Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uniknya Wisata Annai Velangkanni Medan Yang Mirip Kuil India, Buka & Tutupnya Jam Berapa?

Pernahkah berkunjung ke Graha Maria Annai Velangkanni Medan "Sumatera Utara"? ini merupakan area atau tempat wisata yang menarik dan unik di kota medan. Dilingkungan ini kamu bisa merasakan dan menikmati keindahan Wisata Religi yang biasa disebut sebagai "Graha Maria Annai Velangkanni medan dan beberapa juga menyebutnya Velangkanni India.

Pada kesempatan ini kita akan berbagi informasi yang mungkin anda butuhkan sebelum berkunjung ke Annai Velangkanni Medan Mirip Kuil India.

Buat kamu yang belum pernah berkunjung so pasti penasaran dan bertanya velangkanni buka jam berapa? atau velangkanni tutup jam berapa? apa yang unik disana? akses menuju ke sana seperti apa dan Fasilitas apa saja yang kamu dapat sebagai pengunjung? karenanya simak ulasan berikut.

Uniknya Wisata Annai Velangkanni Medan Yang Mirip Kuil India, Buka & Tutupnya Jam Berapa?
Velangkanni Medan Yang Mirip Kuil India?


Annai Velangkanni Medan Adalah Wisata Religi

Medan memiliki segudang tempat wisata religi yang menarik untuk dijelajahi. Selain vihara dan masjid, Graha Maria dapat dikunjungi sebagai bagian dari wisata religi. Tempat wisata ini cukup ramai dengan pengunjung. Karena desain destinasi wisata religi Graha Maria ini begitu menarik, para traveler kerap tertarik untuk berfoto.

Medan adalah salah satu kota besar di Indonesia yang dikenal dengan keragaman suku dan budayanya. Banyak orang dari berbagai suku, etnis, dan kepercayaan hidup damai dan berdampingan di kota metropolitan ini.

Karena keragaman suku dan budayanya, Medan memiliki banyak tempat wisata yang khas, salah satunya Graha Maria Annai Velangkanni.

Graha Maria Annai Velangkanni adalah gereja unik yang menyerupai kuil India. Gereja ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling menonjol di Medan yang terletak di Kecamatan Tuntungan, Desa Tanjung Selamat, di Kompleks Taman Sakura Indah.

Annai Velangkanni Medan dan Sejarahnya

Graha Maria Annai Velangkanni adalah sebuah bangunan megah di Medan yang saat ini digunakan sebagai rumah ibadah Katolik sekaligus tujuan wisata Medan. Kesan pertama, struktur ini lebih mirip kuil India daripada gereja.

Velangkanni Medan dan Sejarahnya
Velangkanni Medan dan Sejarahnya

Mengapa struktur ini menyerupai kuil India? Pencipta gereja pertama kali terinspirasi oleh kuil India. Pendeta James Bharataputra adalah orang yang mendirikan gereja.

Selanjutnya akan terlihat seperti candi dari luar, dan di dalamnya terdapat banyak relief dan pahatan yang sebanding dengan tokoh candi India. Gereja ini mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai empat tahun kemudian pada tahun 2005.

Wisata Religi Medan ini sekarang tersedia untuk semua orang yang ingin melihatnya, termasuk pengunjung yang tertarik dengan arsitektur dan desain interior. Situs ini sangat strategis, sehingga memudahkan banyak moda transit untuk melewatinya.

Tidak ada biaya untuk berpartisipasi dalam perjalanan ini. Wisatawan juga diperbolehkan untuk mengambil foto di semua area, termasuk area doa Katolik.

Beberapa relief di dinding katedral ini menggambarkan fenomena penyaliban Yesus Kristus. Strukturnya memiliki dua tingkat: pertama adalah aula, yang berfungsi sebagai tempat berdoa, dan yang kedua adalah patung Annai Velangkanni dan putranya, yang diangkut langsung dari India.

Tempat parkir lokasi ini sangat bersih dan besar, sehingga terkesan menyenangkan. Saat Anda memasuki gereja, Anda akan melihat lingkungan yang tenang, yang akan membuat ibadah di lokasi ini lebih damai.

