Kode Pengaturan Template
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menilai Teks Drama Dan Pementasan Dengan Pengamatan Serta Tabel Nilai

Menilai Teks Drama Dan Pementasan Dengan Pengamatan Serta Tabel Nilai

A. Bagaimana menilai teks drama

Ada berbagai cara untuk mengkritisi sebuah pementasan teater yaitu berupa apresiasi drama. Pada strategi strata terdapat 3 tahapan yang harus dilalui seorang apresiator yaitu tahap penjelajahan, tahap interpretasi, dan tahap rekreasi.

1. Seperti Apa Tahap Penjelajahan Dalam Drama

Mahasiswa diberi kesempatan untuk membaca naskah-naskah drama baik naskah drama yang serius,maupun drama popular. Drama tragedi atau komedi. Sebaiknya mahasiswa membaca drama-drama pendek untuk secepatnya memahami fakta cerita (tokoh, jalan cerita, latar dan tema). Mereka juga diberi kesempatan membaca teks sastra baik cerpen maupun novel menuju alih wahana. Mengubah naskah cerpen atau novel dalam naskah drama.

Cara Menilai Teks Drama Dan Pementasan Dengan Pengamatan Serta Tabel Nilai
Cara Menilai Teks Drama Dan Pementasan Dengan Pengamatan Serta Tabel Nilai

2. Apa Masksud Pada tahap interpretasi Pada Teks Drama

Naskah drama tersebut didiskusikan mahasiswa dalam kelompok. Dalam kegiatan ini mahasiswa dapat menyusun beberapa pertanyaan atas naskah yang dibaca. Misalnya bagaimana tokohnya, konfliknya, jalan cerita, latarnya, dan apakah temanya menarik? Pada tahap interpretasi mahasiswa memahami maksud teks drama sehingga mereka mampu mengkreasikan kembali hasil pemahamannya terhadap teks drama yang dibacanya.

3. Apa Itu Tahap Rekreasi Dalam Teks Drama 

Mahasiswa dapat mengubah teks drama dalam bentuk cerita pendek atau sebaliknya, siswa dapat mengubah bentuk cerpen/novel dalam bentuk drama atau dikenal dengan istilah alih wahana. Misalnya, Cerita Pendek “Kejantanan di Sumbing” Karya Subagio Sastrowardoyo dapat diubah menjadi naskah drama. 

Cerita pendek berlatar belakang perjuangan 1948 di gunung sumbing tersebut penuh dengan konfliks antara ketaatan dan perjuangan seorang prajurit, godaan seks dari mata-mata cantik yang seharusnya dieksekusi yang malah dihamili. Cerpen berakhir dengan hancurnya daerah pertahanan karena tokoh aku sebagai Komandan melakukan percabulan di medan perang.

B. Bagaimana Menilai Pementasan

Hal yang perludiperhatikan dalam pementasan drama di antaranya adalah teknik vokal, pemahaman isi dialog, teknik blocking, tempo permainan, postur atau sikap badan, penampilan, dan kerjasama atau komunikasi antarpemain.

Teknik vokal berhubungan dengan kualitas vokal aktor dari kekuatan, kejernihan, dan kejelasan artikulasi suara. Pemahaman isi dialog berhubungan bagaimana aktor memberi isi yang menonjokan emosi dan pikiran dibalik dialog yang diucapkan. 

Teknik blocking atau movement atau berpindahnya aktor dari suatu daerah main ke ke daerah main lainnya, apa motivasinya bergerak, dsb. Bagaimana aktor melakukan business atau gerak-gerak teatrik yang mendukung perwatakan.

Tempo permainan adalah cepat dan lambatnya permainan. Tempo lamban membuat permainan membosankan. Tempo terlalu cepat memberi kesan tidak memberikan ruang imajinasi bagi penonton. Oleh karena itu perlu teknik memberi jeda. Postur tubuh atau sikap badan memberi kesan enak ditonton. 

Tidak melakukan gerak-gerak yang tidak perlu atau over acting. Melakukan gerak atau acting dengan tujuan. Kerjasama antarpemain berupa sinergi antarpemain untuk menghadirkan karakter dan atmosfer yang mendukung jalannya cerita.

Tabel di bawah ini dapat digunakan untuk menilai sebuah pementasan

1. Contoh Tabel Menilai Sebuah Pementasan

Cara Menilai Teks Drama Dan Pementasan Dengan Pengamatan Serta Tabel Nilai
Cara Menilai Teks Drama Dan Pementasan Dengan Pengamatan Serta Tabel Nilai

Perlatihan Buatlah sebuah pertunjukan pendek, kemudian buatlah evaluasi pementasan dengan menggunakan tabel seperti tersebut diatas.

Berilah hadiah kepada aktor pemeran terbaik. Hadiah berupa buku, pulpen, atau benda lain yang berkesan. Anda juga dapat menonton teater besama dari CD/DVD pememetasan kemudian berilah penilaian berdasarkan format diatas.

Unduhlah (download) pementasan drama dari Youtub, kemudian buatlah evaluasi dengan menggunakan tabel seperti di atas. Anda juga bisa menulis komentar pementasan dalam sebuah esai untuk diterbitkan di majalah kampus.

Lihatlah pertunjukan teater profesional di kota Anda. Amatilah para aktor dan pameran, setting panggung, dan artistik lainnya ( Costume, rias wajah, musik). Amati pula respon penonton.

Buatlah esai/catatan pelaksanaan pertunjukan tersebut dan kirim ke Majelis atau media umum. Anda juga bisa memasukkan ke website atau situs Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Menilai Teks Drama Dan Pementasan Dengan Pengamatan Serta Tabel Nilai"