Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret Cantik Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit Sumatera Utara

Wisata Air Terjun Dua Warna "Sibolangit" menggelitik minat saya setelah mendengar nama itu. Benarkah ada dua warna? Tentunya seperti halnya tempat wisata alam lainnya di Indonesia, logika tentang air terjun 2 warna ini dikelilingi oleh cerita rakyat, sejarah, dan mitologi. Legenda tersebut juga menjadi salah satu unsur yang mempengaruhi keinginan wisatawan untuk mengunjungi air terjun Dua Warna.

Keindahan alam lingkungan yang dihadirkan saat berwisata ke lokasi air terjun dua warna sangatlah indah, apalagi jika dipadukan dengan udara dingin sepanjang perjalanan.

Pernahkah Berkunjung Di Air Terjun Dua Warna Sibolangit?


Destinasi wisata alam yang indah ini memiliki sejarah alam yang menghasilkan dua warna yang berbeda. Letusan Gunung Sibayak ratusan tahun lalu adalah titik awalnya. Air yang mengalir ke kawasan ini juga bersumber dari Gunung Sibayak.

Airnya berwarna biru cerah dengan air dingin yang menyegarkan di bagian atas dan putih keabu-abuan dengan air hangat di bagian bawah.

Potret Cantik Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit Sumatera Utara
Air Terjun Dua Warna

Perbedaan tersebut disebabkan oleh konsentrasi fosfor dan sulfur air. Sementara air terjun lain memungkinkan wisatawan untuk minum langsung dari sumbernya, ini tidak diizinkan di wilayah Sibolangit.

Wisata  Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Airmerupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Deli Serdang. Daya tarik terbesar bagi pengunjung adalah kekhasan air terjun, yang menawarkan dua warna.

Letusan Gunung Sibayak menciptakan air terjun dengan ketinggian kurang lebih 75 meter. Air terjun ini memiliki dua warna, seperti namanya: biru muda dan putih dan abu-abu.

Selain keunikan air terjun, lingkungan di sekitar air terjun juga cukup indah. Tak heran jika banyak pengunjung yang ingin berkunjung ke sini.

Keadaan lokasi air terjun ini mungkin mirip dengan situs-situs lain di berbagai daerah. Tingginya kira-kira 100 meter dan diposisikan pada ketinggian sekitar 1270 meter di atas permukaan laut.

Potret Cantik Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit Sumatera Utara
Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Selanjutnya ada kesejajaran yang dimiliki oleh tempat air terjun lainnya, keduanya berada di dalam hutan. Pengunjung yang ingin merasakan kemegahan air terjun dapat melakukannya dengan berjalan kaki melewati hutan bersama pemandu agar tidak tersesat.

Harga jasa pemandu lokal berkisar dari Rp 100000 hingga Rp 300000, tergantung penawarannya. Biayanya pasti cukup tinggi, tetapi jalan setapak yang harus dilalui sepanjang rute menuju tempat wisata juga sangat sulit.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 2-3 jam. Perjalanan dimulai dari gerbang utama menuju perkemahan Sibolangit. Jarak Medan dan Sibolangit sekitar 75 kilometer; lebih baik menyewa mobil agar lebih nyaman.

Perjalanan Menyenangkan ke Air Terjun Dua Warna

Variasi rona ini dihasilkan oleh air yang mengandung fosfor dan belerang, menurut sains. Akibatnya, Anda tidak diperbolehkan meminum air saat bermain di sini. Suhu air terjun ini, selain ronanya, juga unik. Suhu di air biru dingin, sedangkan suhu di air putih keabu-abuan ringan.

Selain bermain air yang tercurah, Anda bisa melakukan berbagai hal sambil tetap menikmati keindahan alam air terjun, seperti berenang dan beristirahat sambil menyalakan api unggun.

Anda juga dapat mengabadikan momen tak ternilai ini dalam gambar sebagai bagian dari catatan liburan Anda. Masih merasa agak pendek? Anda dapat mendirikan tenda untuk malam ini. Tentunya akan membuat Anda menyatu dengan suasana alam di sekitar Anda.

Untuk sampai ke Air Terjun Dua Warna, Anda harus memasuki hutan. Petualangan yang akan Anda lakukan akan menguji adrenalin Anda. Suasana yang indah dan udara yang menyenangkan, di sisi lain, akan menyambut kedatangan Anda.

Selain itu, kawasan hutannya masih terawat dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sekitar dan pengunjung membantu menjaga hutan tetap rapi.

Lokasi, Rute, Fasilitas, dan Harga Tiket Air Terjun Dua Warna Sibolangit

1. Lokasi

Air Terjun terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Sibayak. Jika Anda tiba di Medan, perjalanan menuju Sibolangit berjarak sekitar 75 kilometer.

Jarak antara pusat kecamatan dengan Air Terjun Dua Warna masih cukup jauh. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam dalam keadaan sempurna.

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung sebelumnya sebaiknya menyewa pemandu wisata untuk mencegah masalah seperti tersesat atau tersesat.

2. Rute Jalan

Untuk menuju Bumi Perkemahan Sibolangit di Kabupaten Karo, ambil Rute Intercity dari Medan ke Bus Kabanjahe. Akan jauh lebih nyaman jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan.

Saat Anda tiba di Bumi Perkemahan, Anda harus bersiap-siap untuk petualangan berikutnya. Meski jalur menuju air terjun ini sudah ditandai dengan baik dan sudah banyak dikunjungi orang.

Namun Anda harus menghemat energi sejak tiba di Air Terjun Dua Warna hingga Anda kembali. Mengapa demikian? Karena Anda harus terlebih dahulu menempuh perjalanan melalui hutan lebat selama kurang lebih 2 hingga 3 jam.

Meskipun Anda akan melewati hutan lebat, Anda tidak perlu khawatir karena Anda akan dipandu sepanjang rute dengan petunjuk yang dirancang khusus bagi pengunjung untuk mempermudah perjalanan Anda.

Sikap berani Anda diasah melalui jalan yang sulit seperti arah menanjak dan menurun, serta melintasi berbagai sungai kecil di hutan. Itu luar biasa.

Saat Anda sampai di objek wisata Air Terjun Dua Warna, semua jerih payah Anda akan terbayarkan. Keindahan dan kesejukan air terjun ini akan memuaskan kebutuhan perjalanan Anda.

3. Akomodasi dan Fasilitas

Jika tempat wisata ini tidak memiliki banyak fasilitas umum, lokasinya di dalam hutan bisa dimaklumi. Alhasil, pastikan Anda sudah menyiapkan segala sesuatu yang perlu dibawa. Selanjutnya, jika Anda lebih suka berkemah di sini dan bermalam.

4. Biaya Tiket

Saat ingin mengunjungi kawasan air terjun, Anda akan diminta untuk memberikan nilai nominal Rp. 25.000,-. Ini lebih dikenal sebagai biaya pengembalian untuk pemeliharaan di sekitar area objek wisata.  >Jangan lupa Baca Juga Daftar 👉 tempat wisata di medan

Selanjutnya, mengingat jalur masuknya yang menyerupai arena petualangan di hutan, Anda bisa menyewa pemandu wisata lokal seharga Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 300.000,-. Biaya pemandu wisata dapat dihitung berdasarkan jumlah rombongan Anda.

Akhir Kata - Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Dua Warna Sibolangit Sumatera Utara? Jangan berpikir lama, saat liburan nanti, ajak keluarga, pacar dan sahabat untuk bareng-bareng menikmati Air Terjun Dua Warna Sibolangit ini.