Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Wisata Istana Maimun Di Kota Medan |Ulas Fasilitas dan Harga Tiketnya

Wisata, Istana Maimun Medan - Setiap daerah memiliki cerita yang menarik untuk diceritakan, sama seperti dengan Medan dari dulu hingga saat ini memiliki cerita sendiri. Hal ini terbukti melalui bukti nyata peninggalan sejarah yang mungkin menceritakan sebuah narasi, seperti bangunan, monumen, dan benda-benda budaya bersejarah.


Keindahan Wisata Istana Maimun Medan

Kemegahan arsitektur struktur istana menjadi salah satu alasan utama mengapa wisata Maimun menjadi istana terindah di Indonesia.

Perpaduan ideal budaya Melayu dengan karakteristik Islam di negara-negara besar lainnya seperti Italia, Spanyol, dan India mencontohkan keunikan istana Maimun di Medan.

Dikenal sebagai istana putri hijau pada saat itu karena merupakan sisa istana dari kerajaan Deli. Istana Maimun di Medan adalah bangunan bersejarah dan simbol kota.

Struktur istana adalah desain Melayu, dengan warna kuning dominan. Wisata Maimun adalah salah satu istana yang paling megah di Indonesia, dengan arsitektur yang menakjubkan dan sejarah yang menarik.

Keindahan Wisata Istana Maimun Medan
Keindahan Wisata Istana Maimun Medan

Sejarah Singkat Istana Maimun Medan

Istana, salah satu bangunan kebanggaan Kota Medan dengan arsitektur menawan. Istana Maimun adalah bangunan bersejarah dari Kesultanan Melayu IX Deli, Sultan Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alamsyah.

Yang dibuat selama periode tiga tahun dengan dana satu juta emas dengan nilai tukar mata uang Belanda. Dibangun pada tanggal 26 Agustus 1888, dan baru selesai pada tanggal 18 Mei 1891 Masehi.

Ferrari, seorang arsitek Italia, menciptakan struktur warisan budaya ini. Strukturnya begitu indah dan kuat sehingga memiliki corak dan karakter tradisional Indonesia dengan sentuhan Melayu, dengan rona kuning keemasan yang dikaitkan dengan warisan Melayu.

Berbagai peradaban, termasuk Melayu, Islam, Spanyol, Cina, India, dan Italia, telah mempengaruhi perbedaan ide bentuk dan dekorasi.

Sumatera Utara adalah rumah bagi sejumlah besar tempat wisata yang menarik dan mempesona. Di sana, Anda bisa merasakan keindahan alam yang menyaingi negara lain. Istana Maimun adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi di daerah tersebut.

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Tentu saja, suku dan peradaban yang berbeda dapat ditemukan di setiap pulau.

Bangsa kita kaya akan keragaman. Itulah sebabnya banyak sekali struktur di Indonesia yang diasosiasikan dengan tradisi atau suku tertentu.

Sejarah Singkat Istana Maimun Medan
Sejarah Singkat Istana Maimun Medan

Bangunan ini sering dijadikan objek wisata, oleh karena itu tidak ada salahnya sesekali mengunjungi lokasi tersebut untuk Anda dan keluarga. Selain rekreasi, Anda dapat mengenal dan mempelajari lebih lanjut tentang budaya di lokasi tertentu.

Misalnya di Medan, Sumatera Utara. Anda yang sedang berlibur bisa memanfaatkan kesempatan untuk berkunjung ke Istana Maimun. Desa Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara merupakan lokasi yang tepat dari objek wisata Istana Maimun.

Istana Maimun, seperti Masjid Agung Medan, adalah salah satu dari sedikit monumen kota. Alhasil, banyak pengunjung dari daerah lain atau bahkan bangsa datang untuk menyaksikan kemegahan Istana Maimun.

Seorang arsitek Italia membangun bangunan bersejarah Kerajaan Deli Serdang di Sumatera Utara dari Sultan Mahmud Alrasyid. Istana Maimun berisi sekitar 30 kamar dan meliputi area seluas 2.772 meter persegi.

Patung-patung yang terukir pada struktur berusia 130 tahun juga sangat indah dan menarik untuk dilihat. Objek wisata Istana Maimun dibangun pada 26 Agustus 1888 dan diresmikan pada 18 Mei 1891.

Bangunan ini menghadap ke timur dan memiliki dua lantai yang dibagi menjadi tiga bagian: bangunan utama, sayap kanan, dan sayap kiri. Masjid Al-Maksum yang juga dikenal dengan Masjid Raya Medan ini terletak kurang lebih 100 meter di depan.

Istana ini dianggap sebagai salah satu yang paling megah di Indonesia. Ini karena desainnya yang unik, yang menggabungkan unsur-unsur Islam ala Melayu, India, Spanyol, dan Italia.

