Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berwisata Di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Terdapat Perpustakaan Didalamnya

Liburan Ke Rahmat International Wildlife Museum Gallery. - Sumatera Utara adalah rumah bagi sejumlah besar tempat wisata yang menarik dan unik. Di sana, Anda bisa merasakan keindahan alam yang menyaingi negara lain. Museum Galeri Satwa Liar Internasional Rahmat adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi di daerah ini.


Kegiatan wisata dan rekreasi menyenangkan baik dilakukan sendiri, bersama pasangan, keluarga, atau bersama teman.  Tempat wisata di Indonesia juga sangat banyak, mulai dari yang sudah terkenal di dunia internasional hingga yang berada di daerah terpencil yang masih jarang dikunjungi pengunjung. Jadi Anda tidak perlu mahal untuk pergi ke tempat lain ketika ada banyak tempat wisata yang tersedia di negara Anda sendiri.

Mengenal Rahmat International Wildlife Museum Gallery

Satwa Rahmat International adalah salah satu atraksi yang menarik di Medan. Museum dan pameran ini memiliki koleksi menakjubkan makhluk liar yang diawetkan dari berbagai daerah perburuan di seluruh dunia.

Rahmat International Wildlife Museum Gallery adalah salah satu museum paling unik dan menarik di Indonesia. Mengapa? Karena merupakan satu-satunya museum di Asia yang menampilkan koleksi beragam satwa liar yang diawetkan.

Museum ini menampung hampir 2.000 hewan liar dari daerah perburuan di seluruh dunia. Sebagian besar koleksi tersebut merupakan hasil buruan upaya konservasi Internasional oleh pemiliknya, DR. H. Rahmat Shah, seorang pemburu sendiri.

Tidak main-main, pemiliknya belajar langsung konsep konservasi dengan pemanfaatan yang telah digunakan oleh berbagai negara, antara lain Amerika, Rusia, Kanada, Jerman, Turki, Prancis, Italia, Spanyol, Austria, China, Kazakstan, Rumania, Mongolia, Iran, Pakistan, Australia, Selandia Baru, dan sebagian besar negara Afrika, untuk mencegah kepunahan hewan liar.

Berwisata Di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Ada Perpustakaanya
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Pada 14 Mei 1999, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya, Prof. Dr. Juwono Sudarsono, MA, membuka museum. Namun karena kecintaan masyarakat terhadap museum ini, gedung tersebut diperluas dan dibuka kembali pada tanggal 13 November 2007 oleh Presiden Republik Indonesia, DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono, MA.

Tidak hanya itu, museum ini kembali diperbesar pada tahun 2013 untuk menampung koleksi yang terus bertambah dan infrastruktur pendukung. Gedung baru seluas 5.000 meter persegi ini dibuka pada 28 November 2013 oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia, H. Zulkifli Hasan, SE, MM.

Rahmat International Wildlife Museum Gallery yang terletak di Jalan S. Parman Medan, Sumatera Utara, juga menawarkan perpustakaan, kafe, toko suvenir, dan studio gambar yang dapat digunakan pengunjung.

Di lantai tiga museum ini juga terdapat Legend Room berkapasitas 100 orang yang bisa disewa untuk perayaan ulang tahun atau konferensi. Pemiliknya juga menyimpan koleksi kenang-kenangan pribadi dari tokoh-tokoh internasional di Legend Room, seperti sepatu sepak bola Pele dan Beckham serta sarung tinju Muhammad Ali dan Mike Tyson.

Pemilik museum ini mencoba mengajak kita untuk mengenal lebih jauh keanekaragaman hewan dunia melalui museum ini. Ini juga mendorong kita untuk merawat dan melindungi lingkungan dan hewan, yang merupakan anugerah Tuhan kepada kita.

Perpustakaan Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Anda sebagai wisatawan bisa melihat Perpustakaan yang diperlengkapi dengan beberapa buku tentang beragam tipe satwa dan komunitasnya dari beragam negara.

Berwisata Di Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Ada Perpustakaanya
Perpustakaan Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Pendatang bisa membaca buku itu supaya bisa memperbanyak pengetahuan dan menyadarkan kita begitu utamanya menghindari kemusnahan satwa liar dan kekayaan alam yang tidak ternilai, anugerah Tuhan untuk pada bangsa Indonesia.

