Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Maha Vihara Adhi Maitreya Yang Keren dan Hits, Ada patung Dewi Kuan Yim

Medan, Wisata Maha Vihara Adhi Maitreya Yang Keren dan Hits. Tidak hanya terkenal dengan alamnya, kota Medan juga menawarkan wisata religi yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Maha Vihara Adhi Maitreya. Bagi Anda yang berkunjung ke lokasi ini, Anda akan benar-benar merasakan suasana religi yang sungguh unik.


Vihara ini terletak di kawasan perumahan Cemara Asri. Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Sumatera Utara menawarkan banyak sekali objek wisata yang menarik dan mempesona.

Wisata Maha Vihara Maitreya Sumatera

Di sana Anda mungkin mengalami keindahan alam yang tidak kalah dengan bangsa lain. Salah satu hal yang harus Anda lihat di sana adalah, Maha Vihara Adhi Maitreya. Sebagai generasi muda saat ini, kebanyakan dari kita jika kita memilih tujuan wisata, kita pasti lebih suka yang banyak permainan atau hiburannya.

Ya wajar saja, karena kita menginginkan sesuatu yang bisa membuat kita bahagia, melupakan segala rasa lelah. Namun, ada jenis wisata lain yang juga harus Anda coba jika pergi ke suatu kota, terutama wisata religi.

Wisata religi sendiri tidak kalah menarik dari wisata lainnya karena di sana Anda dapat mengunjungi berbagai bangunan atau lokasi yang berhubungan dengan agama dan dapat belajar tentang sejarah yang dulu terjadi di daerah itu, atau bagaimana tempat itu dibuat.

Apalagi sebagai manusia yang beragama, sudah sepatutnya kita memahami seluk beluk agama di negara kita. Seperti di Medan misalnya, Anda bisa membawa keluarga dan berwisata religi ke Maha Vihara Adhi Maitreya.

Wisata Maha Vihara Adhi Maitreya Yang Keren dan Hits
Wisata Maha Vihara Adhi Maitreya Yang Keren dan Hits

Lokasi Destinasi Wisata Maha Vihara Maitreya

Tempat wisata Maha Vihara Adhi Maitreya sendiri memiliki lokasi yang spesifik di komplek perumahan Cemara Asri, Jl. Boulevard Utara No. 99-5, Medan. Jika Anda menyempatkan diri untuk berkunjung ke sana, Anda bisa melihat betapa damai dan nyamannya lingkungan di rumah ibadah ini.

Keindahan juga dapat diamati dari taman dengan tanaman yang tumbuh subur, menambah unsur keindahan. Bangunan vihara terbesar di Indonesia ini mungkin masih belum terlalu kuno, karena baru dibangun pada tahun 1991 dan dibuka pada tahun 2008.

Maha Vihara Maitreya merupakan salah satu tempat peribadatan umat Buddha di Medan yang menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung yang datang. Maha Vihara Maitreya didirikan pada tahun 1991 di atas lahan seluas 4,5 hektar yang terletak di kompleks Cemara Asri, Jalan Boulevard Utara, Medan.

Meski sudah berdiri sejak lama, namun baru diluncurkan pada tahun 2008. Nama Maha Maitreya di vihara ini berasal dari nama Buddha Maitreya yang ditinggikan karena ajarannya tentang cinta kasih universal kepada umat Buddha.

Bagaimana Suasana Di Maha Vihara Maitreya?

Tempat ibadah ini sangat ramai. Lingkungan di sana sangat tenang dan tenang. Hal ini membuat lingkungan ibadah semakin muram. Arsitektur dan tata letak biara ini tampak sederhana dengan banyak sudut menarik bagi orang-orang yang suka berfoto.

Di sisi kiri candi terdapat patung Dewi Kuan Yim dengan kolam berisi ikan koi yang konon membawa keberuntungan. Selain itu, ada dua patung naga yang saling berhadapan, mengarah ke patung Dewi Kuan Yim.

Di Maha Vihara Maitreya juga memiliki taman burung yang menampung berbagai jenis burung. Hal ini membantu tamu yang datang merasa betah dan lupa waktu.

patung Dewi Kuan Yim di Maha Vihara Adhi Maitreya
Patung Dewi Kuan Yim di Maha Vihara Adhi Maitreya

Bukti Toleransi Beragama Vihara

Vihara ini dapat menjadi bukti kekayaan masyarakat Medan sekaligus indikasi bahwa toleransi umat beragama di sana sangat besar.

Meskipun mereka adalah agama minoritas, umat Buddha tetap memiliki kebebasan untuk membangun tempat ibadah. Bahkan gedung Maha Vihara Maitreya merupakan salah satu yang terbesar di kota Medan, Indonesia, hingga terbesar di Asia Tenggara.

Fasilitas Yang Tersedia Maha Vihara Adhi Maitreya

Soal fasilitas, selain sebagai tempat ibadah, vihara ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir. Beberapa fasilitas yang dapat Anda manfaatkan adalah:

1. Area Parkir

Tempat wisata ini telah memberikan tempat parkir yang cukup luas untuk menampung mobil dari wisatawan. Tempat parkir juga ada polisi yang mengawasi, jadi aman.

