Lengkap 15 Tempat Wisata Gunung Sitoli Nias Populer |Taman, Pantai, Air Terjun, Goa Hingga Museum - celotehpraja.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Lengkap 15 Tempat Wisata Gunung Sitoli Nias Populer |Taman, Pantai, Air Terjun, Goa Hingga Museum

Satu diantara banyak lokasi yang dapat Anda datangi untuk mengisi waktu luang (liburan) dipulau nias ialah Wisata Gunung Sitoli -Nias. Wilayah yang ini tidak kalah luar biasanya dalam menyuguhkan panorama yang bagus dan mempesona.

Yasokhi T Harefa selaku (Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Pemkot Gunung sitoli) di hari Kamis (06/04/2017) tahun kemarin, menyampaikan bahwa saat ini Gunung Sitoli mempunyai tujuan wisata baru yang belum pernah didatangi dan dikunjungi sebelumnya sekurang-kurangnya 17 destinasi wisata

Tambah Yasokhi, "kota ini banyak memiliki objek wisata dimulai dari pantai, air terjun, rimba bakau, goa, sampai budaya".

Secara singkat Kota Gunung Sitoli adalah pemekaran dari Kabupaten Nias sesuai UU Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 yang terdiri dari 6 (enam) kecamatan, yakni Kecamatan Gunung Sitoli Utara, Gunung Sitoli Alo'oa, Gunung Sitoli, Gunung Sitoli Selatan, Gunung Sitoli Barat, dan kecamatan Gunung Sitoli Idanoi.

Warga Kota Gunung Sitoli Tahun 2013 berdasar angka Prediksi ialah sejumlah 276 jiwa per Km2. Jika dilihat per kecamatan, kepadatan warga paling besar ada di kecamatan Gunung Sitoli yakni sejumlah 570 jiwa per km2. Ini memperlihatkan bahwa warga Kota Gunung Sitoli condong menetap di wilayah Kecamatan Gunung Sitoli (Jantung Kota)

Ingin tahu? Berikut ulasan terkait tempat wisata dikota Gunung Sitoli yang sangat Populer dibagi dalam 3 kategori besar yaitu A. Pantai, B. Taman C. Air Terjun dan D. Muara, Museum, Goa, Rumah Adat serta Puncak.

Lihat Juga Pembahasan terkait:

1. Wisata Nias Barat

2. Wisata Nias Selatan

3. Wisata Nias Utara

4. (Kumpulan) Wisata Nias

Daftar Wisata Gunung Sitoli - Nias Populer

A. Pantai

Ada 3 (Tiga) Pantai yang sangat terkenal didaerah/area gunung sitoli, setiap harinya pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, simak ulasan berikut:

1. Pantai Miga Gunung Sitoli

Berlibur ke kota Gunung Sitoli tidak sempurna rasanya apabila Anda tidak mendatangi pantai miga. Pantai yang ini dapat jadi solusi untuk Anda yang sedang capek dan stress dari beragam tekanan dari pekerjaan atau tugas-tugas anda

Pada tempat/area ini kamu akan melihat lautan yang biru dan bersih, pasir pantai yang hangat dan cantiknya panorama ketika mata hari muncul.

Di sini, Anda dapat memanjakan diri dengan bermain dibibir pantai bersama rekan atau keluarga. Anda juga dapat membuat istana pasir, atau bermain hal yang lain.

Pantai Miga Gunung Sitoli
Pantai Miga Gunung Sitoli

Area/Lokasi : Pantai Miga

Desa Miga - Kecamatan Gunungsitoli - Kabupaten Gunungsitoli

2. Pantai Hoya Gunung Sitoli

Kamu pasti malas berkunjung tempat tamasya yang kotor bukan ? Di sini, Kamu tidak perlu cemas akan hal itu karena pantainya bebas dari kotaran "sampah".

Kamu akan merasa puas karena sudah datang berkunjung ke Gunung Sitoli. Karena di daerah yang ini (Hoya) ada beberapa pantai cantik satu diantaranya ialah "Pantai Hoya".

Pantai yang ini tidak cuma menyuguhkan keelokan pantai yang biru tetapi juga pasir putihnya.

