Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

28 Makanan Khas Sumatera Utara Paling Enak dan Lezat

Kalau membahas soal enak dan lezat jangan pernah lupakan Makanan Khas Sumatera Utara (Sumut) karena disini anda bisa menikmati kulineran yang bisa membuat Kamu ketagihan, betapa tidak, banyak wisatawan dari berbagai daerah yang rela datang kemari untuk menikmati panorama sekaligus mencicipi berbagai makanan yang mempunyasi ciri khas tersendiri.

Pada hari ini kita akan membongkar apa saja Makanan Khas Sumatera Utara yang nantinya akan kamu coba nikmati rasa khas_nya bersama Kelompok, Keluarga, Teman ataupun Rekan Kerja Anda.

Semisal kamu belum pernah berlibur di diarea Sumut mungkin anda akan mengalami kendala terkait menu berupa hidangan yang enak dan lezat di daerah ini.

Karena itu dibawah ini, tim kami akan mencoba memberikan kamu sedikit referensi yang mungkin anda butuh bila kedepan berkunjung disini.

Daftar Makanan Khas Sumatera Utara

Berikut ini merupakan rincian daftar nama makanan khas dari Prov. Sumut yang dirangkum dari banyak referensi terpercaya, secara khsusus direkomendasikan untuk kamu saat atau sedang berkunjung dilokasi ini yang juga terkenal berkat tempat - tempat wisata di medan (Ibu kota dari provinsi sumatera utara)

Makanan Khas Sumatera Utara
Makanan Khas Sumatera Utara

1. Anyang Pakis - Sumatera Utara

Anyang pakis merupakan masakan khas sumatera utara asal Kabupaten Asahan yang lezat, kamu bisa mencicipinya untuk melengkapi wisata kuliner Anda di Prov. Sumatera Utara. Unsur utama dalam hidangan ini adalah daun pakis muda.

Makanan ini tampaknya mirip urapan, kecuali jika Anyang Pakisnya menggunakan kelapa parut panggang atau serundeng yang dibumbui sebagai pengganti minyak urapan.

Tak hanya itu saja Anyang Pakis juga disajikan dengan tauge rebus, daun pepaya, atau kacang panjang sebagai lauknya. Ingat, Makanan sehat ini hanya tersedia selama Ramadhan saja, jadi cukup sulit menemukannya di luar bulan Ramadhan.


2. Naniura - Sumatera Utara

Makanan khas sumatera utara yang ke 2 versi celotehpraja.com adalah masakan tradisional Batak terkenal yang satu "Naniutan", asal Naniura ini dikenal datang dari daerah Tapanuli Utara dan biasa disajikan sebagai santapan raja.

Naniura dalam bahasa Batak berarti "ikan yang belum matang namun enak untuk dimakan".

Dalam hidangan ini, ikan tidak dimasak, melainkan dibumbui dengan bumbu yang unik. Ikan gurame dibersihkan dan direndam dalam air jeruk atau asam jawa.

Ikan yang digunakan biasanya tidak terlalu besar supaya proses pematangannya merata. Naniura siap disajikan setelah direndam selama 4-5 jam dan dagingnya sudah mulai kenyal dan mudah sobek. 

Ikan tersebut kemudian disiram dengan bumbu dan rempah-rempah, yang dibuat lebih beraroma dengan tambahan andaliman dan kecombrang.


3. Arsik Ikan Mas - Khas Sumatera Utara

Makanan ini memiliki cita rasa khas yang menarik karena menggunakan bumbu dan rempah pilihan asli di daerah Sumatera Utara.

Arsik ini mengandung asam cikala, buah kecombrang, dan andaliman yang membuat aromanya semakin sedap. Item utama dalam hidangan adalah ikan mas, tetapi jenis ikan lain juga bisa hidangkan apa bila tidak akan ikan mas.

Uniknya lagi, sisik ikan mas boleh dibersihkan atau tidak dibersihkan tergantung pada preferensi pribadi. Perut ikan yang dilumuri bumbu kuning kemudian diisi kacang panjang dan bawang merah batak.

Selanjutnya ikan mas dimasak sampai matang dan dikeringkan dengan api sedang. Menu ini cocok disandingkan dengan sepiring nasi hangat yang pulen.


4. Bika Ambon -Sumatera

Bika Ambon sebagai makanan ciri khas dari Sumatera Utara semacam kue yang dibuat dari adonan berbentuk tepung, santan, gula, dan kuning telur.

Akan tetapi, difermentasi dengan menambah air di getah. Bika ambon umumnya dipasarkan dengan rasa pandan, meskipun saat ini sudah ada rasa lain seperti durian, keju, juga cokelat.


