Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

16 Daftar Kuliner Medan Yang Wajib Dicoba Dan Terkenal

Bicara tentang kuliner medan yang wajib dicoba tentu cukup banyak, bukan hanya satu atau dua saja, dan pastinya ini menarik untuk kita bahas bukan? Oleh karenanya di kesempatan ini kami sedikit memberikan informasi terkait kuliner kota medan yang terkenal tahun ini.

Disamping terkenalnya kota ini berkat destinasi wisata yang dimilikinya, disisi lain juga terkenal dengan kulineran khasnya, so., pasti menarik untuk kita telusuri.

Dari hasil pantauan celotehpraja.com tidak salah kalau menyebutkan Medan sebagai salah satunya surganya kulineran di Indonesia.

Dengan adanya banyak etnis dan suku di Medan, kulineran Medan juga ikut bermacam. Dari masakan Chinese sampai masakan Nusantara sampai Timur tengah dapat kamu temukan di Medan.

Bagi kamu pengunjung, khususnya yang dari luar kota Medan, ketidaktahuan lokasi atau tempat makan yang rekomended di Medan, disini sudah diringkas beberapa tempat makan (rekomendasi kuliner medan yang wajib dicoba).


Apa Kuliner Medan Yang Wajib Di Coba?

Nah berikut ini merupakan ringkasan kuliner medan yang terkenal yang dapat anda nikmati jika berpergian ke kota besar yang ada di provinsi sumatera utara ini.

1. Kuliner Pagaruyung


Ingin nikmati kulineran ciri khas India? Tidak perlu jauh jauh ke negara aslinya, di kota Medan banyak loh! Sesuai namanya, wilayah Kulineran Pagaruyung ini ada di Jalan Pagaruyung wilayah Daerah Madras, tidak jauh dari Jalan Zainul Arifin, Medan.

Jalanan ini akan dipenuhi beberapa penjual kulineran mulai dari pukul 6 petang sampai tengah malam. Yang membuat wilayah kulineran Pagaruyung begitu terkenal ialah banyak pedagang yang menjajakan masakan ciri khas India dan Nusantara dengan cita-rasa kesedapan yang sudah dianggap sampai ke luar kota Medan.

2. Kuliner Merdeka Walk


Merdeka Walk sebagai teritori yang cocok untuk pencinta kuliner medan yang terkenal, khususnya kuliner malam. Merdeka Walk sendiri sebetulnya sebagai area hiburan malam sekalian tempat ngumpulnya beberapa para pedagang kulier  di kota Medan.

Inilah yang membuat Merdeka Walk disebutkan sebagai tempat kulineran paling besar loh! Bagaimana tidak, ada lebih dari 30 toko yang ada pada Merdeka Walk ini dan beberapa ratus menu menarik yang siap menggoyang lidah pecinta kuliner misalnya lontong sayur, soto daging, steak, sushi s/d sop buntut dan lain sebagainya

3. Kuliner Mie Ayam Jamur Kumango


Mie memang kulineran yang kerap dijadikan kuliner medan yang wajib dicoba, dan nyaris semuanya suka melahapnya. di lokasi Jalan Mangkubumi, Medan ini ada sebuah tempat makan hidangan namanya Mie Ayam Jamur Kumango.

Tempat makan mie yang ini tidak sama dengan lainnya, karena Cita-rasa yang  sangat sedap dan membuat pecinta kuliner kecanduan.

Mienya yang tipis dan kenyal dipadankan dengan potongan daging ayam dan jamur dan beberapa taburan tauge, sawi dan bawang goreng dapat membuat para kuliners tidak berhenti melahap rasa sedapnya.


4. Kuliner Mie Ayam Waringin


Kelihatan simpel, tetapi tidak boleh menyepelekan rasa mie dari gerai yang berada di jalan Waringin ini. Di-handle langsung oleh Si Owner, rasa dan kualitas tentunya lebih terjaga, kuliner medan yang terkenal satu ini dapat membuatmu ketagihan.

