Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Wisata Air Terjun Sipiso Piso Tertinggi Di Medan (Karo) Sumatera Utara

Mari lihat Air Terjun Sipiso-Piso Tertinggi Di Medan (Karo) Sumatera Utara, Perjalanan ke Sumatera Utara belum lengkap jika Anda belum melihat objek wisata keren selain danau toba. Ada yang mengenal dengan objek wisata yang dimaksud? Jika Anda mengatakan Air Terjun Sipiso Piso, Yupp, lu keren!. Dengan ketinggian Air Terjun Sipiso Piso melebihi 120 meter, ini adalah air terjun tertinggi keempat di Indonesia.


Terletak di Kabupaten Karo. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang indah selain ketinggiannya yang luar biasa. Alhasil, lokasi ini biasanya dipenuhi pengunjung, baik lokal maupun internasional.

Apa Maksud dan Arti Nama Air Terjun Sipiso Piso?

Bagi anda para traveler dari luar kota yang sudah membuat rencana untuk berlibur di wilayah Sumatera Utara yang terkenal dengan keindahan Danau Toba, kami memberikan rekomendasi tempat liburan unik dari salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yaitu Kabupaten Karo.

Melihat Wisata Air Terjun Sipiso-Piso Tertinggi Di Medan (Karo) Sumatera Utara
Air Terjun Sipiso-Piso Tertinggi

Kabupaten Karo merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara ke Sumatera Utara. Ada banyak lokasi menarik untuk dijelajahi di kawasan karo ini, seperti wisata alam, gastronomi, dan perbelanjaan.

Dan salah satu tempat yang paling menarik untuk dibahas kali ini adalah objek wisata alam yang paling terkenal di wilayah Karo yaitu Air Terjun Sipiso-piso. Air terjun ini diberi nama Sipiso-piso karena dari atas seperti pisau dengan ketinggian mencapai 120 meter.

Mengapa Air Terjun Sipiso-Piso Tertinggi Sebagai Keajaiban Alam?

Keindahan Air Terjun Sipiso Piso sudah tidak perlu diragukan lagi. Air terjun ini memiliki keindahan yang luar biasa karena letaknya yang berada di perbukitan dan dikelilingi oleh hutan pinus di punggungnya.

Bersama dengan luasnya Danau Toba, yang berkontribusi pada kemegahannya. Air terjun ini dialiri oleh Sungai Pajanabolon dan mengalir ke Danau Toba. Air terjun Sipiso-piso sangat ideal bagi wisatawan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota dan menikmati alam sekitar yang tenang.

Air Terjun Sipiso Piso Terkenal "Super Keren"

Tempat liburan ini memberikan pemandangan alam yang akan memukau para tamu dengan keindahan air terjun yang sangat tinggi dikelilingi pemandangan hijau dari alam, dan suara air terjun yang sangat nyaring.

Anda mungkin menghargai keindahannya dari kejauhan. Air tampaknya jatuh secara vertikal di antara bebatuan. Saat pertama kali tiba, Anda harus menuju ke anjungan pengamatan Air Terjun Sipiso Piso di Medan.

Melihat Wisata Air Terjun Sipiso-Piso Tertinggi Di Medan (Karo) Sumatera Utara
Air Terjun Sipiso Piso Terkenal "Super Keren"

Dari sana, Anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Sipiso Piso, hamparan Tanah Karo yang indah, dan tentunya Pulau Samosir di tengah Danau Toba.

Karena kemegahannya, pemandangan ini pasti membuat Anda tidak bisa berkata-kata. Tangan Anda pasti akan membidik dengan cekatan pada benda yang luar biasa ini.

Setelah Anda mengisi platform observasi, Anda harus menuruni tangga untuk melihat Sipiso Piso dari dekat.

Tahukah Butuh Energi Banyak Menaiki Anak TanggaAir Terjun Sipiso-Piso?

Mengapa Anda membutuhkan lebih banyak energi di sini? Untuk sampai ke dasar air terjun, Karena Anda harus menaiki ratusan anak tangga. Selain itu, Anda harus memiliki perut yang kuat karena jalanan yang terjal dan berkelok-kelok.

Jangan khawatir tentang kebosanan; Saat menuruni anak tangga menuju kaki air terjun, Anda akan disuguhkan dengan kemegahan Danau Toba dan lingkungan yang menghijau di sekitarnya.

