Kode Pengaturan Template
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sejarah, Budaya, Adat Suku Dampelas Sulawesi Tengah |Dampeles

Sudah pada tau belum apa itu Suku Dampelas? gimana sejarah dan budayanya serta seperti apa sistem kepercayaan dan adat istiadat Suku Dampelas?, yukk mari baca dibawah ini adalah ulasan singkat tentang Suku Dampelas.

Bagaimana Sejarah dan Budaya Suku Dampelas?

Suku Dampelas atau biasa disebut juga Dampeles adalah etnis suku yang mendiami kecamatan Dampeles Sojo kabupaten Buol dan kabupaten Toli-Toli di provinsi Sulawesi Tengah. Suku ini terkenal karena memiliki benda-benda pusaka sakti dan berkhasiat untuk menghadapi musuh. Menurut suku Dampelas, orang yang memakai benda-benda pusaka itu akan menjadi kebal dan tidak mempan terhadap guna-guna (santet) dan ilmu hitam lainnya.

Sejarah, Budaya, Adat Suku Dampelas Sulawesi Tengah
soso dalam festival danau Dampelas acara adat suku Dampelas
(photo:linopadeihina)

Bagaimana Sistem Kepercayaan Suku Dampelas?

Sebagian besar masyarakat Dampelas memeluk agama Islam namun masih banyak dari mereka yang masih percaya dengan hal-hal yang berbau animisme, seperti mempercayai makhluk gaib dan tempat-tempat keramat yang dianggap bisa mempengaruhi keadaan hidup mereka.

Seperti Apa Adat istiadat Suku Dampelas?

Suku Dampelas memiliki beberapa upacara adat, yaitu:
  1. Mogupas. Mogupas merupakan tradisi upacara kematian yang merupakan kombinasi antara adat tradisional dengan agama yang mereka anut, yaitu upacara adat sebagai penghormatan terakhir bagi orang yang meninggal.
  2. Moguto Bwuiyano dan Mobuso. Upacara adat untuk mengusir wabah dan penyakit kronis.
  3. Monilam dan Malead. kedua upacara adat ini digabungkan dan untuk meratakan gigi remaja putri.
  4. Moduai dan upacara adat menyambut tamu.

Apa Saja Mata pencaharian Suku Dampelas?

Mata pencaharian suku Dampelas terdapat dalam berbagai bidang kegiatan, seperti bertani. Namun cara bertani masih menggunakan cara-cara lama, yaitu dengan cara berpindah-pindah lahan pertanian. Selain itu mereka memanfaatkan hutan untuk mengumpulkan hasil hutan, seperti mengumpul hasil rotan, damar dan kayu, dan juga melakukan perburuan terhadap binatang-binatang liar yang mereka temui di dalam hutan. Di sekitar perkampungan, mereka memiliki kebun yang ditanami kopra dan cengkeh. Selain itu mereka ahli meramu berbagai jenis obat-obatan tradisional.

Apa Saja Kerajinan dan Ketrampilan Suku Dampelas?

Suku Dampelas sangat trampil dalam membuat beberapa jenis kerajinan, seperti kain tenun sutra dan bonja lipuku dan kerajinan cengkeh khas Toli-Toli.

Posting Komentar untuk "Sejarah, Budaya, Adat Suku Dampelas Sulawesi Tengah |Dampeles"