5. Mie Bagan Madong Lubis


Jualan lebih dari pada 40 tahun, dapat disebut Mie Bagan Madong Lubis yang berada di Jl. Madong Lubis merupakan pemain lama di bidang kulineran. Dalam porsinya terdapat mie, daging babi, krupuk udang, sayur sawi dan bawang goreng.

Umumnya orang Bagan nikmati mie ini tanpa sup, cukup dengan cuka dan cabe potong. Tetapi untuk kamu yang tidak biasa makan mie tanpa sup, masih tetap disiapkan disini.

6. Kuliner Restoran Tip Top


Restaurant Tip Top dapat disebutkan sebagai restaurant legendaris, Ini karena kehadiranya yang telah ada jauh saat sebelum Indonesia merdeka alias sudah ada pada jaman penjajahan Belanda. Awalannya restaurant ini berada di Jaaln Pandu, awalnya bernama Restaurant Jangkie, sebagai nama asli dari si pemilik.

Tetapi di tahun 1934 restaurant ini beralih ke Jalan Kesawan dan namanya juga turut ganti jadi Restaurant Tip Top sampai sekarang ini.

Restaurant Tip Top masih menjaga nuansa kha tempo dulunya sampai sekarang ini. Bangunannya yang berarsitektur ciri khas Belanda dan nuansa didalamnya yang berkesan beratmosfir Eropa makin membuat pencinta kulineran senang ber_lama-lama di tempat ini.

7. Kuliner Rumah Makan Tabona


Selanjutnya kuliner medan yang wajib dicoba adalah Rumah Makan Tabona, Konon katanya Rumah Makan Tabona tidak pernah sepi didatangi beberapa konsumen setianya apa lagi saat waktu makan siang telah datang, dijamin akan diserang beberapa pemburu kulineran.

Apa lagi lokasinya yang ada dekat dengan dipusat pertokoan dan perkantoran di Jalan Mangkubumi, Medan. Rumah Makan Tabona ini membuka tiap hari semenjak jam 7 pagi sampai jam 5 sore.

8. Sate Padang Al-Fresco


Bahkan juga Sate Padang Al-Fresco sebagai salah satunya kulineran harus yang jangan dilewati saat sedang ada di Medan. Sate Pedang Al-Fresco ini disajikan bersama dengan taburan keripik singkong yang pedas loh.

Kombinasi rasa renyah, pedas dan suara kriuk-kriuknya membuat nafsu makan beberapa pecintan kulineran semakin cinta. Sate Padang Al-Fresco Buka tiap hari mulai dari jam 7 sampai 12 malem.

Warung Sate Padang Al-Fresco ini ada di Jalan Perniagaan (Pajak Ikan) dan selalu ramai dicari penikmatnya tiap hari

9. Bakmi Hock Seng


Buka semenjak tahun 1932, bisa disebut kalau Bakmi Hock Seng adalah legenda bakmie di Medan. Memiliki 2 cabang, satu di Jalan Gwangju dan satu kembali di Cemara Asri, rasa sajian ke-2 gerai ini tidak berbeda jauh karena datang dari 1 warisan resep yang serupa.

Alamat: Jl. Gwangju No.17, Kota Medan, buka 06.30-13.00

Telp.: 0812-6011-090

Jl. Bangka no 82, telp(061) 4572708

Jl. Komp Cemara Asri Jln. Boulevard Timur Blok Q5 No 88J, buka 06:30 – 13:30 | Senin – Minggu

Telp: 08116078788

10. Bakmie Khek Selat Panjang


Simpel tetapi kaya rasa, bakmi ini menjadi satu diantara pilihan favorite untuk makan pagi. Mie yang dibuat sendiri jadikan teksturnya lebih kenyal, ditambah dengan daging cincang rebus, lemak babi goreng (bakpok), potongan daun bawang dan sayur yang buat bakmie khek ini prima

Alamat: Jl. Selat Panjang No.5, Ps. Baru, Medan

06.00-11.30

Telp.: 0811-6079-969

11. Bakmie Shanghai


Pemakaian nama Shanghai ini rupanya dari Chef asal Shanghai yang sempat ngajarin langkah mengolah mie ke pemilik Bakmie Shanghai. Dari performa sich tidak berbeda jauh dengan bakmie khek, cuman struktur mie nya yang lain dengan bakmie khek.

