Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Lokasi Wisata Di Danau Toba Medan dan Sekitarnya Yang Keren, Hits Serta Populer

Tempat Wisata Di Danau Toba (Medan) - Danau Toba terletak di provinsi Sumatera Utara dengan luas permukaan 1.130 kilometer persegi, danau ini dianggap sebagai yang terbesar di Indonesia.

Danau Toba adalah salah satu danau vulkanik terbesar di dunia, menurut situs web Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tak hanya itu, danau ini memiliki beragam wisata alam serta budayanya.

Danau Toba merupakan objek wisata yang populer di Indonesia. Hal ini hampir tidak terduga mengingat keindahan danau yang luar biasa di provinsi Sumatera Utara. Lokasi wisata di


Danau Toba juga sangat bervariasi karena lingkungan dan kecerdikan penghuninya, menjadikan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara ini sebagai salah satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi di Sumatera Utara.

Panorama Apa Saja Yang Ada Di Danau Toba "Medan"?

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, serta merupakan danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika. Danau yang terletak di provinsi Sumatera Utara ini merupakan rumah bagi jutaan keajaiban alam yang tidak akan pernah habis.

Menurut legenda, danau ini diciptakan oleh letusan supervolcano. Jika dilihat dari pantainya, danau ini tampak seperti lautan yang luas. Kemegahan Danau Toba, panjangnya Bukit Barisan yang mengelilinginya, dan pulau vulkanik di tengahnya, Pulau Samosir, akan membuat Anda takjub.

Namun, banyak orang hanya menggores permukaan kemegahan alam Danau Toba. Memang, banyak sekali tempat wisata baru di Danau Toba yang tak kalah mempesona dan akan memukau setiap orang yang berkunjung.

Daftar Destinasi Wisata Danau Toba (Medan) dan Sekitarnya

Untuk bisa mengapresiasi Danau Toba secara maksimal, tak ada salahnya mencari lokasi wisata segar dan modern di sekitar danau yang tercipta dalam kaldera dari gunung berapi super di Indonesia.

Celotehpraja.com menawarkan daftar berbagai tempat wisata di Danau Toba, yang akan membuat kunjungan Anda jauh lebih menyenangkan dan tak terlupakan. Simak di bawah ini:

22 Lokasi Wisata Danau Toba Medan dan Sekitarnya Yang Keren, Hits Serta Populer
22 Lokasi Wisata Danau Toba Medan dan Sekitarnya Yang Keren, Hits Serta Populer

1. Air Terjun Situmurun

Perpaduan antara pemandangan Danau Toba dan air terjun dapat dilihat di objek wisata Air Terjun Situmurun yang tingginya kurang lebih 70 meter.  Air terjun ini terdiri dari tujuh langkah. Alirannya mengalir dari tebing yang terletak di perbatasan Danau Toba. Semburan air jatuh langsung ke danau. Air Terjun Situmurun terletak di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Bukit Holbung

Sebuah tempat wisata bernama Bukit Holbung di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara Kawasan pegunungan di sekitar Danau Toba bisa menjadi tempat untuk menikmati Danau Toba dari ketinggian, salah satunya adalah Bukit Holbung atau Bukit Teletubbies.

Bukit Holbung terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Selain melihat keindahan Danau Toba, wisatawan juga dapat menyaksikan matahari terbenam di sore hari dari lokasi ini.

3. Menara Pandang Tele

Sebuah tempat wisata bernama Menara Pandang Tele di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Menara Tele View tidak terlalu jauh dari Bukit Holbung. Menara ini menyediakan lokasi untuk melihat Danau Toba dan perbukitan di sekitarnya.

Menara ini terletak di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Perjalanan dari Bukit Holbung ke Menara Pandang Tele dengan kendaraan roda empat dapat ditempuh dalam waktu 44 menit. Sedangkan perjalanan dari Kota Medan ke Menara Pandang Tele bisa lebih dari lima sampai enam jam dengan kendaraan roda empat.

