Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

24 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaik & Terhits yang wajib dikunjungi

Tempat Wisata di Berastagi – Halo teman-teman, Apakah Anda orang asli Berastagi atau orang luar yang ingin merasakan tanah Batak ini? Atau sedang mencari tempat wisata medan berastagi yang lagi hits? Ingin liburan tapi bingung mau kemana? Simak artikel ini!!

Berastagi mungkin bisa jadi salah satu tempat berlibur yang romantis dan cocok untuk keluarga berkemah. Ada banyak tempat wisata unggulan di Berastagi, karena Berastagi memang terkenal sebagai tujuan wisata di Sumatera Utara. 

Berastagi juga terkenal sebagai penghasil buah dan sayuran yang telah dijual ke luar daerah bahkan ke Malaysia dan Singapura. Baca Juga: Lokasi Wisata Di Danau Toba Medan dan Sekitarnya

Berastagi memiliki keindahan alam yang memikat, apalagi ada air terjun indah yang akan membuat perjalanan kita semakin mendebarkan. Pada postingan kali ini akan disuguhkan kembali informasi tentang lokasi wisata di sekitar Berastagi yang wajib dikunjungi, cocok untuk keluarga dan tentunya romantis.

Tempat Wisata di Berastagi Karo Medan

28 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaik & Terhits yang wajib dikunjungi
24 Tempat Wisata di Berastagi Karo Terbaik & Terhits yang wajib dikunjungi
Karo(Berastagi) merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang memiliki potensi alam yang besar, khususnya di bidang pariwisata. Daya tarik keindahan alamnya sungguh menakjubkan.

Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak tempat wisata yang sangat bagus dan layak untuk dilihat. Secara khusus, beberapa tempat wisata di Berastagi yang indah. Jarak dari kota Medan ke Berastagi kurang lebih 66 Km.

Anda dapat menuju ke tempat tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi atau melalui angkutan umum. Berlibur ke Berastagi mungkin merupakan keputusan yang tepat, ada beberapa tempat wisata terbaru dan terpopuler.

Sebagian besar tempat wisata di Berastagi adalah fitur alam. Memang, keadaan alam di sana benar-benar pemandangan yang indah. Wilayah Berastagi juga merupakan lokasi dataran tinggi, dimana ketinggiannya melebihi 1.300 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian tersebut, terlihat jelas bahwa suhu udara di sana cukup dingin. Sehingga cukup cocok sebagai lokasi peremajaan.

Tempat Wisata di Berastagi yang Lagi Hits

Berastagi terletak di antara Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Kedua gunung ini sangat populer di Sumatera Utara. Tidak sedikit pengunjung yang datang dan mendaki puncaknya, terutama Gunung Sibayak.

Ada berbagai item dan tempat wisata di Berastagi yang bisa Anda pilih, mulai dari wisata alam pegunungan, theme park, hingga water park. Kali ini Celotehpraja.com akan mengajak Anda berlibur menjelajahi tempat-tempat wisata di Berastagi yang wajib dilihat saat berlibur di sini. Apa pun?berikut ini Simak ulasan selengkapnya

1. Tempat Wisata Pagoda Taman Lumbini Berastagi

Berkunjung ke Berastagi belum lengkap rasanya jika belum melihat lokasi yang satu ini, Pagoda Taman Lumbini. Lokasi ini benar-benar merupakan pusat peribadatan umat Buddha, tetapi sekarang tersedia untuk umum. 

Yang membuat situs ini begitu menarik adalah karena bangunannya yang indah dengan arsitektur yang keren dan tidak biasa. Bahkan klenteng ini juga telah mendapatkan rekor MURI sebagai klenteng tertinggi di Indonesia. Alamat wisata ini terletak di Desa Tongkoh, Berastagi.

Arsitektur candi di Taman Alam Lumbini sendiri cukup mirip dengan bangunan candi di kerajaan gajah putih Thailand. Dengan pagoda emasnya, kawasan ini memang sangat ideal untuk dijadikan sebagai background foto yang sangat instagramable.

2. Objek Wisata Bukit Gundaling di Berastagi Medan

Bukit Gundaling memberikan panorama kemegahan kota Berastagi dari puncak bukit. Situs ini juga sangat cocok untuk dijadikan spot menyaksikan aktivitas Gunung Sinabung yang akhir-akhir ini meletus. Lingkungan alam di sekitar bukit ini masih sangat menakjubkan. 

