Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Tempat Wisata Nias Barat yang Banyak Di Kunjungi Wisatawan

Wisata Nias. Hey yooo, para pecinta alam, yang suka menikmati keindahan pantai, yang suka kepoin daerah-daerah wisata khususnya di pulau nias, kali ini mau share untuk kalian semua.. beberapa tujuan tempat Wisata Sirombu Nias Barat yang banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Pengungjung objek wisata di daerah ini pun bukan hanya dari lokal saja, turis dari berbagai macam Negara di dunia cukup menikmati keindahalan alam di daerah nias barat. 

Sekilas Profil Nias Barat

Kabupaten Nias Barat adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumatra Utara, Indonesia, tepatnya di pulau Nias. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 26 Mei 2009, sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Nias Wikipedia. org

Luas wilayah Kabupaten Nias Barat adalah 544,09 Km2. Keadaan topografi wilayah Kabupaten Nias Barat, yaitu berbukit-bukit sempit dan terjal serta pegunungan dengan ketinggian dari permukaan laut bervariasi antara 0-800 m.

Tujuan Tempat Wisata Nias Barat

Keasrian lingkungannya dan kearifan budaya lokalnya menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk berlama-lama berada di tempat wisata ini.

Jika ingin liburan di daerah pulau nias, yuk mimin rekomendasikan untuk kalian kungjungi saat liburan tiba salah satu daerah destinasi wisata yang cukup populer, menarik teranyar, terhits di sumatera utara yaitu NIAS BARAT.

wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias, Tujuan Tempat Wisata Nias Barat yang Banyak Di Kunjungi Wisatawan

Di daerah ini memiliki tempat atau lokasi yang dapat membuat kalian betah berada disana. Lokasinya yang sangat cantik dan menarik bukan hanya dari sisi dataran saja, tetapi keelokan pantai dan pulau-pulau kecil yang berada di sekelilingnya benar-benar mempesona. 

Keelokan alamnya tidak akan membuatmu merasa bosan, apalagi cowok & ceweknya bukan kaleng-kaleng ganteng & cantik-cantik. Yuk yang jomblo merapat awokawok...

Objek Wisata di Nias Barat yang Hits dan Keren

Di lokasi ini juga ada banyak tempat asyik dan menarik yang akan kalian temukan. So, berikut ini mimin persembahkan untuk kalian tempat atau objek wisata di Nias Barat yang wajib kalian kunjungi saat liburan tiba, Ingat wajib datang ya hehe...

Tempat Wisata di Nias Barat daerah Pulau

1. Kepulauan Hinako Nias Barat

Nama pulau yang mirip dengan bahasa Jepang, ternyata panorama yang berada di tempat ini serupa dengan nuansa di Jepang saat musim panas. 

Laut Jepang versi Indonias saat musim panas mempunyai pemandangan yang cantik dan mengagumkan, begitupun dengan pemandangan Pulau Hinako ini.

Ada sebuah jembatan kecil yang dapat mengantar kita ke tengah laut, bila Anda menyaksikan matahari terbenam di jembatan ini pasti bagus sekali.

Kepulauan Hinako Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Tempat wisata di Nias Barat yang tidak dapat kita lewatkan. Pulau Hinako pada intinya merupakan kumpulan dari beberapa pulau kecil yang membuat sebuah kepulauan. Pulau yang mirip dengan Raja Ampat NTT....

Sedangkan pulau hinako sendiri sebagai pulau khusus atau pulau paling besar yang berada di lokasi ini. Pulau ini sendiri hampir serupa dengan pantai dengan pulau yang lain berada di wilayah wisata di Nias.

Keelokan dan kecantikan panorama alamnya memanglah tidak dapat kita lewatkan begitu saja. Pulau Hinako ini merupakan salah satunya objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing. Mereka tiba ke lokasi pulau ini tidak lain untuk nikmati tantangan ombak yang berada di lokasi ini.

Pulau ini memiliki ombak yang cukup bagus untuk aktivitas selancar. Turis yang tiba ke lokasi ini tidak terbatas pada wisatawan dalam negeri saja, kerapkali mereka datang dari luar negeri.

Walau umumnya ingin mencicip dan nikmati ombak yang berada di teritori pulau ini. Selainnya berseluncur riang kita bisa juga lakukan aktivitas yang lain tidak kalah nyaman dan nikmat, yakni snorkling.

Air lautnya yang warna biru bening memang memungkinkannya kita agar bisa nikmati keelokan dasar lautnya yang memesona. Bila kalian tiba ke pulau yang ini, maka kalian langsung akan jatuh hati.

