Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Keindahan Wisata Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara

Cagar Alam Sibolangit - Bagi Anda yang penat dengan kehidupan kota, kemacetan lalu lintas, rutinitas kerja yang padat, atau kertas kuliah yang menumpuk seperti cucian kotor untuk anak kos, inilah tempatnya. Anda bisa pergi ke Wisata Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara. Hmm... di dalam apa aja? yuk simak reviewnya!

Ada beragam aktivitas wisata menarik yang bisa dinikmati selama berada di sana. Lokasi ini termasuk jalan yang terjal dan berliku serta berada pada ketinggian 246-515 meter di atas permukaan laut (mdpl).


Menikmati alam, edukasi pelestarian lingkungan, edukasi konservasi satwa, pengamatan burung enggang, dan Penyembuhan Hutan adalah semua kegiatan seru yang bisa dilakukan di kawasan Cagar Alam Sibolga.

Wisata Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara Dengan Keindahannya

Menjelajahi alam, seperti objek wisata Cagar Alam Sibolangit yang terletak di Desa Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara memang mendebarkan.

Lokasi yang sudah berdiri selama 103 tahun ini tidak kehilangan daya pikatnya dan terus dikunjungi pengunjung dari berbagai lokasi bahkan dari luar pulau Sumatera.

Menikmati Keindahan Wisata Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara
Gambar: Cagar Alam Sibolangit - Sumatera Utara

Destinasi wisata yang memiliki luas sekitar 85 hektar dan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut ini memberikan pemandangan alam yang sangat indah yang sebanding dengan lokasi lainnya.

Pepohonan di sana tumbuh sangat subur dan juga cukup jauh ke atas, sehingga udara yang terbentuk terasa dingin dan segar, tidak seperti udara metropolitan yang tercemar.

Cagar Alam Sibolangit Di Sumatera Utara Untuk Melindungi?

Cagar Alam Sibolangit selain berfungsi sebagai tujuan wisata, juga berfungsi sebagai pelindung kawasan konservasi untuk menjaga sistem penyangga kehidupan, mengelola tata air, iklim makro, dan menjaga keseimbangan lingkungan.

Cagar Alam Sibolangit juga kaya akan flora dan satwa liar karena luasnya hutan hujan tropis. Pohon-pohon besar seperti Angsana (Pterocarpus indicus), Nyamplung (Calophyllum Inophillum), dan Meranti mendominasi flora yang tumbuh subur di sana (Shorea sp).

Ada juga berbagai jenis satwa liar, seperti burung liar, babi hutan, trenggiling, kancil, kuskus, kijang, dan lain-lain. Lokasi ini biasa digunakan untuk perkemahan sekolah. Anda pasti akan senang mengamati kekayaan daya tarik objek wisata Cagar Alam Sibolangit.

Menikmati Keindahan Wisata Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara
Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara

Cagar Alam Sibolangit Terdapat Di Daerah Mana?

Seorang wisatawan akan terpikat pada pesona Cagar Alam Sibolangit setelah menjelajahinya. Cagar alam ini berada di Desa Sibolangit, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Kegiatan Pengunjung Cagar Alam Sibolangit Yang Seru

1. Menikmati Keasrian Alam

TWA Sibolangit, sebagai cagar alam, memiliki alam yang masih asri dan hidup. Anda dapat melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata ini jika Anda ingin mengurangi rasa lelah dengan mencari udara segar.

Cagar alam ini berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan. Tak heran jika TWA Sibolangit dipandang bermanfaat bagi keberadaan lingkungan sekitar. Selain itu, berbagai tanaman yang tumbuh di sana tumbuh subur.

Tentunya membuat pengalaman mengunjungi cagar alam sambil menikmati alam semakin menyenangkan. Wisatawan yang datang sepanjang hari tidak perlu khawatir dengan terik matahari karena pepohonan cukup rindang dan tinggi.

2. Perlindungan Lingkungan

TWA Sibolangit terletak sekitar 38 kilometer dari Kota Medan. Pengaturan cantik jelas indah disimpan. Saat berlibur di sana, Anda dapat berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan untuk membantu melestarikan keindahan cagar alam.

Sementara itu, salah satu tugas pendidikan pelestarian lingkungan yang dapat dilakukan adalah mempelajari beberapa flora yang ada di sana, seperti bunga bangkai khas Sumatera. Selain itu, karena curah hujan yang signifikan, berbagai tanaman dan spesies lain tumbuh subur di sana.

Kawasan lindung Sibolangit dimanfaatkan tidak hanya sebagai tujuan wisata dan pendidikan lingkungan, tetapi juga sebagai lokasi penelitian. Mengenali alam adalah langkah pertama dalam tindakan perlindungan lingkungan.

Menikmati Keindahan Wisata Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara
Wisata Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara

Beberapa tanaman, herba, dan pohon telah diidentifikasi untuk memberikan informasi dasar kepada pengunjung. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, Anda dapat bertanya kepada petugas TWA Sibolangit ketika Anda kembali dari cagar alam sehingga Anda dapat mendidik teman dan keluarga Anda.

3. Perlindungan Satwa

Tempat wisata ini memiliki banyak koleksi flora cantik serta satwa liar seperti kukang, monyet, kucing kuwuk, dan babi hutan. Trenggiling juga terlihat di TWA Sibolangit. Trenggiling adalah salah satu hewan yang paling sering diperdagangkan secara ilegal.

