Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Liburan Ke Danau Siombak Medan Sumatera, Ini Kabarnya Di Tahun 2021

Apakah anda tahu Danau Siombak Dimana? Nah, dikesempatan ini akan dibahas spot wisata alam medan Sumatera Utara yang yang tak kalah tenar dan sering dikunjungi banyak orang. Spot wisata yang satu ini memiliki keindahan alam yang tidak kalah mempesona dari tempat wisata lainnya. Danau Siombak terletak di dekat Paya Pasir, Medan Marelan

Perlu diketahui bahwa Danau Siombak adalah danau buatan yang terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Air Terjun. Saat Anda mengunjungi Danau Siombak Anda akan menyaksikan sebagian kemegahan dari ketiga wisata tersebut sekaligus.


Danau Siombak adalah salah satu danau buatan terbesar yang menarik untuk dikunjungi di Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara. Danau ini terletak di antara sungai Deli dan Air Terjun, memberikan pemandangan alam yang indah, wahana air dan tempat-tempat gastronomi.

Danau Siombak Medan Terkini 

Danau Siombak adalah salah satu objek wisata yang paling populer di Medan, Sumatera Utara. Danau yang indah ini juga terkenal hingga ke negara lain karena pemandangan alamnya yang indah dan tiada tara.

Wisata alam ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Medan karena begitu sampai di kawasan ini wisatawan akan kesulitan untuk beranjak pergi. Pemandangan danau yang tumbuh disertai dengan lingkungan yang asri merupakan lokasi yang tepat untuk melepas penat.

Liburan Ke Danau Siombak Medan Sumatera, Ini Kabarnya Di Tahun 2021
Danau Siombak Medan Sumatera

Selain dimanjakan dengan keindahan alamnya, wisatawan yang datang ke Danau Siombak tidak akan merasa puas karena kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Maka tak heran jika danau cantik ini menjadi objek wisata saat musim liburan dimulai.

Suasana di sekitar Danau Siombak tentu sangat tenang dan menyenangkan, banyaknya tanaman yang tumbuh subur di lingkungan sekitar juga membuat udara terasa sejuk, berbeda dengan udara kotor di kota. Air di danau ini juga memiliki warna yang menarik, yaitu hijau namun bersih. Dan tidak hanya itu, para tamu juga bisa mandi atau bermain air di Danau Siombak.

Kekhasan Danau Siombak, mungkin karena terletak di antara dua sungai, yaitu Sungai Air Terjun dan Sungai Deli yang disebut sebagai muara. Meskipun airnya payau dan sedikit asin, tidak terlihat perkembangan batang bakau seperti muara atau kolam di dekat laut.

Liburan Di Danau Siombak Dengan Keindahannya

Suasana di sekitar Danau Siombak tentu sangat tenang dan menyenangkan, banyaknya tanaman yang tumbuh subur di lingkungan sekitar juga membuat udara terasa sejuk, berbeda dengan udara kotor di kota.

Di Danau Siombak Dengan Keindahannya
Di Danau Siombak Dengan Keindahannya

Air di danau ini juga memiliki warna yang menarik, yaitu hijau namun bersih. Dan tidak hanya itu, para tamu juga bisa mandi atau bermain air di Danau Siombak.

Aura Alam yang Masih Asri Daya tarik wisata ini adalah lingkungan yang asri dan damai. Sebagai salah satu tempat wisata utama di Medan, danau ini memiliki lingkungan yang sangat damai dan asri sehingga sangat ideal sebagai tujuan wisatawan yang mencari tempat untuk mengistirahatkan pikiran.

Pemandangan pepohonan hijau dengan dahan yang menjuntai memberikan kesan bahwa kawasan ini masih alami dan terjaga keasliannya. Belum lagi cuaca yang cerah, mendung dan pancaran sinar matahari di permukaan danau akan menciptakan gambaran yang berbeda. Maka tidak heran jika lokasi ini menjadi tujuan liburan baik bersama keluarga maupun teman.

