Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Objek Wisata Medan di Pulau Samosir Hits dan Populer

Pulau Samosir - Danau Toba adalah jantung dari pesona pariwisata di Samosir. Pulau ini menyediakan berbagai tempat yang terkenal karena daya tariknya yang unik. Mulai dari pantai yang eksotis hingga perbukitan alami yang begitu asri.

Selain Bali, tempat wisata di Pulau Samosir seringkali menjadi pilihan terbaik bagi pengunjung lokal dan internasional yang sedang berlibur di Indonesia. Karena sangat indah dan populer, tempat ini menjadi kebanggaan utama Sumatera Utara.

Pulau Samosir sendiri merupakan lokasi tropis yang dikelilingi oleh lingkungan yang sejuk. Di dalamnya tersimpan keindahan menawan yang boleh dikagumi tanpa batasan musim. Eitss baca juga : tempat wisata di medan yang lagi hits

Keindahan Destinasi Wisata Pulau Samosir

Tempat Wisata Di Samosir. Siapa yang tidak mengenal kawasan Samosir, Sumatera Utara, kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata dunia yang salah satunya tak lepas dari keberadaan Tempat Wisata Danau Toba.

Samosir adalah pemandangan yang sangat menarik dan tak tertandingi. Memiliki panjang garis pantai yang unik, Pulau Samosir menjadi salah satu tujuan wisatawan mancanegara untuk menghabiskan waktu liburannya. Selain Danau Toba, Pulau Samosir memiliki beberapa spot yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Tempat wisata di Samosir menawarkan keindahan yang luar biasa dan dapat dinikmati tanpa kendala musim. Samosir juga memiliki perbukitan hijau alami yang membawa kesejukan bagi siapa saja yang memandangnya.

Selain itu, ada banyak tempat wisata di Samosir yang sangat cocok untuk dinikmati saat liburan bersama keluarga tercinta. Saat berada di beberapa lokasi wisata tersebut, jangan kaget jika Anda menjumpai banyak orang kulit putih atau pengunjung asing. 

Jika orang asing hanya mengambil cuti untuk liburan di negara kita, lalu mengapa kita harus menghabiskan waktu liburan di luar negeri?

Tempat Wisata Pulau Samosir Terbaik & Paling Hits Wajib Anda Kunjungi

Ada beberapa tempat wisata di Samosir yang menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah. Pulau ini tidak diragukan lagi sangat terkenal, tidak hanya dari segi pariwisata, tetapi budaya dan adat istiadatnya yang sampai saat ini terjaga.

Kawasan ini pasti cocok untuk liburan, penasaran dengan deretan tempat wisata di samosir, dibawah ini adalah Keindahan Destinasi Wisata Pulau Samosir Medan Sumatera Utara:

1. Kota Pangururan Samosir

Kota Pangururan Samosir

Tempat wisata di pangururan Samosir. Destinasi wisata lain yang wajib dikunjungi saat berlibur di Pulau Samosir adalah Wisata Kota Pangururan. Kota ini sederhana dan terletak di tengah pulau Samosir.

Selain itu, kota ini juga terletak di tepi pantai Danau Toba, sehingga Anda dapat dengan mudah menyadari sendiri bagaimana daya tarik alam yang dimilikinya. Kota yang menjadi awal perjalanan menuju Pulau Samosir, seperti taman reklamasi dengan suasana tropis yang tidak biasa.

Meski menjadi tempat persinggahan, kota Pangururan menawarkan lingkungan yang tenang dan tenteram, sangat baik untuk menenangkan pikiran setelah lelah beraktivitas selama ini. di samping itu Anda juga bisa belajar tentang sejarah pulau yang terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu.

2. Bukit Holbung Samosir

Bukit Holbung Samosir

Terletak di Desa Marhatan Janji, Pulau Samosir, Bukit Holbung merupakan salah satu tempat wisata di Samosir yang paling sempurna untuk menikmati keindahan alam Danau Toba dari ketinggian. 

Dari bukit yang indah ini, Toppers dapat menyaksikan aktivitas para nelayan yang sedang berburu ikan di perairan Danau Toba atau beragam pemandangan di Samosir dan sekitarnya.

Saat memasuki musim penghujan, objek wisata Samosir ini akan dipenuhi dengan rerumputan hijau nan nikmat sehingga tidak jarang destinasi wisata ini dijuluki sebagai “Bukit Teletubbies” Pulau Samosir.

