Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menakjubkan Geosite Sipinsur, Ini Wisata Dan Spot Danau Toba Terbaru

Destinasi Wisata Geosite Sipinsur Spot Danau Toba - merupakan tempat wisata di Medan yang bisa anda kunjungi saat liburan tiba. Perjalanan yang tidak jauh dari wisata Danau Toba ini tidak pernah ditinggalkan wisatawan karena keindahan dan bentang alamnya yang tak kalah menawan dari wisata lainnya. 


Anda bisa menikmati pemandangan hutan, perbukitan, bahkan Danau Toba. Kehidupan Sipinsur sangat tenang dan tenang, dikelilingi oleh hutan pinus besar dengan pemandangan yang luar biasa.

Sungguh mendebarkan hati dan jiwa melihat keindahan alam dari ketinggian. Jika Anda melakukan perjalanan ke puncak Bogor, Anda dapat melihat luasnya kota yang diselimuti alam dari sudut pandang yang tinggi. Ditemani angin sepoi-sepoi yang menenangkan jiwa.

Melihat ke bawah dari ketinggian memungkinkan kita untuk melihat segala sesuatu tanpa melewatkan apa pun. Kita mungkin senang menikmati luasnya alam sambil mengintip ke setiap sudut dan celah kota metropolitan.

Keindahan Wisata Geosite Sipinsur Danau Toba

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Danau Toba bukan? Danau Toba adalah danau terbesar di Sumatera, dan keindahannya diakui secara luas tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Ada pilihan lain bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Danau Toba. Khususnya dengan mengunjungi Geosite Sipinsur. Kabupaten Humbang Hasundutan adalah rumah bagi Geosite Sipinsur.

Humbang Hasundutan secara harfiah berarti "dataran tinggi tempat matahari terbenam" dalam bahasa Batak. Pasalnya, Geosite Sipinsur berada di ketinggian 1.213 meter di atas permukaan laut dan luasnya sekitar 2 hektar.

Wisata Menakjubkan Geosite Sipinsur Spot Danau Toba Terbaru
Geosite Sipinsur Spot Danau Toba

Yang dimaksud dengan "geosite" adalah wisata yang terdiri dari geologi, biologi, dan budaya, atau dengan kata lain kawasan wisata alam.

Dari segi vegetasi alam dan kealamian, Geosite Sipinsur mendapatkan juara pertama dalam ajang Pesona Indonesia (API) 2018 yang diadakan oleh Dinas Pariwisata setempat.

Hal ini dikarenakan Geosite Sipinsur merupakan dataran tinggi yang menawarkan pemandangan alam Danau Toba sebagai bentang alam yang panjang. Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang Geosite Sipinsur. Ayo, lihat!

Sejarah Geosite Sipinsur Danau Toba

Hanya ada tujuh supervulcan atau letusan gunung berapi terbesar di planet ini, termasuk supervulcan Danau Toba.

Danau Toba Supervulcan diperkirakan terbentuk sekitar 73.000 tahun yang lalu. Perkembangan dataran tinggi di sekitar Danau Toba mengikuti. Dan dataran tinggi sebagai puncak supervulcan.

Salah satu dari banyak bukit yang mengelilingi Danau Toba adalah dataran tinggi runcing bernama Sipinsur, yang menghadap ke danau yang terkenal itu.

Sipinsur mendapatkan namanya dari kata Batak atau bahasa "pinsur," yang berarti "runcing." Alhasil, Geosite Sipinsur adalah nama yang diberikan untuk geosite ini.

Wisata Menakjubkan Geosite Sipinsur Spot Danau Toba
Wisata Geosite Sipinsur Spot Danau Toba

Aktivitas di Geosite Sipinsur "Spot Danau Toba"

1. Spot Selfie

Saat ini rasanya kurang lengkap rasanya jika kita mengunjungi suatu lokasi tanpa berfoto. Kami akan segera mencari lokasi yang ideal dan memotretnya.

Ada banyak kesempatan berfoto di Geosite Sipinsur, di antaranya dengan latar belakang Danau Toba, pohon pinus yang menjulang tinggi, atau jika Anda beruntung, latar belakang posisi awan di bawah Anda.

2. Taman Bermain Anak

Geosite Sipinsur juga memiliki taman bermain untuk anak-anak. Sehingga setiap orang tanpa membeda-bedakan dapat menikmati keindahan alam Sipinsur.

3. Camping (Berkemah)

Hutan pinus di dekat kawasan Geosite Sipinsur sering dimanfaatkan untuk kegiatan berkemah. Anda yang akan mengikuti kegiatan camping di sini harus siap dengan udara dingin yang akan menusuk Anda sampai ke tulang. Karena ketinggiannya yang tinggi, suhu udara bisa mencapai 17 derajat Celcius.