Bentuk atap yang melengkung seperti perahu di Timur Tengah menunjukkan pengaruh Islam. Kemudian, di ruang tamu, terdapat ruang singgasana yang didominasi warna kuning. Kamar yang berukuran sekitar 412 meter persegi itu digunakan untuk penobatan Sultan Deli dan perayaan adat lainnya.

Fasilitas di Istana Maimun Medan

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan masalah fasilitas di destinasi wisata ini. Beberapa fasilitas yang tersedia untuk Anda antara lain:

Tempat Parkir

Tempat wisata ini memiliki tempat parkir yang sangat luas untuk menampung mobil tamu. Area parkir juga dijaga polisi, jadi aman.

Adanya Mushola

Jika waktu salat tiba di tengah pengalaman Anda di kawasan ini, umat Islam bisa langsung menuju musala untuk beribadah.

Tempat Jualan Makanan dan Minuman

Anda biasanya merasa haus atau lapar setelah menghabiskan waktu berkeliling dan bermain. Di sekitar objek wisata ini, kini banyak berdiri stand atau resto yang menjual makanan ringan, makanan, dan minuman.

Tersedia Penginapan

Jika ingin bermalam di dekat lokasi wisata ini, terdapat banyak penginapan atau hotel dengan berbagai macam harga.

Toko Suvenir

Meskipun kami meninggalkan museum dan galeri ini tanpa membeli kenang-kenangan, sepertinya ada sesuatu yang hilang. Untungnya, ada toko suvenir tempat Anda dapat membeli berbagai pernak-pernik dan barang untuk keluarga di rumah.

Toilet Umum

Fasilitas yang satu ini tidak kalah pentingnya. Untungnya, Anda dapat menemukannya di sana.

Spot Foto Di Objek Wisata Istana Maimun

Saat berlibur, jangan lupa untuk membawa perlengkapan gambar, seperti kamera smartphone atau bahkan kamera profesional. Karena ketika datang ke sebuah destinasi wisata yang menarik. Ada berbagai jenis pemandangan untuk dilihat, dan kamera dapat membantu merekamnya serta berfungsi sebagai kenangan untuk dipersembahkan kepada keluarga di rumah.

Sebagai contoh, saat mengunjungi objek wisata Istana Maimun, Anda diperbolehkan untuk memotret lingkungan sekitar, terutama arsitektur megah dan khas dari bangunan berusia ratusan tahun ini.

Ukiran dengan desain yang secara harmonis menggabungkan berbagai peradaban memberikan hasil yang sangat menarik. 

Saat Anda masuk ke dalam, Anda juga bisa memotret bagian dalam objek wisata ini. Banyak pengunjung yang lebih memilih untuk berfoto di ruang duduk Istana Maimun karena rona emas yang ada begitu indah. -Lihat juga: Tempat wisata di medan

Akses Jalan Menuju Istana Maimun

1. Akses Melalui Udara

Setibanya di Bandara Kuala Namu, Anda cukup melanjutkan perjalanan dengan menggunakan rute sebagai berikut: Jalan Tol Jl. Medan-Kuala Namu - Jl. Belmera - Patumbak - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Masjid Agung - Jl. Brigjen Katamso - Istana Maimun

2. Akses Melalui laut

Setibanya di Pelabuhan Belawan, cukup naik mobil bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Pelabuhan R. - Jl. Tol Belmera - Tj. Mulia - Jl. Krakatau - Jl. Bambu I - Jl. Gaharu - Jl. Pandu - Jl. Brigjen Katamso - Istana Maimun

3. Akses Melalui darat

Anda hanya perlu menempuh jalur berikut dari pusat kota: Jl. Guru Patimpus - Jl. Gatot Subroto - Jl. Kapten Maulana Lubis - Jl. Imam Bonjol - Jl. Letnan Jenderal Suprapto - Istana Maimun Istana

Harga Tiket Wisata Istana Maimun Medan, Sumatera Utara 

Wisatawan dapat menjelajahi kawasan istana, berfoto, dan mempelajari sejarah kerajaan di Sumatera Utara sebelum membeli tiket masuk wisata seharga Rp. 5.000 per orang.

Karena wisata ini berbentuk tempat suci kehormatan, maka jam operasionalnya adalah Senin sampai Minggu dari pukul 08.00 WIB hingga 12.000 WIB. 

Istirahat pada pukul 12.00 WIB dan buka kembali dari pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Pertunjukan musik tradisional dijadwalkan pada hari Minggu dari pukul 10 pagi hingga 12 malam WIB.

Organisasi ini juga menyewakan pakaian dan aksesoris tradisional Melayu, yang memungkinkan wisatawan untuk berfoto dengan keluarga kerajaan dari masa lalu.

Biaya sewa pakaian adat melayu berkisar antara Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000 per pakaian.

Akhir Kata, hari ini anda telah membaca informasi terkait Keindahan Objek Wisata Istana Maimun Medan Sumatera Utara "Sumut". Semoga berguna untuk dijadikan sebagai opsi dalam memilih dan memilih daerah wisata yang ada dipulau Sumatera. terimakasih