Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

✔ 19+ Tempat Wisata di Sibolga yang Hits dan Instagramable

Tempat Wisata di Sibolga. Sibolga adalah salah satu kotamadya di provinsi utara Sumatera, terletak di pantai barat pulau Sumatera, membujur dari utara ke selatan. Sibolga adalah bekas ibu kota Karesidenan Tapanuli.

Lokasinya dekat pantai di kota Sibolga tentunya unik dengan keindahan sunsetnya. Lokasi yang dekat dengan pantai memungkinkan Sibolga mempunyai suhu udara yang cukup panas. 

Meski begitu, kebaikan dan ramah tamah dari orang-orang Sibolga membuat setiap wisatawan yang tinggal di Sibolga betah dan merasa nyaman untuk waktu yang lama.

Tempat Wisata di Sibolga Terbaru & Paling Hits Instagramable

✔ 19+ Tempat Wisata di Sibolga yang Hits dan Instagramable

Sibolga yang identik dengan pantai yang menawan menjadikan Sibolga kota dengan banyak pulau cantik nan indah. Namun apakah tempat wisata di Sibolga hanya sebatas pantai-pantai di pulau-pulau kecil yang indah? Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Sibolga yang paling populer, hits dan Instagramable.

1. Pulau Putri Sibolga

Pulau Putri Sibolga

Ukuran pulaunya sekitar setengah hektar, dan ukuran pulaunya relatif kecil. Namun jangan heran jika pemandangan di pulau ini membuat Anda terkesima melihat keindahanannya yang eksotis. 

Pemandangan bawah laut berupa batu karang, rumput dan ikan bewarna akan sangat memanjakan mata. Cocok bagi Anda yang hobi diving karena alam bawah laut yang sangat luar biasa.

Pulau ini berjarak 12 km dari pusat kota, sehingga dapat dikunjungi dalam waktu 30 menit. Jika ingin berwisata dengan kapal juga bisa karena banyak fasilitas kapal yang tersedia. Namun karena harga sewanya yang mahal, akan lebih baik jika Anda mengambilnya secara rombongan, yaitu sekitar 1-1,5 juta tergantung jarak dan durasi.

Alamat: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

2. Pulau Pasir Putih Sibolga

Pulau Pasir Putih Sibolga

Seperti namanya, Pulau Pasir Putih menarik dengan keindahan pasir putihnya. Air laut biru yang indah membuat mata segar dengan kecantikannya. Airnya yang jernih membuat terumbu karang di bawah laut terlihat jelas, memanjakan mata siapa saja yang memandangnya.

Pasir putih halus yang terhampar membuat pengunjung betah berlama-lama duduk di sana. Pulau Pasir Putih sangat direkomendasikan bagi para pelancong, terutama yang mengagumi keindahan pantai dengan pasir putihnya. Pulau ini adalah tempat wisata di sibolga sumatera utara yang keren.

Alamat : Jl. Sibolga – Barus, Mela II, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

3. Pulau Bangke

Pulau Bangke

Pulau Bangke adalah salah satu pulau terindah di Sibolga. Untuk sampai ke sana, Anda harus menunggu dulu hingga air surut. Medannya luas dan didominasi oleh pohon kelapa dan hutan bakau alami, yang membuat kawasan ini sangat menarik. tempat wisata di kota sibolga ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menikmati ketenangan dan keindahan alam.

Pulau Bangke memiliki garis pantai berbatu dan beberapa pasir putih, yang merupakan daya tarik utama. Nama ‘Bangke’ adalah fakta bahwa banyak mayat Belanda dimakamkan di pulau ini. Hal tersebut menambah daya tarik pulau ini dari sisi historisnya.

Alamat: Pulau Bangke, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

4. Pantai Pandan

Pantai Pandan

Menghabiskan waktu liburan dengan mengunjungi pantai masih menjadi hal yang utama bagi banyak orang. Mendengar deru ombak, laut berhembus hingga menjadi melodi yang menenangkan. Anda bisa mengunjungi Pantai Pandan yang merupakan salah satu destinasi wisata di Sibolga paling populer dan keren di Sibolga.

Pantai ini memiliki pasir putih yang indah, yang memungkinkan Anda untuk berjalan tanpa alas kaki di pantai. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, jadi Anda bisa berenang atau bermain air laut. Namun jika Anda tidak terlalu suka bermain air, Anda bisa bersantai di pantai.

Alamat: Jl. Sisimangaraja padang sidempuan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

5. Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan Gadang

Pulau Poncan Gadang adalah salah satu pulau paling terkenal dengan peninggalan Goa-Goa Jepang. Kabarnya ada banyak mayat tentara Jepang di gua-gua tersebut, yang belum diambil hingga hari ini.

Ada berbagai tempat rekreasi di Pulau Poncan Gadang. Pengunjung yang menginap pasti tidak akan bingung di sini. Banyak resort dengan tingkat harga yang berbeda tersedia. Di sini, di pagi hari kita bisa menikmati keindahan laut.