Sebagian besar wilayah ditutupi dengan pohon pinus, dan udara di sekitarnya tampak sangat segar. Jika tujuan Anda adalah untuk bersantai, maka situs ini pasti sangat cocok untuk Anda kunjungi.

3. Destinasi Wisata Funland Mikie Holiday

Funland Mikie Holiday adalah salah satu theme park yang paling menonjol di Sumatera Utara. Jadi bukan sekedar hits di kalangan warga Berastagi. Bahkan, destinasi wisata ini juga masuk dalam daftar 25 theme park terbaik di Indonesia. 

Ada puluhan wahana menarik yang bisa Anda nikmati di Funland Mikie Holiday, seperti; Bon Voyage, Dino Tracker, Flying Fish, Fly Up, Butter Fly, dan sebagainya. Lokasi wisata di Berastagi ini cocok untuk dijadikan tempat liburan keluarga. Alamat tujuan wisata ini adalah Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Berastagi.

4. Destinasi Wisata Desa Peceren Berastagi

Desa ini merupakan salah satu komunitas budaya yang masih memegang teguh adat dan budaya suku Karo. Desa budaya ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Desa Sempajaya. Salah satu tempat wisata menarik yang sering dicari pengunjung saat berkunjung ke kawasan ini adalah rumah adat suku Karo. 

Ada sekitar 6 tempat tinggal tradisional di kota ini. Menurut lingkungan sekitar rumah adat, usianya kira-kira 120 tahun, sehingga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi.

5. Tempat Wisata di Berastagi Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan gunung berapi yang meletus pada tahun 1881. Orang Karo menamakan gunung ini 'Gunung Sibayak'. Lokasi ini sangat terkenal di Sumatera Utara dan merupakan tujuan petualangan yang menakjubkan. cocok untuk pecinta alam dan pendaki. 

Mungkin Anda salah satu pengunjung yang lebih suka mendaki, maka gunung ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Alamat tempat wisata ini berada di Sempajaya, Berastagi.

6. Wisata Berastagi Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

Objek wisata di Berastagi Medan selanjutnya adalah Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk. Berastagi memiliki wisata pemandian yang menakjubkan, terutama pemandian air panas. Pemandian air panas ini terletak di selatan Gunung Sibayak. 

Anda bisa mampir untuk mandi di sini setelah mendaki, pasti cukup nyaman. Air panas memang berasal dari gunung berapi Sibayak dan mengandung belerang. Dimana air belerang dianggap menawarkan manfaat yang baik untuk kesehatan. 

7. Wisata Sejarah di Museum Pusaka Karo Berastagi

Destinasi wisata di Berastagi selanjutnya adalah Museum Pusaka Berastagi. Museum Pusaka Berastagi adalah museum khusus yang dimaksudkan untuk menyimpan berbagai macam peninggalan yang dimiliki oleh masyarakat Karo. 

Sebagian besar pusaka yang ditampilkan di museum ini telah ada selama ratusan tahun, sehingga sebenarnya memiliki nilai sejarah yang sangat signifikan. Lokasi tempat ini berada di Jl. Petugas, Eks. Gundaling I, Kec. Berastagi, Kab. Karo. Pada hari biasa, lokasi ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Lihat Juga: tempat wisata di medan

8. Tujuan Wisata Medan Berastagi Desa Lingga 

Desa Lingga merupakan desa wisata yang menampilkan budaya Karo. Tempat ini sangat kuno, mungkin berusia lebih dari satu abad. Ada juga museum kecil yang memamerkan sisa-sisa kerajaan Karo. Tempat ini hanya berjarak 16 Km dari Berastagi. 

Bagi kamu yang tertarik dengan sejarah dan budaya, maka ada baiknya mengunjungi desa wisata Lingga ini sob. Alamatnya Desa Lingga, Kecamatan Simpang Empat.

9. Destinasi Wisata Gunung Sinabung

Gunung Sinabung merupakan salah satu gunung terbesar yang biasanya ramai dikunjungi para pendaki. Keadaan alam di sekitar gunung ini masih cukup asri dan jalur pendakiannya juga sangat alami, sehingga sangat cocok untuk dimanfaatkan sebagai pemicu adrenalin. 

