Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Gedung Balai Kota Lama Medan, Dengan Gaya Eropa Klasik

Cukup Khas, Inilah Gedung Balai Kota Lama Medan - Sumatera Utara, Gedung Balai Kota Tua ini adalah salah satu tempat wisata yang yang menjadi pilihan untuk di kunjungi. Medan tidak hanya mempromosikan wisata lingkungan, tetapi juga melestarikan beberapa situs sejarah seperti sebuah gedung atau balaik kota yang ada di kota medan ini.


Struktur balai kota lama medan ini sangat khas sehingga dapat difungsikan sebagai sebagai daya tarik wisata bagi wisatawab yang berkunjung di kota medan. Banyak pengunjung lokal dan internasional yang datang untuk melihat situs bersejarah ini, karena arsitekturnya yang begitu khas dan menarik.

Sejarah Gedung Balai Kota Lama Medan

Tidak perlu membahas secara detail sejarah Balai Kota Lama Medan ini. Menurut banyak sumber fungsi asli Balai Kota ini adalah untuk menampung kantor pusat De Javasche Bank (sekarang Bank Indonesia).

1908 : Dibangun Fermont dan Hulswit

1923 : Dibangun ulang oleh Eduard Cuypers

1590 : Mulai dipakai oleh Pemko Medan 

Aset tersebut langsung menjadi milik pemerintah provinsi begitu masa kolonial tidak lagi berkuasa. Karena minimnya fasilitas, Pemkot Medan menggunakan ruang di gedung tersebut sebagai kantor kerja walikota dan jajarannya selama dua belas periode berturut-turut. Dimulai pada tahun 1590 dan berakhir pada tahun 1990.

Uniknya Wisata Gedung Balai Kota Lama Di Medan, Bergaya Renaisans dan Eropa Klasik
Gedung Balai Kota Lama Di Medan

Pada masa kolonial, bangunan ini digunakan sebagai tempat pertemuan penguasa Belanda. Hulswit, seorang Belanda, menciptakan struktur ini. Dia adalah seorang arsitek terkenal di Belanda.

Konom Fermont Weltevreden dan Ed Cuypers membantunya. Namau pada akhirnya belanda meninggalkan bangunan ini.

Gambar Gedung Balai Kota Medan Yang Lama 

Struktur Balai Kota Lama Medan memiliki gaya Eropa Klasik, Karena hal unik dan menarik berikut ini sebuah foto gambar gedung balai kota medan yang lama yang berhasil ditemukan di beberapa sosial media, coba perhatikan

gambar gedung balai kota medan yang lama
gambar gedung balai kota medan yang lama 

Gaya Gedung Balai Kota Medan 

Dari segi desain, Gedung Balai Kota Tua yang berukuran 12x12 meter ini jelas mencerminkan gaya arsitektur Renaisans Romawi yang dipadukan dengan pola arsitektur tradisional Eropa. Hal ini terlihat dari ornamen atap yang khas dan jendela yang lebar.

Meski tidak terlalu tinggi, bangunan yang awalnya digunakan untuk kantor pemerintahan "Wali Kota Medan", ini sama megahnya dengan Gedung Lonsum. Bahkan jika dilihat dari jalan raya, desainnya menonjol dan sangat indah.

baik di dalam maupun di luar Struktur lantai pertama ini memiliki desain interior tradisional, dan seluruh ruang memiliki suasana bergaya Eropa. Meski minimalis, kamar bergaya abad ke-19 ini menawarkan sirkulasi udara yang cukup.

Bagian dalamnya tidak terlalu berornamen. Hanya ada beberapa lampu kristal yang megah. Ada beberapa foto kuno di dinding juga. Merdeka Walk bisa kita lihat langsung dari pintu masuk Gedung Balai Kota Lama jika kita berada di dalam!

Melihat ke luar jendela, Anda akan melihat lonceng tradisional yang terletak di bagian paling atas struktur. Barang unik itu diberikan oleh seorang pengusaha kaya dengan tangan yang besar. Profilnya bisa dilihat di: Keindahan Rumah Tjong A Fie.