Tidak hanya itu, keajaiban terjadi beberapa hari setelah gereja didirikan, yaitu munculnya mata air persis di bawah kaki Bunda Maria. Penduduk setempat berpikir bahwa air dapat menyembuhkan penyakit.

Kemegahan arsitektur gereja ini akan semakin bersinar di malam hari. Suasana ditingkatkan dengan cahaya dari 40 lampu yang mengelilingi struktur. Anehnya, struktur tersebut menjadi landmark ibu kota Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, hanya ada dua gereja Velangkanni di dunia, yang pertama di India dan yang kedua di Medan.

Jadwal Kebaktian Gereja di Graha Maria Annai Velangkanni

Karena gereja ini hanyalah tempat tinggal yang dikhususkan untuk ibu tabib dan bukan paroki komunal yang stabil, tidak ada liturgi reguler seperti gereja pada umumnya.

Namun, gereja, seperti rumah lainnya, menawarkan misa. Setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 18.00 WIB untuk umat, kecuali hari Minggu, tidak ada misa.

Apa Yang Unik Di Annai Velangkanni Medan?

1. Velangkanni Medan adalah Gereja Katolik yang Mirip Kuil Hindu

Dari luar, bangunan megah ini mungkin mudah disalahartikan sebagai candi. Namun, ternyata bangunan ini adalah katedral Katolik yang didesain menyerupai candi Hindu di India.

Graha Maria Annai Velangkanni selesai dibangun pada 2001 dan diresmikan pada Oktober 2005. Pembangunan gereja ini memakan waktu empat tahun dan menelan biaya empat miliar dolar.

2. Velangkanni Medan Dibangun Oleh Seorang Pastor

Pendirian Graha Maria Annai Velangkanni merupakan buah dari keinginan dan usaha seorang Pendeta, Pastor James Bharataputra SJ.

Dia berjuang untuk membangun gereja ini dengan kerja keras, kesabaran, dan keberaniannya, hanya bergantung pada sumbangan dari para kontributor yang bersedia. 60% dana untuk pembangunan gereja ini berasal dari Indonesia, 30% dari Singapura, dan sisanya dari Malaysia, India, dan Dubai.

3. Velangkanni Medan berarsitektur dengan Gaya India Mughal

Menurut situs Velangkanni, gereja ini dibangun dengan pengaruh Indonesia-India. Arsitektur gereja ini khas karena merupakan kombinasi unik dari arsitektur Mughal India, terlihat dari embellishment dan skema warna struktur gereja.

Selain warnanya yang mencolok, bentuk menara gereja ini menjadi ciri yang paling mencolok. Kubah menara Graha Maria Annai Velangkanni didesain dengan gaya arsitektur Hindu.

Beberapa simbol keagamaan juga dapat ditemukan menghiasi bangunan gereja ini, yang sangat cocok dengan struktur candi untuk membuat kesatuan yang indah.

4. Persembahan untuk Bunda Maria Velangkanni

Graha Maria Annai Velangkanni diciptakan sebagai hadiah untuk Bunda Maria, yang terkenal di India sebagai tabib. Banyak umat Bunda Maria, baik dari dalam maupun luar negeri, mengunjungi gereja ini.

Ada juga episode unik di gereja ini yang diklaim sebagai keajaiban oleh umat Katolik, di mana sebuah mata air muncul tepat di bawah kaki patung Bunda Maria beberapa hari setelah diresmikan. Banyak orang akhirnya datang untuk minum air itu, percaya bahwa itu bisa menyembuhkan mereka.

5. Velangkanni Medan Tahan Gempa hingga 9 Skala Richter.

Graha Maria Annai Velangkanni dilaporkan mampu bertahan dari guncangan gempa dengan rating Richter 9 berdasarkan strukturnya yang kokoh dan megah. Alhasil, gereja ini menjadi salah satu bangunan paling kokoh di Medan.

6. Velangkanni Medan Destinasi Wisata Religi Terpopuler di Medan

Keuskupan Agung Indonesia mendirikan katedral ini sebagai pusat ziarah. Selain sebagai tempat ibadah umat Katolik, Graha Maria Annai Velangkanni juga menjadi objek wisata yang terkenal. Karena gereja ini dapat diakses oleh umum, banyak pelancong mengunjunginya, terutama pada musim liburan.