Menara Pandang Tele terdiri dari tiga tingkat yang bisa dikunjungi wisatawan. Dari tingkat atas, misalnya, wisatawan dapat menikmati panorama perbukitan, rumah penduduk, persawahan, air terjun, dan Danau Toba.

4. Bukit Gibeon Bukit Wisata

Gibeon terletak di Parapat, Danau Toba, Sumatera Utara. Lokasi ini sering disebut sebagai bukit senyum, karena diyakini bahwa orang yang datang ke tempat ini akan tersenyum setelah melihat pemandangan alam.

Tak hanya beristirahat sambil menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian, para tamu juga bisa mencoba berkemah. Melihat terbit dan terbenamnya matahari di lokasi ini adalah salah satu hal yang bisa dicoba.

5. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjunjung terletak di Desa Butubayu Pane Raja, Dolok Pardament, Kabupaten Simalungun, Sumatera Selatan. Bukit ini menawarkan berbagai atraksi serta banyak rumah pohon dan lokasi foto.

Air Terjun Efrata Air Terjun Efrata merupakan salah satu tempat wisata alam di sekitar Danau Toba. Sedangkan Air Terjun Efrata terletak di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Simosir, Sumatera Utara.

Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 100 meter dari area parkir untuk mencapai air terjun ini. Pengunjung dapat melihat air terjun setinggi 20 meter dengan perbukitan yang mengelilinginya.

6. Taman Eden 100 

Taman Eden 100 adalah sebuah tempat wisata di dataran tinggi Desa Sionggang Utara, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Simosir, Sumatera Utara. Tempat wisata ini terletak tidak jauh dari Bukit Gibeon.

Pengunjung dapat melihat air terjun dan beristirahat di deretan tempat tidur gantung. Pengunjung yang ingin belajar menanam rempah-rempah Batak Toba juga dapat mencobanya di Taman Eden 100

7. Desa Wisata Tomok

Pemerintah Indonesia saat ini sedang merencanakan Danau Toba di Sumatera Utara sebagai lokasi Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) menggantikan Pulau Bali. Tidak hanya menyediakan wisata alam, Danau Toba juga menyediakan wisata budaya yang menarik untuk dipelajari.

Salah satu situs budaya yang bisa dilihat adalah Desa Tomok. Dusun ini terletak di bagian timur Pulau Samosir, tepatnya di wilayah pesisir timur. Pengunjung dapat melihat berbagai rumah tradisional Batak, makam penguasa kuno, serta artefak dari periode megalitik.

8. Museum Batak Tomok 

Desa Wisata Tomok juga menyimpan pesona budaya berupa museum yang menyimpan berbagai artefak leluhur Suku Batak. Museum Batak Tomok terletak di Kompleks TB Silalahi Center, Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Museum ini mengambil bentuk bangunan berupa rumah khas Batak atau biasa disebut denga Ruma Bolon. Dinding strukturnya dilapisi ukiran dengan dominasi warna merah, putih, dan hitam.

9. Inna Parapat Hotel Menginap di Hotel

Inna Parapat di dekat Danau Toba merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda coba untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan, salah satunya adalah di Inna Parapan Hotel. Motel ini memiliki gaya kamar bungalow tradisional Batak.

Hotel ini sering ditempati oleh para pesaing event olahraga, antara lain Asian Games, SEA Games, dan PON. Selain beristirahat di dalam kamar, para tamu hotel dapat menikmati panjangnya pantai putih yang mengelilingi Danau Toba.

10. Desa Lumban Suhi Suhi

Kain Ulos Merupakan kain tenun khas masyarakat Batak. Kain ini merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Batak. Desa Lumban Suhi Suhi dikenal sebagai salah satu produsen kain ulos unggulan di Samosir.

Tak heran banyak pengunjung yang datang untuk melihat langsung proses pembuatan kain ulos di lokasi. Tak hanya melihat proses pembuatannya, wisatawan juga bisa membeli kain ulos dari dusun ini sebagai kenang-kenangan.