Alamat: Pulau Poncan, Kec. Pasar Belakang, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

6. Benteng Bukit Ketapang

Benteng Bukit Ketapang

Jika mencari tempat wisata di sibolga selain pantai, jawabannya adalah Benteng Bukit Ketapang merupakan salah satu tempat tujuan wisata di sibolga tepatnya Bukit Ketapang, Kelurahan Sibolga Ilir. 

Ada enam benteng bersejarah dalam objek wisata ini. Ada dua benteng di satu bukit, tiga benteng di atas bukit, dan satu lagi di dasar bekas Menara Ketapang. Ada lubang di dinding yang merupakan ventilasi benteng. Benteng Ketapang ini merupakan monumen peninggalan tentara Jepang.

Dari puncak benteng bukit Benteng Bukit Ketapang, pengunjung dapat melihat kota Sibolga dan pulau-pulau kecil di Teluk Tapian Naulin. Selain itu anda akan disuguhi sunset dan sunrise pada waktunya.

Alamat: Kota Beringin, Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara 22513

7. Pulau Poncan Ketek

Pulau Poncan Ketek

tempat wisata di sibolga sumut selanjutnya adalah Pulau Poncan Ketek.  Pulau Poncan Ketek memiliki kemiripan dengan Pulau Poncan Gadang seringkali membuat wisatawan menyebut kedua pulau ini sebagai pulau kembar. 

Jarak Pulau Poncan Gadang dengan Pulau Poncan Ketekpun cukup dekat. Meskipun Pulau Poncan Ketek lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek memiliki panorama yang tidak kalah indah dengan Pulau Poncan Gadang. 

Sekalipun ukurannya yang lebih kecil membuat wisatawan lebih mudah mengelilingi Pulau Poncan Ketek.

Alamat: Pulau Poncan Ketek, Kec. Pasar Belakang, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

8. Pantai Bosur

Pantai Bosur

Tempat wisata  pantai di sibolga keren lainnya adalah Pantai Bosur. Pantai Bosur adalah tujuan wisata sibolga yang populer. Pantai Bosor memiliki banyak tempat duduk yang nyaman.

Pantai Bosur sangat ideal untuk dikunjungi bersama keluarga besar. Bagi wisatawan yang ingin bersantai dan ngobrol dengan keluarga, Pantai Bosor bisa menjadi destinasi yang tepat.

Alamat: Kalangan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

9. Tangga Seratus

Tangga Seratus

Tempat wisata di Sibolga selain pantai adalah Tangga Seratus. Tangga Seratus adalah tempat wisata di Sibolga dengan lebih dari 100 anak tangga. Tangga ini membawa wisatawan ke puncak tangga dengan pemandangan menakjubkan.

Keindahan yang disuguhkan saat sampai di tangga teratas adalah indahnya Kota Sibolga dari ketinggian yang luar biasa. Pemandangan yang masih asri dan hijau pun terawat dengan baik.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Sibolga Ilir, Kec. Pasar Baru, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

10. Pantai Ujung Sibolga

Pantai Ujung Sibolga

Wisata pantai yang tak kalah bagusnya adalah Pantai Ujung Sibolga. Yang disebut ujung pantai tidak berarti bahwa memiliki ujung pantai.  Pulau ini terletak di desa Simare-Mare, desa yang memiliki sejarah panjang. 

Destinasi wisata ini menawarkan sejuta keajaiban alam yang akan  membuat Anda takjub, karena pasirnya yang berwarna cokelat dan 
air laut yang berwarna biru. Sangat berbeda dengan  pantai-pantai lainnya di Sibolga.

Alamat: Simare-Mare, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

11. Benteng Simare-Mare

Benteng Simare-Mare

Benteng Simara-Mare adalah benteng bersejarah bekas peninggalan tentara Jepang. Menara Simare-Mare sangat strategis karena terletak di dekat pusat kota Sibolga.

Benteng Simara-Mare tidak hanya dekat dengan pusat kota tetapi juga dekat dengan laut. Hal ini memberikan banyak keuntungan bagi wisatawan. Anda dapat menikmati sejarah, keindahan laut dan pusat kota.

Alamat: Simare-Mare, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

12. Sibolga Square

Sibolga Square

Sibolga Square adalah tempat yang sempurna untuk penggemar memasak Anda. Berbagai macam kuliner tersedia dengan harga terjangkau. Dari kuliner laut seperti ikan bakar hingga khas kuliner Mie Gomak dijual di sini. Para pedagang sangat ramah kepada para pengunjung.

Sibolga Square buka setiap hari, tetapi hanya pada malam hari. Sangat cocok bagi Anda yang mengunjungi berbagai destinasi wisata di Sibolga sepanjang malam hari dan kemudian mencari destinasi kuliner untuk mengisi perut di malam hari. Selain itu, Anda bisa mencari makanan khas Sibolga di sini sebagai oleh-oleh.

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

13. Pantai Indah Kalangan

Pantai Indah Kalangan

Wisata Pantai Indah Kalangan menawarkan suasana yang berbeda dari pemandangan pantai. Karena pantai ini menawarkan pemandangan bukit yang cantik dan indah.

