Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Keren! Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir Sumatera Utara

Wisata Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Saat berlibur di Kota Medan, Anda dan orang tersayang tidak hanya akan disuguhkan keindahan wisata Danau Toba saja, tetapi Anda juga akan bisa merasakan keindahan dan pemandangan wisata Danau Toba melalui Menara Pandang Tele.

Menara Pandang Tele tidak kalah populer dengan wisata Danau Toba karena wisata Menara ini memungkinkan Anda untuk melihat keindahan Danau Toba yang indah. Wisatawan biasanya mengunjungi menara saat sore untuk melihat matahari terbenam yang luar biasa.


Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir

Menara Pandang Tele adalah tempat terbaik untuk merasakan eksotisme Danau Toba. Danau ini terletak di Sumatera Utara. Danau Toba berbatasan dengan tujuh kabupaten dan memiliki berbagai aspek yang mungkin dialami.

Menara Tele Pandang adalah salah satu lokasi terbaik untuk melihat kemegahan Danau Toba. Jika Anda mengunjungi Danau Toba, Anda harus melihat menara ini. Wisatawan berduyun-duyun ke Menara Pandang Tele karena menawarkan panorama Danau Toba.

Dari atas menara, Anda dapat melihat panorama jauh Danau Toba dan sekitarnya, serta bagian dari daratan Pulau Samosir. Di sebelah kiri terdapat Gunung Pusuk Buhit yang terkenal.

Wisata Keren! Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir Sumatera Utara
Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir Sumatera Utara

Disebelah kanan terdapat deretan pegunungan yang menjulang tinggi dan rumah-rumah penduduk di kaki gunung tersebut, dan dari ketinggian menara tersebut Anda dapat melihat Danau Toba yang berwarna biru kehijauan.

Sejarah Menara Tele Pandang Kabupaten Samosir

Menara Tele Pandang dibangun pada tahun 1988, ketika Samosir masih menjadi bagian dari pemerintahan Kabupaten Tapanuli. Drg. Sinaga, Bupati saat itu, kemudian mendedikasikan struktur tersebut.

Namun setelah Kabupaten Tapanuli Utara dimekarkan menjadi tiga kabupaten yaitu Tobasa dan Samosir, Menara Pandang Tele kini masuk dalam wilayah Kabupaten Samosir.

Pembangunan Menara Tele Pandang, serta penyediaan fasilitas, baru dimulai pada 2018 ketika Danau Toba dan "Negeri Surga Yang Indah" ditambahkan ke skala prioritas wisatawan nasional.

Wisata Keren! Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir Sumatera Utara
Sejarah Menara Tele Pandang Kabupaten Samosir

Wisata Menara Pandang Tele Yang Keren dan Menakjubkan

1. Puncak Terbaik Danau Toba Menara Pandang Tele Samosir

Menara Tele Pandang dibangun pada tahun 1988, terletak di salah satu pendekatan darat ke Pulau Samosir. Menara ini memiliki empat lantai dengan panjang pandang yang bervariasi; para tamu dapat melihat pemandangan indah dari balkon di lantai dua, sedangkan lantai empat dibatasi oleh kaca.

Menara Tele Pandang ini sering dianggap sebagai puncak terbaik bagi pengunjung yang ingin menikmati kemegahan Danau Toba secara keseluruhan. Menara observasi ini memiliki menara empat lantai.

Ada juga deretan bukit pinus yang rimbun, air terjun Sampuran Efrata, Pulau Samosir, dan Gunung Pusuk Buhit. Wisatawan dapat melihat seluruh pelosok Danau Toba dari menara observasi ini, mulai dari jajaran bukit pinus yang mengelilingi Toba hingga permukaan danau di kejauhan, yang tentu saja merupakan pemandangan yang sangat indah.

2. Terdapat Rest Area yang Melayani Wisatawan

Banyaknya pengunjung yang berkunjung ke Menara Pandang telah menarik perhatian pemerintah setempat. Wisatawan yang berkunjung ke menara observasi ini kini dapat menikmati layanan wisata seperti fasilitas rest area.

Tempat istirahat Menara Pandang Tele sangat tidak biasa karena hampir semua dindingnya terbuat dari kaca bening, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan Danau Toba langsung dari dalam ruangan.

Selain itu, pengunjung dapat beristirahat dan bersantai sambil mencicipi berbagai makanan khas Batak di rest area ini.

Rest area Tele yang terdiri dari dua tingkat ini memiliki ketinggian 214 meter dan kapasitas hingga 40 orang. Ruang istirahat ini juga memiliki mushola, toilet dalam jumlah besar, dan balkon.

Anda dapat berfoto selfie dengan pemandangan di latar belakang atau di salah satu lokasi yang ditawarkan. Selain itu, wisatawan dapat beristirahat dengan tenang dan mencicipi masakan Batak di rest area di samping menara.

Tempat peristirahatan ini memiliki bentuk bangunan yang khas, khususnya dindingnya yang terbuat dari kaca, dan juga sangat cocok sebagai lokasi berfoto Sahabat Traveler. Selain itu, ada sejumlah kafe yang terletak di sekitar menara tempat Anda dapat bersantai.

Menara Tele Pandang terletak di Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Jika Anda datang dari Medan, rute terbaik adalah Kabanjahe - Sidikalang (Simpang 4) - Tele. Perjalanan ini dapat diselesaikan dalam 4,5 jam dan menempuh jarak sekitar 168 kilometer. -Lihat Kumpulan Tempat wisata di medan

3. Harga Tiket Masuk Menara Tele Pandang Samosir

Jika Anda hanya ingin istirahat sejenak dan menikmati pemandangan, Anda tidak akan dikenakan biaya retribusi atau dikenakan sanksi jika melakukannya. Namun jika ingin naik ke menara akan dikenakan biaya Rp. 5.000 per orang.

Tentunya harga ini sangat sedikit jika dibandingkan dengan keindahan alam Danau Toba yang bisa Anda nikmati di sini.

Akhir Kata Tentang Menara Pandang Tele

Kamu baru saja membaca tentang lokasi "Wisata Keren" Menara Pandang Tele Kabupaten Samosir Sumatera Utara hari ini, semoga dapat menambah koleksi tujuan berwisata anda bersama keluarga, teman atau kerabat. Terimakasih