3. Pusuk Buhit Samosir

Pusuk Buhit Samosir

Belakangan ini wisata alam di Samosir, khususnya Pusuk Buhit, semakin ramai diperbincangkan oleh para pendaki dan penyuka keindahan alam. Karena lokasinya tidak lagi tersembunyi, Pusuk Buhit diam-diam memberikan pemandangan perbukitan, danau, persawahan hingga lembah yang menghijau di Kabupaten Samosir.

Pusuk Buhit merupakan salah satu tempat wisata baru di samosir. Rasa yang sangat alami dengan pemandangan spektakuler dapat kita nikamti. Aktivitas trekking ke puncak menciptakan momentum seru yang tak akan terhapus dari ingatan.

Satu lagi, cobalah menginap di atas bukit, bermalam di hotel bintang lima ala pecinta alam. Di pagi hari, silahkan keluar untuk menyambut sunset. Daerah ini terkenal dengan keindahan fajar yang tidak pernah mengecewakan.

4. Desa Wisata Tomok

Desa Wisata Tomok

Jika berbicara tentang keindahan pulau Samosir yang sedang hits, maka Desa Tomok yang terletak di seberang Parapat ini wajib dikunjungi. Di satu tempat, Anda dapat menikmati 3 pengalaman sekaligus, antara lain alam, atraksi budaya, dan tempat retail.

Tomok merupakan destinasi wisata yang sering diburu oleh wisatawan mancanegara saat berkunjung ke Pulau Samosir. Tak berlebihan jika komunitas sederhana yang dibalut kemegahan Danau Toba ini disukai banyak orang. Masing-masing sisi menyajikan pandangan tertentu yang akan secara akurat diingat dalam pikiran pengunjung.

Di sini juga, Anda dapat mengamati budaya Batak dari dekat dan otentik. Namun sebelumnya, pernahkah Anda membayangkan patung kayu menari? Tak jauh dari Huta Batak, atraksi Sigale-gale yang menampilkan tarian tor tor tampaknya wajib dikunjungi.

5. Bukit Beta

Bukit Beta

Bukit Beta adalah tujuan wisata lain di Pulau Samosir yang terletak di dekat Tuk-Tuk Siadong. Tuk Tuk sendiri dianggap sebagai salah satu pusat pariwisata di Pulau Samosir karena daya tarik alamnya yang luar biasa. Keindahan alam inilah yang Toppers dapat temukan dengan mengunjungi Bukit Beta.

Bukit sederhana ini menjadi salah satu tempat hunting foto terbaik bagi para pecinta fotografi, termasuk sesi foto prewedding favorit, lho. Menawarkan pemandangan indah mulai dari pemandangan alam yang indah, persawahan lokal, dan perbukitan lainnya, sudah pasti kalian tidak akan menyesal mengunjungi tempat wisata di Samosir ini.

6. Tano Ponggol

Tano Ponggol

Tempat wisata alam selanjutnya yang ada di Pulau Samosir adalah wisata Tano Ponggol yang merupakan salah satu tempat wisata yang terkenal. Objek wisata pulau samosir yang populer di mata wisatawan.

Objek wisata ini merupakan salah satu wisata sejarah yang banyak menyampaikan ajaran sejarah tentang keberadaan Belanda di masa lalu. Tano Ponggol sendiri merupakan jembatan bersejarah yang merupakan kanal yang menghubungkan pulau dengan daratan Sumatera.

Selain menjadi jembatan penghubung, Tano Ponggol juga menjadi objek wisata yang sangat populer. Jembatan bersejarah yang bentuknya menarik ini biasa dijadikan latar untuk foto selfie. 

Pemandangan alam yang mengelilinginya menjadi sajian tak biasa yang turut menambah kemegahan jembatan tersebut. Tebing-tebing di sekitarnya dan perahu-perahu yang lewat adalah pemandangan yang menyenangkan bagi setiap turis yang datang.

7. Panatapan Parhallow View Point Penanjakan

Panatapan Parhallow View Point Penanjakan

Hampir setiap sudut pandang Parhallow View Point adalah pemandangan paling spektakuler yang pernah Anda alami. Tempat wisata pulau samosir yang tidak kalah keren untuk kalian kunjungi.

