Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Hal Menarik Tentang Pematang Johar Sebagai Wisata Sawah Di Pinggiran Medan, Ada Taman Baca Anak?

Melihat pemandangan alam "Pematang Johar Wisata Sawah" Di Pinggiran Medan merupakan destinasi wisata di Labuhan Deli, "Deli Serdang", Sumatera Utara dengan view persawahan. Desa unik yang wajib dikunjungi oleh para pecinta kuliner dan wisatawan selfie. Wisata Nasi Pematang Johar, objek wisata baru, merupakan destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang memukau dari pedesaan.


Lokasi ini pertama kali dibuka pada 22 Desember 2019. Saat pertama kali dibuka, objek wisata ini menarik banyak wisatawan. Hal ini ditunjukkan dengan fakta bahwa lokasi ini praktis tidak pernah sepi dari wisatawan. Ini semua karena kegembiraan para wisatawan yang mendukung kelangsungan pendirian.

Gairah yang tinggi ini juga dimiliki oleh wisatawan luar kota yang ingin datang ke sini untuk menikmati pemandangan alam dan suasana pedesaan.

Lingkungan tempat objek wisata ini berada didominasi oleh banyak penduduk yang berprofesi sebagai petani. Wisata Sawah Pematang Johar dibuat untuk menanggapi potensi yang menarik ini dan berdasarkan saran dari berbagai anggota masyarakat di Dusun Punden Rejo. Warga terinspirasi oleh keindahan alam Pujon Kidul di Jawa Timur.

13 Hal Menarik Pematang Johar Sebagai Wisata Sawah Di Pinggiran Medan Ada Taman Baca Anak?
Gambar: Pematang Johar, Wisata Sawah Di Pinggiran Medan

Kampung Wisata Sawah Pematang Johar Medan, (Deli Serdang)

Di pinggiran Medan, salah satu yang terbaru tempat wisata menyediakan pemandangan alam yang tetap indah dan karakteristik daerah. Desa Wisata Sawah Pematang Johar dapat ditemukan di Dusun VI Rawa Badak, Kecamatan Labuhan Deli, Deli Serdang. Desa Wisata Sawah menyuguhkan pemandangan persawahan yang dapat diakses melalui jalan setapak.

Jika Anda lapar, ada ruang makan di jantung persawahan di mana Anda dapat menikmati berbagai kenikmatan gastronomi. Anda mungkin makan siang di sana sambil duduk di angin dan dikelilingi oleh sawah.

Apa Yang Menarik Pada Pematang Johar Sebagai Wisata Sawah?

Wisata Sumatera Utara menawarkan berbagai atraksi, dan sudah pasti Anda akan betah saat datang. Berikut ini adalah beberapa highlights dari Wisata Sawah Pematang Johar yang akan membuat para tamu betah.

1. Pematang Johar Wisata Sawah Yang Memberikan Keindahan Alam

Destinasi wisata ini memiliki daya pikat keindahan alam yang luar biasa; setiap pengunjung yang datang pasti akan terpesona saat melihatnya. Kawasan ini memang sengaja dirancang untuk menampilkan keindahan alam wilayah Kabupaten Deli Serdang.

2. Pematang Johar Wisata Sawah Yang Mempunyai Taman Baca Anak

Ada perpustakaan dengan banyak buku yang menarik untuk dibaca. Perpustakaan ini dimaksudkan untuk menjadi taman baca yang dapat digunakan siapa saja. Pengunjung dapat membaca buku sambil beristirahat dan menghirup angin segar.

3. Pematang Johar Wisata Sawah Menyuguhkan Suasana Pedesaan

Sawah Pematang Johar Wisata Sawah Pematang Johar menarik bagi penduduk kota karena terletak di pedesaan dengan suasana yang asri. Penduduk wilayah metropolitan sering datang ke sini karena selain keindahan alam yang melimpah, mereka juga tertarik dengan lingkungan pedesaan yang menarik.

