Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara

Kuliner Makanan Khas di Batubara - Hallo, pada kesempatan kali ini celotehpraja.com akan berbagai informasi kepada kalian semua tentang beberapa rekomendasi Wisata Kuliner di Batubara yang pastinya enak dan lezat.

Wisata Kuliner kali adalah makanan khas daerah Kabupaten BatuBara. Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara, Sumatera Utara ini cukup populer di kalangan masyarakat dan tak terkecuali juga bagi para wisatawan

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara

7 Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara
7 Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara

Sebagaimana bahwasanya Kota Batubara yang terletak di daerah tepi pantai Selat Malaka memiliki banyak sekali sumber daya alam yang dijadikan sebagai bahan pangan dan tujuan wisata kuliner.


Berbagai macam hidangan dan rempah-rempah yang diolah menjadi sebuah kuliner yang enak dan lezat menjadikan Kota Batu Bara sebagai daerah tujuan berburu kuliner dan pastinya membuat para pengunjung ingin berlama-lama disana.

Aneka Kuliner dan Makanan Khas Kota BatuBara Wajib di Cicipi!

Kabupaten BatuBara memiliki pusat kota atau mobilitas masyarakat yang cukup ramai yang dikenal sebagai Kota Limapuluh. Di kota ini kamu akan menemukan banyak sekali kuliner atau makanan bahkan restoran dan cafe yang bisa kamu kunjungi.
Namun, disini celotehpraja.com tidak akan membahas Restoran atau Cafe di Batubara akan tetapi lebih pada Aneka Kuliner dan Makanan Khas Kota BatuBara yang tentunya harus di coba, jangan sampai tidak mencicipinya saat berada di Batu Bara.

Nah, berikut ini adalah Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Sumatera Utara yang enak dan ramah terhadap isi kantongan dan tentunya tidak akan membuat anda rugi:

1. Cumi Isi Pulut

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Cumi Isi Pulut

Makanan khas yang pertama adalah Cumi Isi Pulut. Waduhhh kuliner jenis apa ini??? Kuliner khas yang satu ini yaitu ikan Cumi-Cumi yang didalamnya berisi KETAN. Cumi Isi Pulut ini proses memasakanya dengan bumbu rendang.

Ingin menyantapnya? Tenang dulu, sebelum berkeinginan mau mencicipi makanan khas Cumi Isi Pulut ini terlebih dahulu untuk menelpon Restoran, karena untuk memasaknya butuh waktu lama dan pastinya cepat habis.

2. Gulai Asam

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Gulai Asam

Selanjutnya kuliner khas Batu Bara adalah Gulai  Asam. Selain dari makanan khas yang pertama tentunya yang satu ini tidak kalah enak dan lezatnya dan tentunya Gulai asam ini buruan para wisatawan.

Gulai  Asam ini adalah ikan yang dimasak dengan cara gulai namun ikannya bukan sembarang ikan yang memiliki kriteria sendiri misalnya yang biasa di gunakan adalah Ikan Kakap, Ikan Patin dll.

3. Mie Rebus di Buffet Mangga

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Mie Rebus di Buffet Mangga

Berikutnya Kuliner Khas Batubara adalah Mie Rebus di Buffet Mangga. Mie Rebus di daerah Batubara ini cukup unik, karena memiliki rasa yang asin. Beda dengan Mie Rebus lainnya dengan rasa manis.

Walaupun demikian jangan taku dan ragu, Mie Rebus ala Buffet Mangga ini sangat enak. Rempah-rempah pilihan dan dicampur dengan daging cumi, ikan bahkan udang yang membuat Mie ini lezat di lidah.

4. Kue Dangai

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Kue Dangai

Makanan khas selanjutnya di Batubara adalah Kue Dangai. Kue ini menjadi oleh-oleh ketika pulang dari kota Batu Bara. Kamu bisa menemukan kue ini dengan mudah. Karena setiap toko kue pasti menjualnya.

Ketika kamu berwisata kuliner di Batubara, tidak ada salahnya mencoba memakan kue ini dan bisa membelinya untuk buah tangan dirumah. Harganya pun cukup murah dan tidak akan mengecewakan anda, rasanya sangat enak.

5. Kue Kekaras

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Kue Kekaras

Kue Kekaras adalah makanan atau kuliner khas Batubara yang wajib kalian coba saat berkunjung atau berisata di daerah tersebut. Kue ini juga memiliki banyak versi nama, ada yang dikenal sebagai keukarah,karah,kekaras dan kareh-kareh.

Kue Kekaras ini memiliki tampilan seperti serabut atau sarang burung walet. Selain bentuknya yang unik, rasanya bukan main sangat enak dan gurih. Namun makanan khas ini hanya bisa kamu cicipi saat ada acara, misal lebaran, pernikahan dll.

6. Gulai Kepala Ikan

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Gulai Kepala Ikan

Selanjutnya ada Gulai Kepala Ikan. Makanan dan Kuliner khas Batu Bara ini tidak kalah enak dengan Gulai Asam. Yang menjadi favorite para wisatawan kuliner adalah Kepala Ikan Kakap dan Ikan Manyung. 

Soal rasa jangan ragu, sebab sangat enak dan wangi dengan rempah-rempah pilihan, telur-telur ikan dan santan yang dicampur menjadi satu sehingga membuat masakan khas Batu Bara Gulai Kepala Ikan lebih ma'nyus. 

7. Bubur Pedas Melayu

Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota Batu Bara Bubur Pedas Melayu

Berikutnya ada Bubur Pedas Melayu yang merupakan kuliner khas Kota BatuBara. Makanan yang menjadi favorite masyarakat setempat ketika buka puasa. Makanan khas ini hanya bisa kamu temukan saat bulan Ramadhan tiba, pastikan kesana pada waktunya.
Bubur Pedas Melayu ini terbuat dari beras, sayur, ikan teri, kacang tanah dan dengan campuran bermacam-macam rempat-rempah pilihan sehingga mencipatkan rasa yang enak dan lezat dan pastinya cocok saat berbuka puasa.

Penutup

Nah itu dia teman-teman sekalian tentang Aneka Wisata Kuliner dan Makanan Khas Kota BatuBara yang wajib kalian cicipi. Jangan lihat karena kuliner khas yang secara turun temurun, namun lihatlah dan cicipi rasanya yang enak. 

Tetaplah kita dukung agar dilestarikan kuliner atau makanan khas Kota Batu Bara ini. Jangan sampai hilang. Dukung dengan cara membagikan artikel ini di media sosial kalian. Sekian dan Semoga Bermanfaat.