Saat ini ditambahkan lagi bersebelahan dengan perpustakaan yakni ruangan sentuh untuk pengunjung yang ingin sentuh koleksi yang berada di museum.

Rahmat International Wildlife Museum Gallery Tempat Spot Foto Yang Instagramable 

Jika Anda lupa membawa kamera, kunjungan Anda ke tempat wisata alam yang indah tidak akan lengkap. Saat pergi berlibur, penting untuk memiliki kamera, baik itu kamera ponsel atau kamera profesional yang dapat mengambil gambar.

Ada beberapa tempat berfoto yang bagus di objek wisata Rahmat International Wildlife Museum Gallery, misalnya, yang bisa Anda dan keluarga manfaatkan, seperti saat berkeliling untuk mengamati berbagai makhluk yang ditampilkan di dalam ruangan.

Selain itu, Anda dapat mengambil foto selfie atau meminta seseorang untuk memotret Anda dengan latar belakang hewan yang cantik dan tidak biasa.

The African Big Five, atau lima makhluk raksasa dari Afrika yang terdiri dari Banteng, Gajah, Cheetah, Badak Putih, dan Singa, merupakan kelompok menarik yang layak dijadikan sasaran foto kamera. Presentasi museum tentang harta Lima Besar Afrika ini luar biasa.

Selain itu, koleksi Cat World mencakup berbagai spesies kucing kecil dan besar. Harimau, Macan Tutul, Cheetah, Singa, dan makhluk liar serupa lainnya telah menjadi langka di seluruh dunia.

Fasilitas Yang Tersedia Di Rahmat International Wildlife Museum Gallery

Soal fasilitas di destinasi wisata ini juga cukup lengkap, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Beberapa fasilitas yang tersedia untuk Anda antara lain:

1. Tempat parkir

Tempat wisata ini memiliki tempat parkir yang cukup luas untuk menampung mobil tamu. Area parkir juga dijaga polisi, jadi aman.

2. Mushola

Jika waktu salat tiba di tengah perjalanan Anda di situs ini, umat Islam dapat langsung menuju musala untuk beribadah.

3. Kantin atau Kafe

Setelah berjalan-jalan sebentar, biasanya Anda merasa haus atau mungkin lapar. Di tempat wisata ini terdapat kantin yang menjual makanan ringan, makanan, dan minuman.

4. Penginapan

Jika ingin bermalam di dekat destinasi wisata ini, tersedia berbagai penginapan dan motel dengan harga terjangkau.

5. Toko Barang

Meninggalkan museum dan galeri ini tanpa membeli kenang-kenangan, sepertinya ada sesuatu yang hilang. Untungnya, ada toko suvenir tempat Anda dapat membeli berbagai pernak-pernik dan barang untuk keluarga Anda di rumah.

6. Toilet Umum

Fasilitas yang satu ini memang tidak kalah pentingnya. Untungnya, Anda dapat menemukannya di sana.

Akses, Jam Buka dan Tiket Masuk Rahmat International Wildlife Museum Gallery 

Melalui Udara

Setelah mendarat di Bandara Kuala Namu, lanjutkan perjalanan Anda dengan menggunakan rute berikut: Jl. Medan - Jl. Belmera - Patumbak - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Pelangi - Jl. Brigjen Katamso - Jl. Ir. H. Juanda - Jl. Jend Sudirman - Jl. S. Parman - Rahmat -Lihat Juga: 👉 Tempat wisata di medan

Melalui Laut

Sesampai di Pelabuhan Belawan, gunakan kendaraan bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Pelabuhan R. - Jl. Tol Belmera - Tj. Mulia - Jl. Krakatau - Jl. Karantina - Jl. Yos Sudarso - Jl. H. Adam Malik - Jl. Gatot Subroto - Jl. S. Parman - Rahmat International Wildlife Museum

Melalui Darat

Dari pusat kota, ambil saja jalur berikut: Jl. Guru Patimpus - Jl. Gatot Subroto - Jl. Perpustakaan - Jl. Mataram - Jl. Gajah Mada - Jl. S. Parman

Jam Buka dan Tiket Masuk Rahmat International Wildlife Museum Gallery

Objek wisata ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 1 siang. Kemudian ada tiket masuknya yaitu Rp. 50.000 setiap orang.

Hari ini anda telah melihat dan membaca ulasan singkat terkait lokasi wisata sumatera utara yang diberi nama Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, semoga berguna dan bermanfaat. Terima Kasih.