Danau Siombak Medan Merupakan Danau Buatan

Berbeda dengan Danau Toba yang merupakan danau hasil kegiatan alam, Danau Siombak benar-benar merupakan danau buatan hasil kegiatan penggalian tanah. Namun, danau ini memiliki pemandangan dan ukuran yang tidak kalah dengan Danau Toba. Danau ini memiliki luas kurang lebih 40 hektar dan kedalaman danau sekitar 15 meter.

Dikatakan bahwa sebelum pembuatan danau ada pekerjaan penggalian di tahun 80-an. Penggalian tersebut dimaksudkan untuk dimanfaatkan sebagai jalan tol yang menghubungkan Belawan, Medan dan Tanjung Morawa. Namun ada juga cerita bahwa danau ini awalnya adalah ladang jagung tetapi dihancurkan oleh tentara Bekho dan genangan air muncul menjadi sebuah danau.

Danau Siombak Dimana?

Taman wisata danau ini terletak di Medan, Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Paya Pasir, Jalan Pasar Nippon Ujung Nomor, Kecamatan Medan Marelan. Lokasi wisata alam ini berada pada posisi yang menguntungkan karena dapat diakses dengan mudah oleh kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Perjalanan dari pusat kota menuju danau kurang lebih 18 kilometer dengan jarak tempuh sekitar 1-1,5 jam.

Pendekatan menuju danau ini tidak terlalu sulit, Anda bisa menempuh jalur lebar dari Marelan Raya. Pilih rute lurus sampai Anda mencapai jalan Pajak Marelan dan lanjutkan jalan sampai Anda menemukan Gerbang Museum Kota yang tinggi dan sangat besar. Dari gerbang Anda akan menemukan gerbang lain yang bertuliskan 'Selamat Datang di Danau Siombak'.

Setelah melewati gerbang selamat datang, akan ada dua jalur yang membelah atas dan bawah. Meskipun pertigaan yang lebih tinggi menggunakan nama Siombak sebagai jalan, perlu diketahui bahwa jalan ini adalah jalur menuju Museum. Sedangkan jalur bawah, khususnya jalan Nippon, merupakan jalan yang sebenarnya menuju danau.

Dari Jalan Nippon, lurus terus melalui jalan Belawan dan Yos Sudarso sampai bertemu perempatan. Pilih jalur kiri lalu lurus ke jalan Nippon Market, lalu berjalan lurus sampai Anda mencapai lokasi danau dan parkir mobil Anda di area yang diberikan. Jika Anda kesulitan mengingat rutenya, Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada rambu-rambu penunjuk jalan menuju tempat wisata tersebut.

Harga Tiket Wisata Danau Siombak

Harga tiket masuk Taman Wisata Danau Siombak sangat murah yaitu hanya sekitar Rp. 2.000 per orang. Dengan membeli tiket masuk, Anda dapat langsung menikmati penawaran alam yang luar biasa dan suasana danau yang indah.

Sedangkan tamu yang membawa mobil harus membayar biaya parkir. Tidak perlu khawatir karena biaya parkirnya sangat murah seperti tiket masuk. Untuk parkir kendaraan roda dua cukup membayar Rp. 2.000, namun untuk roda empat dikenakan biaya Rp. 5.000. Namun, harga dapat bervariasi berdasarkan kebijakan manajer lokal.

Objek wisata ini buka setiap hari dan juga buka pada hari libur nasional. Namun, mengingat keadaan pandemi saat ini, tamu yang datang dibatasi. Sementara itu, tempat wisata ini buka mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Dengan waktu yang sangat lama ini, wisatawan dapat menikmati dan berlibur di kawasan danau sampai puas.

