Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

Unsur-unsur Pendukung dalam Tari, Pengertian Musik dalam Tari, Mengolah Gerak Berdasarkan Pola Iringan, Fungsi dan Jenis-jenis Musik dalam Tari


Setelah mempelajarimateri dibawah ini diharapkan mampu melakukan hal berikut.
  1. Memahami unsur-unsur pendukung dalam tari.
  2. Memahami pengertian musik dalam tari.
  3. Mengetahui fungsi dan jenis-jenis musik dalam tari.
  4. Mengidentifikasi unsur-unsur musik dalam tari.
  5. Memahami pengelompokan gerak tari berdasarkan pola iringan musik.
  6. Mengidentifikasi ragam gerak tari berdasarkan pola iringan musik.
  7. Memahami gerak tari berdasarkan pola Iringan.
  8. Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan pola iringan.
  9. Melakukan gerak tari berdasarkan pola iringan.
  10. Mengetahui gerak tari berdasarkan iringan lambat, sedang, cepat.
  11. Mengidentifikasi gerak tari berdasarkan iringan lambat, sedang, cepat.
  12. Melakukan gerak tari berdasarkan iringan lambat, sedang, cepat.
    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari
    Menata tari kreasi berdasarkan pola iringan tari

    A. Unsur-unsur Pendukung dalam Tari

    Dalam sebuah penyajian tari terdapat beberapa unsur pendukung di dalamnya. Unsur-unsur ini menjadi satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Pernahkah kamu menonton sebuah pertunjukan seni tari? Apakah kamu mengamati terdapat unsur-unsur pendukung lain? Selain unsur gerak sebagai media ekspresi utamanya.

    Unsur-unsur pendukung yang terdapat dalam penyajian tari menjadi salah satu bagian penting yang mampu memperkuat dalam upaya menyampaikan berbagai pesan dalam gerak yang dibawakan. Dalam dunia seni pertunjukan tari, apresiasi yang diberikan tidak hanya gerak saja, tetapi terdapat beberapa unsur pendukung penting yang terlibat di dalamnya.

    Unsur-unsur yang dimaksud di antaranya unsur tata busana, tata rias, dan tata musik. Ketiga unsur pendukung tari tersebut, yaitu tata busana, tata rias dan tata musik tari harus menjadi suatu jalinan yang saling terkait dan kerja sama untuk mendukung wujudnya sebuah tarian, karena tanpa kelengkapan hal-hal di atas, tarian belum dapat dinikmati secara utuh. Perhatiakan dan amatilah gambar di bawah ini dan jelaskan mengenai gambar tersebut!

    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    B. Pengertian Musik Tari

    Tari dan musik adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Dalam konteks seni pertunjukan tari, keberadaan unsur musik memiliki peran penting dalam memberikan warna dan karakter penyajian gerak yang ingin disampaikan.

    Selain itu, peran musik dalam tari mampu memberikan penekanan nilai estetika terhadap makna gerak dan keindahan gerak yang dibawakan dalam sebuah penyajian tari. Dalam penyajian tari tradisional, unsur musik begitu dominan dan kuat sehingga mampu membuat tari yang dibawakan memiliki karakter penyajian yang disesuaikan dengan tema dan tujuan dari penyajian tari tersebut.

    Pernahkan kalian menyaksikan seni pertunjukan tari tradisional ? Jelaskan secara singkat pengalaman kamu ketika menonton seni pertunjukan tari tradisional ? Apakah yang kamu rasakan tentang keberadaan musik dalam seni pertunjukan tari tradisional ? Perhatiakan dan amatilah gambar dibawah ini dan jelaskan mengenai gambar tersebut!

    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    C. Jenis dan Fungsi Musik dalam Tari

    1. Jenis Musik dalam Tari

    Dua jenis musik yang terdapat dalam tari, yaitu musik internal dan musik eksternal. Musik internal adalah musik yang ditimbulkan atau dihasilkan dari diri penari sendiri. Misalnya teriakan, tepukan tangan, siulan, nyanyian, dan sebagainya. Musik eksternal adalah musik yang ditimbulkan dari luar diri penari.

    Musik eksternal dimaksud, seperti gending-gending gamelan, suarasuara yang ditimbulkan dari alat-alat musik atau benda-benda lainnya yang digunakan untuk musik tari. Namun demikian, tidak sedikit dalam penggarapan tarian karya baru menjadikan musik internal dan musik eksternal digunakan keduanya dalam satu garapan tari.

    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari
    Jenis Musik dalam Tari

    2. Fungsi Musik dalam Tari 

    Seperti telah dijelaskan di awal uraian bab ini bahwa keberadaan musik dalam tari memiliki peran penting dalam memperkuat keutuhan penyajian tari. Kedudukannya tidak hanya mampu sebagai pengiring tarian saja, melainkan mampu pula berperan sebagai penguat suasana dan penekanan terhadap penyampaian dari makna gerak yang dipresentasikan.