Bila kamu datang kesini, janganlah lupa coba pangsitnya. Rasanya yang seperti guo-tie (fried dumpling) tidak akan kamu dapatkan di gerai mie lain.

Alamat: Jl. Dazam Raya No.51, Medan

06.00-12.00 (Senin tutup)

Telp.: 0813-6235-0668

12. Bihun Bebek Akien


Dengan sup rebusan daging bebek dan tulang-tulangnya yang dipertambah rempah herbal, Bihun Bebek Akien berada di Komplek Sekip Indah, sebelumnya rel kereta api. ditambahkan dengan tambahan baso udang dan braised pork menjadi satu hal yang buat Bihun Bebek Akien ini unik.

Alamat: Kompleks Sekip indah No.101R, Medan

07.00-13.00

07.00-11.00 (Minggu)

Senin tutup

Telp.: 0819-2005-354

13. Bihun Bebek Asie Kumango


Kuah bihun bebeknya yang kental dan renyah hasil rebusan bebek dalam jumlah yang cukup banyak. Plus tambahan bumbu-bumbu yang lain mengekstrak kaldunya, tidaklah heran jika kuah bihun bebek Asie ini lebih banyak pengagumnya. Disamping itu, jumlah suwiran daging bebeknya yang tutupi mangkok menjadi daya tarik tersendiri.

Alamat: Jl. Kumango No.15, Kesawan, Medan

07.00-11.00 (Minggu tutup)

Telp.: (061) 4512517

14. Kari Bihun Tabona


Kombinasi dari bihun, daging, dan beragam jenis dalaman dalam satu mangkok kari bihun Tabona kenyataannya populer sampai ke luar negeri loh gais.,

Rasa karinya yang rata tidak terlampau creamy, tidak terlampau berminyak, tidak terlampau pedas dan tidak terlampau encer, mampu buat beberapa orang kembali untuk nikmati kari Tabona. Selainnya kari bihun, Tabona punyai pilihan mie pangsit yang bisa kamu coba.

Alamat: Jl. Mangkubumi No.17, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara 20212

06.30-16.30

Telp.: (061) 4536952

15. Kedai Kopi Apek


Warung kopi legendaris ini bagus sebagai tempat makan pagi juga telah ada semenjak 1923. Menyuguhkan beragam menu makan pagi seperti kopi susu, roti bakar dan poding telur, Warung Kopi Apek selalu dipenuhi banyak konsumen setia setiap pagi hari.

Lokasinya lumayan strategis, jadi kalau kamu ingin sajian selain roti bakar dan puding telur, tinggal melipir ke luar untuk nikmati bakmi atau kwetiau goreng, atau ke Pasar Hindu di seberangnya untuk nikmati beragam jenis jajan pasar

Alamat: Jl. Hindu No.110, Kesawan, Medan

06.00-14.00

06.00-11.30 (Minggu)

16. Kedai Nasi Ayin


Memanfaatkan kuah lontong tanpa santan, menjadikan Kedai Nasi Ayin kami muat dalam halaman (kuliner medan yang wajib dicoba). Sajian lontong di Warung Nasi Ayin seakan light, pas buat yang tidak senang sajian dengan rasa yang terlampau kuat. Tetapi, pastikanlah kamu tiba saat sebelum jam 3 ya agar tidak kehabisan jatahh.

Alamat: Jl. Teuku Umar, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20151

06.30-15.30 (Minggu tutup)

Telp.: 0822-7298-7089

Kesimpulan Kuliner Medan Yang Wajib Dicoba

Terlalu banyak kuliner medan yang terkenal yang baik untuk kamu coba, diatas merupakan beberapa saja kuliner medan yang berhasil kita rangkum, semoga bisa berguna dan bermanfaat.

Bila ada tambahan terkait dengan Kuliner Medan yang wajib dicoba lainya tinggalkan pesan melalui menu contact yang ada di bagian akhir halaman ini. terimakasih