Tips dan Cara Membersihkan Mesin Cuci secara Alami - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips dan Cara Membersihkan Mesin Cuci secara Alami

Hemat Biaya!! Tips dan Cara Membersihkan Mesin Cuci secara Alami

celotehpraja.com - Tips dan Cara Membersihkan Mesin Cuci secara Alami. Mungkin ada banyak kamu yang bertanya-tanya bagaimana cara "membersihkan" sebuah mesin cuci? atau seperti apa cara agar mesin cuci tetap awet dan tahan lama?. Nah pada artikel ini akan membahas dan memberikan beberapa Tips dan Cara Membersihkan Mesin Cuci secara Alami tanpa harus keluar biaya apapun, bisa anda praktekan pada mesin anda.

Meski sering diisi air sabun, bukan berarti mesin cuci otomatis bisa menjaganya tetap bersih. Jika Anda menggunakan mesin cuci dengan bau yang tidak sedap, bau tersebut dapat berpindah ke pakaian Anda. 

Tips dan Cara Membersihkan Mesin Cuci secara Alami

Cairan pembersih kimiawi dapat merusak mesin cuci, tetapi Anda dapat membuat cairan pembersih sendiri dengan cuka dan soda kue. Baik itu mesin cuci bukaan atas atau mesin cuci bukaan depan, Anda dapat membersihkan sambil wangi segar! Baca Juga Penyebab Mesin Cuci Cepat Rusak

Menyalakan Mesin Hingga Panas.

Tekan tombol pilihan cucian terbesar untuk mengisi penuh mesin cuci. Silahkan gunakan heavy duty agar tidak mengatur waktu mencuci secara manual. Setel tombol suhu ke opsi terpanas, lalu tekan MULAI, sehingga tabung mesin cuci mulai terisi air sambil tetap membuka tutupnya. 

Frekuensi Pemakaian Mesin Cuci

Ashley Matuska dari Dashing Maids berkata: "Secara pribadi, saya menggunakan mesin cuci sekitar 10 kali seminggu. Oleh karena itu, saya mencuci mesin cuci sebulan sekali. Jika saya tidak sering menggunakan mesin cuci, saya bisa mencucinya setiap 2 kali setiap bulan. Bersihkan mesin cuci, hidupkan sakelar sirkulasi di lingkungan sanitasi, gunakan air panas untuk siklus untuk waktu yang lebih lama.

Tuang 1 liter Cuka ke dalam Tabung Mesin Cuci

Cuka putih dapat anda gunakan. Saat tabung mesin cuci penuh dengan air, tuangkan cuka ke dalamnya. Belilah wadah cuka khusus untuk membersihkan. Karenanya, Anda tidak perlu menggunakan cuka di dapur setiap kali ingin membersihkan mesin cuci.

Tuang 250 gram Soda Kue ke dalam Air

Tuang soda kue dan isi tabung mesin cuci dengan air agar tercampur rata. Soda kue akan bereaksi dengan cuka dan menghilangkan semua sisa sabun dan membersihkan bagian dalam mesin cuci. Masukkan sekotak soda kue ke dalam cairan tersebut dan masak secara terpisah dari soda kue. Dengan cara ini, Anda bisa membuat larutan pembersih mesin cuci saat Anda membutuhkannya.

Campur Larutan Pembersih dan Rendam di Mesin Cuci

Matikan mesin cuci selama 1 menit untuk mulai bekerja. Tabung mesin cuci akan mencampur soda kue, cuka, dan air, lalu mendistribusikan larutan ke seluruh permukaan. Setelah 1 menit, buka penutup mesin cuci untuk berhenti berputar. Beberapa mesin cuci mengunci tutupnya setelah dibuka. Tekan tombol berhenti atau jeda untuk membuka kunci ini, lalu buka penutupnya.

Gunakan Sikat Gigi atau Spons untuk Membersihkan Mesin Cuci

Celupkan sikat gigi ke dalam larutan di dalam mesin, lalu gunakan untuk menggosok seluruh wadah produk pembersih. Setelah menyikat gigi, seka semua kotoran dengan kain bersih. Jika Anda tidak dapat membersihkan wadah produk pembersih dengan sikat gigi, gunakan sikat pembersih berbulu atau spons pencuci piring yang kasar. 

Masukkan bagian yang dapat dilepas ke dalam air dan rendam selama 20 menit sebelum menggunakannya. Periksa lapisan plastik di sekitar penutup mesin cuci. Jika ada kotoran, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya.

Setelah Siklus Pencucian Selesai, seka bagian samping dan bawah Tabung Mesin Cuci

Gunakan kain bersih untuk menghilangkan kotoran di dalam mesin cuci. Jika perlu, celupkan salah satu ujung kain ke dalam larutan 3 bagian air hangat dan 1 bagian cuka untuk menghilangkan kotoran yang membandel. 

Jika masih ada residu dalam jumlah besar, gunakan 1 liter cuka untuk siklus pencucian lainnya untuk menghilangkannya. Biarkan mesin cuci tetap terbuka di antara siklus pencucian untuk mengeringkan tabung dan mencegah pertumbuhan jamur. Untuk menjaganya tetap rapi, bersihkan mesin cuci sebulan sekali.