Keunggulan lain dari pantai hoya ialah kebersihan. Kamu akan terasa nyaman selama ada di pantai hoya sebab pantai hoya ini bersih dan tidak bersampah.

Pantai Hoya Gunung Sitoli
Pantai Hoya Gunung Sitoli

Area/Lokasi Pantai Hoya :

Teluk Belukar - Gunungsitoli Utara - Kabupaten Gunungsitoli

3. Pantai Laowomaru Gunung Sitoli

Tujuan wisata seterusnya yang dapat Kamu datangi saat di Gunungsitoli ialah pantai laowomaru. Pantai yang ini tidak cuma hanya memberikan pemandangan yang cantik dan jernihnya laut biru tetapi juga kumpulan karangnya yang menawan.

Kamu akan kagum saat menjejakkan kaki di pantai yang ini. Kamu bisa juga lakukan beberapa hal saat di pantai termasuk melakukan voly pantai pastinya.

Bila Kamu jemu, Kamu dapat berkunjung ke goa yang tidak jauh dari lokasi pantai. Goa tersebut juga indah/cantik, Artinya kamu dapat berkunjung dua tempat sekalian, bagus sekali bukan?

Pantai Laowomaru Gunung Sitoli
Pantai Laowomaru Gunung Sitoli

Area/Lokasi Pantai Laowomaru :

Desa Fodo, Kabupaten Gunung Sitoli

B. Taman

Selain Pantai, di Gunung Sitoli juga terdapat  tempat wisata yang indah dan menawan lainnya, sebut saja "Taman". Taman yang cukup terkenal pada daerah ini ada 2 (dua) yakni:

4. Taman Ya’ahowu Gunung Sitoli

Referensi tempat wisata pertama kali yang dapat Kamu datangi selama ada di Gunungsitoli ialah taman Ya'ahowu. Taman yang ini bukan taman biasa sama seperti yang selama ini Kamu lihat.

Taman yang berikut mempunyai daya Tarik unik. Taman ya'ahowo sendiri sebuah taman yang berisi tumpukan dari beberapa puing reruntuhan bangunan dan lainya yang diakibatkan olehgempa yang terjadi di Nias beberapa tahun kemarin.

Masyarakat seputar lingkungan ini tidak biarkan tempat ini begitu saja, tempat yang ini dapat disebut sebagai pengingat mereka akan gempa yang sempat terjadi di masa lalu.

Banyak orang berkunjung tempat ini karena dianggap menarik. Bila penasan Anda dapat bertandang langsung ke taman dimaksud.

Taman Ya’ahowu Gunung Sitoli
Taman Ya’ahowu Gunung Sitoli

Area/Lokasi :Taman Ya’ahowu

Saombo - Gunung Sitoli - Kabupaten Gunungsitoli

5. Taman Doa Bunda Maria Gunung Sitoli

Untuk Anda umat kristiani yang tidak mau pergi sekedar hanya berekreasi tetapi dapat menjadi beribadah, karena itu Anda dapat berkunjung ke Taman Doa Bunda Maria.

Tempat wisata ini kerap dijadikan tempat berdoa dan benar-benar cocok untuk Anda yang ingin menentramkan diri.

Yang unik dari tempat ini ialah Anda dapat dengar gaungan suara Anda. Seakan seperti ada dalam gua kan? Tempat yang ini ada beragam patung rohani juga yang sangat bagus.

Taman Doa Bunda Maria Gunung Sitoli
Taman Doa Bunda Maria Gunung Sitoli

Area/Lokasi :Taman Doa Bunda Maria

Jl. Raya Pelud Binaka No.KM. 6,5, Fodo, Gunungsitoli Selatan, Kab. Gunungsitoli

C. Air Terjun

6. Air Terjun Humogo Gunung Sitoli

Untuk Kamu yang tidak ingin berkunjung kepantai, Kamu dapat mencoba mencari alternative lain, misalnya berkunjung ke Air Terjun Humogo. Disini Kamu bukan sekedar merasakan ketenangan tetapi perasaan jika berada disini seperti lebih dekat pada alam.

Plus suara air terjun serta segarnya mata airnya. Kamu dapat lepaskan rasa capek selama perjalanan dengan merendam diri di air terjun yang ini.