5. Lemang -Khas Sumatera Utara

Lemang sebagai makanan ciri khas Sumatera Utara yang dibuat dari beras ketan yang sudah digabung dengan santan dan proses pemasakan memakai mediator bambu. Umumnya, saat sebelum dimasukkan pada bambu, nasi ketan ini dibalut lebih dulu dengan daun pisang.

Yang membuat unik pada proses mengolah lemang ini yakni langkah membakarnya.di saat proses pembakaran, bambu ini akan dibakar dengan status tegak ke api.

Sesudah masak, lemang dihidangkan dan bisa dikonsumsi atau ditambahkan pada sajian lain. Sesudah masak lemang dihidangkan dan dapat dimakan langsung atau dapat diberi tambahan lauk.


Banyak orang sering mengkonsumsi Lemang dengan memberikan tambahan isian bercita rasa manis seperti kinca, serikaya, dan selai. Bahkan juga ada yang menambah rendang, telur, dan lauk pauk lain. Rasa lemang yang asli ialah rasa asin renyah karena ada santan yang merasuk ke beras ketan.

6. Daun Ubi Tumbuk -Khas Sumatera Utara

Daun ubi tumbuk sebenernya sayur singkong yang diolah dengan santan, perbedaannya dari sayur yang lain yakni dau ubi yang ini daunnya di tumbuk, terus di dalamnya ada bunga kecombrang, teri medan seperti tekokak atau sejenisnya.

Sayur ini umumnya semakin lebih nikmat lagi jika kalau dikonsumsi berbarengan dengan ikan asin.


Buat bikin makanan ini lumayan gampang, cuman memerlukan bahan daun singkong, diprioritaskan daun pilihan yakni daun yang masih terbilang muda. terakhir ialah olahan bumbu lembut dari cabe merah, bawang merah, kunyit, dan bawang putih saja.

7. Mie Gomak -Khas Sumatera

Mie Gomak sebagai olahan mie asal Batak Toba berbahan pokok yakni Mie Lidi. Alasan pemberian nama pada mie Gomak ialah karena dahulunya mie ini dibikin dengan digengam memakai tangan.

Mie ini biasanya dihidangkan dengan 2 macam penyajian, yakni basah dengan ciri-ciri uniknya yang mempunyai kuah yang renyah dan goreng yang dibuat dengan cara digoreng.


Umumnya sesudah direbus mie lidi akan dikasih kuah saus kaldu ayam, diberi bumbu dan dihias dengan sayur. Mie Gomak mempunyai rasa pedas dan ada tambahan bumbu andaliman yang membuat rasanya makin pedas.

8. Kue Putu Bambu -Khas Sumatera Utara

Makanan ini dibuat dari tepung beras yang selanjutnya di isi dengan gula merah dan wewangian pandan yang amat khas. Dari sisi rasa kue putu ini benar-benar manis dan lengit, gula merahnya akan menetes di mulut.


Buat bikin makanan ciri khas Sumatera Utara satu ini cukup unik hanya karena memerlukan cetakan bambu berupa uap. Nanti, bambu akan berisi tepung beras, kelapa dan juga gula merah.

9. Bihun Bebek - Khas Sumatera Utara

Terbuat dari bahan dasar bihun dan suwiran daging bebek ini memiliki cita rasa gurih yang menggugah selera.

Bihun bebek biasanya disajikan dengan sawi, daun bawang, dan juga bawang putih goreng. Ampela hati, dapat ditambahkan ke menu ini berdasarkan permintaan.

Karena menggunakan kuah kaldu dari daging bebek yang dibumbui, bihun bebek ini memiliki sensasi rasa yang sangat nikmat, apalagi jika disantap  dalam kondisi agak panas sudah pasti itu benar-benar nikmat.


Bihun Bebek  dari Sumatera Utara yang satu ini menjadi salah satu tempat untuk mencari bihun bebek yang terkenal di Medan.

10. Natinombur - Makanan Khas Sumatera Utara

Makanan khas batak satu ini memiliki rasa pedas dan gurih yang menggiurkan. Biasanya ikan bakar ini akan disajikan dengan kuah kental yang kaya akan bumbu untuk menambah cita rasa.

Ikan air tawar bersih seperti mujahir, lele, atau nila direndam dalam air jeruk dan sedikit garam untuk menghilangkan bau amis. Ikan tersebut kemudian dibakar hingga matang dan diolesi dengan saus pedas.


