Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berwisata Ria Di Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan Sumatera Utara Terdapat Taman Kebun Bunga

Wisata unik dan menarik "Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan Sumatera Utara". - Galeri ini didedikasikan untuk Tjong Yong Hian, seorang terkenal keturunan Tionghoa yang hidup di sepanjang sejarah kebangkitan kota Medan. Sosok Tjong Yong hian diklaim sebagai orang terkaya di kota ini. Sosok tersebut kemudian meninggalkan kesan abadi berupa kemakmuran Di kota Medan.


Lantas, apa yang membuat galeri ini menarik? Dari luar, objek wisata ini tampak seperti bangunan biasa. Namun, setelah Anda berjalan melewati gerbang masuk, Anda akan melihat sedikit arsitektur Cina kuno. Prasasti dalam tiga bahasa (Arab, Cina, dan Belanda) juga akan menyambut Anda. Ada juga taman yang indah dengan ornamen yang indah, yang konon merupakan peninggalan Tjong Yong Hian.

Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan Sumatera Utara Bergaya Tionghoa

Taman bunga dan Museum Tjong Yong Hian, yang seolah terkubur di tengah kota metropolitan yang padat, tetap kokoh meski sudah tua. Arsitektur tradisional, seperti yang terlihat di negara Tirai Bambu, adalah fitur yang menarik, seperti halnya sejarah negara tersebut.

Wisata taman bunga di Medan ini benar-benar unik; wisatawan dapat belajar banyak tentang sejarah sambil bersantai dalam suasana yang indah dan tenang. Taman Tjong Yong Hian juga dapat digunakan sebagai sumber daya bagi sesama wisatawan yang mencari kesempatan berfoto di Kota Medan, Sumatera Utara.

Karena merupakan peninggalan Tjong Yong Hian, taman bunga ini menyimpan legenda sejarah. Ia adalah kakak dari saudagar ternama Tjong A Fie dan seorang pengusaha Tionghoa yang sudah lama bermukim di Medan.

Berwisata Ria Di Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan Sumatera Utara Terdapat Taman Kebun Bunga
Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan Sumatera Utara 

Taman bunga yang diresmikan pada 29 Oktober 2011 ini, bisa menjadi salah satu alternatif lokasi untuk dikunjungi saat berada di Medan. Penasaran dengan penampakan taman bunga ini? Berikut beberapa fakta menarik tentang Taman Bunga Tjong Yong Hian Medan.

5 Keunikan Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan

1. Bukti Kerukunan Umat Beragama dan Budaya

Berawal dari kisah Medan, taman bunga ini merupakan peninggalan Tjong Yong Hian, seorang pengusaha Tionghoa dan kakak Tjong A Fie. Dia awalnya tiba di Kota Medan pada tahun 1870.

Tjong Yong Hian, meskipun tidak setenar adiknya, memberikan kontribusi yang signifikan bagi berdirinya Kota Medan. Tjong Yong Hian dan adiknya membangun berbagai bangunan sepanjang hidup mereka, termasuk Masjid Agung Al-Mashun, Rumah Sakit di Belawan, Biara Tian Hou, dan Masjid Tua di Gang Bengkok. Taman bunga ini mencontohkan kedamaian agama dan budaya kota Medan yang sudah berlangsung lama.

2. Tjong Yong Hian Gallery Taman Bergaya Tiongkok

Mulai dari wisata Sumatera Utara dan memasuki surga bunga ini, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang bisa dilihat. Meskipun ukurannya kecil, Taman Bunga Tjong Yong Hian terkenal dengan desain Cinanya.

Struktur di taman dihiasi dengan berbagai hiasan. Taman ini semakin dipercantik dengan rerumputan hijau yang kontras dengan bunga teratai di kolam yang letaknya persis di depan area makan Tjong Yong Hian dan istrinya.

tjong yong hian gallery kota medan sumatera utara
tjong yong hian gallery kota medan sumatera utara

3. Beberapa peninggalan Tjong Yong Hian.

Menariknya, ada beberapa peninggalan Tjong Yong Hian di taman bunga ini. Di dalamnya ada makam Tjong Yong Hian dan istrinya. Tak hanya itu, di taman ini terdapat prasasti batu berbahasa Arab, Belanda, dan Cina yang menceritakan sejarah Tjong Yong Hian.

4. Tjong Yong Hian Gallery, Wisata Medan Cocok Untuk Keluarga dan Anak Taman

Tjong Yong Hian di Medan sangat cocok untuk liburan keluarga dengan anak-anak dan orang dewasa karena keindahan dan lingkungan yang damai. Pengunjung tidak hanya beristirahat, tetapi juga belajar tentang sejarah Kota Medan dan peran saudara laki-laki Tjong A Fie, yang diyakini telah membantu pembangunan berbagai bangunan bersejarah di ibu kota Sumatera Utara, termasuk Masjid Bent dan Masjid Agung Al Mashun. Masjid. -Lihat Juga: 👉 Tempat wisata di medan

5. Tjong Yong Hian Gallery Terbuka untuk Umum

Meski sudah beroperasi sejak 2011, taman bunga ini belum bisa dinikmati langsung oleh masyarakat. Taman bunga ini hanya dibuka untuk penduduk Kota Medan dan pengunjung mulai tahun 2020. Pengunjung dapat menikmati kemegahan taman bunga ini secara gratis mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

tjong yong hian family tree
tjong yong hian family tree

Lokasi Tjong Yong Hian Gallery Kota Medan Sumatera Utara

Park Flower Garden Park terletak di Jalan Jaksa, Medan Petisah, Kota Medan dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum. Selain taman-taman tersebut di atas, masih ada lagi taman yang tidak jauh dari Kota Medan dan patut untuk dikunjungi, antara lain Taman Bunga The Lee Hu Garden dan Johor Cadika.