Rona hijau kosmos membuat tempat wisata ini mulai sering dikunjungi oleh pengunjung lokal. Juga, tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan. Memandang Toba dengan deretan perbukitan yang memberikan sensasi saat meminum kopi hangat adalah sebuah rasa begitu nikmat.

Lokasi destinasi wisata yang cocok keluarga ini tentunya akan menamani liburan akhir pekan kurang lebih 30 menit dari desa Tomok. Sesampainya di puncak, Anda pasti akan dibuat takjub dengan pemandangan di sini. Tidak ada biaya masuk untuk wisatawan yang berkunjung, hanya saja Anda perlu minum atau makan.

Pemandangan yang indah yang cukup amazing akan anda dapatkan disini. Tidak ada salahnya bila kalian berkunjung disini untuk menikamati keindahan alam bersama keluarga tercinta. Sejak diresmikan, harga masuk objek wisata di Simanindo Samosir ini tetap gratis.

8. Desa Lumban Suhi Suhi

Desa Lumban Suhi Suhi

Destinasi wisata pulau samosir selanjutnya adalah  Desa Lumban Suhi Suhi. Salah satu ciri khas budaya Batak adalah kain ulos. Kain tenun unik yang merupakan salah satu kejayaan Batak ini telah mendunia.

Bagi kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang Ulos Batak, pertimbangkan untuk mampir ke Desa Lumban Suhi Suhi yang masih banyak terdapat pengrajin ulos tradisional. Dijual dengan kisaran harga yang berbeda, tempat wisata di Samosir ini menjadi spot terbaik untuk mencari oleh-oleh kain ulos saat berkunjung ke Pulau Samosir.

9. Pemandian Air Panas Rianiate

Pemandian Air Panas Rianiate

Destinasi wisata di Samosir selanjutnya yang disarankan untuk sahabat celotehpraja adalah wisata Pemandian Air Panas Rianiate. Salah satu wisata di pulau samosir yang tersembunyi masih belum terlalu banyak orang yang mengetahui pemandian air panas ini, padahal menghabiskan waktu di lokasi ini sungguh menyenangkan.

Anda mungkin akan puas dengan mandi air panas, sambil menikmati keindahan pulau-pulau kecil dan perbukitan di sekitarnya. Kalian juga bisa menikmati sajian alam Danau Toba mencicipi beberapa kuliner khas yang ditawarkan di sekitar objek wisata, seperti Mie Gomak, Soto Medan, Mie Stik, dan masih banyak lagi.

10. Batu Guru Samosir

Batu Guru Samosir

Batu Guru adalah tempat wisata paling unik di Samosir. Kabarnya bahwa batu granit besar bernama Batu Guru mengapung di danau dan dapat berpindah tempat.

Destinasi wisata di Nainggolan ini benar-benar dikeramatkan oleh masyarakatnya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa berkunjung. Selain perlu renungan, satu-satunya jalan masuk adalah naik perahu atau kapal yang bersandar di pelabuhan Nainggolan.

Batu Guru masih memiliki beberapa cerita yang belum selesai sampai sekarang. Beberapa pemberani yang pernah berenang dan menyelam di sana melaporkan bahwa dasarnya dihuni oleh ikan. Sedangkan bagian bawah tidak terlihat.

11.  Batu Kursi Siallagan

Batu Kursi Siallagan

Di masa lalu, Pulau Samosir memiliki berbagai kerajaan. Warisan kerajaan masih hidup sampai sekarang. Sebut saja Batu Kursi Siallagan yang cocok sebagai destinasi wisata budaya sekaligus tempat edukasi yang sangat edukatif.

Batu Kursi Siallagan cukup kental dengan aura budaya Batak. Oleh karena itu, ini akan menjadi aspek yang berbeda dari pulau Samosir biasa karena memberikan pengalaman spiritual bagi para tamu. Terletak di Desa Siallangan, Ambarita. Pengunjung dapat mengakses kompleks kerajaan secara mandiri. Tetapi kebanyakan dari mereka adalah kelompok wisata.

12. Pantai Bebas Sukkean atau Danau Sukkean

Pantai Bebas Sukkean atau Danau Sukkean

Mengisi liburan bersama keluarga selanjutnya kalian dapat mengujungi wisata Pantai Bebas Sukkean. Tempat wisata ini sangat populer dan biasanya ramai dikunjungi orang, baik lokal maupun internasional. Salah satu yang menarik dari pantai ini adalah hamparan pasir putih halus yang akan berkilauan saat terkena sinar matahari, seperti permata yang indah.