Fakta Unik Danau Siombak Adalah Terletak Di Antara 2 Sungai

Perlu diketahui bahwa Danau Siombak terletak di antara dua sungai penting, terutama antara sungai Deli dan sungai Air Terjun. Kedua sungai tersebut dianggap sebagai muara karena umumnya memiliki aliran yang tenang, dalam dan luas. Dan karena letaknya yang dekat dengan sungai membuat banyak orang penasaran dan ingin melihatnya secara langsung dengan mengunjungi destinasi wisata ini.

Menariknya, muara memiliki air yang berbeda meskipun jika diteliti lebih lanjut, aliran sungai memiliki sedikit rasa asin dan payau sehingga akan mempengaruhi hewan hidup di sekitarnya. Namun, ini tidak berpengaruh pada pohon bakau tetangga dan bahkan hidup dan berkembang.

Pemandangan yang Menakjubkan Keindahan alam taman wisata ini mempesona setiap pengunjung yang datang. Hamparan air danau yang luas akan menjadi pemandangan pertama saat Anda tiba di lokasi yang indah ini. Saat angin bertiup air danau akan membuat ombak kecil namun bergerak beriringan menuju pantai.

Belum lagi bukit-bukit yang mengelilingi danau ini terbentang begitu megah hingga tampak seperti pembatas alam. Ini akan sangat indah di sore hari atau saat matahari terbenam karena langit akan berubah menjadi oranye dan menjadi latar belakang yang sangat bagus. Oleh karena itu, wisatawan sesekali menyempatkan diri untuk tetap menonton acara tersebut.

10 Aktivitas Menarik Sering Dilakukan Di Danau Siombak Medan

1. Menikmati Pemandangan

Salah satu hal mendasar namun berharga yang harus dilakukan ketika datang ke taman wisata ini adalah menghargai pemandangan alam. Ada banyak kursi yang menghadap ke danau, di mana para tamu dapat menikmati pemandangan alam dengan tenang dan bebas. Kegiatan ini sangat disarankan bagi wisatawan yang membutuhkan udara segar dan suasana yang berbeda.

2. Bersantai di Gazebo

Bersantai di gazebo atau pondok adalah hiburan yang disarankan bagi wisatawan. Anda dapat bersantai sambil berbaring menikmati udara di sekitar danau tanpa khawatir terkena sinar matahari dan hujan karena gazebo telah ditutup dengan kanopi yang rapat di setiap sisinya.

Cukup banyak gazebo di kawasan Danau Siombak yang sengaja diberikan pengelola untuk menyimpan tas atau tempat istirahat wisatawan. Namun, gazebo tersebut tidak gratis, karena Anda harus menyewanya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Biaya sewa satu gazebo berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

3. Naik Perahu

Jika Anda menginginkan hiburan yang menyenangkan, wisatawan dapat naik perahu di sepanjang danau. Ada banyak pilihan perahu yang bisa Anda naiki mulai dari perahu dayung, perahu motor, perahu dayung, speed boat dan bumper boat. Dengan berbagai pilihan ini, pengunjung dapat menyesuaikannya dengan kapasitas dan kebutuhan mereka, misalnya bersepeda sendiri, bersama anak, keluarga, atau bersama teman.

4. Memancing Di danau

wisatawan juga bisa memancing dan hasilnya bisa dinikmati. Ada dua jenis memancing untuk anak-anak dan orang dewasa. Sambil memancing, wisatawan dapat menikmati suasana dan keindahan danau yang damai ini.

5. Naik Sepeda Air

Bosan naik perahu, wisatawan bisa bermain wahana air, apalagi naik sepeda air. Mobil yang satu ini akan menawarkan pengalaman yang berbeda dan unik. Sebelum memulai perjalanan ini, pastikan Anda berani dan tidak takut air atau ketinggian.