2. Pulau Asu Nias Barat

Walaupun namanya rada sedikit kotor, tapi jangan bepikiran kotor. Mungkin Anda yang dari Jawa pasti mengartikan nama pulau ini dengan arti yang kotor atau jorok karena ini berarti anjing. 

Kurang santun tentu saja bila memberikan nama sebuah tempat bernama ini lantaran umumnya orang Jawa memakai sebagai kata caci-maki.

Pulau Asu Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Nama Asu di sini bukan memiliki makna anjing atau sebuah kata caci-maki, tetapi memang nama dari pantai ini sendiri namanya Pulau Asu. Pulau ini banyak sekali memiliki pantai yang paling cantik dan menarik.

Pulau ini memiliki masyarakat dalam jumlah yang sedikit karena pernah dihantam tsunami, banyak warga yang wafat hingga populasinya tidak banyak. 

Meskipun begitu, ekonomi di pulau ini lumayan baik dan banyak sarana yang telah ada secara baik seperti listrik, rumah makan dan penginapan.

Air lautnya yang bening bersih memungkinkan untuk kita untuk menyaksikan keelokan dari dasar lautnya. Keelokan pantai ini, tidak kalah dari beberapa pantai sebagai tujuan tempat rekreasi di Bali. 

Jadi dapat dikatakan jika pulau yang ini memang lumayan sepi dan untuk yang ingin cari ketenangan pulau yang ini menjadi pilihan. 

Nikmati panorama bentangan pantai terbaik di Indonesia yang berada di teritori pulau ini tentunya akan memberinya pengalaman tertentu. 

Untuk dapat sampai di wisata nias pulau asu ini memang lumayan sulit.Akan tetapi disepanjang perjalanan tentunya kita dapat nikmati bermacam panorama yang telah ada secara alami.

3. Pulau Hamatula Nias Barat

Liburan pada intinya ialah sebuah aktivitas yang mempunyai tujuan untuk memberi kesegaran pemikiran. Masalah bagaimanakah cara menyegarkan pemikiran itu akan bergantung pada siapa yang menjalankan liburan.

Tetapi, pada umumnya kebanyakan mereka yang mencari ketenangan dan penyegaran pemikiran, akan berkunjung beberapa tempat sepi.

Pulau Hamatula Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Nach, salah satunya tujuan tempat wisata di Nias Barat ini sebagai salah satunya pilihan yang dapat kalian datangi. Pulau Hamatula ini disamping punya panorama yang sangat bagus dan juga merupakan pulau yang cukup sepi.

Lokasi dari pulau ini sendiri memang lumayan jauh dari lokasi pantai lain nias barat. Nyaris dapat dikatakan jika pulau yang ini merupakan sebuah pulau kosong tidak memiliki penghuni.

Tetapi, lokasi ini akan pas untuk kalian yang cari ketenangan dalam liburan. Kalian bisa jadi menginap di wilayah pulau yang ini, sambil nikmati keelokan alam pada malam hari. Sebagai salah satunya pulau paling luar memang teritori pulau ini akan sulit untuk di capai.

Kita wajib melakukan transit seringkali sebelumnya terakhir bisa nikmati keelokan pulau yang ini. Kalian tidak boleh takut sedih, karena keelokan yang dihidangkan akan memanjakan kalian seutuhnya.

Sebuah pulau tidak memiliki penghuni yang paling cantik dan menarik. Keelokan itu bukan hanya ada di pantai yang mempunyai pasir putih tetapi pengendaliannya cukup kekinian hingga Anda bisa manfaatkan pulau untuk berlibur atau honeymoon.

Pulau Hamatula ini bukan hanya tawarkan ketenangan tetapi kesejukan yang dalam karena ada pohonan hijau yang berada di sekitaran pulau.

Walau telah mengalami pembangunan resorts tetapi orisinalitasnya selalu terlindungi dengan baik sekali. Sayang bila melewati pulau cantik ini demikian saja.

4. Pulau Bogi Nias Barat

Pulau ini jadi surganya beberapa pencinta diving dan snorkeling. Karenanya pemandangan bawah laut berupa ikan dan terumbu karang benar-benar beraneka.

Anda bukan hanya menyaksikan ikan nemo atau ikan warna yang lain beberapa rumput laut dan alga yang berada di dekat terumbu karang menari benar-benar cantik.