Batu Gantung Parapat Batu Gantung adalah objek wisata berupa tebing yang menjulang tinggi di kawasan Danau Toba yang terletak di Kota Parapat, Sumatera Utara. Untuk bisa melihat tebing-tebing granit yang tampak seperti menggantung, wisatawan harus menaiki perahu melintasi Danau Toba.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan indah Danau Toba dengan perbukitan yang mengelilinginya. Pulau Tulas Samosir Pulau Tulas Samosir. Pulau Tulas Samosir adalah sebuah pulau kecil terpencil yang terletak di tengah Danau Toba.

Menurut situs Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, pulau ini belum terjamah manusia. Secara administratif, Pulau Tulas Samosir terletak di Danau Toba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

11. Pantai Pasir Putih Parbaba 

Pantai Pasir Putih Parbaba terletak di Desa Huta Bolon, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Tempat wisata ini terletak persis di tepi pantai Danau Toba.

Wisatawan dapat mengambil bagian dalam berbagai wahana seperti jet ski, banana boat, dan sepeda air. Pengunjung juga dapat beristirahat di tepi danau atau menyewa ban jika ingin berenang.

12. Aek Rangat Pangururan

Ingin mengistirahatkan pikiran dengan mandi air panas, Aek Rangat Pangururan adalah tempat yang tepat. Karena air hangatnya mengalir langsung dari lereng Gunung Pusuk Buhit. Sehingga Anda dapat menghargai keindahan lingkungan sekitar.

Perjalanan ini menampilkan fenomena yang aneh, terutama airnya yang berwarna abu-abu. Aek Rangan Pangururan sudah memiliki fasilitas yang memadai. Seperti tempat makan, toilet, sekaligus tempat bersantai. Bahkan saat lapar melanda, Anda bisa mampir sebentar untuk mencicipi berbagai makanan khas Sumatera Utara.

13. Taman Bunga Sapo Juma Tongging

Penasaran dengan wisata di dekat Danau Toba, Anda bisa mengunjungi Taman Bunga Sapo Juma Tongging. Dengan nama yang tidak biasa ini, tentunya banyak yang tertarik dengan tampilan lokasinya. Pada awalnya ada sebuah hotel bernama Sapo Juma yang dibangun di daerah itu. Tapi hari ini juga menjadi lokasi yang instagenic.

Bagaimana tidak, di sekitar penginapan terdapat taman bunga yang indah dan luas. Bahkan, spot yang satu ini sering dijadikan sebagai destinasi foto prewedding. Untuk berjalan-jalan di sekitar bunga Anda dapat menyeberangi jalan setapak yang telah dibuat untuk wisatawan. Anda dapat melihat berbagai tanaman hias yang indah seperti laut.

14. Pusuk Buhit (Gunung Pusuk Buhit)

Gunung Pusuk Buhit adalah salah satu lokasi terbaik untuk mengamati Danau Toba. Tidak hanya itu, lokasi ini juga memiliki cerita tersendiri. Gunung Pusuk Buhit dipercaya sebagai lokasi jatuhnya Raja Batak dari surga.

Akibatnya, penduduk setempat menganggap puncak ini sebagai situs suci. Penduduk setempat juga memanfaatkan puncak ini sebagai tempat sembahyang. Gunung Pusuk Buhit merupakan salah satu lokasi di zona wisata geologi Danau Toba.

15. Paropo (Dusun di tepi Danau Toba)

Paropo adalah sebuah dusun di tepi Danau Toba. Dusun ini merupakan bagian dari Kecamatan Silahisabungan di Kabupaten Dairi Sumatera Utara. Dusun ini terkenal dengan camping ground-nya di pantai Danau Toba. Banyak yang membandingkan lanskap dusun ini dengan Ranu Kumbolo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

16. Bukit Gajah Bobok 

Bukit Gajah Bobok adalah tujuan wisata populer bagi wisatawan ke Danau Toba. Pangambatan, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara adalah lokasi bukit ini. Wisatawan harus menyusuri jalur yang ada untuk menikmati pemandangan alam Danau Toba dari posisi ini.

17. Gunung Siadtaratas

Perjalanan luar biasa lainnya di dataran tinggi sekitar Danau Toba. Bukit Siadtaratas merupakan destinasi wisata di kawasan Paropo Sumatera Utara, Kecamatan Silahi Sampangan, Kabupaten Dairi.