Bukan itu saja, Air Terjun Humogo juga cantik/indah. Pastinya disini Kamu tidak kecewa karena perjuangan menuju area ini dapat terbayarkan.

Air Terjun Humogo Gunung Sitoli
Air Terjun Humogo Gunung Sitoli

Area/Lokasi : Air Terjun Humogo

Jl. Tola Maera - Desa Fadoro - Dahana - Gunungsitoli Idanoi - Kab. Gunungsitoli

7. Air Terjun Baho Ndra Gunung Sitoli

Rekreasi air terjun yang lain dapat Anda temui di Gunungsitoli ialah Air Terjun Baho Ndra. Air terjun yang ini benar-benar populer akan keindahaannya.

Anda dapat berkunjung tempat yang ini untuk melihat keelokannya langsung. Janganlah lupa untuk mendokumentasikan keelokan itu dengan handphone atau kamera Anda.

Air Terjun Baho Ndra Gunung Sitoli
Air Terjun Baho Ndra Gunung Sitoli

Area/Lokasi : Air Terjun Baho Ndra

Simanaere, Gunungsitoli Idanoi, Kab. Gunungsitoli

8. Air Terjun Baho Gamira Gunung Sitoli

Kalau kamu berkunjung di gunung sitoli, seakan kurang rasa-rasanya bila tidak berkunjung air terjun yang satu berikut ini.

Air terjun ini menaruh panorama yang sangat memikat. kamu dapat jadikan air terjun baho gamira di dalam daftar berlibur kamu.

Air Terjun Baho Gamira Gunung Sitoli
Air Terjun Baho Gamira Gunung Sitoli

Area/Lokasi : Air Terjun Baho Gamira

Desa Fadoro Hilimbowo, Kec. Gunungsitoli Alo’oa, Kab. Gunungsitoli

9. Air Terjun Boho Gunung Sitoli

Panorama alam nias memang seakan tidak ada selesainya untuk menyuguhkan beragam panorama cantik yang sudah pasti menarik. Kamu dapat melihat keelokan itu dengan berkunjung ke air terjun boho.

Air terjun yang ini banyak juga didatangi oleh warga sekitaran. Mengingat ini tempat menyuguhkan keelokan yang mengagumkan. Yakinlah air terjun boho ini dapat membuat badan Kamu kemabali lebih fresh.

Air Terjun Boho Gunung Sitoli
Air Terjun Boho Gunung Sitoli

Area/Lokasi : Air Terjun Boho

Desa Hiligodu Ombolata, Gunungsitoli Selatan, Kab. Gunungsitoli

D. Wisata Gunung Sitoli - Muara, Museum, Goa, Rumah Adat dan Puncak

10. Muara Indah Gunung Sitoli

Sama dengan namanya, tempat yang ini memang terkenal indah, Kamu akan kagum dan kagum atas keelokan danau yang menghampar di muka mata  Kamu.

Tidak cuma memandang indahnya danau tetapi Kamu akan menyaksikan tanaman bakau yang melingkari muara indah. Tempat yang ini menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang kerap didatangi pelancong.

Bila Kamu ingin rasakan ketenangan, karena itu muara indah ialah tempat yang pas. Alam di Muara Indah yang elok masih asri, Kamu tidak cuma tenang tetapi juga merasai kesejukan udara yang jauh dari pencemaran. Tidaklah aneh bila beberapa orang memutuskan untuk bertandang di Muara Indah ini.

Muara Indah Gunung Sitoli
Muara Indah Gunung Sitoli

Area/Lokasi: Muara Indah

Jl. Ahmad Yani No. 6, Ps. Gunungsitoli, Kec. Gunungsitoli, Kab. Gunungsitoli

11. Goa Togi Ndrawa Gunung Sitoli

Untuk Kamu yang jenuh berlibur di pantai atau pusat pertokoan (belanja) dan ingin berlibur ditempat yang lain, karena itu direkomendasikan buat Kamu untuk berkunjung Goa Togi Ndrawa.

Kamu yang sekian lama ini hidup diperkotaan pasti tak pernah menyaksikan goa sebelumnya kan?, Sekarang, tak salah bila Kamu mencoba lakukan sesuatu yang berbeda dengan berekreasi di goa ini.