Selain itu, wisatawan dari daerah metropolitan lebih memilih untuk merasa nyaman di pedesaan. Mereka biasanya datang berharap kedamaian dan ketenangan untuk bersantai dan menjauh dari kesibukan dan hiruk pikuk kehidupan kota.

4. Pematang Johar Wisata Sawah Cocok Sebagai Spot Foto Menarik

Ada beberapa kesempatan berfoto unik yang sengaja dirancang untuk membantu wisatawan merasa nyaman dan betah. Saat pertama kali sampai di kawasan ini, di sini sudah ada gang bambu yang banyak difoto.

13 Hal Menarik Pematang Johar Sebagai Wisata Sawah Di Pinggiran Medan Ada Taman Baca Anak?
Gambar: Pematang Johar Wisata Sawah

Selain itu, kawasan wisata ini telah dilengkapi dengan lampu warna-warni yang akan menerangi saat hari mulai gelap. Alhasil, para pelancong sering datang pada sore hari untuk melihat kemegahan tempat wisata ini pada malam hari.

5. Pada Pematang Johar Ada Pesona Lampu Menyala dimalam Hari

Saat hari mulai gelap, rona langit yang indah akan berubah menjadi gelap. Yang lebih menggelitik adalah hadirnya gemerlap lampu yang mulai menyala di malam hari untuk mencerahkan area tersebut. Banyak tamu yang datang pada sore hari agar bisa menikmati kemegahan lokasi ini pada malam hari.

13 Hal Menarik Pematang Johar Sebagai Wisata Sawah Di Pinggiran Medan Ada Taman Baca Anak?
Pada Pematang Johar Ada Pesona Lampu Menyala dimalam Hari

6. Dapat Mengamati Proses Pengolahan Beras Secara Langsung

Di Desa Wisata Sawah Pematang Johar yang dibangun di atas lahan persawahan penduduk desa setempat yang sengaja disewakan untuk membangun destinasi wisata. Jadi, jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan penduduk memanen padi dan proses pengubahan beras menjadi beras saat Anda tiba.

Ketika Anda datang ke sini, Anda dapat membawa anak-anak Anda dan menunjukkan kepada mereka bagaimana nasi dibuat. Jadi, anak muda tidak hanya akan berlibur, tetapi juga mendapat pengalaman baru.

7. Di Pematang Johar Wisata Sawah Bisa Menikmati Matahari Terbenam

Jika Anda sering mengagumi keindahan matahari terbenam di pantai, kali ini Anda bisa menyaksikannya di daerah yang jauh dari perairan. Saat hari mulai gelap, rona langit berubah menjadi perpaduan warna yang lebih memukau.

Momen unik ini wajib kamu abadikan, karena keindahan sunset ini hanya bisa kamu lihat di tempat yang jauh dari laut. Ini juga yang biasanya paling ditunggu-tunggu oleh para tamu.

8. Pematang Johar Sebagai Wisata Ramah Lingkungan

Hampir semua furnitur di kawasan ini terbuat dari bahan daur ulang. Akibatnya, lokasi ini dapat digambarkan sebagai tujuan wisata yang peduli dengan status lingkungan. Saat datang ke sini, Anda akan melihat gubuk bambu tempat para tamu bisa bersantai.

Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan furnitur yang terbuat dari ecobrick, seperti meja dan kursi, serta bahan baku pembuatan ecobrick dari sampah masyarakat setempat. Ada juga panel surya di seluruh kawasan wisata ini, yang digunakan untuk menghasilkan listrik dari lampu yang menyala di malam hari.

Warga dan masyarakat, bersama dengan Kawasan Industri Medan (KIM), ingin menciptakan destinasi pariwisata yang berkelanjutan secara ekologis. Tidak hanya untuk membantu perekonomian lokal, tetapi juga untuk meminimalisir sampah di wilayah ini.