2. Auditorium

Bagi Anda yang memiliki acara seperti resepsi pernikahan dan ingin diselenggarakan di vihara, Anda cukup datang ke tempat wisata ini. Kapasitas orang juga cukup besar.

3. Pujasera atau Kantin

Biasanya setelah menghabiskan waktu berjalan-jalan di sekitar area candi dan mengikuti anak Anda bermain, Anda mungkin merasa haus atau mungkin lapar. Sekarang di tempat wisata ini Anda dapat menemukan banyak food court yang menawarkan makanan ringan, makanan dan minuman.

4. Penginapan

Bagi Anda yang ingin bermalam, di dekat lokasi wisata ini Anda dapat menemukan banyak penginapan atau hotel dengan harga yang sangat berbeda.

5. Toko Suvenir

Sepertinya ada yang kurang jika kita meninggalkan museum dan galeri ini tanpa kenang-kenangan. Untungnya ada toko suvenir dengan berbagai pernak-pernik dan barang yang bisa Anda beli untuk keluarga di rumah.

6. WC Umum

Fasilitas yang satu ini tidak kalah penting. Untungnya Anda dapat menemukannya di sana.

7. Taman Bermain Anak

Di Taman Avolokitesvara, Anda dapat bersantai dan menikmati lingkungan sekitar sambil menemani anak Anda bermain di tempat yang disediakan.

Spot Foto Terbaik di Maha Vihara Adhi Maitreya

Pastikan saat mengunjungi lokasi wisata, Anda membawa kamera baik dari smartphone maupun kamera profesional dengan kualitas gambar yang lebih tinggi. Di Maha Vihara Adhi Maitreya sendiri Anda bisa mendapatkan banyak pemandangan yang indah dan unik.

Arsitektur struktur candi dengan ukiran dan dekorasi dengan pengaruh budaya Cina dapat dirasakan di sana. Anda juga dapat memilih tempat di dekat kolam ikan koi atau Taman Avolokitesvara untuk berfoto bersama keluarga. -Lihat juga: Tempat wisata di medan

Spot Foto Terbaik di Maha Vihara Adhi Maitreya
Spot Foto Terbaik di Maha Vihara Adhi Maitreya

Kemudian di tempat lain terdapat patung Buddha, Dewi Kwan Im dan Hakim Bao yang tak kalah menarik untuk dijadikan target foto. Sesampainya di pintu masuk vihara yang berdiri kokoh ini juga sering dijadikan lokasi berfoto oleh pengunjung yang datang.

Baca Juga: Rekomedasi Wisata

Cara Akses Maha Vihara Adhi Maitreya

1. Akses Via Udara 

Sesampainya di Bandara Kuala Namu, anda cukup melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor mengikuti rute : Jl. Jalan Tol Medan-Kuala Namu - Jl. Jalan Tol Belmera - Jl. H.Anif - Jl. Cemara - Jl. Cemara Asri Boulevard Raya - Jl. Kelapa - Jl. Cassia 2 - Maha Vihara Adhi Maitreya

2. Akses Melalui Laut 

Sesampainya di Pelabuhan Belawan, Anda cukup melanjutkan perjalanan menggunakan mobil bermotor mengikuti rute: Jl. Pelabuhan R. - Jl. Tol Belmera - Tj. Mulia - Jl. Krakatau - Jl. Cemara - Jl. Cemara Asri Boulevard Raya - Jl. Kelapa - Jl. Cassia 2 - Maha Vihara Adhi Maitreya

3. Akses Via Darat

Dari pusat kota, Anda hanya perlu mengikuti rute berikut: Jl. Rambutan - Jl. Sikambing - Jl. H. Adam Malik - Jl. KL Yos Sudarso - Jl. Pertempuran - Jl. Cemara - Jl. Cemara Asri Boulevard Raya - Jl. Kelapa - Jl. Cassia 2 -Maha Vihara Adhi Maitreya

Jam Buka & Tiket Masuk Maha Vihara Adhi Maitreya

Jam buka objek wisata ini adalah setiap hari, selama 24 jam. Pengunjung juga tidak perlu membayar tiket masuk, jadi gratis. 

Kesimpulan Terkait Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Viharra Adhi Maitreya digadangkan sebagai kuil Budha paling besar di Indonesia atau mungkin di Asia Tenggara.

Maha Vihara Adhi Maitreya memiliki luas 4,5 hektar dan berdiri semenjak 1991. Tetapi bagunan masif ini baru disahkan pada Agustus 2008.

Wujud arsitektur Maha Vihara Adhi Maitreya benar-benar unik. Karena, sanggup memvisualisasikan karakter dan budayaan riwayat Budha Maitreya. Teritori itu menyajikan nuansa seakan-akan bukan sedang di Indonesia.

Rekomendasi Wisata Kawasan Sumatera Lainnya

Untuk praktisi photografi, Maha Vihara Adhi Maitreya merupakan surganya, banyak spot menarik dan unik yang, baik sebagai object khusus, atau latar. Misalnya samping kiri Vihara terdapat patung Dewi Kuan In. Ada pula patung naga di denpannya.