Memang, Kelompok Spesialis Trenggiling International Union for Conservation of Nature (IUCN) memperkirakan bahwa lebih dari satu juta trenggiling telah dicuri secara tidak sah dari alam liar dalam dekade terakhir. Selanjutnya, delapan spesies trenggiling masuk dalam Daftar Merah Spesies Terancam IUCN.

Ini menandakan bahwa trenggiling adalah spesies yang terancam punah. Saat berkeliling cagar alam Sibolangit, menikmati alam dan melakukan pelestarian lingkungan, Anda dapat menjumpai berbagai makhluk yang hilir mudik di habitat aslinya.

Anda dapat belajar tentang konservasi satwa liar di TWA Sibolangit jika Anda ingin menjaga satwa liar, khususnya trenggiling, agar mereka dapat bertahan hidup untuk waktu yang lama.

4. Mengamati Burung

enggang merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke TWA Sibolangit. Rangkong dan rangkong emas dapat diamati dengan bebas membumbung tinggi dan hinggap di dahan pohon cagar alam.

Tidak hanya itu, beberapa tanduk emas terlihat saling menyambut saat terbang. Enggang emas adalah salah satu dari 13 spesies rangkong yang ditemukan di Indonesia. Mereka adalah spesies hewan yang dilindungi.

Jika Anda kebetulan menemukan rangkong dari jarak dekat, sebaiknya jangan memberi makan atau memegangnya tanpa bimbingan dan izin dari petugas.

5. Forest Healing

Forest Healing adalah gagasan yang mempromosikan kemampuan alam untuk menyembuhkan dan menenangkan umat manusia. Jalan-jalan atau meditasi di tengah hutan sebenarnya bisa membuat seseorang merasa terhubung dengan alam karena membuat betah.

Sensasi ini memungkinkan seseorang untuk merasa santai, mengurangi jumlah ketegangan yang mereka alami. Selama menginap di TWA Sibolangit, Anda dapat melakukannya sambil menikmati lingkungan alam yang masih sangat hidup.

Namun, saat berkunjung dan mengikuti kegiatan wisata yang berbeda, pastikan tidak ada sampah yang tertinggal demi menjaga kebersihan lingkungan.

Fasilitas Cagar Alam Sibolangit

Fasilitas yang ada di obyek wisata Cagar Alam Sibolangit tidak banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang dapat ditemukan, seperti;

1. Tempat Parkir

Anda yang membawa kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, tidak perlu khawatir untuk parkir karena sudah disediakan tempat parkir yang cukup luas dan sesuai.

2. Warung Tempat Makan

Setelah berjam-jam menjelajahi hutan hujan tropis di Cagar Alam Sibolangit, perut Anda akan keroncongan. Tidak perlu bingung jika Anda kekurangan waktu atau lalai menyiapkan materi. Ada vendor terdekat yang dijalankan oleh penduduk setempat yang menyediakan makanan dan minuman dengan biaya yang masuk akal.

3. Gazebo

Anda dapat bersantai dan duduk bersama keluarga sambil mengagumi indahnya pemandangan hutan hujan tropis, keanekaragaman flora dan fauna, dan udara segar dengan mendirikan gazebo atau tempat duduk.

4. Penginapan

Jika Anda membutuhkan hotel untuk bermalam di lokasi wisata ini, Anda dapat menemukan hotel yang sesuai dengan anggaran dan permintaan Anda.

5. Toilet

Salah satu fasilitas penting ini juga telah dipasang sehingga Anda tidak perlu pergi mencari toilet di luar kawasan cagar alam.

Cagar Alam Sibolangit Lokasi Foto Instagrammable

Tidaklah cukup untuk pergi berlibur bersama keluarga atau teman jika tidak membawa kamera untuk merekam momen-momen mendebarkan serta berbagai hal yang akan Anda lihat. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik Anda.

Ketika Anda mengunjungi Cagar Alam Sibolangit karena Anda dapat mengambil gambar sebanyak yang Anda suka dari lingkungan, yang pasti menakjubkan. Berhektar-hektar hutan hujan tropis dapat berfungsi sebagai latar belakang untuk potret keluarga, atau beragam flora dan satwa liar yang terlihat di sepanjang perjalanan dapat menjadi target untuk gambar kamera.

Objek wisata yang juga sering digunakan sebagai tempat berkemah ini memiliki air terjun yang memukau, kesempatan berfoto, dan pemandangan berburu yang luar biasa. Jangan lupa untuk membagikan gambar Anda di media sosial agar lebih banyak orang dapat melihatnya. -Baca Juga Daftar 👉 tempat wisata di medan

Akses ke Cagar Alam Sibolangit

Lewat Udara

Setibanya di Bandara Kuala Namu, cukup naik kendaraan bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Medan - Jl. Belmera - Patumbak - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Lintas Sumatera - Jl. Jamin Ginting - Cagar Alam Sibolangit.

Lewat Laut

Setibanya di Pelabuhan Belawan, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Pelabuhan R. - Jl. Belmera - Patumbak - Jl. Sisingamangaraja - Jl. Lintas Sumatera - Jl. Jamin Ginting - Cagar Alam Sibolangit

Lewat Daratan

Dari pusat kota, ambil saja rute berikut: Guru Patimpus Jl. - Gatot Subroto Jl. - Iskandar Muda Jl. - Jamin Ginting Jl. - Cagar Alam

Tiket Masuk dan Jam Buka Wisata Cagar Alam Sibolangit

Objek wisata ini buka 24 jam sehari, tujuh hari seminggu. Jadi Anda dipersilakan untuk mengunjungi kapan pun Anda mau. Biaya masuknya juga relatif murah, hanya Rp. 10.000 per orang.