Kalau pada menu ini, sensasi pedas dan cita rasa khas andaliman cukup membuat lidah bergoyang menikmati kenikmatannya.

11. Manuk Napinadar - Makanan Khas Sumatera Utara

Masakan tradisional Batak (Manuk Napidar) biasanya disajikan pada acara-acara adat dan melibatkan proses memasak yang panjang. Bahan utama dalam resep ini adalah ayam kampung.

Setelah itu, saus khas yang terbuat dari bumbu tumis dan darah ayam dituangkan di atas potongan ayam panggang.


Restoran Pinadar Nainggolan yang terletak di Jalan Sidikalang-Medan, Batang Beruh, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara ini menawarkan menu non halal ini.

12. Bubur pedas Khas Sumatera

Umumnya, warga Medan biasa menjadikan bubur pedas sebagai salah satunya menu berbuka puasa penting. Bahan khusus yang dipakai untuk pembikinan bubur pedas ini yakni beras yang selanjutnya dikasih daging dan sayur juga rempah-rempah yang cukup banyak, cabe sehingga rasanya mejadi pedas namun tetap lembut dimulut.

Biasanya bubur pedas ini cuman ada pada saat bulan Ramadhan saja. ini sama seperti dengan bubur-bubur yang lain, namun rasanya yang pedas jadi nilai plus dan unik. Bukan hanya daging dan sayurnya, bubur pedas ini  dihias dengan menu anyang, yakni sayur berbentuk pakis dan toge.

13. Kolak Durian Khas Sumatera

Bila umumnya kolak dibuat dari ubi atau pisang, di Medan ada yang bernama kolak durian yang terbuat dari daging durian asli. Pemanfaatan durian sendiri mempunyai tujuan untuk menambah harga jual durian. Karena durian di Medan cukup banyak.

Satu jatah kolak durian bukan hanya berisi durian dan airnya saja. Tetapi, ada tambahan lain berbentuk kolak pisang kepok, jagung manis rebus, gula aren, ketan putih hasil kukusan, dan tambahan kuah berbentuk santan.


Kolak ini rasanya begitu manis di mulut karena jagung, pisang, dan durian olahan yang miliki rasa manis,  Belumlah lagi ada gula aren yang membuat rasa manis kolak ini semakin kuat.

14. Sate Kerang Khas Sumatera

Di Medan Sumatera Utara ada makanan yang bernama sate kerang yang menggunakan kerang sebagai bahan dasar. Bila dibanding dengan sate yang lain, sate ini tidak banyak perbedaan, karena letak bedanya cuman dari dagingnya saja. Kerang-kerang itu akan ditusukkan dalam tusukkan tiga sampai empat cangkang.


Memiliki rasa yang sangat berlainan dengan sate pada umumnya, rasa sate kerang ini meupakan pilihan yang pas. Jadi untuk kamu yang datang berkunjung ke Sumatera Utara, seakan begitu kurang komplit bila tidak mencicip makanan yang ini.

15. Saksang - Makanan Khas Sumatera Utara

Makanan ini dibuat dari daging babi (atau daging anjing) yang sudah digabung dengan memakai darah, dan beragam rempah -rempah (termaksud jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabe, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman).

Umumnya yang tidak terlatih dengan olahan makanan semacam ini pastinya terdengar begitu menjijikan. Tetapi ini uniknya kulineran Indonesia, untuk sebagian orang menjijikan tetapi untuk lainnya benar-benar nikmat rasanya.

Saksang ini menjadi makanan penting pada acara tradisi pernikahan Batak. Saat ini di beberapa pesta acara tradisi pada Sumatera Utara nyaris ada selalu meja terpisah yang menyuguhkan "masakan nasional" maknanya cuman diolah dengan memerhatikan azas kehalalan saja. Karena itu saksang sapi dan saksang ayam juga saat ini makin tenar.

16. Dali ni Horbo - Khas Sumut

Makanan khas ini dibuat dari susu kerbau, yang diubah menjadi makanan lezat yang dikenal sebagai keju Batak. Susu kerbau klasik ini memiliki cita rasa khas dan khas yang sangat mewah di lidah.

Beberapa pasar lokal di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir menjual menu keju Batak ini.

Pondok Makan Sitalolo yang terletak di Jalan Turi Ujung No. 188 Medan, Sumatera Utara, juga menjual keju tradisional ini.

17. Ombus-ombus - Khas Sumut

Ombus-ombus Tapanuli Utara adalah jajanan khas Siborong-borong yang terbuat dari tepung beras, tepung ketan, atau kombinasi keduanya, dikukus dan diisi gula merah.

