupun wabah dan penyakit kronis.

Monilam dan Malead. ke-2  upacara tradisi ini dipadukan dan untuk meratakan gigi remaja putri. Moduai dan upacara tradisi menyongsong tamu.

Apa Saja Mata pencaharian Suku Dampelas?

Untuk Mata pencaharian warga Dampelas ada dalam beragam sektor pekerjaan, seperti bertani. Tetapi langkah bertani masih memakai beberapa cara lama, yakni dengan berganti-pindah tempat pertanian.

Disamping itu mereka manfaatkan rimba untuk kumpulkan hasil rimba, seperti mengumpul hasil rotan, damar dan kayu, dan lakukan pemburuan pada binatang-binatang liar yang mereka jumpai dalam rimba.

Disekitaran perkampungan, mereka mempunyai kebun yang sudah ditanami kopra dan cengkeh. Disamping itu mereka terkenal sangat ahli meramu beragam macam obat-obatan tradisionil.

Apa Saja Kerajinan dan Keterampilan Suku Dampelas?

Suku Dampelas benar-benar terampil saat membuat beberapa macam kerajinan, seperti kain tenun sutra dan bonja lipuku dan kerajinan cengkeh ciri khas Toli-Toli.