Pulau Bogi Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Belum juga bila Anda mendapati hewan melata seperti ular laut atau belut laut, pasti lebih Menarik. Tempat rekreasi  atau lokasi wisata di Nias Barat yang mimin rekomendasikan ialah tamasya wisata di Pulau Bogi yang berada di Pulau Bogi, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

Tempat yang bakal dapat dikunjungi ini mempunyai deretan daya tarik yang tidak habis bila ditelusuri dalam kurun waktu satu sampai 2 hari.

Pulau ini sebagai pulau romantis yang menyajikan view alam menarik yang pas bagi beberapa pencinta photografi dan pasangan yang ingin berbulan madu.

Bermacam biota lautnya dimulai dari ikan - ikan kecil yang memiliki bentuk lucu, berenang antara alga dan rumput laut dan hidup di dekat terumbu karang benar-benar panorama yang tidak ada duanya.

5. Pulau Langu Nias Barat

Tempat wisata yang populer dan cukup hits di lokasi Nias Barat adalah Pulau Langu. Menjadi kerugian tersendiri jika Anda tidak mencoba untuk mengunjunginya karena pulau ini memiliki keindahan yang sungguh luar biasa. 

Pulau Langu Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Ketika Anda berkunjung, bawalah kamera yang bagus sehingga Anda bisa memotret dan mengambil video yang keren dan menawan untuk koleksi galery liburan Anda. 

Di pulau ini setiap sudutnya memiliki tempat yang indah dengan keelokan launtnya yang berwarna biru.

6. Pulau Bawa Nias Barat

Objek Wisata di daerah Pulau Nias Barat adalah Pulau Bawa. Keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata yang ada di Nias Barat. Lokasinya cukup keren karena berada di tengah laut lepas. Cocoknya sih untuk kalian yang suka menyelam atau snorkeling karena di dalam bawah laut sangat menawan.

Pulau Bawa Nias Barat

7. Pulau Imana Nias Barat

Tempat wisata lainnya di daerah Nias Barat adalah Pulau Imana. Pulau yang menjadi salah satu tujuan wisata yang nggak boleh kalian lewatkan. Pulau dengan sejuta pesona yang akan menemanimun saat berada disana.

Pulau Imana Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Selain itu, tumbuhan atau pepohonan yang rindang memberikan kesejukan udara untuk wisatawan. Laut birunya yang terbentang luas sejauh mata memandang membuat pandangan kita menjadi sejuk sekali. 

8. Pulau Herunga Nias Barat

Objek wisata di Nias Barat lainnya yang nggak boleh kalian lewatkan adalah wisata Pulau Herunga. Pulau ini juga memiliki keindahan alam yang tidak kalah dengan objek wisata lainnya dan memiliki suasana yang nyaman.

Pulau Herunga Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Tempat yang cocok bagi anda yang ingin berbulan madu.Hamparan pasir putihnya kerap dijadikan tempat untuk berjemur dan duduk santai menanti senja, sebab pemandangan sunset di tempat ini sangat sempurna.

Tempat Wisata Pantai di Nias Barat 

Selain objek wisata daerah pulau di Nias Barat, ada juga beberapa tujuan tempat wisata lainnya yang tidak kalah keren untuk anda kunjungi, objek wisata pantai berikut ini:

1. Pantai Sirombu Nias Barat

Pulau ini dapat dikatakan sebagai salah satunya objek wisata surga dunia lantaran mempunyai daya tarik alam yang sangat mengagumkan.

Pantai Sirombu sebagai salah satunya tujuan liburan kebanggaan di Nias Barat. Pantai yang ini ialah pantai yang menjadi satu diantara tujuan rekreasi di Nias yang cukup populer.

Pantai Sirombu Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Walaupun sudah mengenyam musibah di tahun 2004 lalu, tetapi perubahan yang berada di pulau ini masih tetap baik dan tertangani. Sarana umum seperti jalan, listrik dan pemondokan telah ada dengan baik sekali.

Dapat dikatakan kemajuan yang berada di pulau Sirombu ini cepat sekali karena masyarakat lokal ingin belajar dan usaha.

Baca Juga:

Wisata Savana Afrika Tanah Karo

Wisata Pematang Johar Sebagai Medan

Wisata Taman Labirin Simalem Medan

Wisata Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan

Wisata Rahmat International Wildlife Museum

Wisata (Londsum) Gedung London Sumatera

Wisata Danau Siombak Medan

Mereka pun tidak takut karena ada peralihan hingga pembangunan dalam bermacam bidang dapat mengalami perkembangan secara baik. 

Bila kita berkunjung ke pantai ini kita disuguhkan puing-puing bangunan yang membuat suasana dari pantai ini jadi lebih berkesan lain dan berbeda. Salah satunya hal yang membuat pantai ini jadi lebih populer ialah panorama saat matahari tenggelam.