Makanan ini biasanya sering disajikan pada perayaan hari-hari tradisional, terutama ketika batu pertama untuk rumah diletakkan.

Ombus-ombus adalah hidangan lezat yang dibuat dengan mengukus tepung ketan atau tepung beras dengan kelapa parut dan sedikit garam.

Bahannya dibungkus daun pisang dan diisi gula merah sebelum dikukus lagi sampai matang.

18. Sambal Tuktuk - Makanan Khas Sumatera Utara

Masakan khas ini memiliki sensasi pedas yang cukup menggigit, sangat cocok bagi penggemar sambal. Sambal ini sendiri ini dibuat dengan bumbu sederhana yaitu cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan sedikit garam.

Andaliman sering digunakan untuk meningkatkan rasa dan aroma. Karena dibuat dari ikan aso-aso, sambal ini jauh lebih nikmat. Sementara Ikan aso-aso adalah sejenis ikan kering sibolga dengan rasa gurih alami.

Jadi, setelah ditumbuk kasar semua bumbu cabai, ikan aso-aso ditumbuk sampai memar lalu diberi jeruk nipis. Jika aso-aso tidak tersedia, ikan kering alternatif dapat diganti, meskipun rasa pada akhirnya akan sedikit berbeda dengan rasa asli.

Saus tuktuk dapat disajikan dengan berbagai macam sayuran, antara lain daun singkong, kacang panjang, dan terong.

Cukup celupkan ke dalam saus sambal dan makan dengan sesendok nasi panas untuk pengalaman yang menggugah selera!

19. Udang Tauco - Makanan Khas Sumatera Utara

Menu ini merupakan makanan ciri khas Deli Serdang (Sumatera Utara), sebagai salah satunya kulineran yang difavoritkan oleh banyan pelancong. Olahan udang yang ini memang juara dalam soal rasa. Sesuai dengan namanya, sajian yang satu ini memakai udang sebagai bahan intinya yang diolah dengan bumbu tauco.

Sebagai tambahannya, udang tauco ditambahi dengan potongan tomat hijau, cabai hijau juga kecombrang, sehingga gabungan rasa pedas dan gurih membuat masakan ini cukup mengunggah hasrat, tentunya hidangan yang ini benar-benar pas jadi menu makan siang saat ada di Propinsi Sumatera Utara.

Salah satunya restaurant yang dapat kamu incar untuk nikmati menu ini ialah Retsoran Waringin yang ada di Jalan Mayang No. 2, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara.

20. Gulai Masam - Khas Sumatera Utara

Santapan gulai masam masih merupakan ciri khas masakan Deli Serdang Sumatera Utara yang menyuguhkan cita-rasa gulai yang pastinya kaya akan rempah dan rasa asam didalamnya. Maka gabungan rasa yang dibuat benar-benar unik dan membangkitkan selera.

Mengenai bahan yang diperlukan buat bikin gulai masam ini ialah ikan air tawar, santan, bumbu rempah, belimbing wuluh, dan cabai. Bumbu lembut dan rempah ditumis hingga harum, selanjutnya ikan dimasukkan.

Di akhir, santan dituangkan dan diolah sampai kuah mengental. Walau diolah dengan lumayan sederhana tetapi cita-rasa dari gulai masam cukup sangat memikat.

Untuk mencicip cita-rasa gulai masam kamu dapat tiba ke Warung Nasi Ciri khas Melayu "Gonjor" yang ada di Pasar Rodi, Pekan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

21. Nasi Bakar Sombang - Khas Sumatera Utara

Makanan Khas Deli Serdang Sumatera Utara ini adalah nasi yang dimasak menggunakan bumbu khusus dan kemudian dibakar.

Rasa nasi terasa makin enak berkat tambahan ikan teri sebagai lauknya, nasi bakar bisa juga dilahap bersama-sama dengan ayam mogap dan sambel hijau sehingga cita-rasanya makin komplit dan sempurna.

22. Nasi Perang - Khas Sumatera Utara

Nasi Perang merupakan makanan tradisional dari Deli Serdang, Sumatera Utara yang semakin langka. Nasi, sambal, dan lauk pauk biasa dibungkus daun pisang dalam olahan nasi.

Perpaduan rasa nasi perang ini cukup menggiurkan. Jika seporsi nasi perang tidak cukup untuk mengenyangkan perut yang lapar, Anda bisa menambahkan lebih banyak lagi!

Warung Nasi Perang Wak Neng yang terletak di Jalan Sunggal, Sei Sikambing B, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara, menyajikan Nasi Perang yang menggiurkan.

