Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

26 Makanan Khas Tanjung Balai Asahan dan Oleh-Oleh Buah Tangan Saat di Sini

celotehpraja.com - pada kesempatan kali ini, mimin mau berbagi informasi makanan khas tanjung balai asahan. Tentunya ketika bepergian di tempat ini, kurang lengkap kalau belum mencicipinya. 

Selain itu juga ada oleh-oleh khas tanjung balai asahan sebagai buah tangan saat pulang dari kota Tanjung Balai Asahan.  Anda penasaran akan hal itu? simak terus ya artikel ini guys, jangan sampai ketinggalan hehehe (bacot 😜) 

Kota Tanjung Balai Asahan selain menjadi tempat destinasi wisata yang keren, juga menjadi kota berburu kuliner sebagaimana telah mimin share sebelumnya. Kamu bisa mencobanya semua di sana yang pastinya tidak akan membuat kecewa sedikitpun. 

Baca Artikel Sebelumnya:

Makanan Khas dan Oleh-Oleh Buah Tangan Tanjung Balai Asahan

26 Makanan Khas Tanjung Balai Asahan dan Oleh-Oleh Buah Tangan Saat di Sini

Selanjutnya kembali pada topik pembahasan dimana yang mimin share ini ada berbagai macam jenis mulai dari makanan atau kuliner, cemilan, yang bisa kalian beli. Tanpa basa-basi lagi berikut Makanan Khas Tanjung Balai Asahan dan Oleh-Oleh Buah Tangan untuk anda.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan khas tanjung balai asahan dan oleh-oleh khas tanjung balai asahan sebagai buah tangan ketika berkunjung di Kota Tanjung Balai Asahan yang munking bisa menjadi pilihan untuk teman-teman semua.

Daftar Makanan Khas Tanjung Balai Asahan yang Unik dan Enak dan Oleh-Oleh Khas Kota Tanjung Balai Asahan

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas tanjung balai asahan yang bisa kamu cicipi saat berkunjung disini:

1. Bakso Kuburan Mantan

1. Bakso Kuburan Mantan

Makanan khas tanjung balai asahan yang pertama adalah Bakso Kuburan Mantan. Bikin ngeri ya! Bakso Kuburan Mantan ini merupakan bakso yang diolah sendiri masyarakat setempat yang tentunya enak dan memiliki keunikan tersendiri.

Bakso Kuburan Mantan cukup viral karena bentuknya yang mirip kuburan dan tertera sebuah tulisan seperti pada batu nisan yakni Mantan Binti Kenangan, Lahirkan Cinta Meninggalkan Duka. Jangan lupa datang kesini, biar mantan kita jadikan saja bakso, hehehe biar mampus sekalian wadidaawwww

Soal rasa, jangan tanya lagi, walaupun namnya sedikit horor tapi rasanya nggak kalah sama bakso-bakso direstoran mahal. Jika pada umumnya, bakso isinya telur, kalau ini isisnya sosis, selain itu bakso biasanya disiram pake kuah, kalau Bakso Kuburan Mantan ini isiram saos yang pedas, manis, asam, gurih. Jadi buat ketagihan

2. Bakso Kelapa Kepiting

2. Bakso Kelapa Kepiting

Selanjutnya adalah Bakso Kelapa Kepiting yang merupakan kuliner khas kota tanjung balai asahan yang cukup viral selain Bakso Kuburan Mantan. Sangat lucu-lucu memang ya kuliner yang ada di disini, ada yang serem dan juga unik.

Jangan ragu soal rasa, karena memang sudah berbeda dari bakso-bakso pada umumnya. Penyajian dari bakso ini adalah bakso yang dituang didalam kelapa muda (airnya dibuang) lalu dicampur dengan daun, kuah dan diatasnya itu ada kepiting.

Dengan perpaduan tersebut membuat Bakso Kelapa Kepiting gurih yang bercampur dengan manisnya kelapa muda sehingga memberikan sensasi rasa segar yang berbeda di lidah.

3. Roti Klatak

3. Roti Klatak

Kemudian, makanan khas di asahan adalah Roti Klatak. Roti Klatak ini merupakan oleh-oleh khas tanjung balai asahan yang dapat menjadi pilihan untuk teman-teman semua saat pulang dari kota wisata ini.

Roti Klatak ini sudah ada sejak tahun 1992, resep dan rasanya tidak berubah sama sekali secara turun menurun. Bentuknya yang mungil dan rasanya yang khas dan enak cocok untuk buah tangan anda.


Proses pembuatanya pun masih menggunakan tungku tradisional yang memakan waktu kurang lebih 4 jam dan Roti Klatak terbuat dari tepung terigu, mentega, gula, pengembang, garam dll.

4. Lendot

4. Lendot

Makanan khas tanjung balai asahan selanjutnya adalah Lendot. Lendot ini merupakan kuliner khas yang sampai saat ini masih eksis dan melestarikan resepnya secara turun menurun. 

Untuk bahan yang digunakan pada makanan ini adalah sagu, kangkung, pakis, daun katuk dan melinjo. Untuk menambah rasanya semakin enak dan gurih, biasanya pengunjung ataupun masyarakat setempat menambahkan kraca di dalamnya.