Jika kalian ingin menikmati sunset pantai, kalian akan menemukannya di pantai sirombu ini. Sunset tergolong terindah di Indonesia. Bagaimana anda tertarik untuk datang?? yuukkk gaskeunnn..........

2. Pantai Gu’u Nias Barat

Hal yang paling banyak diminati dari pantai Gu'u ini adalah panorama sunset yang sangat indah. Mirip dengan lukisan yang biasanya dipajang di dinding rumah. 

Tak heran jika banyak pasangan muda yang datang khusus ke pantai ini untuk mengabadikan momen langka di pantai. 

Pantai Gu’u Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Menghadap ke laut biru, disambut dengan warna oranye dari matahari dan tentunya menjadi sangat romantis. Mereka biasanya melihat aktivitas nelayan di sekitar Pantai Gu'u yang ingin berlayar atau datang dari arah laut pada pagi hari. 

Ombaknya sangat bagus sehingga cocok untuk berselancar. Pantai Gu'u berada di lokasi Sirombu, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, pastikan saat kalian liburan di daerah destinasi wisata ini agar singgah dulu di pantai yang memiliki sejuta pesona. 

Momen yang paling indah adalah panorama matahari terbenam yang indah sebagai pemandangan terbaik. Biasanya di sekitar pantai Gu'u anda akan melihat aktivitas nelayan yang ingin berlayar, atau di pagi hari mereka akan datang dari arah laut. 

Oranye emas berbayang dilangit membuat suasana sangat romantis bagi banyak pasangan muda yang menghabiskan waktunya di daerah wisata pantai ini. Banyak komunitas yang nongkrong di tepi pantai. Mereka berburu foto di daerah ini sampai sunsetnya terbenam.

3. Pantai Ture Nias Barat

Pantai Ture ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai di kawasan Nias Barat lainnya., tidak seperti pantai di daerah Nias lainnya yang cukup terlalu dalam. Dapat dikatakan bahwa pantai ini memiliki air yang tidak dangkal. 

Pantai Ture Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Sangat aman jika Anda membawa anak kecil atau balita, karena ombaknya sangat tenang dan sangat ramah. Bagi Anda yang suka menyelam, tempat ini adalah surga dengan keindahan bawah lautnya yang sangat menawan. 

Banyak tempat menarik untuk menyelam atau snorkeling karena kehidupan laut terlihat jelas. Belum lagi air yang bersih dan jernih yang akan membuat Anda betah berada disana sepanjang hari. Lokasi Pantai Ture terletak tepat di Tugalagawu, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

4. Pantai Falaete Nias Barat

Lokasi destinasi wisata nias barat lainnya adalah Pantai terbaik dan populer yang memiliki jarak tidak terlalu jauh untuk di kunjungi. 

Pantai ini selalu penuh dengan pengunjung adalah rute menuju lokasi yang cukup mudah dengan kondisi jalan yang baik. 

Pantai Falaete Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai wisata pantai Falaete, lokasi tepatnya berada di kawasan Lahusa, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. 

Pantai yang memiliki keindahan tak terurai dengan kata-kata, sangat cocok sebagai latar belakang untuk prewedding. 

Keindahan pantai berpasir putih dengan laut biru yang membentang sejauh mata memandang, menjadi daya tarik utama pantai ini. 

Selain itu, kalian dapat menikmati senja di pantai ini dan pada saat yang sama menikmati embusan angin yang lembut, ini menjadi aktivitas wisatawan yang paling banyak dilakukan.

5. Pantai Fadaya Nias Barat

Objek wisata yang berada di lokasi Sirombu, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat terdapat sebuah destinasi wisata populer yang memiliki sejuta pesona, yaitu Wisata Pantai Fadaya. 

Pantai ini memiliki keunikan yang tidak biasa berpasir putih di sepanjang bibir pantai, tetapi dipenuhi dengan bebatuan yang membuatnya terlihat sangat eksotis.

Pantai Fadaya Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Kemudian di sepanjang Pantai Fadaya terdapat gulma hijau. Pasir di pantai ini cukup subur, tak heran jika banyak tanaman yang hidup di sekitar pantai. 

Di sepanjang pantai kita juga menemukan banyak tanaman tropis seperti kelapa sawit, kelapa dan lain-lain yang membuat tempat ini terlihat lebih indah. Luasnya laut biru juga membuat semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi dan betah di Pantai Fadaya.

6. Pantai Fari’i Nias Barat

Hobi memancing? cobalah untuk datang ke pantai ini karena ada banyak tempat menarik untuk memancing disana. 

Pantai surga bagi nelayan. Ombak di pantai ini juga cukup tenang, sehingga banyak ikan berenang di sekitar pantai. 

Pantai Fari’i Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Tidak hanya itu ada beberapa tempat wisata alam yang menawan di tempat ini. Tempat yang paling populer di kalangan wisatawan adalah tebing yang tinggi dan curam di pantai. 

Karena dari tempat ini kita bisa duduk dengan relax menikmati birunya laut dan menunggu matahari terbenam saat senja. 

Keindahannya tak tertandingi, jangan lupa untuk mengabadikan momen indah dengan mengambil foto ataupun video.

7. Pantai Wazi Nias Barat

Objek wisata lainnya di Nias Barat adalah Wazi Beach, yang memiliki garis pantai eksotis, indah dan menarik. Ombaknya sangat bagus dan deburanya sangat ramah. Bagi Anda yang baru belajar berselancar, tentu akan cocok berada di tempat ini. 

Pantai Wazi Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Pemandangan yang luar biasa membuat anda akan merasa betah di tempat ini untuk waktu yang lama. Ombak yang santai sangat bersahabat dengan pengunjung. Namun tetap harus memperhatikan keselamatan, jangan sampai liburan ini membawa bencana. 

Bagi yang ingin menikmati hari yang indah di pantai Wazi, Anda bisa langsung menuju kawasan Desa Tetehosi, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara.

Tempat Destinasi Wisata Lainnya di Nias Barat

Selain lokasi destinasi wisata daerah Pulau dan Pantai di Nias Barat, ada juga beberapa yang harus kalian kunjungi untuk melengkapi koleksi wisata anda di daerah ini. Berikut tempat wisata di Nias Barat lainnya untuk anda:

1. Desa Lolozirugi Nias Barat

Pencinta budaya dan sejarah bisa mengunjungi destinasi wisata ini. Desa Lolozirugi adalah salah satu desa tradisional di Kabupaten Nias Barat. Suasana desa adat ini berbeda dengan desa wisata budaya lainnya. 

Desa Lolozirugi Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Desa ini memiliki karakter keagamaan yang cukup kuat. Penduduk setempat ramah dan baik kepada wisatawan, jadi jangan takut untuk datang. 

2. Desa Sisarahili Nias Barat

Desa wisata selanjutnya adalah Desa Sisarahili, sebuah desa yang masih mewarisi adat dan budaya nenek moyangnya. Anda akan menemukan banyak ritual tradisional kuno yang telah dilakukan selama berabad-abad. 

Desa Sisarahili Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Dalam perkembangannya saat ini, desa wisata ini masih memiliki banyak keunikan/khas dan adat istiadat yang sangat kental dan sangat menarik untuk dikunjungi.

3. Air Terjun Luaha Ndroi  

Salah satu wisata yang tidak boleh kalian lewatkan di Nias Barat. mimin rekomendasikan untuk kalian kunjungi destinasi wisata air terjun

Air Terjun Luaha Ndroi wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 4 m, lebar 6 m dan dengan kedalaman air 0,5 m. Percikan airnya cukup memberikan rasa yang pas untuk berada disana. Kalian juga bisa berenang dibawah air terjun Luaha Ndroi.

4. Batu Megalit Nias Barat

Lagi-lagi untuk anda pemburu situs sejarah dan budaya tanah air, kalian bisa mengunjungi objek wisat yang satu ini. Wisata sejarah Batu Megalit. 

Batu Megalit Nias Barat wisata nias barat,Nias,Objek Wisata Pulau Nias,Destinasi Wisata Pulau Nias,

Mendengar namanya siapa saja bisa menebak apa saja yang bisa dilihat di tempat ini, ya kita akan menyaksikan batu-batu dari zaman megalitikum. 
 
Batu ini berusia seratus tahun dan menarik banyak pengunjung. Pengunjung biasanya bisa berfoto di depan batu untuk kenang-kenangan dan kemudian langsung diunggah ke media sosial sebagai bukti bahwa kita pernah mengunjungi tempat tersebut.

Akhir Kata

Yahhh, sekian artikel tentang Tujuan Tempat Wisata Sirombu Nias Barat yang Banyak Di Kunjungi Wisatawan. Semoga dengan sedikit penjelasan objek wisata yang ada di Pulau Nias khususnya Nias Barat mulai dari Pantai, Pulau, Desa Adat, dan Batu Megalit dapat menjadi acuan untuk anda kunjungi.. Semoga bermanfaat....