Jika dibandingkan dengan jalur pendakian gunung lainnya, jalur pendakian Gunung Sinabung tidak terlalu terlihat. Namun, jika Anda mengikuti rambu yang ada di jalan setapak, dipastikan Anda tidak akan tersesat.

10. Wisata Penginapan Sinabung Hill Resort

Bagi Anda yang jauh-jauh datang ke Berastagi, cobalah menginap di Sinabung Hill Resort. Bukan sekadar resor biasa, tetapi menawarkan fasilitas luar biasa. Salah satunya adalah kolam renang besar dengan desain yang keren, dipasangkan dengan taman bunga yang sangat menarik. 

Tentu saja kawasan ini menyediakan lingkungan alam yang cukup memukau. Anda dapat dengan mudah melihat pemandangan pegunungan di belakangnya. Tempat wisata ini terletak di Jl. Kolam Renang, Gundaling I, Berastagi.

11. Tempat Wisata Air Terjun Sikulikap Berastagi

Wisata di Berastagi Medan selanjutnya adalah Air Terjun Sikulikap. Tempat wisata yang terletak di Desa Doulu, Berastagi. Berastagi juga termasuk wisata alam yang sangat spektakuler tampilannya, khususnya wisata air terjun Sikulikap. Meski air terjun Sipiso Piso paling terkenal di Sumatera Utara, namun air terjun Sikulikap tidak kalah kerennya. 

Ini memiliki daya tarik keindahannya tanpa diragukan lagi, itu benar-benar luar biasa. Untuk mencapai kawasan tersebut memang membutuhkan kerja ekstra, terutama bagi Anda yang melakukan perjalanan jauh. Namun begitu Anda sampai di kawasan tersebut, niscaya rasa lelah Anda akan tergantikan. 

Suhu udara di sana pasti cukup dingin, bercampur dengan bermain air pegunungan yang dingin dan khas. Ada juga pos pengamatan untuk melihat pemandangan air terjun Sikulikap yang mempesona sekaligus tempat untuk selfie.

12. Tempat Wisata Danau Lau Kawar di Berastagi

Tempat wisata terbaru lainnya adalah Danau Lau Kawar yang terletak di Kutagugung, Naman Teran (dahulu Kecamatan Simpang Empat) (dahulu Kecamatan Simpang Empat). Danau Lau Kawar merupakan danau yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. 

Daerah ini tidak jauh dari Berastagi. Danau ini merupakan lokasi yang indah untuk dipandang, cukup besar dan dikelilingi oleh pohon cemara. Pemandangan danau Lau Kawar juga tampak megah dengan perpaduan pepohonan hijau yang rindang di sekitarnya.

13. Tempat Wisata di Berastagi Penatapan

Tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah wisata Penatapen di malam hari. Berastagi menawarkan tempat nongkrong sekaligus penyegar lingkungan yang seru. Namanya Penatapen atau juga dikenal sebagai Penatapen Doulu. Di tempat ini Anda dapat menikmati berbagai makanan hangat seperti jagung bakar dan kopi yang lezat. 

Belum lagi pemandangan alam yang tampak sangat indah di pegunungan. Tak jarang lokasi ini juga dipenuhi kabut, sehingga menambah kesan indah seolah-olah sedang berada di alam di atas awan. 

Jika Anda datang ke sini pada malam hari, maka Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat indah dan memanjakan mata siapa pun. Anda akan disuguhkan dengan lampu-lampu kota yang cantik, ditemani dengan jagung bakar, mie instan, nasi goreng, kopi, susu, jahe, dan beberapa menu lainnya.

14. Obyek Wisata Gereja Inkulturasi St. Fransiskus

Objek wisata ini merupakan tempat peribadatan umat Kristiani. Arsitektur arsitektur bangunan sangat khas dan padat dengan karakteristik budaya Karo. Gereja ini didirikan berdasarkan musyawarah dengan masyarakat Karo. Tidak hanya sebagai tempat sembahyang, tetapi juga sering dikunjungi oleh pengunjung. 