Selain itu juga, Lendot memiliki ciri khas yang membuatnya menjadi kuliner paling diburu oleh wisaatawan adalah rasanya yang gurih dan kuahnya yang diberikan tambahan keju. 

5. Roti Jala

5. Roti Jala

Selani Roti Klatak yang menjadi oleh-oleh khas tanjung balai asahan, ada pula buah tangan saat pulang dari Kota Tanjung Balai Asahan yakni Roti Kirai. Kalau di daerah-daerah lain biasanya dikenal dengan sebutan roti jala.

Nah, Roti Jala adalah salah satu makanan khas di asahan yang terbuat dari tepung. Proses pembuatanya cukup rumit, karena untuk mendapatakan rasa yang lezat perlu takaran yang sangat pas.

Ketika menikmati Roti Jala ini harus dibarengi dengan kuah kari kambing dan tambahan acar nenas, tujuannya adalah agar rasanya itu legit dan membuat sensasi yang lezat di lidah.

6. Ikan Gulai Masam

6. Ikan Gulai Masam

Selanjutnya makanan khas tanjung balai asahan adalah Ikan Gulai Masam. Ikan Gulai Masam ini adalah salah satu buruan para wisatawan ketika berkunjung di Asahan. Ikan kakap adalah bahan utama yang tentunya cukup berbeda jauh dari Ikan Gulai lainnya.

Untuk proses Ikan Gulai Masam ini melalui beberapa tahapan yang harus teliti. Karena jika tidak hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak.

Yang perlu diperhatikan adalah dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

7. Ikan Asin Mayung

7. Ikan Asin Mayung

Selanjutnya Ikan Asin Mayung yang merupakan makanan khas kota tanjung balai asahan. Ikan Asin Mayung ini dikenal juga dengan sebutan sebagai Jambal dimana ikan ini diolah dengan cara diasinkan dan harganya pun mahal ketika jadi.

Ikan Asin Mayung ini hidupnya di laut yang mirip dengan ikan patin. Ikan ini hasil olahan murni dari para nelayan Tanjung Balai Asahan. Ketika dimasak, biasanya dipotong dengan ukuran kecil lalu digoreng, gulai.

Rasanya pun sangat enak, gurih, halal dan tanpa bahan pengawet. Untuk menambah rasanya semakin enak, penduduk setempat biasanya mencampur dengan daun labu lemak atau daun ubi tumbuk.

8. Kerang Serundeng

8. Kerang Serundeng

Kemudian Kerang Serundeng yang merupakan makanan khas kota tanjung balai asahan. Kerang Serundeng ini dengan segudang cita rasa mulai dari rasa manis, rasa pedas, rasa asin dan rasa yang gurih. Rugi kalau tidak mencobanya ketika berkunjung di Kota Asahan.

Kerang Serundeng saat mencicipi rasanya akan lebih enak ketika dilengkapi dengan racitan dan dicocal. Kerang Serundeng tidak bau karena memang sudah diolah sebaik mungkin untuk mencegah bau yang tidak sedap.

Proses pembuatanya pun cukup ribet dengan banyak tahapan yang harus dilakukan, namun jika tidak mau ribet dan secepatnya mau menikmatinya maka bisa memesannya melalui toko online.

9. Terasi Udang

9. Terasi Udang

Makanan khas kota tanjung balai asahan selanjutnya adalah Terasi Udang. Terasi udang Tanjung Balai Asahan terkenal mempunyai cita rasa yang harum dan lezat, sehingga sangat digemari sebagai bumbu dapur.

Terasi Udang memiliki tekstur yg lembut dan berwarna kecerahan. Proses pembuatan terasi udang ini menggunakan bahan baku udang segar hasil tangkapan kapal sendiri di perairan Tanjung Api dan Kuala Tanjung Batu bara. 

Kemudian bahan baku udang tsb langsung diproses dengan melakukan penjemuran. Setelah melewati beberapa proses lagi, barulah menghasilkan terasi udang yang berkualitas baik dan siap di pasarkan. Tidak perlu kuatir dengan cita rasa dan kualitasnya.

10. Cha Cha

10. Cha Cha

Selanjutnya adalah Cha-Cha yang menjadi salah satu makanan khas tanjung balai asahan. Cha Cha tidak kalah akan lezatnya dengan makanan khas lainnya di Kota Asahan. Salah satu rekomendasi kuliner yang perlu kalian coba.

Dengan rasanya yang enak dan lezat dapat dipastikan kalian bakal ketagihan. Jika ingin menikmati rasa semakin lezat, bisa dengan olesan cabai khas tanjung balai. 

Kuliner Cha Cha ini merupakan masakan yang terbuat dari tumis tumisan bisa juga gorengan. Cha Cha memiliki kemiripan dengan mie Tiau dengan bumbu-bumbu pilihan.

11. Miso Gurita Air Joman

11. Miso Gurita Air Joman

Makanan khas kota tanjung balai asahan selanjutnya adalah Miso gurita air Joman. Bagi kamu yang suka berburu kuliner laut, maka cocok nih untuk dicoba makanan yang satu ini.

