Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

11 Makanan Khas Karo yang Menggunggah Selera dengan Kelezatannya

Makanan khas Suku Karo - Pada kesempatan kali ini, celotehpraja.com membagikan informasi seputar kuliner khas Karo yang tentunya dapat menggunggah selera anda. 

Sebagaimana kita ketahui bahwasanya Karo adalah salah satu kabupaten yang berada di daerah Sumatera Utara dengan berbagai Keindahan Alamnya serta kekayaan kulinernya

Makanan Khas Karo yang Menggunggah Selera dengan Kelezatannya

11 Makanan Khas Karo yang Menggunggah Selera dengan Kelezatannya

Kabupaten Karo sebagai salah satu daerah yang memiliki makanan khas yang pastinya unik dan berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Makanan khas suku karo bisa menjadi pilihan saat berwisata di Kabupaten Karo.

Jika kamu sedang berwisata atau ingin berkunjung ke-tempat wisata di Karo, tidak ada salahnya jika beberapa rekomendasi dibawah ini patut kamu coba cicipi makanan khas orang karo ini.

Lalu apa makanan khas suku batak karo yang celotehpraja.com rekomendasikan? berikut ulasannnya untuk anda!!!

1. BPK (Babi Panggang Karo)

BPK (Babi Panggang Karo)

Makanan khas Suku Karo yang pertama adalah BPK atau Babi Panggang Karo yang sudah populer baik itu kalangan masyarakat setempat maupun luar daerah Kab. Karo. 

BPK (Babi Panggang Karo) merupakan hasil olahan daging babi, sup daging babi, dan daun ubi tumbuk dengan perpaduan kidu-kidu, parutan kelapa, dan pastinya nasi. 

Soal rasa jangan ditanya lagi, karena memang makanan tradisional suku karo ini memiliki rasa yang gurih dan pedas, dapat dijamin ketika anda mencicipinya kamu akan dibuat ketagihan.

2. Arsik Nurung Emas

Arsik Nurung Emas

Makanan khas Suku Karo selanjutnya adalah Arsik Nurung Emas yang sangat populer dengan rasanya yang sangat enak. Masakan khas batak Karo yang satu ini patut kamu santap ketika berkunjung di Kabupaten Karo.

Untuk proses pembuatan kuliner karo yang satu ini cukup memakan banyak waktu hingga berjam-jam alhasil rasa yang dihasilkan pun sangat enak sebab bumbu-bumbunya yang meresap dengan sempurna.

Tolak ukur dalam mengolah makanan khas orang karo ini adalah memiliki rasa yang sangat kuat dan tajam, asam, asin dan pedas kemudian ditambah lagi dengan sereh dan cakala yang pastinya tidak bakal terlupakan dengan rasanya.

3. Cimpa Unung-Unung

Cimpa Unung-Unung

Kuliner Karo yang berikutnya adaalah Cimpa Unung-Unung yang merupakan salah satu makanan tradisional suku karo yang secara turun temurun masih saja di budidayakan hingga saat ini.

Jika kamu ingin mencicipi Makanan khas Suku Karo, kamu bisa mencoba kuliner karo yang satu ini. Biasanya Cimpa Unung-Unung dihidangkan pada saat ada acara atau pesta orang karo.

Rasa dari makanan khas suku batak karo ini sangat enak dengan pengolahan tepung ketan, sagu, kelapa parut dan gula aren lalu dibungkus dengan daun pisang ataupun palma

4. Kidu-Kidu

Kidu-kidu

Selanjutnya ada Kidu-kidu makanan khas daerah karo yang cukup ekstrem karena bahan utamanya berasal dari Ulat Sagu yang diambil dari pohon aren yang telah tumbang. Kamu berani mencoba makanan tradisional karo ini?

Jika kamu penasaran ataupun tertarik mencobanya kamu bisa datang ke Kabupaten Karo. Rasanya juga unik dan enak, yang pastinya tidak akan membuat kamu kecewa ketika menyantapnya.

Untuk proses pengolahannya sendiri adalah dengan penggorengan yang dicampur dengan rempah-rempah pilihan yang menghasilkan rasa yang gurih. Selain itu juga makanan khas batak karo ini dijamin akan menambah stamina.

5. Manuk Getah

Manuk Getah

Rekomendasi kuliner karo berikutnya adalah Manuk Getah. Manuk Getah ini adalah salah satu makanan khas batak karo yang patut kamu coba cicipi ketika berada atau ingin berwisata di Kab. Karo.

Makanan khas karo dengan kekayaan bahan dan bumbu tanah karo simalem yang seringkali dikenal dengan sebutan manuk getah. Makanan khas karo ini terbuat dari dasar ayam kampung, dengan campuran kuah bumbu khas Karo. 

Yang membuat makanan khas batak karo unik adalah kuahnya yang berasal dari darah ayam yang sebelumnya telah di potong dan selanjutnya dicampurkan dengan olahan bumbu pilihan.

6. Cincang Bohan

Cincang Bohan

Selanjutnya Cincang Bohan yang merupakan salah satu makanan khas daerah karo yang patut untuk disantap. Rasanya yang gurih dan enak pastinya akan membuat kita semakin ketagihan.