Setelah mendaki melalui kota dan perbukitan, pengunjung dapat berkemah di atas bukit. Pendakian menuju puncak bukit juga tidak sulit, apalagi bagi para pendaki yang belum berpengalaman.

18. Pulau Sibandang 

Pulau Sibandang, juga dikenal sebagai Pulau Pardepur, merupakan tujuan wisata populer di sekitar Danau Toba. Tempat wisata ini secara khusus terletak di Muara, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Pulau ini juga menjadi salah satu objek wisata budaya di sekitar Danau Toba.

Wisatawan dapat secara langsung mengamati pembuatan kain ulos dan berpartisipasi dalam kegiatan tradisional masyarakat Desa Sampuran yang dibarengi dengan Tari Mossak.

Jika ingin mengunjungi sejumlah lokasi wisata mengikuti PPKM, jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari keramaian, dan mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa untuk divaksinasi sesegera mungkin.

19. Pesiar di Danau Toba

Danau Toba bukan hanya danau terbesar di Asia Tenggara, tapi juga mewah. Awalnya, Anda bisa melakukan perjalanan di sekitar Danau Toba. Kapal pesiar ini sudah beroperasi sejak tahun 2017. Masih sering digunakan untuk mengangkut orang yang berkunjung ke Danau Toba.

Bahan untuk proses produksi juga dengan keterlibatan pemerintah Singapura. Alhasil, desainnya tidak main-main, karena panjang kapal 21,5 meter. Selanjutnya, bentuk kapal didesain meniru rumah khas Batak.

Kapal pesiar Danau Toba, seperti kapal besar pada umumnya, dilengkapi sekoci penumpang. Peralatannya juga sangat canggih, dengan navigasi otomatis untuk menampilkan arah.

20. Lembah Bakkara

Kawasan Lembah Bakkara merupakan salah satu dari beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar Danau Toba. Saat Anda tiba, Anda akan melihat aliran sungai yang agak tenang di tengah kawasan. Meskipun demikian, aliran sungai ini berasal langsung dari air terjun.

Selanjutnya Lembah Bakkara merupakan tempat lahirnya Raja Sisingamangaraja yang terkenal dengan perlawanannya terhadap Belanda. Lokasi ini tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga kaya akan berbagai barang.

Lembah ini juga dikenal sebagai Aek Sipangolu, yang dalam bahasa aslinya berarti "sungai yang mengalir". Akhirnya tersiar kabar bahwa siapa saja yang mandi atau minum dari sungai ini akan sembuh dari berbagai penyakit.

21. Desa Tuktuk Siadong

Jika Anda ke Danau Toba, jangan lupa mampir ke Desa Tuktuk Siadong. Pengunjung biasanya memanfaatkan wisata pedesaan ini sebagai lokasi untuk beristirahat ketika lelah menikmati hamparan Danau Toba. -Lihat Kumpulan Tempat wisata di medan populer

Desa Siadong terletak di tepi sebuah tanjung kecil di Pulau Samosir, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam wilayah tersebut. Ada banyak olahraga yang tersedia di kota ini, seperti kano, jet ski, sepeda air, memancing, dan sebagainya. baca juga: Danau Toba Berasal Dari

22. Pantai Batu Hoda

Ingin menikmati pemandangan seperti berada di pantai pribadi? Mungkin Pantai Batu Hoda adalah jawabannya. Lokasi yang indah ini berada di Kabupaten Simalungun, terletak di tepi Danau Toba.

Anda tidak akan pernah bosan di sini, meskipun fasilitasnya kurang memadai. Namun, fasilitas yang tersedia hanya kantin dan toilet. Kehadiran bongkahan batu alam dan danau biru yang luas di Pantai Batu Hoda membuatnya semakin menarik.

Nah itulah dia sebanyak 22 Lokasi/Tempat Wisata Di Danau Toba Medan dan Sekitarnya Yang Keren, Hits Serta Populer, Semoga berguna buat kamu yang sedang menyusun rencana liburan dikawasan ataupun diarea Danau Toba. Terimakasih