Miso gurita air Joman terbuat dari beberapa bahan yang diolah sehingga rasanya menjadi enak, muali dari mie, gurita, dan air. Jangan ragu untuk mencoba, dijamin pasti ketagihan ingin menyantapnya.

Miso gurita air Joman tidak akan kamu temukan di daerah lain, karena memang hanya di buat oleh masyarakat kota tanjung balai asahan. Jika kamu penasaran, datanglah ke tanjung balai sekarang juga.

12. Bubur Pedas

12. Bubur Pedas

Makanan khas kota tanjung balai asahan selanjutnya adalah Bubur Pedas. Ini salah satu kuliner yang bakal kamu temukan saat bulan Ramadhan saja, yang pastinya rebutan para warga.

Membuat Bubur Pedas ini tergolong rumit karena meramu puluhan jenis rempah ditambah umbi-umbian yang mengandung banyak khasiat. Untuk cara pengolahnya digongseng (sangrai), setelah itu diblander hingga halus. 

Adapun perbedaan dari bubur pedas Tanjungbalai kalau dibandingkan dengan Bubur Pedas khas Melayu Deli, Binjai ataupun Langkat ialah pada olahan beras dalam bubur pedas seperti pada penjelasan diatas digongseng. (Sumber Tribun-Medan, com)

13. Pisang Kopit

13. Pisang Kopit

Jika pada umumnya Pisang dimasak dengan cara menggoreng saja namun kalau anda ke Tanjung Balai Asahan akan menemukan olahan pisang yang unik yakni Pisang kopit. Pisang ini jauh berbeda dengan olahan pisang pada umumnya.

Pisang Kopit ini merupakan kuliner khas Tanjung Balai Asahan. Pisang ini memiliki cita rasa yang berbeda dan olah yang unik yakni dengan proses menggoreng terlebih dahulu lalu dicampur dengan kuah sehingga rasanya lezat apalagi ditambah dengan topping berupa kezu.

14. Pisang Tajopit

14. Pisang Tajopit

Selain Pisang Kopit diatas, ada juga Pisang Tajopit yang merupakan makanan khas Tanjung Balai. Kuliner yang satu ini cukup berbeda pada proses pengolahannya.

Untuk Pisang Tajopit sendiri diolah dengan cara unik yaitu dibakar diatas arang. Jangan tanya soal rasa, karena memang dipastikan sangat enak. Kabarnya Pisang Tajopit tidak ada didaerah lain. 

15. Krupuk Ikan Tenggiri

15. Krupuk Ikan Tenggiri

Selanjutnya yang bisa mimin rekomendasikan untuk kalian semua adalah Krupuk Ikan Tenggiri. Krupuk Ikan Tenggiri ini adalah makanan Khas Kota Tanjung Balai Asahan dan merupakan oleh-oleh khas tanjung balai asahan bagi para wisatawan.

Kerupuk ikan tenggiri memiliki rasa yang sangat enak, gurih, dan renyah. Kemudian juga cocok sebagai lauk atau pendamping makanan utama seperti nasi, mie sop, bakso, mie goreng dan lain-lain.

Kerupuk ikan tenggiri ini sudah sangat terkenal dan banyak yang menyukainya. Kerupuk ikan tenggiri ini adalah makanan ringan yang cukup digemari. Dinamakan kerupuk ikan tenggiri karena bahan dasar pembuatan kerupuk ini adalah dari ikan tenggiri.

16. Anyang Pakis

16. Anyang Pakis

Selanjutnya makanan khas tanjung balai asahan adalah Anyang Pakis. Kuliner khas yang dimiliki oleh asahan dan jarang ditemui karena Anyang Pakis hanya dapat disantap pada saat bulan puasa berlangsung.

Sebenarnya Anyang Pakis mirip dengan urap namun yang menjadi keunikan tersendiri adalah menggunakan bumbu kelapa yang disangrai seperti serundeng. Anyang Pakis sangat lezat disantap begitu saja tanpa nasi karena memang bukan tergolong jenis sayur.

Jika ingin mencicipi Anyang Pakis maka haruslah pada saat bulan-bulan puasa, datanglah pada waktu itu maka kamu akan menemukan jajanan Ramadhan di Kota Kisaran pasti menjadikan Anyang Pakis sebagai salah satu menu khas.

Makanan Khas Lainnya Tanjung Balai Asahan

Untuk kuliner khas lainnya yang belum mimin review antara lain sebagai berikut Ayam Penyet, Jagung Bakar, Jagung Bakar Serut Kelapa Muda, Martabak Mesir, Mie Goreng, Nasi Goreng, Nasi Lemak, Pecal.

Akhir Kata

Nah sekian dulu gan, celotehpraja mereview beberapa Makanan Khas Tanjung Balai Asahan untuk teman-teman semua. Jika ingin ada buah tangan, kali juga bisa memilih beberapa rekomendasi  oleh-oleh khas tanjung balai asahan yang mimin tulis diatas. Semoga bermanfaat