Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Air Soda Di Tarurutung Pemandian Sekaligus Tempat Wisata Unik Tapanuli Utara

Pemandian Air Soda sebagai salah satunya tempat rekreasi yang berada di Dusun Parbubu I Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Kekhasan dan potensi yang dimiliki oleh Pemandian Alam Air Soda ini menarik kami untuk menerbitkan dan menuangkanya dalam bentuk tulisan dengan judul "Air Soda Di Tarurutung Pemandian Sekaligus Tempat Wisata Unik Tapanuli Utara".

Jika kamu ingin mencoba untuk  merendam diri di air soda ini, tentu saja kamu memerlukan 8 jam perjalanan dari kota Medan lewat jalan darat untuk dapat sampai ke tempat pemandian ini.

Air Soda Di Tarurutung Pemandian Sekaligus Tempat Wisata Unik Tapanuli Utara
Air Soda Di Tarurutung Pemandian Sekaligus Tempat Wisata Unik Tapanuli Utara

Air Soda Tarutung Jenis Ini Hanya Dua Di Dunia

Wisata Kolam Pemandian Air Soda ini rupanya hanya ada dua di dunia, yang pertama ada di Venezuela dan yang satunya lagi ada di Indonesia yaitu Air Soda Tarutung.

Sehingga Kolam Air Soda yang berada di Tarutung Sumatera Utara ini, karena keunikan dan kelangkaan yang dimilikinya dapat mengundang perhatian khalayak.

Apa Arti Air soda Tarutung?

Diberi nama kolam air soda tarutung, karena banyak gelembung-gelembung yang keluar dari dalam kolam ini dan memiliki bentuk seperti soda.

Kolam yang mempunyai kedalaman lebih kurang 180 cm ini selalu ramai didatangi oleh beberapa masyarakat di tempat, atau pelancong yang berdatangan di luar wilayah.

Ongkos / Harga Tiket Masuk Air soda Di Tarutung

Untuk dapat masuk ke pemandian air soda ini kamu tak perlu keluarkan dana apapun alias gratis! Tetapi, kamu cukup beli minuman atau makanan disekitaran pemandian ini saja.

Selainnya tempatnya yang amat unik rupanya ada banyak faedah yang dapat kamu peroleh satu diantaranya yaitu air soda ini dapat melembutkan kulit kamu.

Penemu Air soda Di Tarutung

Air Soda Di Tarurutung
Air Soda Di Tarurutung

Kolam Air Soda Tarutung ini pertama kalinya diketemukan oleh Minar Sihite di tahun 1973. Untuk bisa mendapati sumber air soda ini juga rupanya dilakukan tanpa disengaja atau direncanakan.

Pada waktu itu Minar yang bekerja sebagai seorang bidan sedang pulang ke arah daerah kampung halamannya yang ada di Tarutung.

Tetapi siapakah yang menduga, jika rupanya di tengah-tengah perjalanan secara tidak sengaja Minar mendapati kemunculan air soda ini dan yang saat ini dapat dicicipi oleh warga di tempat serta pelancong di luar Sumatera Utara.

Tips Berenang Air soda Di Tarutung

Jangan sampai mengayalkan mandi air soda ini ibarat mandi dengan literan barrel air soda yang rasanya manis dan lengket karena mandi di air soda di Tarutung ini tidak begitu, air tidak manis dan tidak lekat di kulit, tetapi waspadai janganlah sampai masuk ke mata atau menelannya karena mata akan perih.

Dari mata air di dasar kolam, ada buih-buih yang mengucur lewat celah-celah batu. Rasanya tidak sama dengan mandi air biasa, badan seakan santai dan enteng karena terserang gelembung-gelembung soda.

Sejarah Singkat Air Soda Di Tarutung

Pemandian Air Soda yang sudah ada di teritori Parbubu Tarutung ialah pemandian air soda salah satu yang sudah ada di Indonesia. Pemandian ini telah diurusi dan diperkembangkan semenjak tahun 1976 jadi Object Wisata, yang diurusi oleh Minar Sihite (Op. Ridoi Tobing/br Sichite).

"Shite", Satu waktu ia pernah mimpi dikunjungi oleh Sahala Oppung yang menjelaskan jika ia diberi warisan untuk mengembangkan tempat itu. Dengan menyiapkan tujuh pohul itak (lampet) dikemas daun pisang sebagai persembahan untuk izin mengisi lingkungan kehidupan waktu itu.

Dengan usaha sendiri saat itu jadilah satu tempat pemandian air soda yang ramai dikunjungi oleh pengunjung dan warga sekitaran.

Air Soda Tarurung Pernah Longsor?

Tempat ini pernah efisien digunakan beberapa saat tanggal 29 April 1989 di timpa longsor. Tanpa ada campur tangan dari pemerintahan setempat untuk membenahi kerusakan periode itu, dengan usaha sendiri ibu minar membangun kembali tempat itu. 

Walau banyak rintangan dan larangan dari pemerintahan di tempat maupun dari warga sekitaran yang mengeklaim itu ialah punya dari pemerintahan dan punya peninggalan dari marga-marga, ibu Minar boru Sihite masih tetap menjaga dan meningkatkan tempat ini jadi tempat wisata yang populer dari Tapanuli Utara sampai saat ini.

Ciri-Ciri khas Air Soda Tarutung

  • 1. Warna airnya hampir warna merah hingga nama Pemandian Air Soda Di Tarutung dengan bahasa batak toba diberi nama Aek Rara Tarutung, aek ialah air dan rara ialah merah.
  • 2. Jika kita mandi di air soda maka badan kita akan berbuih dan mata akan perih bila terserang percikan airnya.
  • 3. Airnya tidak lekat dibadan seperti minuman bersoda
  • 4. Air soda ini ibarat membuat tubuh kita lembut dan seakan ringan.
  • 5. Jika diecap airnya terasa asin

Air soda Di Tarutung Di Buru Wisatawan?

Karena kolam renangnya ada di alam perdesaan yang asri, sembari berenang pelancong bisa juga sekalian menyaksikan panorama sawah dan bukit-bukit yang cantik.

Tidaklah aneh tempat ini pantas jadi tujuan rekreasi yang harus didatangi saat berlibur ke Tarutung, Tapanuli Utara.

Memiliki jarak lebih kurang 1 jam dari Bandar Udara Silangit, Siborong-borong, Tapanuli Utara atau 7 jam dari Kota Medan maka tiba di Aek Rara.