23. Lehedalo Nifange - Khas Sumut

Sajian ciri khas asal Suku Nias Sumatera Utara ini menyuguhkan rasa sensasi yang cukup antik karena dibuat dari bahan daun talas yang selanjutnya diolah dengan bumbu rendang. Menu ini dikenal juga dengan istilah rendang talas dan umumnya dihidangkan bersama sagu atau nasi.

Walau dibuat dari daun talas tetapi cita-rasa rendang didalamnya tidak kalah sedap buat dikonsumsi. Kulineran tradisionil ini sebagai salah satunya menu yang telah langka diketemukan.

24. Silio Guro - Makanan Khas Sumatera Utara

Sajian tradisionil yang ini sepintas serupa dengan pepes ikan bakar yang banyak ditemui di beberapa wilayah di Indonesia. Tetapi ini dikenal berbeda dari pepes ikan pada biasanya, kuliner ciri khas Nias ini dibuat dari udang.

Jadi, Daging udang yang hendak dipakai digiling dan digabung dengan parutan kelapa yang telah diberi bumbu, selanjutnya dibalut atau dibungkus dengan daun pisang dan dibakar hingga masak.

Rasa udang yang renyah seakan makin nikmat saat dipadankan dengan parutan kelapa yang berbumbu yang kaya rempah sehingga Benar-benar pas dikonsumsi bersama sepiring nasi putih yang hangat.

25. Kofo-Kofo - Khas Sumatera Utara

Kulineran tradisional dengan bahan ikan ini adalah salah satunya makanan ciri khas daerah Nias (Sumatera Utara) yang pas buat menemani makan siangmu. Kofo-kofo sendiri dibikin dari daging ikan yang telah dikuliti dan ditumbuk dengan lembut.

Dari hasil tumbukannya tersebut digabung dengan bumbu dan telur lalu dimasak. Sesudah itu olahan ikan tersebut bisa dimasak dengan kuah santan juga bumbu rempah yang unik hingga cita-rasanya makin mengunggah hasrat.

26. Holat Ikan Nila - Khas Sumatera Utara

Katanya sebagai sajian beberapa raja Tapanuli Selatan pada makanan ini jenis ikan yang dipakai ialah ikan jurung. Tetapi sebab alasan ekonomis makanan ini memakai ikan nila sebagai gantinya.

Ikan nila yang telah dibakar tersebut dihidangkan bersama dengan kuah holat yang kaldunya berasal dari kulit tanaman balakka dan beberapa tunas rotan, dengan cita-rasa sedikit pahit tetapi manis saat dikonsumsi bersama kuahnya.

27. Tambeye - Makanan Khas Sumatera Utara

Olahan beras ketan direbus menjadi ketupat dalam makanan tradisional khas Nias, Sumatera Utara ini, memberikan rasa yang sedikit berbeda dari ketupat pada umumnya. Berhentilah mengunjungi Pasar Ex Gomo di Nias, Sumatera Utara, untuk mencoba tambeye ini.

28. Itak Gurgur - Khas Sumatera Utara

Kulineran ciri khas Batak ini umumnya dihidangkan dalam upacara tradisi dengan cita-rasa renyah dan manisnya yang cukup memikat. Itak sendiri sebagai istilah untuk beras yang dilunakkan secara tradisionil dengan memakai lesung dan alu.

Kue yang kelihatan sederhana ini dibikin berbahan tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah. Ke-3  bahan itu selanjutnya digabung jadi satu dan sudah bisa untuk dikonsumsi.

Namun bila dibuat dengan manual misalnya menggunakan kepalan tangan biasanya dikenali sebagai pohul-pohul.

Walau penganan ini siap untuk disajikan tanpa perlu diolah, tetapi ada pula yang selanjutnya dikukus dan diketahui dengan istilah ombus-ombus.

Kesimpulan Terkait Makanan Khas Sumatera Utara

Telah kita simak bersama diatas bahwa makanan khas sumatera utara diatas mempunyai rasa tersendiri yang mampu memanjakan setiap orang yang menikmatinya.

Akhirnya makanan Enak dan Lezat yang sesungguhnya bisa didapatkan diberbagai daerah yang ada diindonesia termasuk salah satu diantaranya adalah disumatera utara yang memungkinkan kamu menikmati hal itu dengan ciri khasnya yang unik.

Sampai disini, terimakasih telah membaca post ini mudah-mudahan bermanfaat untuk kamu dan semua yang membutuhkannya, jika ada tambahan silahkan hubungi kami melalui menu contact yang tersedia pada akhir postingan ini.