Pantai Indah Kalangan lebih seperti danau tetapi memiliki pasir putih yang lebih indah. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap, dengan sewa ban, banana boat, toilet dan gazebo. Jika ingin bermalam, tersedia juga penginapan dengan harga terjangkau.

Alamat: Hajoran, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

14. Pantai Wisata Indah

Pantai Wisata Indah

Wisata Pantai Wisata Indah ini merupakan bagian dari Hotel Wisata Indahh di Sibolga. Lokasi di pinggir hotel membuatnya sangat mudah dijangkau.  Anda dapat melihat Pulau Poncan secara langsung di sini. 

Selain itu, ada jembatan kayu yang menghadap ke laut. Jembatan ini bisa menjadi spot foto yang asyik dan instagenic. Untuk keperluan fasilitas, Anda tidak perlu khawatir semuanya sudah tersedia penginapan di sibolga murah

Anda bisa menemukannya dengan harga yang terjangkau mulai dari restoran, kamar tidur hingga wahana wisata. Oleh karena itu, tempat wisata di sibolga sumatera utara ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan fasilitas lengkap.

Alamat: Jl. Brigjen Katamso No.51, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

15. Kuliner Ikan Bakar Fukong

Kuliner Ikan Bakar Fukong

Tempat wisata di sibolga selain pantai adalah Kuliner Ikan Bakar Fukong. Jika Anda meninggalkan Sibolga tanpa mengunjungi Kuliner Ikan Bakar Fukong, sepertinya ada yang kurang. Kelezatan kuliner ini menawarkan ikan goreng yang gurih dan lembut. 

Baca Gan:

Orang-orang menikmati ikan goreng di sini dan merasa lidah mereka dimanjakan keenakannya. Selain ikan bakar, ada beberapa menu cumi dan udang yang enak. Bagi wisatawan yang suka Kuliner, jangan lupa untuk mencantumkan ikan goreng Fukong ke dalam daftar keinginan kalian.

Alamat: Jl. S.Parman No.39, Pasar Baru, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

16. Pulau Sarudik

Pulau Sarudik

Salah satu pulau yang paling tenang di wisata di Sibolga. Pulau Sarodik merupakan Destinasi wisata yang menawarkan pemandangan pantai yang indah. Tempat wisata daerah sibolga ini wajib kalian kunjungi untuk menikmati keindahan alamnya.

Pasir putih yang indah dan air laut yang jernih di Pulau Sarodik menjadi salah satu objek wisata wajib untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, pemandangan bawah laut yang indah untuk melakukan snorkeling. Pulau ini tidak jauh dari pusat Desa Pancuran Pinang, sekitar 3 km.

Alamat: Pancuran Pinang, Kec. Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

17. Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung adalah tempat yang sempurna untuk dijelajahi oleh para pecinta snorkeling. Di sana terdapat spot untuk snorkeling dengan airnya yang jernih dan pemandangan bawah lautnya yang mempesona dan menakjubkan. 

Tempat wisata di sibolga Tapanuli Tengah ini akan memanjakan mata kalian dengan cantiknya terumbu karang dan berbagai spesies ikan yang mengelilinginya. Harganya sangat terjangkau, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Selain fasilitas snorkeling, keindahan alam Pulau Kalimantung juga menjadi prioritas. Air laut yang stabil, pasir yang lembut, dan pemandangan pulau-pulau kecil di sekitarnya menjadi daya tarik tersendiri. 

Jika Anda datang ke sini secara rombongan, sangat mudah untuk mengunjungi pulau ini dengan menggunakan perahu dengan harga yang terjangkau.

Alamat: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

18. Pantai Pelabuhan Lama

Pantai Pelabuhan Lama

Sebuah destinasi wisata di sibolga menawarkan pemandangan pasir putih yang unik. Air yang bersih dan murni mengandung energi hipnosis alami yang luar biasa.

Suasana yang kuat membuat Anda betah berada di pantai ini. Pantai Pelabuhan Lama ini buka 24 jam sehari sehingga Anda bisa datang kapan saja tanpa harus khawatir. 

Alamat: Jl. Com.Yos Sudarso, Kota Beringin, Kec. Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara.

19. Pulau Mursala

Pulau Mursala

Meskipun Pulau Mursala tidak termasuk wilayah Sibolga dalam hal pembagian Negara Kesatuan Republik Indonesia, pulau Mursala sangat  dekat dengan kota Sibolga. Ciri khas Pulau Mursala yang membuatnya terkenal adalah adanya air terjun yang langsung turun ke laut.

Selain air terjun langsung ke laut, Pulau Mursala juga pernah menjadi lokasi syuting film Hollywood “King Kong”. Pulau Mursala ini membuatnya populer di kalangan wisatawan lokal maupun asing.

Alamat: Pulau Musala, Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Penutup

Itulah dia tempat wisata di Sibolga yang wajib kamu kunjungi. Meski sebagian besar berada di kawasan pantai, namun tempat wisata selain pantai juga tak kalah menarik dan bisa ditemukan di Sibolga.

Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara khususnya Sibolga, ada beberapa tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihannya, agar tempat-tempat yang kita lewati dapat tetap aman dan terlindungi dari segala macam bencana.