Keistimewaan lain dari pantai ini adalah kedalamannya yang relatif dangkal, dan ombak yang cukup tenang sehingga sangat menyenangkan bagi para tamu dan sangat bagus untuk bermain air dan mandi. Lingkungan alam yang tidak kalah menarik dan membantu semua orang betah bermain di pantai dalam waktu yang lama.

13. Pulau Tao

Pulau Tao

Sekarang kita akan melanjutkan perjalanan di Samosir menuju Pulau Tao. Sebuah pulau yang memiliki keindahan dan keindahan yang tiada duanya.

Selain itu, pantai ini cukup romantis dan sangat tenang. Berbeda dengan kota metropolitan yang biasanya padat dengan lalu lintas dan penduduk, pulau ini menyediakan suasana yang tenang, sangat baik untuk perawatan meditasi.

Pulau ini juga berbatasan dengan pantai yang indah, dengan pasir putih dan air laut yang biru kristal. Deretan pohon kelapa juga bisa dinikmati di sepanjang pantai. Pulau ini hanya berukuran kurang lebih 1 hektar tetapi sangat terkenal di kalangan sobat traveller.

14. Danau Sidihoni 

Danau Sidihoni

Objek wisata di Pulau Samosir selanjutnya adalah Danau Sidihoni. Hamparan padang rumput seperti sabana di perbatasan Danau Sidihoni akan membuat Anda takjub. Jika Anda sebenarnya tahu Pulau Samosir, danau ini sudah dikenal.

Danau Sidihoni adalah danau air tawar yang terdapat di dekat Desa Salaon Roba. Danau ini biasa dijuluki danau di atas danau. Tidak terlalu luas tentu saja, tetapi danau ini memiliki fungsi vital bagi penduduk setempat karena airnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Tak perlu kaget, meski Pulau Samosir dikelilingi air tawar dengan volume ratusan juta ton. Apalagi saat musim kemarau, agak sulit mencari air murni. Itulah mengapa Danau Sidihoni yang menjadi objek wisata di Ronggur Ni Huta sangat penting bagi penduduk setempat.

15. Taman Doa Getsemani

Taman Doa Getsemani

Objek wisata lainnya di Samosir adalah Taman Doa Getsemani yang juga merupakan wisata religi bagi umat Kristiani. Taman Doa ini dibangun khusus untuk sholat, sesuai dengan namanya. 

Memiliki desain yang khas dan tradisional membuat kita merasa seperti berada di bangunan khas Eropa dan Belanda. Biasanya para wisatawan tidak lupa untuk berfoto di depan gedung tersebut.

Selain itu, taman sembahyang ini juga dikembangkan dengan berbagai fasilitas yang lengkap dan termasuk taman bunga yang disiapkan dengan sangat apik, cocok untuk lokasi foto selanjutnya. Untuk mengakses tempat tersebut tidak dipungut biaya.

16. Dermaga Samosir Jetty 

Dermaga Samosir Jetty

Dermaga Samosir Jetty adalah pelabuhan kecil yang terhubung dengan taman air, area gastronomi, dan pantai. Secara aktif, lokasi tersebut saat ini sedang dalam pengembangan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir. Namun masyarakat sudah diperbolehkan datang karena dermaga sudah dibuka untuk kesenangan.

Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan adalah menaiki banana boat. Menyenangkan pasti! terkena dinginnya air Danau Toba sambil berteriak kegirangan. Jangan lewatkan momen pagi. Di sini matahari cukup cantik ketika akan bersembunyi di balik perbukitan. Mengenai lokasinya, dermaga dermaga ini terletak di Desa Situngkir, Simanindo.

17. Pantai Lumban Parmonangan

Pantai Lumban Parmonangan

Objek wisata pantai menarik dan unik selanjutnya yang akan kita kunjungi adalah wisata Pantai Lumban Parmonangan yang terletak di Desa Martoba, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Pantai ini menawarkan air laut bersih yang sangat baik dengan ombak yang jinak sehingga sangat cocok untuk rekreasi air.