6. Wisata Kuliner

Lelah bermain air, para tamu dapat menikmati kelezatan gourmet untuk mengisi perut dan menyegarkan dahaga. Sebagai objek wisata yang ramai dan sangat diminati oleh masyarakat khususnya penduduk Medan, danau ini memiliki cukup banyak restoran atau stand yang menawarkan berbagai macam makanan sehingga wisatawan tidak perlu repot membawa bekal dari rumah.

7. Berfoto/Selfi

Berlibur tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto, apalagi jika objek wisatanya adalah Danau Siombak. Banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa dijadikan sebagai tempat atau backdrop foto karena pihak pengelola juga menambahkan beberapa dekorasi tambahan sebagai pemanis di kawasan wisata tersebut.

8. Outbound

Di tempat wisata ini, wisatawan dapat mencoba berbagai aktivitas sulit seperti outbond. Latihan ini cocok untuk semua individu, terutama anak muda karena biasanya mereka ingin mencoba hal baru. Kegiatan outbond ini juga dilengkapi dengan peralatan keselamatan sehingga aman untuk dicoba.

9. Berenang

Meski berlibur ke danau dengan ukuran yang cukup besar dan dalam bukan berarti wisatawan hanya bisa melihatnya saja. Bagi yang tertarik merasakan kesegaran air di tengah terik matahari, bisa berenang di kolam yang disediakan pengelola sehingga bisa berenang dengan aman.

10. Naik Korsel

Aktivitas yang bisa dilakukan di danau ini adalah komidi putar. Pengunjung bisa mendapatkan pemandangan yang lebih lengkap dengan menaiki wahana yang berputar-putar.

Jam Buka dan Tiket Masuk Danau Siombak

Jam operasional objek wisata Danau Siombak dibatasi, Senin - Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 saja. Dan jangan khawatir dengan harga tiket masuknya, karena cukup murah yaitu Rp. 2.000/orang.

Fasilitas yang Tersedia di Danau Siombak Medan

Danau Siombak tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah tetapi juga didukung oleh berbagai fasilitas. Fasilitasnya beragam mulai dari wahana permainan yang berbeda, lokasi penyewaan perahu hingga kolam renang. Menariknya, fasilitas tersebut tidak hanya aman tetapi juga ramah anak.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan wisatawan juga disediakan fasilitas tambahan berupa toilet, gazebo, tempat parkir, hotel dan restoran. Dengan fasilitas tersebut, wisatawan dapat berlibur dengan mudah dan menyenangkan.

Ini berisi informasi tentang atraksi, lokasi, biaya tiket masuk dan kegiatan yang dapat dilakukan di Taman Wisata Danau Siombak. Tempat wisata alam ini dilengkapi dengan fasilitas yang berbeda-beda untuk menunjang aktivitas setiap pengunjung yang datang sehingga menawarkan kesan liburan yang berkesan. -Lihat Kumpulan Tempat wisata di medan

Cara Akses Danau Siombak

• Melalui udara

Sesampainya di Bandara Kuala Namu, anda cukup melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor mengikuti rute : Jl. Medan - Jl. Jalan Tol Belmera - Jl. Platina I - Jl. KL Yos Sudarso - Jl. Titi Pahlawan - Jl. hal. Nippon - Danau Siombak

• Melalui laut

Sesampainya di Pelabuhan Belawan, anda cukup melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dengan rute : Jl. Pelabuhan R. - Jl. Jalan Tol Belmera - Jl. Pelabuhan Raya - Jl. Yos Sudarso - Jl. Titi Pahlawan - Jl. hal. Nippon - Danau Siombak

• Via darat

Dari pusat kota, Anda hanya perlu mengikuti rute berikut: Jl. Rambutan - Jl. Sikambing - Jl. H. Adam Malik - Jl. KL Yos Sudarso - Jl. Titi Pahlawan - Jl. hal. Nippon - Danau Siombak

Nah itulah informasi terkait Danau Siombak yang mungkin berguna buat kamu yang liburan di daerah Medan Sumatera utara tahun ini, semoga dapat berguna dan bermanfaat