Seringkali Anda membutuhkan waktu 30-45 menit untuk mencapai dasar air terjun. Kalau kasusnya naik, jelas lebih lama dari itu. Tapi itu semua kembali kepada Anda. Jika Anda memiliki stamina tinggi, Anda pasti bisa tiba lebih cepat dan pulang lebih cepat.

Anda yang kelelahan setelah menuruni anak tangga akan terkompensasi dengan keindahan air terjun yang dipamerkan. Ada air terjun megah yang dikelilingi perbukitan dengan pelangi tak berujung di dasarnya. Apa keindahan yang menakjubkan!

Aktivitas yang bisa di lakukan di lokasi Air Terjun Sipiso PisoTertinggi

Saat Anda mencapai dasar Air Terjun Sipiso Piso, Anda dapat dengan cepat mengabadikan keindahan air terjun dengan kamera Anda; hanya tidak mendekati terlalu dekat. Pakaian Anda dijamin basah dari jarak 20 meter. Sangat disayangkan jika kamera Anda menjadi basah.

Apakah Anda ingin berenang atau bermain air? Jangan lakukan itu; keadaan di bawah air terjun tidak bisa dilakukan. Jadi, jika Anda tidak ingin sesuatu terjadi pada Anda, jangan coba-coba. Selalu utamakan keselamatan!

Selain menikmati kemegahan air terjun dan pemandangan sekitarnya. Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Tempat parkir yang luas, toilet yang cukup bersih, kios makanan dan minuman, rest area dengan gazebo, dan toko suvenir.

Selanjutnya ada terpal di bawahnya yang sudah disulap menjadi tempat menyimpan barang agar tidak basah sekaligus tempat ganti baju. Jadi, jika Anda mengunjungi Air Terjun Sipiso Piso di Sumatera Utara, Anda bisa bersantai.

Rute Jalan, Fasilitas, Jam Buka dan Harga Tiket Air Terjun Sipiso PisoTertinggi

1. Rute Menuju Air Terjun Sipiso Piso

Lokasinya terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau mobil pribadi untuk sampai ke sana.

Jika Anda meninggalkan Medan, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menuju Kota Kabanjahe dengan menggunakan bus atau mobil pribadi.

Dari sana, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Danau Toba yang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Jarak dari kota Medan sekitar 70 kilometer. Sementara itu, sekitar 35 kilometer dari Brastagi dan 25 kilometer dari Kabanjahe.

Apakah itu benar-benar sejauh itu? Jangan khawatir, jalur menuju Air Terjun Sipiso Piso sudah diaspal, membuat perjalanan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.

2. Jam Operasional dan Harga Tiket

Wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata ini kapan saja karena buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Meski buka 24 jam sehari, Anda tidak disarankan berkunjung pada malam hari.

Untuk mengakses area tersebut, Anda harus membayar biaya. Biaya masuknya hanya Rp. 5.000 per orang. Dan untuk pengunjung yang menggunakan sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk wisatawan yang menggunakan mobil.

Fasilitas Wisata Air Terjun Sipiso-PisoTertinggi

Penyelenggara wisata telah menciptakan berbagai fasilitas pendukung yang dapat ditempatkan di kawasan situs sehingga pengunjung dapat menghargai keindahan alam ini. Setelah selesai bermain di dasar air terjun.

Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berbelanja fitur-fitur air terjun Sipiso-piso atau kawasan sekitarnya.

Di atas tempat wisata tersebut terdapat beberapa toko yang menawarkan barang-barang yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan sebagai bukti bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di lokasi ini.

Pihak penyelenggara wisata juga telah memberikan lahan parkir yang cukup luas serta beberapa gerai makanan bagi para pemudik yang membawa mobil.

Mereka yang mencari akomodasi di dekat tempat wisata dapat dengan mudah menemukannya di lingkungan tongging atau kabanjahe.

Selain wisata air terjun ini, anda juga bisa menikmati pemandangan alam Danau Toba di kawasan Tongging Inn yang cukup asri, dan udara di kawasan Tongging juga sangat menyenangkan karena jauh dari hiruk pikuk kota. -Baca Juga 👉 Tempat wisata di medan yang hits

Anda juga dapat menginap di wilayah Kabanjahe, yang juga merupakan tempat wisata yang layak untuk dikunjungi.

Di Kabanjahe, Anda dapat menikmati keindahan alam, mencicipi berbagai jenis buah, dan belajar tentang seni dan budaya setempat, yang semuanya akan memperluas wawasan Anda saat berlibur.