Makanan tradisional suku karo yang satu ini dibuat dari kombinasi daging ayam atau daging sapi dan sayur yang ditempatkan ke ruas-ruas bambu untuk dibakar nantinya.

Selain juga ikan, Cincang Bohan juga seringkali dibuat dari material dasar rempah-rempah dan ikan yang ditempatkan di dalam bambu dan dibakar dekat perapian.

7. Pagit-Pagit

Pagit-Pagit

Sepintas makanan ini kelihatan biasa-biasa saja. Makanan khas suku karo dikenal dengan sebutan Pagit-pagit yang bahan dasarnya dari isi perut sapi.

Walau demikian makanan tradisional suku karo yang satu ini tidak bau amis karena sudah diolah sebaik mungkin dengan campuran kulit pohon cingkam, susu fresh, asam, serai, daun jeruk, dan asam.

Makanan ciri khas Karo yang ini untuk mengolah pagit-pagit ini diolah dengan rempah-rempah, santan, takokak, dan daun tapioka atau sebagai alternatif kuahnya bisa dipakai daging.

8. Terites

Terites

Makanan khas suku karo selanjutnya adalah Terites yang hampir serupa dengan pagit-pagit, makanan ini dibuat dari usus sapi. Selainnya dari dalam usus sapi, rumput yang dipakai datang dari usus kambing atau kerbau.

makanan khas daerah karo ini, rumput itu diproses dengan bumbu-bumbu dan jeroan sapi. Walau kedengar menggelitik, makanan ini berguna untuk menangani sakit di perut.

Jangan tanya soal rasanya, karena memang dapat dipastikan dan dijamin untuk kalian akan ketagihan dengan rasanya yang enak dan lezat. Bagaimana anda tertarik untuk mencicipinya?

9. Tasak Telu

Tasak Telu

Selanjutnya ada Tasak Telu makanan khas suku karo yang patut untuk dicoba. Tasak Telu, makanan kulineran yang kerap kita dengar ini sebagai makanan ciri khas Karo yang maknanya masak tiga atau masakan yang mempunyai tiga komponen pada sebuah sajian. 

Untuk komponen pertama yakni dalamannya dan ayam yang direbus dengan menambah beragam jenis bumbu. Disebutkan tasak telu karena dibuat dari 3 masakan pada sebuah sajian. 

Masakan pertama terbagi dalam ayam dan dalamannya yang direbus dengan beragam bumbu. Selanjutnya dipotongi, lalu dihidangkan. Masakan ke-2 ialah air rebusan ayam tadi, lalu diolah kembali dengan tulang-tulang ayam. Dipertambah bumbu-bumbu dan diolah sampai masak dan kental.

Masakan ke-3 yaitu sayur cincang. Sayur yang dipakai bisa disamakan dengan hasrat. Sayur itu digabung parutan kelapa yang telah diberi bumbu, hingga hasilnya seperti urap.

10. Gulai Kuta-kuta

Gulai Kuta-kuta

Kemudian kuliner khas Karo adalah Gulai Kuta-kuta. Sepintas, makanan ini seperti terlihat gulai ayam biasa. Tetapi, banyak dua bahan yang memikat dalam gulai ini, yakni asam tangkapa dan kecombrang.

Tambahan ke-2 bahan ini membuat wewangian gulai kuta-kuta makin nikmat. Apa lagi banyak potongan kentangnya yang buat semakin kenyang.

Dengan bahasa indonesia gule Kuta Kuta ialah gulai ayam daerah. Masakan kulineran karo ini yang mempunyai keunikan dari bumbu yang dipakai satu diantaranya ialah asam tangkapa dan kincong.

Untuk langkah mengolah gule kuta kuta dengan melembutkan semua bumbu selanjutnya masukkan sayur berbentuk kentang dan asam tangkapa dan kincong dan masukkan santan sebagai keunikan dari gule kuta kuta ini atau gulai ayam daerah ini. 

Untuk rasa dari gule kuta kuta ini begitu enak dan pas untuk lauk saat makan. Masakan ini selalu disiapkan saat upacara tradisi atau acara besar besaran.

11. Cimpa Jagung

Cimpa Jagung

Makanan ciri khas karo yang ini yakni makanan yang dengan bahan khusus jagung. Makanan khas karo ini dibuat dari kombinasi jagung tua yang ditumbuk lembut dan dikasih tepung selanjutnya dipertambah lada dan garam, sesudah adonan tercipta seterusnya dibuntel dengan daun pisang dan di kukus sampai masak.

Rasa unik dan struktur yang halus jadikan cimpa jagung ini menggoyahkan lidah saat menikmatinya ditambahkan lagi saat membuat cimpa jagung ini bahan yang dipakai gampang didapat.

Cimpa jagung ini hampir serupa dengan cimpa unung-unung yang membandingkan ialah bahan khusus yang dipakai. Dalam acara besar besaran tradisi Karo cimpa jagung ini selalu disiapkan.

Penutup


Nah itu dia teman-teman sekilas 11 Makanan Khas Karo yang Menggunggah Selera dengan Kelezatannya. Semoga makanan khas orang karo ini semakin dilestarikan. Demikian makanan tradisional suku karo, semoga bermanfaat.