9. Pematang Johar Sebagai Wisata Sawah Sekaligus Wisata Air

Tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga memiliki permainan air. Ada kolam yang cukup besar di mana Anda dapat mencoba sepeda air dengan anak-anak atau keluarga Anda. Fasilitas ini dirancang agar para tamu dapat menikmati aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga.

Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Pematang Johar Wisata Sawah

Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Deli Serdang. Labuhan Deli terletak di Jalan Johar Raya, Gang Tanah Wakaf, dan Jl. Dusun VI di Sumatera Utara. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua untuk menuju lokasi yang berjarak sekitar 17 kilometer dari kota Medan.

Tiket masuk ke tempat wisata persawahan yang unik ini adalah Rp. 5.000 per orang. Dan bagi warga Desa Pematang Johar tidak dipungut biaya dengan menunjukkan KTP. Kita sudah bisa merasakan keindahan alam yang menakjubkan dengan biaya yang sangat murah; wisata ini tersedia setiap hari dari pukul 08.00-19.00 WIB.

Hal Menarik Lainnya Di Wisata Sawah Pematang Johar

10. Abadikan Momen Pada Wisata Pematang Johar

Ada beberapa lokasi unik yang bisa Anda manfaatkan sebagai latar belakang foto Anda. Anda harus mengunjungi semua tempat gambar di sini karena mereka menakjubkan. Semua lampu warna-warni akan menyala indah ketika suasana mendekat di malam hari, terutama saat suasana mendekat. Karena rona cahaya dari lampu, lokasi ini akan lebih menarik di malam hari.

11. Mencoba Wahana Air Pematang Johar

Selain mengagumi keindahan alam dan suasana pedesaan yang biasa, ada wisata sepeda air dengan bentuk bebek yang indah untuk dimainkan. Destinasi Wisata Sawah Pematang Johar ini memiliki luas lahan sekitar 1.750 hektar, dengan pemilik membuat kolam di lahan yang cukup luas. 

Dengan niat untuk mengubahnya menjadi tujuan wisata. Akibatnya, tujuan akuatik ini berfungsi sebagai daya tarik dan sumber kesenangan bagi para tamu. Adanya wisata air membuat destinasi wisata ini semakin menarik untuk dikunjungi.

12. Mencicipi Kelezatan Makanan Khas Desa Pematang Johar

Setelah Anda lelah dengan mengunjungi setiap sudut kota wisata persawahan ini, Anda dapat memulihkannya dengan mencicipi makanan. Saat ini ada lebih dari 40 vendor yang menawarkan makanan di lokasi ini. Anda dapat menemukan hidangan daerah dan masakan yang umumnya tidak tersedia sebagai pilihan menu.

13. Bersantai Di Sawah Pematang Johar

Berada di kawasan dengan suasana yang asri, serta keadaan sekitar di ruang terbuka yang luas. Anda dapat menikmati angin segar sambil beristirahat di shelter yang disediakan. Pengunjung Wisata Sawah Pematang Johar biasanya datang dengan tujuan melepas penat dan melupakan sejenak masalah mereka.

Fasilitas Desa Wisata Sawah Pematang Johar

Desa Wisata Sawah Pematang Johar Menyediakan Fasilitas Fasilitas di kawasan ini sudah cukup sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Tersedia toilet, mushola, lokasi foto, shelter, siklus air, warung makan, dan fasilitas lainnya.

Bahkan pemilik objek wisata ini akan bekerjasama dengan warga sekitar untuk memberikan fasilitas home stay, flying fox, dan berbagai aktivitas air untuk meningkatkan daya tarik masyarakat wisata ini. -Baca Juga 👉 Tempat wisata di medan yang hits

Tempat Wisata Sawah Pematang Johar menjadi daya tarik tersendiri karena memadukan keindahan alam dengan lokasi persawahan penduduk. Dimulai dengan sebuah ide, Anda akhirnya dapat membantu membangun tingkat ekonomi lokal yang lebih besar. Kedepannya diharapkan akan muncul tempat-tempat wisata dengan konsep khas seperti ini.