Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Tempat Wisata Lembah Harau - Halo semua, mungkin ada sedang mencari tempat wisata yang keren dan unik? Yup tidak salah lagi jika kamu harus berkunjung di Wisata Lembah Harau.

Mengapa demikian karena Tempat Wisata Lembah Harau memiliki segudang keindahan yang sangat menawan dan pastinya dengan keunikan lembah harau yang dimilikinya sendiri.

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Lembah Harau adalah salah satu tempat wisata di sumbar yang lagi hits dan populer yang wajib sobat celotehpraja.com kunjungi. Jika sedang kamu berkunjung di Provinsi Sumatera Barat, jangan ketinggalan untuk mengabadikan momen anda di Wisata Lembah Harau ini.

Sumatera Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki banyak dan beragam tempat wisata mendunia. Sebagiamana pada artikel sebelumnya telah membahas tempat wisata di sumbar yang lagi hits 2022.

Dari sekian banyak objek wisata di sumbar, Lembah Harau adalah salah satu destinasi wisata yang sangat banyak pengunjungnya. Lalu Lembah Harau dimana? Lembah Harau yang berlokasi di Kecamatan Harau.

Dikenal dengan sebutan Harau karena objek wisata yang satu ini berupa hamparan tanah luas dan diapit oleh tebing tinggi yang posisinya tegak lurus dari permukaan tanah.

Bagi masyarakat Sumatera Barat, Lembah Harau sudah tidak asing lagi karena merupakan tempat wisata di sumbar yang populer dan favorite ketika hari liburan tiba.

Tidak hanya itu saja, banyak juga pendatang baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berbondong-bondong ikut berekreasi di Tempat Wisata Lembah Harau ini.

Sekilas Sejarah Lembah Harau Sumatera Barat

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Lembah Harau dimana? Lembah Harau berlokasi di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumbar. Jarak antara Lembah Harau dengan Kota padang adalah sekitar 138 km atau 47 km dari Kota Bukit Tinggi serta sekitar 18 km dari Kota Payahkumbuh.

Dikutip dari wikipedia, destinasi ini berupa lembah subur yang dilingkupi batu pasir terjal berwarna-warni setinggi 100 – 500 meter dari atas permukaan tanah.

Dilihat dari topografinya, Lembah Harau ini tidak beda jauh dengan cagar alam yang berbukit-bukit dan bergelombang yang memiliki ketinggian 500–800 mdpl. Bukit-bukit indah diantaranya adalah Bukit Jambu, Bukit Tarantang, Bukit Singkarak dan Bukit Air Putih.

Sudah dari zaman dahulu masa penjajahan Belanda, Lembah Harau ini sudah terlihat eksotis dan keren. Dijelaskan pada sebuah prasasti Air Terjun Sarasah Bunta yang didirikan oleh Assisten Residen 50 Kota oleh J.H.G. Boissevain pada tanggal 14 Agustus 1926.

Kabarnya, ketika Boissevain berada di kawasan Lembah Harau dan melihat Lembah Harau yang membuatnya terhipnotis dengan keindahan dan pesona Lembah Harau sambil berkata “Heme hemel” yang artinya adalah "mempesona bagaikan sorga".

Tidak lama setelah Assisten Residen Lima Puluh Kota mendirikan sebuah prasasti yang terpahat di atas batu marmer, pada tanggal 19 Januari 1933, Pemerintah Hindia Belanda menetapkan kawasan Lembah Harau ini sebagai Cagar Alam untuk bidang Aesthestis dan Biologis yang memiliki luas sekitar 315 hektar.

Kemudian ketika Indonesia tercinta telah Merdeka tepatnya pada tahun 1979, Pemerintah Indonesia dalam hal ini Badan Perlindungan dan Pelestarian Alam (PPA) melakukan pengukuran ulang dan menetapkan luas tetapnya Cagar Alam adalah 298 hektar.

Kemudian setelah itu, Status Cagar Alam selanjutnya berubah menjadi Hutan Wisata, sesuai dengan Keputusan Menteri Pertanian pada 2 Agustus 1979, dengan Taman Wisata seluas 27,5 hektar.

Oleh karena itulah Lembah Harau Sumatera Barat ini selain menjadi kawasan Cagar Alam juga Hutan Wisata yang mana didalamnya terdapat Taman Wisata hingga sampai saat ini masih terus beroperasi.

Di Lembah Harau ini soal fasilitas dan sarana prasarana dapat kita temui dan kemudian juga satwa ada banyak di sini, sungguh sayang sekali jika sobat tidak menginjakan kaki di Wisata Lembah Harau Payakumbuh ini.

Sekilas Legenda Mitos Lembah Harau Sumatera Barat

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Zaman dahulu kala, menurut legenda dan mitos masyarakat setempat kata "Harau" itu berasal dari kata “Orau”. Alasan penyebutan nama tersebut sebab masyarakat yang tinggal di bawah tebing seringkali dilanda banjir longsor, sehingga membuat mereka berteriak dan terbawa oleh rasa ketakutan dan panik.