Kamu tidak cuma akan disajikan panorama cantik dan menarik dari gua/goa ini tetapi juga akan dimanja dengan panorama alam sekelilingnya.

Goa Togi Ndrawa Gunung Sitoli
Goa Togi Ndrawa Gunung Sitoli

Area/Lokasi: Goa Togi Ndrawa

Desa Lolowonu Niko’otano, Kec. Gunungsitoli, Kab. Gunungsitoli

12. Museum Pusaka Nias Gunung Sitoli

Bila Kamu punya niat rekreasi sekalian cari pengetahuan baru, karena itu museum pusaka nias ialah tempat yang pas. Di sini, Kamu dapat pelajari beragam hal menarik sekitar benda monumental dari nias.

Bila sejauh ini Kamu cuman menyaksikan dan mengenalinya dari buku atau sekolah, Kamu dapat menyaksikannya langsung ditempat ini.

Untuk Kamu yang tertarik pada beragam benda warisan yang tentu saja mempunyai nilai riwayat didalamnya makan Kamu harus berkunjung museum pusaka nias.

Kamu tidak cuma akan di tunjukkan beragam benda monumental, tetapi Kamu akan menyaksikan hal menarik yang lain seperti tanaman untuk obat bahkan juga beragam hewan yang sudah di awetkan.

Museum Pusaka Nias Gunung Sitoli
Museum Pusaka Nias Gunung Sitoli

Area/Lokasi: Museum Pusaka Nias

JL. Yos Sudarso, No. 134-A, P.O. Box 16, Iraonogeba, Kab. Gunungsitoli

13. Pemukiman Rumah Adat Tradisional Gunung Sitoli

Tempat wisata gunung sitoli ini bagus sekali untuk Anda datangi bila Anda sedang berada dikota Gunung Sitoli.

Kenapa menarik? Karena Anda akan diajak untuk melihat langsung bagaimana rumah tradisionil yang sejauh ini cuman Anda saksikan di beberapa buku dan medsos.

Hal istimewa dari rumah tradisionil yang satu berikut ialah pada konstruksi bangunannya. Karena bangunannya di untuk buat tahan pada gempa (anti gempa). Mungkin Anda dapat coba mengimplementasikannya di rumah Anda.

Pemukiman Rumah Adat Tradisional Gunung Sitoli
Pemukiman Rumah Adat Tradisional Gunung Sitoli

Area/Lokasi: Pemukiman Rumah Adat Tradisional

Desa Tumori, Gunungsitoli Barat, Kab. Gunungsitoli

14. Pegunungan Soarowiga Gunung Sitoli

Untuk Kamu yang ingin memandang begitu cantiknya panorama nias (gunung sitoli) Kamu dapat berkunjung dipegunungan soarowiga.

Tidak cuma dapat memandang kemegahan gunung itu ataupun keelokan alam sekelilingnya, tetapi juga Kamu akan menyaksikan begitu cantiknya nias di atas pucuk gunung ini.

Kamu tidak perlu berkunjung banyak tempat untuk menyaksikan begitu indahnya nias karena Kamu dapat menyaksikannya dari atas gunung ini saja.

Pegunungan Soarowiga Gunung Sitoli
Pegunungan Soarowiga Gunung Sitoli

Area/Lokasi: Pegunungan Soarowiga

Desa Hilinakhe, Kec. Gunungsitoli Barat, Kab. Gunungsitoli

15. Wisata Rohani Gunung Sitoli

Buat Anda yang ingin pergi untuk menenangkan batin dan berdoa atau ingin berasa lebih dekat sama tuhan, Anda dapat bertandang ke tempat wisata rohani (gunung sitoli).

Di sini Anda tidak cuma berdoa, tetapi Anda akan menyaksikan gereja pertama (Gereja Tua Di Nias) yang berada di kepulauan nias.

Wisata Rohani Gunung Sitoli
Wisata Rohani Gunung Sitoli

Area/Lokasi: Wisata Rohani

Fodo, Gunungsitoli Selatan, Kab. Gunungsitoli

Sekian dan sampai disini yang bisa kami sampaikan kepada anda, artikel tentang Wisata Gunung Sitoli populer, yang berlokasi dikepulauan Nias sumatera utara