Banyak yang tertarik dengan gaya arsitekturnya yang khas, dan pemandangan di sekitarnya juga sangat bagus. Pengaturannya tenang dan menyenangkan sebagai tempat untuk bersantai. Alamat : Jl. Jamin Ginting, Berastagi Berastagi

15. Objek Wisata Pasar Buah Berastagi

Berastagi merupakan lokasi dataran tinggi yang sangat kaya akan hasil pertanian. Jika berkunjung ke Berastagi, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi hasil pertanian di Berastagi. Salah satu tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan hasil pertanian masyarakat Berastagi adalah Pasar Buah Berastagi. 

Tempat ini terletak di Jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Kec. Berastagi, Kab. Karo. Di situs ini Anda dapat berbelanja berbagai jenis barang alam yang dikumpulkan langsung dari kebun masyarakat, seperti buah jeruk, markisa, manggis, stroberi, sawi, dan sebagainya.

16. Tempat Wisata di Berastagi Rindu Alam Resort

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata di Berastagi yang kekinian, maka kangen alam resort ini adalah salah satunya. Di tempat wisata ini Anda akan disuguhkan dengan pemandangan perbukitan dengan pemandangan pedesaan sekitar yang menakjubkan. 

Resor ini selain menawarkan tempat menginap yang nyaman, juga menyediakan berbagai fitur pendukung mulai dari kolam renang rumah hobbit, tempat ayunan, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Merindukan alam resor ini sebenarnya memberikan aktivitas yang menarik bagi wisatawan. 

Termasuk berbagai taman bermain untuk keluarga, terutama untuk anak-anak, bahkan untuk pasangan baru untuk berbulan madu. Lokasi: Jl. Jendral Jamin Gintings KM 56,4, Lau Debuk Debuk, Desa Gunung Spirit, Berastagi.

17. Tempat Wisata Gundaling Farm Berastagi

Wisata di Berastagi selanjutnya adalah Gundaling Farm Berastagi. Gundaling Farm Berastagi merupakan objek wisata agro yang sangat ideal untuk dikunjungi bersama keluarga. Di kawasan ini wisatawan dapat merasakan penawaran wisata berupa peternakan sapi yang ditangani dengan sistem semi modern. Selain itu, di kawasan ini Anda juga dapat menikmati susu sapi segar dan olahan tertentu yang berasal dari susu sapi.

18. Tempat Wisata Berastagi Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh merupakan salah satu tempat wisata di Berastagi yang sering ramai dikunjungi orang. Di situs ini, para tamu dapat menikmati pengalaman memilih buah langsung dari pohonnya. Secara keseluruhan, ada tiga komoditas buah unggulan yang bisa dikoleksi dan dinikmati di kawasan ini. Ketiga komoditas buah tersebut adalah jeruk madu, stroberi, dan markisa. 

Semua buah yang dipanen di tempat ini dapat dimakan di tempat dan juga dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Pada hari-hari biasa, objek wisata ini tersedia untuk umum dari fajar hingga senja setiap hari. Pada hari-hari suci (seperti Natal), area ini biasanya ditutup untuk umum dan baru dibuka kembali saat setelah tahun baru.

19. Tempat Wisata di Berastagi Hotel Rudang

Hotel Rudang juga merupakan hotel yang bagus untuk menginap dan berlibur. Penginapan ini memiliki kolam renang yang cukup menyenangkan bagi wisatawan. Jika Anda lebih suka berenang, maka Hotel Rudang mungkin bisa menjadi pilihan yang menarik. Hotel ini juga menyediakan pemandangan pedesaan sekitarnya yang sangat indah. 

Pemandangan perbukitan yang hijau sangat menarik untuk dilihat, apalagi suasana disana sangat sejuk dan nyaman. Wisata Penginapan ini juga menyediakan wahana outbond yang menghibur. Tempat istirahat yang indah dan indah di Berastagi ini terletak di Jl. Jamin Ginting No.16, Sempajaya, Berastagi.

20. Wisata Air Terjun Dua Warna Berastagi

Air terjun ini disebut Air Terjun Dua Warna karena aliran airnya mengandung dua warna, yaitu biru dan hijau. Jika dilihat sepintas, perpaduan warna ini sebenarnya sangat mirip dengan perpaduan warna air di objek wisata danau tiga warna di Flores. 