Tips dan Cara Membersihkan Mesin Сuсi dengan Bahan Аlаmi

Jika anda sedang mencari tips dan cara pembersihan mesin cuci yang aman dan murah, maka kami berikan solusinya untuk kalian. Bahan kimia dapat membersihkan mesin cuci secara efektif, tetapi dalam jangka panjang dapat merusak mesin cuci. Untuk ini, sebaiknya mulai membersihkan mesin cuci dengan bahan-bahan alami. 

Tips dan Cara Membersihkan Mesin Сuсi dengan Bahan Аlаmi

Cara Merawat Mesin Cuci Agar Awet & Tahan Lama

Membersihkan mesin cuci dengan bahan alami tidak hanya aman, tapi juga mampu merawat mesin cuci Anda. Lantas, bagaimana langkah-langkah mudah membersihkan mesin cuci berbahan alami? Penjelasan cara membersihkan mesin cuci dengan bahan alami bisa kalian dengar di kolom komentar di bawah ini.

Sebenarnya cukup mudah untuk membersihkan bagian luar mesin cuci. Anda cukup menggunakan kain bersih. Pastikan untuk menggunakan kain mikrofiber. Untuk menghilangkan kotoran sepenuhnya, Anda harus merendam kain dalam air cuka. Campurkan dua gelas air bersih dan cuka putih. Solusi ini efektif menghilangkan kotoran yang menempel pada mesin cuci.


Saat menyeka bagian luar mesin cuci, usahakan agar kainnya tidak terlalu basah. Kain lap yang terlalu basah hanya akan menimbulkan bekas air, dan nantinya akan sulit untuk dibersihkan. Selain itu, peras kain hingga kering setelah dicelupkan ke dalam larutan cuka putih. 

Setelah selesai, seka dengan kain lembut yang dicelupkan ke dalam air bersih agar cuka tidak mengendap. tips dan cara pembersihan mesin cuci ini dapat diterapkan pada mesin cuci bukaan atas dan mesin cuci bukaan depan.

Membersihkan Tabung Mesin Cuci

Tabung mesin cuci merupakan tempat pakaian untuk dicuci. Bagian ini mudah kotor karena akan langsung menyentuh pakaian kotor yang diletakkan di mesin cuci. Untuk itu, Anda harus menjaganya secara rutin. Cara paling mudah merawat bak mesin cuci adalah dengan membersihkannya.

Untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci dengan benar, Anda harus memeriksa model mesin cuci terlebih dahulu. Ini karena cara membersihkan mesin cuci atas dan mesin cuci depan akan berbeda.

Nah beginilah Tips dan Cara Membersihkan Mesin Top Loading & Front Loading Anda Agar Tidak Mudah Rusak

Mesin Cuci Bukaan Atas (Top Loading)

  1. Pertama, buka pintu mesin cuci. Anda bisa menyiapkan air hangat sesuai kapasitas maksimal mesin cuci.
  2. Kemudian tambahkan 4 cangkir cuka putih. Putar mesin cuci sampai air hangat dan cuka tercampur rata. Jalankan mesin cuci agar sisa sabun dan residu lainnya benar-benar hilang dari drum mesin cuci.
  3. Biarkan larutan cuka mengalir melalui selang mesin cuci untuk menghilangkan debu lengket. Jika Anda masih mencium bau cuka, bilas mesin dengan air bersih.

Mesin Cuci Bukaan Depan (Front Loading)

  1. Untuk membersihkan mesin cuci tabung depan, Anda membutuhkan air hangat dan cuka putih. Namun, jumlah cuka relatif sedikit, hanya 3/4 gelas. Anda juga bisa menambahkan cairan pemutih yang bebas klorin. Setelah menyiapkan semua deterjen, buka pintu mesin cuci dan tambahkan larutan.
  2. Putar mesin cuci hingga satu siklus putaran selesai. Biarkan larutan keluar melalui selang mesin cuci untuk membersihkan pipa pembuangan antara drum mesin cuci dan selang. Apakah kamu masih mencium cuka? Bilas dengan air bersih, lalu bersihkan dengan air bersih. Meski sederhana, cara membersihkan mesin cuci sangat efektif menghilangkan kotoran.
  3. Membersihkan jamur dan karet pintu dengan menggunakan cuka dan spons. Larutan Cuka Putih 500 ml dituang ke dalam tabung mesin cuci
  4. Membiarkan Pintu Mesin Cuci tetap Terbuka setelah selesai digunakan untuk mencegah agar tidak mengeluarkan bau.

Rekomendasi 15 Alat Elektronik Rumah Tangga Ini Wajib Kamu Miliki untuk Keluarga Baru Menikah

Nah itulah dia sekedar dari kami artikel terkait tips dan cara membersihkan mesin cuci dengan bahan-bahan alami yang di rekomendasikan oleh celotehpraja.com, Dengan beberapa trik, Anda dapat menghemat waktu pencucian. Pastikan beroperasi secara teratur untuk menghindari kerusakan pada mesin. Selain itu, usahakan untuk selalu menggunakan mesin cuci dengan benar.