Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Makanan Khas Labuhanbatu Utara - Sedang mencari Kuliner Khas Labuhanbatu Utara? atau apa saja Makanan Khas Labuhanbatu Utara? hmm cukup menarik dengan hal tersebut karena sebelumnya juga sudah membahas makanan dan kuliner khas labuhanbatu selatan.

Jika anda ingin liburan ke tempat wisata di Labuhanbatu Utara tidak ada salahnya kamu mencoba juga kuliner atau makanan khas daerah ini. Mengingat daerah ini cukup populer dengan masakan kulinernya.

Kota Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Sekilas tentang Labuhanbatu Utara (LABURA) yang merupakan salah satu daerah pemekarang di wilayah Kabupaten Labuhanbatu. Kabupaten ini memiliki ibukota pemerintahan yang dikenal dengan Aek Kanopan.

Salah satu sektor pendapatan masyarakatnya adalah kuliner mengingat juga berada diwilayah lintas sumatera, sudah pasti banyak yang singgah untuk istrahat sebentar sembari menikmati  makanan da kuliner khas Labuhanbatu Utara.

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Masakan khas Labuhanbatu Utara, telah ada sejak lama, rasa masakan kulinernya tidak kalah enak dengan masakan kuliner LABUSEL dan makanan kuliner LABUHAN BATU. 

Berikut ini adalah beberapa Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara yang menjadi daya tarik dan cukup populer bagi pemburu kuliner dengan makanan khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara ini.

1. Anyang ayam

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Makanan khas Labuhanbatu Utara yang pertama adalah Anyang Ayam. Kuliner khas LABURA yang satu ini terbuat dari ayam yang telah dipanggang dan disuwir-suwir. Lalu kemudian Ayam yang telah disuwir dicampur dengan sayuran-sayuran. 

Ayam panggang tersebut sangat gurih ditambah lagi dengan campuran parutan kelapa yang disangrai dan kemudian dibumbui dengan ketumbar sangrai dan berbagai bumbu halus, tidak lupa juga dengan perasan jeruk nipis serta irisan bawang merah yang membuat kenikmatan Anyang Ayam semakin mantap.

2. Anyang Terubuk

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Kuliner Khas Labuhanbatu Utara selanjutnya adalah Anyang Terubuk. Masakan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara ini dengan sajian yang berbahan dasar yakni Ikan Terubuk dan telur ikannya yang dikeringkan terlebih dahulu.

Proses pengolahannya pun cukup unik, selain dikeringkan sebelum dimasak, Anyang Terubuk ini juga diolah dengan menyiram ikan dengan beberapa bumbu yang racikannya cukup pedas. Jangan tanya rasa, karena memang sangat enak dan renyah.

3. Rempeyek ikan teri

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara berikutnya adalah Rempeyek ikan teri. Jenis Kuliner Khas Labuhanbatu Utara yang satu ini lebih ke bentuk cemilan kriuk-kriuk. Sudah pasti jenis cemilan seperti ini sangat diminati banyak orang.

Makanan ini terbuat dari ikan teri dan tepung tapioka. Makanan ini bisa dinikmati, dan dijadikan lauk pendamping nasi. Rasanya yang gurih  dan ada aroma ikan teri menambah nafsu makan lho.

4. Gulai asam ikan baung

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Makanan khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara selanjutnya adalah Gulai asam ikan baung. Kuliner Khas Labuhanbatu Utara ini berbahan dasar Ikan Baung yang memiliki cita rasa yang enak karena penggunaan rempah-rempah khas lokal sebagai bumbu dasarnya. 

Masakan Khas Labuhanbatu Utara ini memiliki kelembutan daging Ikan Baung yang rasanya sangat gurih dan membuat sajian makanan khas ini banyak digemari orang banyak.

5. Terong Bakar Limas

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Kuliner Khas Labuhanbatu Utara selanjutnya adalah Terong Bakar Limas. Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara ini cukup unik sebab terong ungu tersebut dibakar namun memiliki rasa yang enak.

Agar masakan khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara enak, maka harus diolah mulai dari pembakaran, kemudian bersihkan kulit luarnya lalu dicampur dengan beberapa bumbu seperti bawang, cabe, jahe, garam,  perasan jeruk nipis dan air hangat.

6. Anyang buas-buas

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Kuliner Khas Labuhanbatu Utara selanjutnya adalah Anyang buas-buas. Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara memiliki kemiripan dengan urap, namun yang membedakannya adalah pucuk dari daun buas-buas dan hanya berada di sekitar labuhanbatu saja.

Anyang buas-buas ini memiliki rasa yang lembut dan cocok dijadikan lauk pendamping nasi. Tentunya juga yang membuatnya lebih enak dari Urap adalah racikan bahan khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara.

7. Sarak Terong

7 Kuliner dan Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara

Kuliner Khas Labuhanbatu Utara selanjutnya adalah Sarak Terong. Makanan Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara ini masih belum banyak yang tahu, dan masakan khas labura ini sangat dan enak dan lembut.

Sarak Terong ini berbeda dengan Terong Bakar Limas, Makanan Khas Aek Kanopan Sarak Terong mirip dengan rendang yang cocok sebagai pendamping nasi. Pokoknya enak banget...

Penutup

Nah itu dia makanan Khas Labuhanbatu Utara yang mimin rekomendasikan ketika berkunjung atau sedang berada di daerah wisata Labuhanbatu Utara. Jangan lupa untuk mencoba Kuliner Khas Aek Kanopan Labuhanbatu Utara ini ya.