Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

8 Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul. Pada postingan kali ini mimin mau berbagi informasi seputar wisata kuliner di Sumatera Utara lebih tepatnya di daerah Kabupaten Humbang Hasundutan.

Hambang Hasundutan adalah kabupaten di Sumatera Utara dan pemerintahannya adalah Dolok Sanggul. Bagi sebagian orang nama daerah tersebut masih terasa asing.

Kabupaten Humbang Hasundutan ini merupakan daerah pemekeran akan tetapi kamu akan menemukan beragam macam kuliner yang pastinya enak dan lezat.

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak

Sebelumnya juga sudah mimin share artikel Tempat Wisata Kuliner di Dolok Sanggul Humbang Hasundutan bisa membacanya juga nanti. Nah disini kita akan fokus apa saja Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak?

1. Kuliner Naniura

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Kuliner Naniura

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan yang pertama mimin rekomendasikan untuk kalian adalah Kuliner Naniura. Kuliner ini terbuat dari bahan ikan mas atau ikan mujair yang dioleh secara unik tanpa dimasak.

Prosesnya ikan dibelah menjadi 2 bagian lalu di garami serta direndam di asam jungga dengan tujuan agar bau amisnya hilang. Untuk bumbunya yang digunakan seperti cabai merah, jahe kencur,  kunyit, kemiri, bawang merah & putih.

Soal rasa, daging sangat empuk, pedes, manis, gurih pastinya lezat banget. Harganya cukup terjangkau Rp. 195.000 jika rame-rame untuk mencicipinya, Jangan dilewatkan ya...

2. Rendang Daging Kuda

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Rendang Daging Kuda

Selanjutnya adalah Rendang daging kuda dengan rasanya yang lezat membuat kuliner ini salah satu Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan yang harus kalian coba.

Rasa dari Rendang Daging Kuda mirip dengan daging sapi namun memiliki rasa khas tersendiri. Untuk proses masaknya cukup lama dan tentunya tidak akan membuat kalian kecewa dengan kelezatannya.

3. Ayam Napinadar

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Ayam Napinadar

Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan berikutnya adalah Ayam Napinadar. Kuliner yang satu ini adalah memiliki rasa yang amat pedas dan enak. 

Bumbu yang digunakan pada kuliner ini adalah jeruk nipis, jahe, bawang merah & putih, serai, kemiri, lengkuas, kunyit dan cabe rawit. Proses masaknya dengan cara dibakar.

4. Sambal Andaliman 

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Sambal Andaliman

Selanjutnya adalah Sambal andaliman dengan rasanya yang lezat membuat kuliner ini salah satu Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan yang harus kalian coba. Sambal andaliman disajikan bersama dengan ikan bakar atau ikan goreng.

Sambal andaliman ini terbuat dari bahan dasar alami biji andaliman dengan aroma rasanya jeruk namun lumayan pedes. Proses pengolahnnya adalah dengan di ulek bersama cabai rawit hijau, bawang merah, dan bawang putih lalu digoreng

5. Kopi Arabika Dolok Sanggul

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Kopi Arabika Dolok Sanggul

Untuk kamu para pecinta kopi kamu bisa mencoba kuliner minuman khas dari Dolok Sanggul Humbang Hasundutan ini. Kopi ini sangat populer dengan rasan aromanya khas dan menyengat.

Kopi arabica humbang ini sudah dikenal dan sangat disukai oleh wisatawan dari luar negeri hingga Korea Selatan, Jerman, Amerika Serikat. Sangat rugi anda jika belum mencoba menyeduh Kopi Arabika ini.

6. Daun Ubi Tumbuk

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Daun Ubi Tumbuk

Selanjutny ada Daun Ubi Tumbuk yang merupakan salah satu kuliner khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan. Kuliner tradisional khas yang populer dan disajikan di banyak hotel dan restoran berbintang.

Walupun makanan tradisional namun dengan kelezatannya menjadi makanan atau masakan kuliner yang paling diburu oleh wisatawan lokal bahkan turis dari luar. Untuk menyantapnya biasanya bersama dengan ikan teri.

7. Lomok-Lomok

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Lomok-Lomok

Kemudian Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan adalah Lomok-Lomok yang merupakan kuliner khas yang terbuat dari olahan daging babi dan ini pastinya tidak disarankan untuk umat muslim.

Namun kuliner yang satu tidak mudah untuk mendapatkannya karena makanan khas Dolok Sanggul ini hanya ditemukan disaat ada acara kegiatan tertentu misalnya pernikahan dan rasa Lomok-Lomok juga enak lezat.

8. Aneka Keripik Rasa Andaliman

Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak Aneka Keripik Rasa Andaliman

Nah jika kamu mencari Oleh-oleh Khas Humbang Hasundutan kamu bisa memilih keripik andalan dan favorite khas Dolok Sanggul. Ada beberapa oleh-oleh khas yang bisa kamu pilih misalnya keripik pisang, keripik akar kelapa, roti bawang andaliman, dan kacang tojin andaliman.

Keripik Rasa Andaliman ini bisa kamu temukan di berbagai mini market atau toko dan tentunya memiliki rasa yang gurih dan pedas. Jika kamu sedang jalan-jalan di Humbang Hasundutan, kamu bisa jajanin Keripik Rasa Andaliman ini.

Nah itulah 8 Masakan Kuliner dan Makanan Khas Dolok Sanggul Humbang Hasundutan Lezat dan Enak yang bisa kali coba cicipi saat sedang liburan di daerah Dolok Sanggul ini. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: