Liburan ke Nias Selatan, Tempat Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liburan ke Nias Selatan, Tempat Wisata Ini Wajib Kamu Kunjungi

celotehpraja.com - Wisata Nias Selatan. Kalau berbicara tentang objek wisata di Indonesia, mungkin tidak akan habis dalam waktu yang singkat. Indonesia merupakan Negara dengan jumlah destinasi terbesar di dunia. Kaya akan budaya dan adat istiadat yang sangat beragam di setiap daerah.

Tempat wisata di Indonesia khususnya daerah Sumatera Utara Kabupaten Nias Selatan adalah salah satu destinasi wisata yang dapat menjadi tujuan utama bagi anda yang suka berekreasi di pantai, maupun penyuka tentang sejarah budaya dan ada istiadat setiap daerah.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas apa saja tempat wisata yang ada di Kabupaten Nias Selatan. Ada banyak tempat dan objek wisata yang wajib kalian kunjungi untuk bersenang-senang. Pastinya tidak akan membuat kalian merasa bosan dan merasa sia-sia untuk datang ketempat ini.

Baca Juga :

  1. Objek Wisata di Nias Barat
  2. Lokasi Wisata di NIas Utara 

Tempat Wisata di Nias Selatan Keren & Terhits Dikunjungi

Nias Selatan merupakan salah satu objek wisata yang memiliki keindahan pantainya yang eksotis dan indah. Yuk, kalau mau liburan karena jenuh dengan situasi saat ini, kalian bisa datang ke Nias Selatan... Banyak koq lokasi wisatanya.....

Tempat Wisata di Nias Selatan Keren & Terhits Dikunjungi

Tempat ini memiliki banyak tujuan wisata yang pastinya akan membuat waktu liburan kalian menjadi lebih keren dan terkesan. Adapun tempat wisata di nias selatan yang perlu kalian untuk kunjungi, sebagai berikut:

Objek Wisata Pantai di Nias Selatan

1. Pantai Sorake

Hmm, siapa yang tidak tau pantai yang satu ini, baik itu lokal maupun mancanegara sudah mengenal pantai Sorake ini. Pantai Sorake berada di Kabupaten Nias Selatan dan menjadi wisata pantai nias selatan paling populer bagi pecinta peselancar.

Pantai Sorake

Banyak turis mancanegara maupun lokal menikmati liburannya di Pantai Sorake ini. Anda akan disuguhkan dengan kecantikan gulungan ombaknya yang besar kepada peselancar. 

Baca Juga : Tujuan Tempat Wisata Nias Barat yang Banyak Di Kunjungi Wisatawan

wisata pantai nias selatan yang satu ini terbilang cukup lengkap, karena soal kebutuhan semuanya sudah ada misalnya dalam makanan sudah tersedia seafood dan western food.

2. Pantai Lagundri

Tempat wisata di teluk dalam nias selatan namanya Lagundri, Pantai yang dekat dengan jalan raya di Desa Lagundri Kecamatan Luahagundre. 

Pantai Lagundri

Pantai dengan pasir putih yang terbentang luas, ditambah lagi dengan hangatnya cahaya matahari yang memberikan kepuasan tertentu kepada setia wisawatan yang berkunjung kesini.

Pantai Lagundri tempat wisata pantai nias selatan yang cukup mengagumkan yang dapat menjadi pilihan untuk kalian saat mau melakukan liburan. Pantai ini menawarkan sejuta keindahan alam dan ombaknya untuk anda.

3. Pantai Ladeha

Wisata pantai yang satu ini merupakan satu diantara pantai eksotis yang ada di nias selatan. Objek wisata ini berlokasi di Desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya Kab. Nias Selatan. 

Pantai Ladeha

Tempat rekreasi pantai yang memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya untuk menikmati panorama indah pantainya dan kolam yang alami. Laut birunya dikelilingi bebatuan besar dan menjadi titik fokus pada pantai itu. 

Selain itu, kalian juga dapat menikmati sunrise di pantai ini, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan foto atau video untuk menambah galleri liburan kalian. Viewnya itu lho guys......

4. Pantai Pulau Tello

Wisata Nias Selatan memiliki salah satu Pulau kecil yang berada di daerah kepulauan terpisah dengan daerah nisel lainnya dengan kecantikan dan keindahan alam yang dimilikinya.

Pulau Telo sangat luar biasa, Wisatawan menyebutnya sebagai Hidden Paradise, sebab tempat atau lokasinya masih perawan dengan keelokannya. Alam dan Pantai yang sungguh menakjubkan.

Pantai Pulau Tello

Pantai Tello dengan keindahan pasir putihnya dan laut yang sangat jernih dengan ombak yang menakjubkan. Tempat wisata ini kalian bisa snorkeling dengan kecantikan bawah lautnya. Tempat yang tidak kalah keren dibandingkan Pulau Dewata dan Pulau 

yang eksotis dan tempat yang pas untuk menikmati matahari terbit serta terbenam. Pulau Tello menjadi primadona para surfer asing, karena ombaknya tidak kalah dengan yang ada di Pulau Dewata atau Raja Ampat.

5. Pantai Moale

Tempat wisata nias selatan lainnya adalah Pantai Moale. Pantai yang berlokasi di perbatasan kecamatan Amandraya dan O’ou. Salah satu pantai yang indah di nias selatan. 

Pantai Moale

Selain itu memeiliki keunikan tersendiri dengan hamparan pasir putih yang panjang dan lurus terhampar luas. Dengan pesonanya membuat pantai ini menjadi pilihan bagi wisatawan untuk bersantai bersama keluarga.

6. Pantai Rockstar

Pantai yang berada di Kecamatan Toma dekat tempat wisata di teluk dalam nias selatan. Pantai yang memiliki gulungan ombak yang besar dan menjadi tantangan bagi surfer.

Pantai Rockstar

Banyak turis atau wisatawan yang datang berkunjung di pantai ini untuk mencoba dan menantang ombaknya yang besar. Jika kalian mau liburan, pantai ini bisa menjadi pilihan untuk anda.

7. Pantai Afulu

Wisata Pantai selanjutnya adalah Pantai Afulu atau Pantai Gawu Soyo. Pantai yang pasirnya berwarna merah kecoklatan. Pantai dengan sejuta keunikannya dibandingkan dengan tempat wisata pantai di nias selatan.

Pantai Afulu  Pantai Gawu Soyo

Jika datang di pantai ini, kalian akan merasa nyaman dengan view kehijauan yang indah. Pepohanan yang hidup di pinggir pantai membuat kesejukan di tempat wisata itu. Jangan lupa untuk berkunjung.

8. Pantai Baloho

Pantai Baloho merupakan salah satu tempat wisata yang ada di nias selatan. Pantai yang berada dekat dengan Kota Teluk Dalam berjarak sekitar 2,5 km. 

Pantai Baloho

Memiliki pemandangan yang sangat indah dan dengan suasan alamnya yang masih alamiah. Baloho Beach dapat menjadi salah satu pilihan untuk anda yang ingin liburan.

Objek Destinasi Wisata Alam di Nias Selatan

1. Air Terjun Helaowo Gomo Nias Selatan

Tempat atau objek wisata yang ada di nias selatan adalah Air Terjun. Air Terjun yang berada di kawasan Helaowo Gomo ini menjadi pilihan untuk kalian yang ingin liburan bersama teman atau keluarga.

Air Terjun Helaowo menjadi wisata alam (bahari) yang memberikan ketenangan jiwa kepada setiap pengunjungnya. Disamping itu juga, kamu akan diberikan tantang trekking untuk sampai kesana..

Air Terjun Helaowo Gomo Nias Selatan

Sungguh luarbiasa, bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian. Sebelum mendapatkan cintanya perlu perjuangan untuk mengalahkan pesaing secara sehat.. awokawok....


Kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan adalah eksplorasi, relaksasi, dan fotografi maupun videografi. Apalagi di kawasan tersebut ada banyak objek wisata yang akan kalian temukan misalnya batu megalitik yang sudah ribuan tahun lamanya.

2. Air Terjun Gumbu

Objek wisata alam (bahari) lainnya yang ada di wilayah nias selatan adalah Air Terjun Gumbu atau yang sering di kenal dengan sebutan Gumbu Park. Lokasi wisata alam yang berada di Desa Hilisataro, Kecamatan Toma, Kabupaten Nias Selatan.