Oleh sebab itu penduduk membuat suara banyak yang parau sehingga masyarakat dari daerah lain menyebut mereka sebagai “Orau” dan kemudian berubah menjadi kata “Arau” sebelum akhirnya itu menjadi “Harau”.

Kemudian ada juga mitos atau legenda lain yang menyebutkan bahwasanya bentuk Cerita Randai dengan judul “Randai Sari Banilai”. Legenda ini bercerita tentang Raja Hindustan dimana kapalnya hanyut dan terdampar di Lembah Harau.

Kemudian juag berkisah tentang kisah kasih putrinya yang bernama Puti Sari Banilai yang tubuhnya berubah menjadi batu karena mengingkari janji pertunangannya.

Selain dari hal Legenda Mitos Lembah Harau diatas, masyarakat setempat juga punya keyakinan tersendiri bahwasanya ada pelangi dan pada waktu itu juga bidadari-bidadari turun untuk mandi di bawah air terjun yang ada di Lembah Harau.

Benar tidaknya cerita atau kisah tersebut, sekitar tahun 2008 seorang mahasiswa yang tidak sengaja memotret rombongan bidadari sedang melayang di atas air terjun dan mengenakan baju putih dan coklat.

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Kampung Eropa Lembah Harau Sumatera Barat, Destinasi Wisata Dengan Berjuta Wahana Wisata Lembah Harau Payakumbuh

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Sumatera Barat mempunya cukup banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Ada kurang lebih 33 objek wisata alam yang terdapat di Sumbar, salah satu adalah wisata Lembah Harau Payakumbuh yang masuk ke wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Lembah Harau adalah sebuah lembah atau hamparan hijau yang memiliki luas 669 hektar yang terletak di tengah-tengah 4 bukit yakni bukit Singkarak, Tarantang, Air Putih, dan Jambu.

Bukit-bukit tersebut membentuk sebuah tebing-tebing batu granit yang cukup terjal dengan ketinggian mencapai 100 - 500 meter. Antara hamparan hijau nan asri dengan perbukitan terjal dari granit itu tentunya membuat area lembah ini terlihat seperti surga tersembunyi di Sumatera Barat. 

Alhasil bahwasanya jika Lembah Harau ini merupakan ikon Payakumbuh yang seringkali mendapati julukan sebagai Lembah Yosemite versi Indonesia. Kemudian saat berkunjung kemari, wisatawan juga akan melihat aneka tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi yang sangat jarang kita temukan di kota. 

Selain itu kawasan ini juga masuk dalam Suaka Margasatwa dengan berbagai jenis hewan yang dilindungi misalanya saja Harimau Sumatera, Tapir, Landak, Kambing Hutan, Simpai, Beruang, Landak, dan 19 spesies burung langka lainnya.

Kemudian ada juga monyet ekor panjang yang bernama latin Macaca Fasciluratis yang aktif menunjukkan aksinya kepada setiap wisatawan dengan cara bergelantungan di ranting ataupun berpindah tempat dari satu pohon ke pohon lainnya.

1. Air Terjun Lembah Harau Payakumbuh

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Air Terjun Lembah Harau memiliki daya tarik tersendiri. Saat memasuki area yang disebut Lembah Yosemite versi indonesia, wisatawan nggak hanya ditawarkan oleh keindahan perbukitan tetapi juga pemandangan air terjun yang eksotis.

Ada 6 Air Terjun Lembah Harau yaitu Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Murai, Air Terjun Sarasah Aie Angek, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Jambu, dan Air Terjun Akar Berayun. 

Sasarah adalah bahasa lokal untuk menyebut air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter lebih. Dari ke 6 sasarah diatas Sarasah Jambu adalah yang paling populer yang terletak dekat dengan gerbang masuk jika pengunjung datang dari Payakumbuh.

Pemandangan air terjun di lembah wisata terlihat sangat bagus. Hal ini tidak heran lagi bagi wisatawan untuk menghabiskan banyak waktu mengambil gambar moment di sini sembari menghirup udara segar.

Tak berhenti sampai disitu, Lembah Harau  juga menyediakan resort seperti Resort Sarasah Bunta, Resort Aka Barayun, dan Resort Rimbo Piobang. Kata Bunta sendiri diambil dari bentuk air terjun yang terlihat seperti unta atau bertingkat-tingkat.

Resor berikutnya adalah Aka Barayu. Tidak jauh dari Sarasah Bunta. Di kawasan Aka Barayun, wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk sambil melihat panorama air terjun dengan kolam renang di bawahnya.