Namun, karena peran utama gereja adalah sebagai tempat ibadah, pengunjung harus mematuhi hukum gereja untuk menjaga kesopanan dan ketertiban.

Velangkanni Buka Jam Berapa?

Trip di tempat ini tidak dipungut biaya apapun untuk mengunjungi lokasi ini. Anda dapat pergi secara gratis. Gereja ini hanya sebuah graha yang didekasikan ke bunda penyembuh, dan bukan sebuah paroki warga yang tetap, jadi tidak ada liturgy teratur yang diputuskan seperti gereja secara umum.

Tetapi di gereja Annai Velangkanni Medan menyiapkan misa seperti graha yang lain. Misa diselenggarakan tiap hari di hari senin sampai sabtu pada jam 18.00 WIB untuk para umatnya, terkecuali hari minggu tidak ada misa.

Annai Velangkanni Medan Dan Fasilitasnya

Untuk masalah fasilitas pada tempat wisata ini cukup lengkap sehingga anda tidak perlu khwatir kunjungan anda tidak seru atau tidak menyenangkan, simak ulasan pada daftar berikut:

1. Tempat parkir

Tempat parkir yang cukup luas telah dibangun di tempat wisata ini untuk menampung mobil dari tamu. Area parkir juga dijaga polisi, jadi aman.

2. Aula

Ada juga aula serbaguna di properti ini, yang sering disewakan kepada individu.

3. Tempat Makan

Anda biasanya merasa haus atau lapar setelah menghabiskan waktu beribadah dan berkeliaran. Di sekitar lokasi wisata ini terdapat berbagai tempat makan yang menyediakan makanan dan minuman.

4. Penginapan

Jika ingin bermalam di dekat destinasi wisata ini, tersedia berbagai penginapan atau hotel dengan berbagai macam harga.

5. Toko Barang Dagangan

Jika kita kembali ke rumah tanpa kenang-kenangan, sepertinya ada sesuatu yang hilang. Untungnya, ada toko suvenir tempat Anda dapat membeli berbagai pernak-pernik dan barang untuk keluarga Anda di rumah.

6. Toilet Umum

Fasilitas yang satu ini memang tidak kalah pentingnya. Untungnya, Anda dapat menemukannya di sana.

Annai Velangkanni Medan Dengan Aksesnya

1. Melalui Udara

Setelah mendarat di Bandara Kuala Namu, naik mobil bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Jalan Tol Medan-Kuala Namu - Jl. Belmera - Patumbak - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Lintas Sumatera - Jl. Melati Raya - Jl. Bunga Sakura - Jl. Sakura III - Graha Maria Annai Velangkanni

2. Melalui Laut

Setelah sampai di Pelabuhan Belawan, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Pelabuhan R. - Jl. Tol Belmera - Tj. Mulia - Jl. Cemara - Jl. Bunga Asoka - Jl. Bunga Raya - Jl. Sakura III - Graha Maria Annai Velangkanni

3. Melalui Darat

Dari pusat kota, ambil saja rute berikut: Graha Maria Annai Velangkanni - Jl. Guru Patimpus - Jl. Gatot Subroto - Jl. Sunggal - Jl. Gagak Hitam - Jl. Bunga Asoka - Jl. Bunga Raya - Jl. Sakura III

Peta Lokasi Annai Velangkanni

Bila Anda sebagai umat katholik ingin melaksanakan ibadah di Medan, karena itu dapat berkunjung ditempat ini. Lokasi graha maria ini persisnya di Jalan Sakura III No.7, Perumahan Taman Sakura Cantik, Tanjung Selamat, Medan Bimbinggan, Kota Medan. -Lihat Kumpulan Tempat wisata di medan

Untuk menuju gereja itu, Anda dapat naik angkot lajur apa saja yang ke arah arah terminal pinang baris, selanjutnya turun di muka terminal, sesudah itu naik angkot ke asam kumbang. Jika kesulitan, kamu dapat menggunakan google maps di handphone.