Air Terjun Gumbu

Air Terjun Gumbu Park yang masih alamiah dan kental dengan keasrian suasana alammnya membuat para wisatawan menjadi nyaman untuk berada disana. Kicauan burung dan gemercik air dari atas memberi kesan yang fantastis untuk pengunjung.

3. Air Terjun Mondrowe

Selain kedua air terjun dari nias selatan diatas, Air Terjun Mondrowe merupakan pilihan utama untuk kalian yang ingin merasakan keindahan air terjun. Kabarnya ini adalah air terjun paling tinggi dan terindah dari yang laiinya.

Air Terjun Mondrowe

Ketinggian dari Air Terjun Mondrowe ini sekitar 25 m dengan luas 20 m dan ditemani dengan kolam dibawahnya. Suasananya cukup sejuk untuk menenangkan diri kalian untuk berekreasi.

Untuk sampai kesana, sangat mudah karena sudah dibangun jalan menuju lokasinya dengan menggunakan kendaraan roda dua. Jadi taj perlu menunggu lama untuk sampai kesana.

Tempat Wisata Budaya dan Adat Istiadat Nias Selatan

1. Desa Bawomataluo

Desa Bawomataluo adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Fanayama Sumatera Utara, Kabupaten Nias Selatan. Ada sembilan dusun di desa ini. Bawomataluo, seperti pemukiman lain di sekitarnya, memiliki daya pikat dan individualitas yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. 

Desa Bawomataluo

Tradisi Lompat Batu yang juga dikenal dengan sebutan Hombo Batu merupakan salah satu objek wisata yang ada di Desa Bawomataluo.  Kalian juga bisa menyaksikan antraksi tari perang, mogaele, tari moyo yang ada sejak jaman nenek moyang mereka. 

Selain, itu kalian akan disuguhkan dengan wajah Rumah Adat sebagai ikon utama di desa adat ini. Keberadaan rumahnya sudah ada ratusan tahun yang lalu. 

2. Desa Hilisimaetano

Desa Hilisimaetano adalah salah satu destinasi wisata yang harus kalian kunjungi. Desa yang merupakan desa adat dengan budaya dan ada istiadatnya masih dijaga sampai saat ini. Ada banyak yang dapat membuat kalian terhibur dengan antraksi tari perang, mogaele, tari moyo, lompat batu dan lainnya.

Desa Hilisimaetano

Desa ini berada di Kecamatan Maniamolo Kabupaten Nias Selatan. Desa yang memiliki luas perkampungan terbesar dari desa lainnya. Apalagi ketika berada di perkampungan kalian akan disuguhkan dengan desain perkampunganya sangat lurus..... Bingung atau penasaran? lets goo aja guys....

3. Desa Hilinawalo Mazino

Desa yang berada di Kecamatan Mazino Kabupaten Nias Selatan adalah salah satu desa adat dengan budaya dan adat istiadanya masih terjaga hingga hari ini. Tidak kalau jauh beda dengan Desa Bawomatualo soal Rumah Adat yang sudah ratusan tahun umurnya. 

Desa Hilinawalo Mazino

4. Desa Orahili Fau

Salah satu desa yang berdekatan dengan desa Bawomataluo. Desa yang memiliki kemiripan dengan ketiga desai diatas. Mulai dari Adat dan Istiadatnya, Budayanya... Hampir mirip-mirip...Jadi jangan tunggu lagi, kunjungi ya guys... hehehe

Desa Orahili Fau

5. Desa Tetegewo 

Desa Tetegewo adalah salah satu desa yang ada di Sidua Ori. Desa ini merupakan salah satu objek destinasi wisata yang harus kalian kunjungi sob.... Kalian akan menemukan batu megalit yang berusia ratusan tahun. Selain itu ada juga lho di daerah sekitarnya air terjun Mondrowe di Desa Mondrowe.

Desa Tetegewo

Akhir Kata

Nah itu dia guys beberapa wisata yang ada di daerah Nias Selatan Provinsi Sumatera yang dapat kalin kunjungi ketika ingin liburan. Mungkin artikel ini tidak cukup untuk informasi lengkapnya, namun kalian bisa mengunjungin objek wisata nias selatan di atas agar jelas rasanya. Hehehe