Adat dan Budaya Masyarakat Sekitar Geosite Sipinsur

Tradisi dan budaya masyarakat di sekitar Geosite Sipinsur masih sangat kental dalam kehidupan sehari-hari. Tentu menjadi gambaran yang harus dicontoh oleh daerah lain dalam menjaga tradisi dan warisan budaya nenek moyang.

Tradisi Batak yang masih banyak dianut antara lain: 

  1. Kelahiran, 
  2. Perkawinan, 
  3. Pemakaman, dan 
  4. Sambutan Orang Tua 

Dalihan Na Tolu yang artinya tiga prinsip yang harus dipatuhi, merupakan salah satu budaya Batak yang masih dipertahankan hingga saat ini.

  1. Pertimbangan bagi keluarga istri
  2. Perempuan harus dilindungi dan dihormati.
  3. Berhati-hatilah saat berurusan dengan anggota keluarga yang sama (marga).

Lokasi dan alamat Geosite Sipinsur 

Geosite Sipinsur terletak di Desa Parulohan, Kecamatan Paranginan, Kabupaten Humbang Haanglean, Provinsi Sumatera Utara - 22476.

Arah Menuju Geosite Sipinsur Geosite Sipinsur hanya berjarak 18 kilometer dari Bandara Silangit di Siborong-borong, Utara Kabupaten Tapanuli, dan membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit untuk mencapainya.

Dari bandara, pergi ke utara di Jalan Raya Muara / Jalan Silangit. Belok kiri ke Jalan Sisingamangaraja dari Lau.

Setelah sekitar 3,2 kilometer, belok kanan ke Jalan Sihonongar dan terus sampai Anda mencapai Jalan Wisata.

Setelah memasuki Jalan Wisata dan menempuh perjalanan sekitar 2,1 kilometer, belok kanan sejauh kurang lebih 350 kilometer. Dan Anda sudah sampai di kawasan wisata Sipinsur di sebelah kanan.

Namun, jika keberangkatan awal dari kota Medan, perjalanan biasanya akan memakan waktu kurang lebih 8 jam.

Tiket Masuk dan Penginapan,  Perjalanan Ke Geosite Sipinsur

1. Tiket Masuk Obyek Wisata Geosite Sipinsur 

Biaya masuk obyek wisata Geosite Sipinsur adalah Rp. 5000 per orang. Karena harga tiket masuknya yang sangat murah, sangat ideal sebagai tujuan wisata keluarga dan wisata edukasi.

2. Jam Operasional Geosite Sipinsur 

Jam operasional Geosite Sipinsur adalah dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 23.00. Geosite Sipinsur dapat diakses dari Senin sampai Minggu.

3. Penginapan Geosite Sipinsur

Tidak ada penginapan di kawasan wisata Geosite Sipinsur, dan penginapan terdekat dari lokasi Sipinsur berjarak kurang lebih 17 kilometer.

Harga bervariasi berdasarkan jenis penginapan atau hotel serta fasilitas yang disediakan. Biaya akomodasi antara Rp. 200.000 dan Rp. 900.000 per malam.

4. Perjalanan ke Geosite Sipinsur

Jika Anda mengunjungi objek wisata Geosite Sipinsur, Anda harus memperhatikan hal-hal penting berikut:

Jadwalkan perjalanan Anda saat cuaca mendukung, yaitu saat cuaca cerah.

Jika Anda ingin berkemah di kawasan Geosite Sipinsur, pastikan Anda tidak meninggalkan perbekalan atau peralatan apapun.

Jika Anda akan berkemah, ada baiknya untuk mengatur atau melapor ke manajemen.

Berhati-hatilah saat bepergian atau mengunjungi tempat wisata, dan ikuti semua protokol kesehatan dan keselamatan yang ditetapkan oleh manajemen dan otoritas setempat.

Tidak mencemari lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi saat mengunjungi Geosite Sipinsur. Karena Geosite Sipinsur akan dimasukkan sebagai bagian dari paket wisata internasional Danau Toba. Jadi jangan sampai mempermalukan bangsa dengan membuang sampah sembarangan -Lihat Kumpulan Tempat wisata di medan

Selama berwisata dan mengunjungi tempat-tempat wisata, selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan, aman, dan menyenangkan.

Selalu dokumentasikan pengalaman bahagia Anda dan kemudian posting di media sosial. Sekaligus membantu pemasaran atraksi wisata yang sedang berkembang.

Geosite Sipinsur Salah Satu SDA Indonesia

Dengan sedikit polesan, keindahan alam nusantara bisa disulap menjadi destinasi wisata yang luar biasa. Geosite Sipinsur merupakan salah satu sumber daya alam Indonesia yang siap mendunia.

Mari kita bantu pertumbuhan daerah ini dengan menghindari merugikan atau mencemari saat mengunjungi tempat-tempat wisata ini. Demikian penilaian kami terhadap Geosite Sipinsur Spot Danau Toba dan kami mengucapkan selamat berlibur...