Waktu yang tak kalah menarik dan selalu ditunggu adalah menikmati sunset sambil menunggu sunset di ujung langit yang memberikan pemandangan yang menyenangkan.

Melihat langit senja yang berubah warna menjadi jingga keemasan membuat spot ini terlihat sangat indah. Tak heran jika banyak pasangan muda yang menghabiskan malam di tempat ini.

18. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon Simanindo

Destinasi wisata Samosir kita kali ini akan mengunjungi sebuah museum bernama museum Huta Bolon Simanindo yang merupakan rumah adat peninggalan Raja Sidauruk.

Di dalam museum kita akan menemukan berbagai artefak leluhur orang Batak Toba yang akan memandu kita ke kehidupan masa lalu orang Batak Toba.

Beberapa artefak tersebut antara lain parhalaan, pustaha laklak, solu bolon, dan panaluan soliter. Museum ini juga melestarikan sosok Batak yang dihormati, yang disebut Gale Gale.

19. Bukit Simarjarunjung

Bukit Simarjarunjung

Masih di sekitar bukit, ada destinasi menarik lainnya berupa Bukit Indah dari Simarjarunjung. Dari namanya saja bukit ini sudah terlihat bagus, dan kenyataannya memang benar adanya. Saat berada di ketinggian, Anda bisa melihat pemandangan Danau Toba. Sebenarnya ini duplikat dari tempat wisata Jogja, Kalibiru.

Hampir satu fasilitas Bukit Simarjanjung mencerminkan daya tarik wisata Kalibiru Jogja. Namun Bukit Simarjanjung lebih asri apalagi ada pohon cinta yang banyak disukai anak muda. 

Untuk menuju ke sana, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 Per orang. Jika Anda ingin mengambil foto di lokasi Anda, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5.000/orang. Lokasi: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun

20. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

Jika Anda mencari lokasi rekreasi yang instagramable di Samosir, maka gunung yang menjulang ini adalah salah satu yang terbesar di Sumatera Utara. Di sini Anda dapat melihat pemandangan spektakuler dari atas ketinggian Danau Toba yang sangat menarik.

Situs instagenic ini juga menampilkan beberapa spot foto, mulai dari duduk di sarang burung seperti burung yang sedang mengerami telur, hingga menghiasi papan gantung berbentuk love. Sedangkan di bagian tengah dekorasi ini terdapat kursi panjang sebagai lokasi untuk berpose. Dan masih banyak lagi tempat-tempat gambar yang menakjubkan.

21. Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai

Terletak di Desa Aek Sipitu Dai, Anda dapat menjelajahi mata air alami yang menghasilkan air dengan tujuh rasa yang berbeda. Asal muasal mata air ini sendiri sangat erat kaitannya dengan cerita rakyat masyarakat setempat.

Disebutkan, dahulu kala, Ompung Langgat Limbong, generasi kedua marga Limbong, sedang mencari sumber air. Setelah dia berdoa, dia menancapkan tongkatnya tujuh kali ke tanah. Namun, usaha ini tidak berhasil. Setelah berdoa sekali lagi, tujuh lubang yang dia gali dengan meletakkan tongkatnya mulai mengeluarkan air dan membentuk mata air yang masih ada sampai sekarang.

22. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun

Air terjun di pulau Samosir. Air terjun menurunkan jika dalam bahasa Batak berarti air terjun yang menenangkan hati. Begitulah, karena air terjun ini cukup unik dilihat dari pancuran air yang mengalir dari Danau Toba. Lokasi: Tinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir. Baca Juga : 24 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaik & Terhits yang wajib dikunjungi

23. Museum Batak

Museum Batak

Untuk mengakses museum Batak, wisatawan tidak akan dikenakan biaya tiket masuk atau gratis. Di museum Batak ini Anda dapat menemukan banyak harta karun sejarah berupa pakaian adat, peralatan Batak kuno, hingga persenjataan tradisional. Lokasi: Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

Akhir Kata

Nah bagaimana teman-teman, apakah kalian sudah punya plan untuk berkunjung di tempat wisata pulau samosir? Jika kalian berkeinginan ke objek wisata yang di pulau samosir untuk menikmati keindahan alamnya, jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan selalu berhari-hati.. Semoga artikel 23 Objek Wisata Medan di Pulau Samosir Hits dan Populer dapat bermanfaat buat kita semua...