    Keberadaan musik dalam tari merupakan hal yang sangat penting. Peranan atau kedudukan musik dalam tari bukan sebagai pengiring, melainkan sebagai musik tari. Oleh karena itu, musik memiliki kedudukan penting dalam tari, yaitu sebagai penguat gerak, sebagai pendukung gerak, dan sebagai pendukung suasana (musik ilustrasi).

    Dilihat dari penampilan, jenis, dan cara penyusunannya musik tari sangat beragam dan bervariasi. Terdapat musik tari yang dibuat dan dihasilkan dari alat-alat musik tradisional, seperti gamelan. Selain itu, terdapat pula musik tari yang dibuat dan dihasilkan dari alat-alat nongamelan, perkusi, dan berbagai benda lainnya yang dapat menimbulkan bunyi tertentu atau bunyi yang dikehendaki.

    Perhatiakan dan amatilah gambar dibawah ini dan jelaskan mengenai gambar tersebut!

    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    D. Mengolah Gerak Berdasarkan Pola Iringan

    Mengolah gerak dalam tari tradisional memerlukan kecerdasan pengetahuan dan keterampilan, terutama proses latihan yang dilakukan secara berulang-ulang. Oleh karena dalam tari tradisional terdapat pakem gerak atau patokan gerak (ukuran bentuk gerak) yang memiliki ukuran tertentu yang disebut bentuk kualitas gerak.

    Dengan demikian, perlu dicoba dan dilatih secara langsung dalam mempelajari beberapa ragam gerak tari tradisional yang akan kita pelajari bersama-sama dengan menggunakan iringan musik. Salah satu tarian yang akan dipelajari saat ini adalah tari blantek.

    Perlu kamu ketahui, tari blantek adalah salah satu tari kreasi baru Jawa Barat yang mengembangkan gerak-gerak dari beberapa jenis tari rakyat di Jawa Barat dan memiliki keanekaragaman bentuk penyajian. Kentalnya warna seni pertunjukan topeng Betawi sehingga mampu membedakan karakter tari rakyat lainnya yang berkembang di Jawa Barat.
    1. Perhatikan contoh beberapa ragam gerak tari blantek
    2. Lakukan gerak tari blantek secara kelompok dengan iringan

    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    E. Rangkuman Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    Dalam penyajian tari terdapat tiga unsur pendukung utama, yakni unsur tata rias, tata busana, dan musik. Ketiga unsur pendukung itu memiliki peran penting dalam memberikan penekanan terhadap kualitas garapan tari yang dibawakan. Masing-masing mampu mengisi ruang penyajian tari sehingga dalam penyajiannya menjadi lebih utuh.

    Musik tari adalah salah satu unsur pendukung tari yang mampu membuat penyajian tari lebih nampak hidup dan dinamis. Keberadaannya dapat memberikan penekanan terhadap makna dan maksud penyajian gerak.

    Jenis musik dalam tari pada dasarnya terbagi ke dalam dua bagian, yakni jenis musik internal dan musik ensternal. Musik internal musik yang dibunyikan dari si penarinya, sedangkan musik eksternal adalah bunyi musik yang dihasilkan di luar dari diri penarinya, seperti dari bunyi alat musik gamelan.

    Keberadaan musik dalam tari tidak hanya sebagai pengiring tarian, tetapi dapat memiliki fungsi lain sebagai penguat suasana dan pemberi ilustrasi sebuah pengadegan tari.

    Materi Seni dan Budaya K13 SMA-MA-MAK-SMK Kelas 12

    Link terkait Materi Pelajaran Seni dan Budaya Kurikulum 2019 (K13) SMA, MA, MAK, SMK Kelas 12
    1. Ragam Jenis Simbol Seni Rupa Dua Dimensi Serta Nilai Estetisnya
    2. Apresiasi Jenis Simbol dan Nilai Seni Rupa Tiga Dimensi
    3. Konsep Jenis dan Fungsi Seni Musik Tradisional serta Musik Modern
    4. Makna Unsur Simbol dan Proses Kreasi Musik Serta Nilai Estetis
    5. Arti Unsur Jenis Kelompok Tari Kreasi Serta Gerak Lambat Cepat Dan Sedang dalam Tari Kreasi
    6. Unsur Pola Iringan Fungsi dan Jenis Musik Dalam Tari
    7. Konsep Teknik Gagasan Karya Cipta Teater Serta Prosedur Menyusun dan Analisis Naskah Drama
    8. Makna Jenis Fungsi Ragam Simbol Karya Teater Serta Kreasi Ungkapan dan Penampilan

    D. Refleksi Unsur, Pola Iringan, Fungsi, Jenis Musik Dalam Tari

    Setiap orang dapat belajar menari dengan baik, jika ada kemauan untuk berlatih dengan keras. Memiliki keinginan untuk bertanya pada guru dan teman, disiplin dalam berlatih, dapat bekerja sama dengan teman kelompok belajar merupakan modal dasar kuat untuk dapat meraih keinginan dalam menguasai setiap materi pembelajaran tari yang diberikan oleh guru.

    Kunci utama dari semua itu, kejujuran, disiplin, kerja keras, saling membantu, saling menghargai dan tidak malu untuk bertanya pada siapapun yang dianggap mampu membantu kita untuk belajar.