Dan jika Anda seorang pencinta panjat tebing, resor Aka Barayun menyediakan fasilitas untuk hobi anda yang ekstrim. Di mana bukit-bukit batu curam di sekitar daerah yang digunakan oleh pihak resor sebagai media pendakian (climbing).

Pilihan terakhir Lembah Yosemite versi Indonesia adalah Rimbo Piobang. Namun, lokasi ini tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Karena, fasilitas dan sarana prasarananya masih terbatas karena proses pembangunan.

Bukan saja memiliki wisata alam, di Lembah Hurau ini juga terdapat taman wisata buatan, yaitu Harau Dream Park. Ada banyak spot foto menarik di Taman Harau seperti kampong Eropa dengan Menara Eiffel buatan.

Fasilitas di taman buatan cukup baik. Ada area
jogging, Taman hewan atau satwa, taman bermain anak-anak, ruang sholat atau musholla, kamar mandi, dan tentunya banyak lagi.

2. Penginapan di Lembah Harau Payakumbuh

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Untuk sobat yang berkunjung di wisata Lembah Harau Payakumbuh, jangan khwatir soal Penginapan di Lembah Harau karena memang sudah tersedia bagi wisatawan yang berkunjung.

Di Lembah Harau Payakumbuh kamu akan menemukan banyak penginapan yang tentunya untuk kamu yang ingin bermalam dan dapat menyewa penginapan tersebut dalam waktu beberapa hari.

Untuk harganya pun sangat-sangat terjangkau mulai dari Rp.50.000 dan sobat bisa mendapati tempat penginapan yang berfasilitas cukup baik dan nyaman. Penginapan ini berupa homestay yang bisa diisi banyak orang.

3. Lokasi Lembah Harau Payakumbuh

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Lokasi Lembah Harau Payakumbuh ini berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Kawasan Lembah Yosemite versi Indonesia ini lokasinya berada sejauh 138 km dari kota Padang ibu kota Sumatera Barat

Jika sobat menempuh dari Bukittinggi dengan jarak sekitar 47 km. Namun, jika sobat dari Payakumbuh, maka dengan jarak tempuhnya yaitu sekitar 18 km atau 2 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Lima Puluh Kota.

4. Harga Tiket Masuk Lembah Harau Payakumbuh

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Untuk pengunjung Lembah Harau Payakumbuh yang ingin menikmati keindahan alam Lembah Yosemite versi Indonesia nggak harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Harga tiket masuk Lembah Harau ini cukup murah yakni Rp.5.000 bagi orang dewasa dan Rp.3.000 bagi anak-anak.

Sedangkan jika memasuki area Harau Dream Park, maka harga tiket masuknya adalah Rp5.000 sedangkan area kampong Sarosa, Rp15.000 jika area kampong Eropa dan Rp15.000 untuk area Asian Heritage. 

Wahana di Kampung Eropa Lembah Harau Sumatera Barat

Adapun beberapa wahana lainnya yang akan sobat nikmati jika sedang berkunjung di Lembah Harau tepatnya Wahana di Kampung Eropa Lembah Harau Sumatera Barat adalah sebagai berikut:

1. Spot Bertema Eropa Lembah Harau

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Wahana pertama yang dapat sobat nikmati ialah terdapat berbagai macam sudut spot foto yang bertemakan benua Eropa. Ada berbagai replika bangunan yang mirip seperti Menara Eifel di Prancis, dan bangunan bergaya Eropa, serta Kincir Angin Belanda.

2. Balon Udara Lembah Harau

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Kemudian ada spot foto yang mirip seperti yang bisa kalian dapatkan di tempat wisata, misalnya saja Ayana Gedong Songo, Dago Dream Park, King Garden, dan lainnya. Walaupun demikian nggak terlalu mirip, akan tetapi spot foto ini juga banyak digemari oleh pengunjung.

3. Sky Bike Lembah Harau

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Untuk wahana yang satu ini cocok banget untuk sobat yang ingin menguji nyali. Di wahana ini cocok banget buat tempat wisata yang ada di kawasan perbukitan. Untuk itu sobat bukan hanya menguji nyali, akan tetapi juga dapat menghasilkan foto yang kece.

4. Naik Sampan Lembah Harau

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Selanjutnya adalah Naik Sampan bagi sobat yang suka dengan dunia air. Di Kampung Eropa Lembah Harau ini mempunyai banyak wahana dan spot foto kece dan keren dengan panorama perbukitan yang eksotis.

5. Taman Bunga Lembah Harau

Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya

Kemudian juga ada taman bunga yang kece banget untuk sobat jadikan spot foto. Biasanya spot foo ini menjadi pilihan banyak sekali wisatawan khususnya mereka kaum hawa.

Akhir Kata

Nah itu dia sobat Tempat Wisata Lembah Harau dan Keunikan Lembah Harau Yang Dimilikinya. Semoga dengan artikel wisata Lembah Harau dapat menjadi bahan referensi untuk kalian berwisata nantinya.