Aliran air yang mengalir ke air terjun ini berasal dari sungai yang dihasilkan karena letusan Gunung Sibayak. Karena itu, air yang mengalir di air terjun ini mengandung belerang, sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Hebatnya, meski termasuk belerang, air di lokasi ini cenderung tidak lengket dan tidak berbau belerang sama sekali.

21. Destinasi Wisata Berkuda Berastagi Medan

Tempat Wisata di Berastagi yang lagi populer, selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Kuda Wisata. Masih berposisi di pasar buah Berastagi, ada juga Tour Horse. Anda bisa menunggang kuda di kawasan Berastagi dengan biaya murah. Ada banyak kuda yang bisa Anda pilih salah satunya. Alamatnya jl. Gundaling, Tambak Lau Mulgap I, Berastagi.

22. Wisata Alam Air Terjun Batu Belah

Tidak jauh dari Air Terjun Dua Warna, ada lagi wisata air terjun yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu Air Terjun Batu Belah. Air terjun ini terletak tidak jauh dari stasiun pendaftaran Bumi Perkemahan Sibolangit, sehingga cukup mudah untuk didapatkan. 

Jika dibandingkan dengan Air Terjun Dua Warna, air terjun ini umumnya tidak begitu populer di kalangan pengunjung. Padahal, jika dibandingkan, air terjun ini tak kalah memukau dengan Air Terjun Dua Warna. 

Ya, walaupun air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun di tempat ini orang masih bisa menikmati air pegunungan yang murni. Lokasi air terjun Batu Belah cukup sederhana untuk didekati. Jika Anda suka, Anda bahkan dapat mencapai air terjun ini dalam waktu 5 menit dengan sepeda motor.

23. Wisata Alam di Berastagi Efi Honey Gardens

Efi Honey Gardens merupakan wisata informatif bagi pengunjung tentang budidaya madu, vegetasi, dan peternakan. Ada berbagai jenis flora di sana. Ada juga berbagai bunga mekar di musim. Dan ada juga penangkaran kuda. 

Perspektif tamannya pasti sangat memukau, dilengkapi dengan properti yang megah, sehingga tempat ini semakin menjadi favorit untuk kegiatan selfie. Destinasi wisata ini juga menawarkan space untuk camping, mungkin kamu tertarik untuk camping disana. 

Efi Honey Garden dianggap sebagai lokasi liburan keluarga. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kabupaten Berastagi. Alamatnya jl. Kabanjahe – Siosar KM.13 Siosar, Sukamaju, Tigapanah.

24. Tempat Rekreasi Indah Berastagi Sapo Juma 

Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Tonggong, Kecamatan Merek, Karo. Rekomendasi tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah di kawasan Brand, Kabupaten Karo. Destinasi wisata yang satu ini memang sudah cukup populer, letaknya tidak jauh dari Berastagi, sangat sayang untuk anda lewatkan. 

Anda dapat menikmati masa inap yang menyenangkan di Sapo Friday, kemudian menikmati taman megah yang memiliki rangkaian bunga yang indah. Apalagi dengan pemandangan alam sekitarnya yang tak kalah megah. Wisata malam homestay menyenangkan bagi para tamu untuk bermalam, serta area taman yang memberikan pemandangan taman bunga yang indah. Baca Juga: Danau Toba Berasal Dari

Penutup

Itu dia lokasi pariwisata di Berastagi! Lokasi wisatanya beragam, mulai dari alam, tempat rekreasi dengan wahana, hingga bangunan yang memegang rekor MURI. Perjalanan dari Medan ke Berastagi juga tidak terlalu lama, sekitar 1,5 jam sampai 2 jam. Sepanjang perjalanan, mata Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan.
Hal baiknya adalah banyak lokasi wisata di Berastagi yang relatif dekat. Jadi, menyewa kendaraan tentu lebih menguntungkan karena Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata sekaligus dalam satu hari.

Bukankah menyenangkan pergi ke Berastagi? Jangan lupa untuk membawa pakaian hangat ya sob, agar tidak kedinginan selama bertamasya di sana. Nah, setelah kembali dari Berastagi, kamu bisa melanjutkan perjalanan gastronomi ke kafe-kafe trend dan instagramable di kota Medan Sumatera Utara.