Balai Kota Medan Dengan dan Eksterior khas

Daya tarik bangunan Balai Kota lama adalah pengunjung tertarik pada pesona bangunan tua. Nongkrong di Grand Aston Hotel, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi individu yang menginap di sana karena memiliki pesona bangunan kuno yang khas.

Gedung Balai Kota Lama Medan Nol Kilometer

Unniknya lagi lokasi Gedung Balai Kota Medan Nol Kilometer atau tepat jantung kota Medan, sehingga mereka menyebutnya Nol Kilometer karena letaknya persis di dalam pusta kota.

Gedung Balai Kota Lama Medan Aktivitas

Terkai dengan aktivitas, dari samping Jembatan Gantung Gedung Balai Kota Medan sering dimanfaatkan para fotografer untuk foto pre-wedding. Tidak hanya foto-foto yang memperoleh foto yang unggul, tetapi juga tampak elegan dengan berkat gaya Eropanya.

Saat Anda pergi berlibur bersama keluarga, teman, atau pasangan, pastikan untuk membawa kamera kalau ingin mendokumentasikan banyak hal ditempat ini? karena foto bisa menjadi kenang-kenangan saat Anda kembali ke rumah.

Aktivitas lain yang dapat di lakukan adalah berfoto dengan latar belakang Gedung Balai Kota Tua atau taman di dekatnya dengan bunga-bunga cantik yang pemandangannya tidak diragukan lagi "Instagrammable". -Baca Juga 👉 Tempat wisata di medan yang hits

Fasilitas Gedung Balai Kota Lama Medan

Fasilitas yang ada di Gedung Balai Kota Lama saat ini tidak banyak dan tidak lengkap, namun dapat ditemukan beberapa seperti;

Tempat Parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor, tidak perlu khawatir soal parkir karena sudah disediakan tempat parkir yang cukup luas dan sesuai.

Warung atau tempat makan

Berjalan di sekitar area sekitar gedung balai kota pasti akan membuat Anda lapar. Tidak perlu bingung jika Anda kekurangan waktu atau lalai menyiapkan materi. Ada vendor terdekat yang dijalankan oleh penduduk setempat yang menyediakan makanan dan minuman dengan biaya yang masuk akal.

Gazebo

Anda bisa duduk santai sambil mengagumi pemandangan indah bangunan berarsitektur tradisional Eropa dan perkotaan berkat pemasangan gazebo di sana.

Penginapan

Jika Anda membutuhkan akomodasi atau hotel di lokasi wisata ini, Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Toilet Umum

Salah satu fasilitas penting ini juga telah dipasang sehingga Anda tidak perlu pergi mencari toilet di luar kawasan objek wisata.

Jalan Menuju Gedung Balai Kota Lama Medan

Lewat Udara

Setibanya di Bandara Kuala Namu, cukup naik kendaraan bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Jalan Tol Medan-Kuala Namu - Jl. Jalan Tol Belmera - Bandar Selamat - Jl. Letda Sujono - Jl. Stasiun Kereta - Jl. Pulau Pinang - Jl. Balai Kota - Gedung Balai Kota Tua

Lewat Laut

Setibanya di Pelabuhan Belawan, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute sebagai berikut: Jl. Pelabuhan R. - Jl. Tol Belmera - Tj. Mulia - Jl. Krakatau - Jl. Bambu I - Jl. Gaharu - Jl. Prof HM. Yamin Sh - Jl. Stasiun Kereta - Jl. Pulau Pinang - Jl. Balai Kota

Lewat Darat

Dari pusat kota, ambil saja rute berikut: Guru Patimpus Jl. - Gatot Subroto Jl. - Kapten Maulana Lubis Jl. - Balai Kota Jl. - Gedung Balai Kota Tua

Jam Di Balai Kota Lama Medan

Jam Buka

Balai Kota Lama buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB

Harga Tiket

Pengunjung ke lokasi ini tidak dipungut biaya (gratis).

Tanggapan Terkait Gedung Balai Kota Lama Medan

Diatas telah dibahas bahwa Gedung Balai Kota Lama Medan adalag gedung bersejarah yang kerap dijadikan sebagai objek wisata foto di kota medan, semoga ini bisa bermanfaat dan memberikan informasi terkait gedung ini. terimakasi